Buah Yang Mengandung Vitamin C
Buah Yang Mengandung Vitamin C

Karena kondisi saat sekarang ini, mengharuskan Kita untuk hidup berdampingan dengan virus corona, mewajibkan Kita untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara yang bisa Kamu lakukan adalah dengan cara mengkonsumsi Buah yang mengandung vitamin C didalamnya. Karena vitamin C dari dulu dikenal sebagai zat yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. 

Keuntungan Buah Yang Mengandung Vitamin C

Secara ilmiah vitamin C dikenal dengan nama asam askorbat. Vitamin C memiliki beragam manfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Vitamin C termasuk kedalam jenis vitamin yang bisa larut didalam air. Tubuh manusia membutuhkan sekitar 75 mg vitamin C setiap harinya, jumlah ini dibutuhkan oleh wanita, sedangkan pria membutuhkan hampir 90 mg vitamin C setiap harinya. Vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C dalam tubuh, maka Kamu bisa mendapatkannya dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Berikut beberapa buah yang mengandung vitamin C didalamnya:

Baca Juga : Boneka Ikonik Paling Lucu di 2021

 

1. Jambu Biji

 

Buah yang mengandung vitamin c pertama yang kaya akan kandungan vitamin C didalamnya adalah jambu biji. Pada sebuah jambu biji terdapat sekitar 125 miligram vitamin C. Jumlah ini melebihi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Kamu bisa menjadikan jambu biji sebagai asupan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh. 

 

2. Jeruk , Buah Yang Banyak Mengandung Vitamin C

Jeruk | Buah Yang Mengandung Vitamin C
Jeruk | Buah Yang Mengandung Vitamin C

 

Satu buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana didalam satu buah jeruk terdapat 70 miligram vitamin C. Jumlah ini sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C seseorang. Kamu bisa menikmati jeruk dengan cara memakannya secara langsung, atau Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman segar. Didalam 1 gelas jus jeruk diperkirakan mengan dung 125 miligram vitamin C. 

Baca Juga : Karakteristik Virgo Yang Harus Kamu Ketahui

 

3. Pepaya 

 

Buah bewarna cerah ini juga memiliki kandungan vitamin C didalamnya. Saat Kamu mengkonsumsi sekitar 150 gram buah papaya, maka Kamu akan memperoleh sekitar 90 miligram vitamin C didalamnya. Jumlah ini mencukupi dosis vitamin C yang harus Kamu konsumsi dalam satu hari. Selain memiliki kandungan vitamin C didalamnya, buah papaya juga dikenal mampu membantu fungsi kerja saluran penceranaan, sehingga menyehatkan saluran cerna. Pepaya juga dinilai mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi papaya juga dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya demensia dan juga kanker. 

 

4. Stroberi 

Stroberi | Buah Yang Mengandung Vitamin C
Stroberi | Buah Yang Mengandung Vitamin C

 

Stroberi memiliki bentuk yang unik yang membedakannya dengan buah-buahan jeni lainnya. Warna merah cerah yang dimiliki buah stroberi, menjadikan stroberi sebagai salah satu buah-buahan favorit. Stroberi memiliki rasa asam dan manis yang membuat Kamu tidak akan mengkonsumsi untuk terus menikmati bauh kecil ini. Selain rasanya yang lezat, buah stroberi juga terkenal mengandung vitamin C didalamnya. Dimana, pada 150 gram buah stroberi, Kamu akan mendapatkan 90 miligram vitamin C. Selain kandungan vitamin C, buah stroberi juga dikenal kaya akan antiokidan yaitu antosianin yang merupakan zat warna alami yang dimiliki sayuran dan buah-buahan. Selain stroberi, buah-buahan lain yang tergolong kedalam buah berry yaitu blackcurrant dan blueberry. Buah-buahan ini juga kaya akan kandungan vitamin C didalamnya. 

 

5. Nanas

Nanas | Buah Yang Mengandung Vitamin C
Nanas | Buah Yang Mengandung Vitamin C

 

Buah tropis dengan bentuk unik ini mempunyai beragam zat gizi yang baik untuk tubuh orang yang mengkonsumsinya. Ketika pertama kali mencoba untuk menikmati buah nanas, Kamu mungkin membutuhkan sedikit usaha untuk mendapatkan daging buahnya. Buah yang memiliki duri yang menutupi hampir seluruh bagian luar buahnya mempunyai rasa dan aroma yang unik. Buah nanas sangat cocok untuk Kamu konsumsi, jika ingin meningkatkan daya tahan tubuh Kamu karena memiliki kandungan vitamin C didalamnya. Pada 100 gram nanas terdapat kandungan vitamin C sekitar 80 miligram. Jumlah ini mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin C bagi seorang laki-laki dewasa. 

