7 Ide Tema Pernikahan Menarik Meski Ditengah Pandemi

Ide Tema Pernikahan Unik dan Sakral
Ide Tema Pernikahan Unik dan Sakral

Kamu sedang mempersiapkan pernikahan dan membutuhkan ide tema wedding yang cocok untuk kamu? Nah tentu di saat pandemi ini pernikahan menjadi lebih simple dan dibatasi oleh peraturan tertentu, namun Kesakralan pernikahan tidak akan berkurang walaupun hanya dihadiri peserta terbatas. Kamu tetap bisa mewujudukan pernikahan impian ditengah pandemic dengan menerapkan konsep wedding yang tepat. Artikel di bawah ini akan membahas beberapa ide tema pernikahan menarik untuk menemani wedding impian Kamu. 

Pandemi membawa perubahan untuk setiap kegitan manusia tidak terkecuali dalam perayaan momen spesial. Keterbatasan ruang untuk berkumpul membuat acara yang biasanya dihadiri banyak orang dirancang sedemikian rupa agar tidak bertentangan dengan aturan yang ada. 

Pernikahan menjadi hal yang juga terdampak pandemi, acara sakral yang identic dengan pertemuan keluarga besar harus dimodifikasi pelaksanaannya. Berkompromi dan merubah tradisi pernikahan bukan perkara mudah, selain karena setiap orang memiliki wedding impiannya, budaya atau tradisi bukanlah sesuatu yang bisa ditukar dengan mudah. Semua keputusan dalam pernikahan harus diputuskan melalui diskusi panjang agar acara impian tidak kehilangan kesakralannya. 

Ide Tema Pernikahan di Masa Pandemi 

Beberapa tema berikut ini bisa Kamu aplikasikan walaupun wedding dilaksanakan ditengah pandemi:

1. Pernikahan Classic 

Ide Tema Pernikahan Model Classic
Ide Tema Pernikahan Model Classic

 Tema pernikahan pertama ini identik dengan skema warna lembut, dekorasi elegan, gaun pengantin yang keindahannya tidak lekang oleh waktu, rancangan gaun pengantin yang memancarkan aura elegan . Tema pernikahan ini juga cocok disandingkan dengan upacara adat. 

Hal pertama yang harus Kamu siapkan untuk mewujudkan pernikahan klasik adalah memilih tempat pernikahan sesuai. Tahapan kedua adalah memilih palet wara yang sesuai dengan tema ini. Kamu juga bisa menambahkan sentuhan dekorasi yang menggambarkan kepribadian pengantin. 

Tema ini bisa dilaksanakan di luar atau di dalam ruangan. Kamu juga bisa menerapkan konsep ini untuk intimate wedding atau pernikahan dengan tamu undangan banyak. Kamu bisa menambahkan rangkaian buket bunga pernikahan yang bernada merah muda dan putih di sekitar area pernikahan. Menggunakan sendok dan garpu perak dan ditambah kursi berdekorasi tertentu untuk membuat kesan kontras dengan gelas tangkai bewarna gelap atau serbet bewarna berani. 

Lengkapi tablescape dengan dekorasi seperti renda, border atau rhinestones. Kesan klasik semakin terasa dengan penggunaan pita dekoratif, alas piring bertesktur, atau lilin votive. Kamu bisa menggunakan beragam alat makan klasik untuk memperkuat tema pernikahan klasik yang Kamu inginkan, seperti penggunakan cangkir teh klasik. Kamu bisa mengembangkan berbagai ide sesuai imajinasi yang Kamu miliki agar tema pernikahan klasik impian Kamu bisa terwujud. 

2. Romantic 

Romantic Wedding Theme
Romantic Wedding Theme

Romantic menjadi tema pernikahan kedua yang bisa Kamu terapkan. Wedding dengan karakteristik pencahayaan delicate, soft hue atau ronanya lembut dan banyak dekorasi bunga pernikahan yang membuat pernikahan terasa lebih romantis. Sebagian besar tema pernikahan ini menggunakan warna pastel, lampu gantung, pajangan dinding dan dekorasi bunga di tempat pernikahan. Tema ini sangat cocok untuk pesta di dalam rumah dengan konsep intimate. Kamu bisa memilih tema pernikahan ini jika menyelenggarakan wedding di masa pandemic

3. Bohemian 

Bohemian Wedding Theme
Bohemian Wedding Theme

Kalau Kamu dan pasangan menginginkan pernikahan dengan tema internasional, maka Kamu bisa memasukkan bohemian wedding dalam list tema yang akan Kamu pilih. Pengantin perempuan yang menikah dengan tema ini biasanya menggunakan airy dresses atau gaun pernikahan lapang, dengan mahkota bunga, hiasan dream catchers, karpet vintage dengan gaya boho-chic, buket bunga cascading, floral table runners. Pada pernikahan dengan tema bohemian juga ditemukan nomor meja yang terbuat dari driftwood

Konsep ini bisa diterapkan di luar ruangan, Kamu bisa memilih tempat pernikahan pada aera terbuka dengan kesegaran angina pedesaan. Tema pernikahan bohemian menghadirkan konsep hangat, Kamu bisa menggunakan beragam dekorasi unik yang menarik perhatian tampu dari berbagai kalangan usia. Dekorasi bunga yang digunakan disesuaikan dengan tema yang dipilih. Meja dan kursi kayu sering ditemukan dalam pernikahan bohemian. Kalian juga bisa menggunakan Red White Congratulation sebagai dekorasi tambahan.

