Manfaat Vitamin D
Manfaat Vitamin D

Corona virus desease atau yang lebih kita kenal dengan virus covid-19 adalah isu hangat yang sering diperbincangkan sejak awal kemunculannya. Kasus covid-19 pertama kali terkonfirmasi pada akhir tahun 2019 dan masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020. Selang hampir dua tahun sejak kemunculannya, sampai saat sekarang ini Kita masih harus hidup berdampingan dengan Covid-19. 

Setiap harinya Kita mendengar konfirmasi pertumbuhan covid-19 di Indonesia. Banyak penyintas covid-19 yang harus berjuang melawan virus corona yang menyerang. Gejala yang muncul karena infeksi virus corona, bisa dikurangi melalui peningkatan daya tahan tubuh. Penyintas covid-19 disarankan untuk mengkonsumsi olahan makanan yang bergizi untuk memulihkan stamina dan daya tahan tubuh penyintas covid-19. 

Salah satu kandungan makanan yang disarankan dalam menu asupan penyintas covid-19 adalah Vitamin D. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan jika vitamin D memiliki kemampuan untuk meringankan gejala atau risiko yang dialami oleh seseorang yang terindikasi positif covid-19. Pasien covid-19 yang tercukupi asupan vitamin D nya mempunyai gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan penyintas covid-19 yang terdeteksi kekurangan vitamin D.

Baca Juga : Buah Yang Mengandung Vitamin C

Beberapa Manfaat Vitamin D Untuk Memenuhi Kegiatan Sehari-Hari

Manfaat Vitamin D (2)
Manfaat Vitamin D (2)

 

1. Mengurangi risiko terinfeksi covid-19

 

Manfaat vitamin D yang paling banyak diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Namun, kegunaan vitamin D tidak hanya terbatas pada hal tersebut, vitamin D juga diketahui memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh orang yang mengkonsumsinya. Imunitas tubuh yang baik akan mengurangi risiko seseorang untuk terinfeksi virus corona. Jadi, disituasi dimana Kita diwajibkan untuk hidup berdampingan dengan virus corona, disarankan untuk mencukupi asupan harian vitamin D. 

Mekanisme yang berlangsung di dalam tubuh kita, ketika mengkonsumsi vitamin D, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya adalah dengan meningkatkan produksi peptide antimikroba. Zat ini berfungsi sebagai antibiotic alami dan juga sebagai pelindung tubuh atau antivirus terhadap serangan patogen. Tubuh yang kekurangan asupan vitamin D diperkirakan akan menyebabkan terjadinya disfungsi pada system kekebalan tubuh. 

Baca Juga : Manfaat Pohon Kelapa

 

2. Mengurangi gejala yang dirasakan penyintas covid-19

 

Walaupun belum ditemukan kesimpulan yang pasti mengenai efektivitas asupan vitamin D dalam upaya mengurangi gejala covid-19. Namun, beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menjelaskan, jika manfaat konsumsi vitamin D dinilai mampu mengurangi gejala yang dialami pasien positif covid-19. 

Pemenuhan kebutuhan harian vitamin D dinilai akan mengurangi tingkat keparahan gejala yang dialami oleh penyintas covid-19. Bahkan, dikatakan bisa menurunkan risiko badai sitokin yang dialami oleh pasien covid-19. Dalam penelitian lainnya menunjukkan, jika konsumsi vitamin D tidak memberikan pengaruh signifikan dalam mengurangi lama rawat inap pasien covid-19. Hal ini diperkirakan karena pasien covid-19 mendapatkan asupan vitamin D setelah terkonfirmasi positi covid-19. Dalam proses perawatannya, pasien covid-19 hanya diberikan sekali vitamin D dalam jumlah besar. Vitamin D yang dikonsumsi secara bertahap oleh pasien covid-19 sebelum terkonfirmasi positif diperkirakan akan bekerja lebih baik dalam proses peningkatan system kekebalan tubuh. Oleh karena itu, masyarakat lebih disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin Dnya. 

Jumlah asupan covid-19 yang disarankan untuk dikonsumsi oleh orang sehat adalah antara 400IU sampai 1000UI. Asupan harian vitamin D bisa terpenuhi dari makanan sehat sehari-hari yang dikonsumsi oleh orang tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dengan cara berjemur di bawah cahaya matahari pagi. 

Jumlah kandungan vitamin D yang harus dikonsumsi oleh seseorang yang terinfeksi covid-19 berbeda jika dibandingkan dengan orang yang sehat. Dijelaskan jika toleransi tubuh terhadap vitamin D adalah sebanyak 10.000IU per hari. Namun, jumlahnya tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Kamu juga tidak disarankan untuk mengkonsumi vitamin D dalam jumlah 40.000IU per hari, karena dosis ini dinali terlalu tinggi dan menyebabkan risiko keracunan bagi orang yang mengkonsumsinya. Dosis yang disarankan bagi pasien positif covid-19, dalam proses perawatannya adalah antara 1000IU sampai 5000IU. 