Baca Juga : Rekomendasi Kado Bayi Unik di 2021

 

6. Leci

 

Buah Leci merupakan salah satu buah yang mengandung Vitamin C yang cukup banyak, yaitu 7mg. Hal ini berguna untuk memberikan manfaat sehari – harinya yaitu salah satunya menjaga kesehatan pembuluh darah. Rasanya yang manis dan sangat enak membuat buah leci senang dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat

 

7. Mangga

 

Mangga termasuk kedalam jenis buah yang memiliki daging buah yang tebal didalamnya. Buah dengan warna hijau dibagian kulitnya mempunyai daging buah yang bewarna kuning cerah didalamnya. Mangga bisa Kamu nikmati secara langsung ataupun diolah menjadi beragam olahan makanan yang menggoda selera. Selain rasanya yang enak, buah mangga juga termasuk kedalam jenis buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C. Sebuah mangga memiliki sekitar 120 miligram vitamin C didalamnya. 

 

8. Kiwi 

 

Kiwi bukan termasuk buah asli asal Indonesia. Buah ini berasal dari daerah daratan China. Kiwi memiliki bentuk yang mirip dengan telur ayam, daging buah kiwi bewarna hijau atau emas cerah dengan rasa buah yang manis dan segar. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Kiwi memiliki banyak kandungan vitamin didalamnya seperti vitamin K, vitamin E, folat, asam amino, kalsium, kalium dan juga vitamimn C. Kiwi memiliki sekitar 65 miligram vitamin C didalamnya. 

Kiwi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, konsumsi kiwi juga mampu menjaga fungsi pencernaan tubuh, meredkan asam, menurunkan tekanan darah sehingga bisa terhindar dari risiko penyakit jantung. Kandungan vitamin A didalam kiwi juga membantu menjaga kesehatan mata. 

 

9. Lemon 

 

Jeruk lemon atau citrus lemon termasuk kedalam familiki tanaman jeruk. Lemon, salah satu buah yang mengandung vitamin C memiliki bentuk lonjong dengan diameternya berkisar antara 5 sampai 7 cm. Buah lemon mempunyai tonjolan pada bagian ujung buahnya. Buah lemon akan bewarna kuning cerah ketika matang. Tidak hanya daging buahnya saja, kulit dari buah lemon, juga dimanfaatkan sebagai campuran olahan makanan. Buah lemon memiliki rasa yang asam. 

Walaupun mempunyai rasa yang kecut, kandungan yang terdapat didalam 1 buah lemon sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pada satu buah lemon terdapat beberapa kandungan multivitamin didalamnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin B12. Lemon juga termasuk kedalam jenis buah-buahan yang mampu mendorong imunitas atau daya tahan tubuh, karena didalam 100 gram buah lemon terdapat sekitar 53 miligram didalamnya. 

10. Semangka 

 

 

Buah yang mengandung vitamin c yang asalnya dari daratan Afrika Selatan ini dikenal mampu menjaga kondisi tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Buah ini bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Semangka mempunyai kulit buah yang tabal dengan daging buahnya yang bewarna merah cerah. Perkembangan teknologi dan juga penelitian yang dilakukan oleh para ahli botani, menghasilkan buah semangka yang unik tanpa mengurangi cita rasa buahnya. Saat sekarang ini, Kamu bisa menemukan buah semangka dengan daging buah yang bewarna kuning, selain itu Kamu juga tidak akan kesulitan lagi untuk memisahkan biji dan daging buah, ketika menikmati buah yang satu ini. Sekarang, Kamu bisa menikmati buah semangka tanpa biji. 

Baca Juga : Yuk Berikan Parcel Buah Favoritmu Ke Temanmu

Selain bentuk buahnya yang cantik, buah semangka memiliki rasa yang manis dan enak. Kandungan multivitamin didalam buah semangka juga akan membantu meningkatkan fungsi tubuh Kamu. Satu buah semangka memiliki banyak kandungan zat gizi, diantaranya adalah kalium, tembaga, protein, energi, lemak, fosfor, vitamin B1, vitamin B2 dan juga vitamin C. Selain itu, didalam satu buah semangka juga mengandung 92 persen air dan elektrolit yang membuat tubuh tetap terhidrasi. Mengkonsumsi semangka membantu Kamu untuk menjaga daya tahan tubuh, karena kandungan vitamin C didalamnya. 

Baca Juga : Kaktus Yang Cocok Untuk Tanaman Hias

Share:

Leave a Reply