4. Vintage 

Ide Pernikahan Vintage 80an
Ide Pernikahan Vintage 80an

Tema ini menarik untuk semua kalangan dan tetap menjadi pilihan pasangan sampai saat ini. Tema pernikahan vintage mempunyai cakupan yang luas mulai dari ide maupun temanya sendiri, hal ini tergantung pada apa yang ingin ditonjolkan oleh pengantin. Kamu bisa menunjukkan gemerlap tahun 20- an sampai dengan gaya funky pada 80-an. 

Rancangan pesta pernikahan vintage tergantung pada style yang dipilih pengantin sesuai dengan kepribadiannya.  Gunakan instrumen yang bisa membawa Kamu, pasangan dan tamu undangan kembali ke zaman tersebut.  Biasanya inspiransi pernikahan vintage diambil dari novel atau film terkenal pada zaman dahulu. 

Salah satu cara mudah menampilkan vintage wedding adalah melalui pakaian pernikahan yang menampilkan kecantikan pengantin. Untuk upacara dan resepsi, Kamu bisa menggunakan dekorasi yang tampak antic, seperti pintu dan kursi kau yang terlihat usang, untuk menambah kesan vintage Kamu dan pasangan bisa mengendari mobil liburan tema klasik seperti Porsche atau Volkswagen tua. 

Baca Juga : Kue Special di Hari Penikahan

 

5. Pernikahan Fairytale 

Tema Pernikahan Ala Cinderella
Tema Pernikahan Ala Cinderella

Pengantin yang menginginkan pernikahan dengan konsep wedding yang sering ditampilkan dalam dongeng putri dan pangeran maka fairytale wedding adalah pilihan tepat. Pengantin wanita dengan gaun pernikahan seperti Cinderella, bersanding dengan pengantin pria dengan setelan seperti pangeran, ditambah dengan dekorasi menggunakan palet warna pastel lembut. Gantungan lampu Kristal di dalam ruangan, hiasan bunga di berbagai sudut ruangan, dengan beberapa rangakaian bunga besar, tambahan hiasan dekorasi yang tersinspirasi dari kisah dongeng akan semakin menampilkan fairytale wedding

Pernikahan fairytale sangat cocok dilakukan di dalam ruangan seperti rumah tepi laut, atau lokasi taman bermain, atau jika menginginkan pernikahan outdoor konsep ini masih bisa digunakan, seperti di lokasi pernikahan berkonsep hutan. 

Kamu bisa mewujudkan impian pernikahan terinspirasi dari dongeng yang Kamu tonton di waktu kecil. Kisah putri Cinderella, jasmine, atau putri lainnya bisa Kamu aplikasikan dalam perayaan pernikahan Kamu. 

Baca Juga : Tips Menentukan Dekorasi Acara Pernikahan

6. Whimsical 

Whimsical Wedding Theme
Whimsical Wedding Theme

Tema pernikahan whimsical cocok untuk pasangan yang menginginkan pernikahan dengan konsep unik, gabungan warna cerah dengan dekorasi bohemian unik membuat pesta menjai menarik. Gabungan elemen desaian seperti balon warna-warni, pita, rangkaian bunga dengan warna mencolok serta kursi yang tidak serasi menambah keunikan whimsical wedding. 

7. Garden Wedding

Pernikahan Outdoor
Pernikahan Outdoor

Konsep pernikahan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, pernikahan outdoor dengan tema garden wedding juga cocok diterapkan di tengah pandemi seperti saat sekarang ini. Nah konsep pernikahan seperti ini merupakan konsep yang murah tapi juga mewah. Tema ini bisa terlihat dari undangan pernikahan dengan aksen bunga, buket bunga pengantin dan dekorasi tempat pernikahan yang dipenuhi rangkaian bunga cantik. Pemilihan lokasi pernikahan sangat penting untuk mewujudkan garden wedding, lokasi taman yang hijau membuat suasana terasa sejuk sekaligus hangat. Gaun pengantin dengan tema yang sesuai, disertai dekorasi kue pernikahan dengan hiasan bunga memenuhi detail garden wedding. 

Garden wedding semain terasa dengan penggunaan kursi yang dihiasi bunga asli, penambahan rangkaian beragam bunga dengan warna lembut di setiap sudut ruangan membuat lokasi pernikahan semakin cantik, selain itu rangkaian bunga menyebarkan aroma harum ke seluruh tempat. 

Penambahan kain lembut seperti sifon atau tille  pada kursi dan dekorasi dinding akan menambah suasana romantis pada garden wedding. Kamu bisa menambahkan detail pada rangkaian acara seperti lagu, puisi, warna dan aroma sesuai. 

 Cuaca menjadi faktor utama yang harus Kamu pertimbangkan ketika memilih tema pernikahan garden , oleh karena itu sangat penting untuk menyiapkan ruangan praktis dengan dekorasi cantik untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan terjadi ketika upacara berlangsung. 

Baca Juga : Rekomendasi Kado Pernikahan Sahabat Terbaik

Kesimpulan

Kamu bisa menemukan inspirasi dari beragam sumber untuk mewujudkan pernikahan impian yang selama ini Kamu impikan, dan pandemi bukan hal yang membatasi Kamu berkreasi, selama upacara yang Kamu jalankan tidak melanggar aturan pemerintah. 

Add a Comment