3. Berperan mengatasi penyajik saluran pernapasan

Vitamin D diketahui bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam penyakit saluran pernapasan. Vitamin D berperan dalam proses terapi terhadap pernyakit infeksi saluran pernapasan seperti influenza, tuberkolosis paru dan Community Acquired Pneumonia (CAP). Salah satu gejala yang dialami oleh pasien yang terinfeksi virus corona adalah gangguan pada saluran pernafasan. Vitamin D bisa membantu meringankan infeksi gangguang saluran pernafasan pada penyintas covid-19. Walaupun belum ditemukan dosis yang tepat dari suplemen vitamin D untuk mengurangi gejala covid-19, tetapi disarankan bagi penyintas covid-19 untuk mengkonsumsi vitamin D secara rutin setiap harinya, dengan dosis antara 400IU sampai 1000IU setiap hari. 

Sumber asupan vitamin D yang bisa Kamu konsumsi setiap harinya 

Sumber Vitamin D
Sumber Vitamin D

Kamu harus memenuhi asupan vitamin D setiap harinya untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Berikut beberapa sumber vitamin D yang bisa Kamu konsumsi setiap harinya:

1. Sinar Matahari

Sinar Matahari Sebagai Sumber Vitamin D
Sinar Matahari Sebagai Sumber Vitamin D

Sinar matahari dinilai menjadi sumber vitamin D terbaik untuk tubuh. Hampir 80 persen dari kebutuhan harian tubuh, bisa dipenuhi dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi. Terdapat dua jenis vitamin D, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Kamu bisa mendapatkan vitamin D3 dari sinar matahari, sedangkan vitamin D2 bisa Kamu peroleh dari makanan yang kamu konsumsi. 

Vitamin D3 dari sinar matahari dinilai lebih baik dibandingkan dengan vitamin D2 dari makanan, karena vitamin D jenis ini lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh serta bertahan lebih lama didalam peredaran darah. Kamu bisa memperoleh vitamin D3 hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari, dan ini gratis. Kandungan vitamin D3 didalam tubuh juga meningkatkan kemampuan tubuh dalam proses penyerapan mineral kalsium secara lebih cepat. 

Kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk mendapatkan vitamin D3. Kamu disarankan untuk terpapar matahari pagi setidaknya sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu, dengan durasi 5 sampai 15 menit. Waktu yang direkomendasikan untuk mendapatkan manfaat sinar matahari adalah dari pukul 10 sampai pukul 2 sore. Kamu harus memastikan sinar matahari langsung mengenai kulit, sehingga mempercepat proses produksi vitamin D3 di dalam tubuh. 

2. Kuning telur

Jenis vitamin D yaitu D2 bisa kamu peroleh dari makanan yang Kamu konsumsi setiap harinya. Salah satu jenis makanan yang terdeteksi mengandung vitamin D adalah kuning telur. Pada umumnya, dala satu butir kuning telur terdapat 37Sl Vitamin D atau setara dengan 5% kebutuhan harian tubuh. 

3. Hati Sapi

Sumber vitamin D2 lainnya berasal dari hati sapi, kandungan vitamin D dalam 3.5 on hati sapi adalah sebesar 50Sl. Namun, Kamu tidak boleh mengkonsumsi hati sapi dalam jumlah berlebihan, kerena hati sapi juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. 

4. Ikan berlemak

Beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan vitamin D adalah ikan tuna, ikan salmon dan ikan sarden. Dimana kandungan vitamin D yang terdapat dalam 100 gram ikan salmon adalah sebanyak 988Sl Vitamin D. Sedangkan pada ikan 100 gram ikan sarden, kandungan vitamin D yang bisa Kamu peroleh adalah sebanyak 177Sl. Konsumsi 100 gram jenis ikan berlemak mampu untuk memenuhi 22% dari kebutuhan harian vitamin D Kamu. 

5. Minyak ikan

Sumber makanan lainnya yang mengandung vitamin D adalah minyak ikan kod. Kandungan vitamin D yang terdapat dalam satu takaran sendok the minyak ikan kod adalah sebanyak 448Sl. Kandungannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan sumber makanan lainnya. 

Kesimpulan

Banyak Manfaat Vitamin D yang berguna bagi penyintas Covid 19, Nah untuk kamu yang sedang mencari hampers buah atau buket vitamin yang berisi banyak vitamin D untuk dikirimkan ke temanmu , FlowerAdvisor menyediakan berbagai pilihan Parcel Buah, klik gambar di bawah ini

Parcel New Normal FlowerAdvisor
Parcel Makanan New Normal Vitamin C

Share:

Leave a Reply