20 Manfaat Bunga Telang serta Efek Samping dan Cara Menanamnya

Semua Tentang Bunga Telang
Semua Tentang Bunga Telang

Bunga telang merupakan tanaman yang masuk dalam suku polong-polongan. Bunga ini dapat ditanam dengan sengaja dipekarangan atau juga bisa tumbuh liar di tepi hutan. Habitat asli bunga ini adalah di Asia tropis, namun bunga ini ternyata dapat tumbuh hingga menyebar ke wilayah tropis lain. Bunga ini pada awalnya memang dikenal sebagai tanaman hias. 

Bunga telang memiliki panjang 1,5cm dengan kelopak berbentuk corong melebar hingga menyerupai kupu-kupu. Bunga ini memiliki warna biru dan ungu. Pada kembang telang terdapat kelamin ganda yang membuatnya menjadi bunga sempurna. Bunga ini memiliki banyak manfaat sehingga selain dijadikan tanaman hias, bunga ini juga termasuk daalam tanaman obat. 

Sejarah Bunga Telang 

Bunga telang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea.  Hal ini dikarenakan bentuk kembang telang menyerupai organ kewanitaan. Bunga ini bukanlah bunga yang pertama kali ditemukan di Ternate sehingga menyandang nama ternatea. Bunga ini diekstraksi atau diolah agar bisa dikonsumsi pertama kali di Ternate, Maluku. 

Kedua hal tersebut membuat bunga telang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea. Bunga tersebut kering yang diproduksi di Ternate ternyata juga memiliki harga yang bagus untuk mencari penghasilan. Untuk satu kilogram bunga kering bisa didapat dengan membayar sebanyak 100USD atau jika dirupiahkan menjadi sekitar 1,4juta rupiah. Selain untuk dikonsumsi, di Ternate juga telah memanfaatkan bunga ini untuk banyak hal seperti pakan ternak. Hal ini membuat bunga telang masuk kedalam agenda pengelolaan sumber daya genetik untuk Maluku Utara. 

Manfaat bunga telang 

Manfaat Bunga Telang
Manfaat Bunga Telang

Belakangan ini meminum teh bunga telang sedang menjadi trend tersendiri. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa bunga tersebut memiliki manfaat. Manfaat unga telang tidak hanya berhenti sampai dijadikan teh untuk kemudian dikonsumsi. Bunga ini memiliki berbagai manfaat lain seperti berikut :

  1. Bunga telang yang dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan dijadikan teh ternyata baik bagi penderita gangguan kecemasan. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya konsumsi teh bunga ini sembari malakukan yoga. 
  2. Pada ekstrak bunga telang terdapat 25 senyawa phytocomp. Pada senyawa tersebut terdapat asam linolenat dan asam palmitat. Asam linolenat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem saraf pusat. Sementara manfaat yang sama juga diberikan oleh asam palmitat, namun dengan tambahan antioksidan. Kedua senyawa tersebut memiliki sifat anti depresan yang akan membantu meringankan depresi bagi penderita gangguan mental tersebut. 
  3. Bagi penderita penyakit jantung, sebaiknya tidak perlu raguuntuk mengkonsumsi bunga telang. Bunga ini akan membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada tubuh. Tentunya hal ini merupakan kabar baik bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol. 
  4. Bunga telang juga dapat dimanfaatkan sebagai obat oles untuk luka. Pada ekstrak kembang telang ini ditemui senyawa fenolik dan flavonol glikosida. Kedua kandungan tersebut sangat efektif jika dijadikan obat oles penyembuh luka. 
  5. Bunga telang memiliki manfaat yang sangat baik untuk otak manusia. Bunga ini dapat membantu meningkatkan daya ingat karena ekstrak kembang talang akan maningkatkan asetilkolin. Asetilkolin merupakan zat kimia pada otak yang akan membuat manusia mengingat dan mempelajari sesuatu. 
  6. Selain bunganya, akar dari bunga telang juga berperan dalam memberi manfaat. Akar bunga talang daapat mengeluarkan dahak pada mereka yang menderita penyakit bronkitis. Hal ini disebabkan oleh sifat aktasif yang dimiliki akar bunga talang atau pencahar. Konsumsi ini sebaiknya dilakukan secukupnya dan tidak berlanjut sebab efek samping dari ramuan ini adalah sakit perut. Untuk mendapat ramuan akar bunga ini caranya hanya dengan mencucui bersih dan mengiris-irisnya untuk selanjutnya direbus dan diminum airnya. 
  7. Untuk mengatasi rambut rontok, bunga telang juga dapat menjadi jawaban yang tepat. Bioflavonoid yang ada pada bunga ini merupakan senyawa yang akan membantu mengatasi masalah kerontokan pada rambut serta membantu mengurangi kemunculan uban pada rambut. 
  8. Mengurangi Gejala Depresi
    Kandungan asam palmitat di dalam bunga telang yang merupakan senyawa mirip dengan asam linoleat. Asam linoleat adalah salah satu jenis asam lemak omega-3 esensial yang mampu mengontrol kadar kolesterol didalam darah. Manfaat lainnya yaitu melindungi sistem saraf dari kerusakan, asam palmitat juga mempunyai sifat antioksidan yang berguna sebagai antidepresan alami.
    Seduhan teh bunga telang diyakini mempunyai efek untuk menghilangkan stress serta mengurangi gejala kecemasan dan juga depresi. Selain itu dikenal mampu menyegarkan otak dan meningkatkan energi dan stamina. Emosi positif yang dihasilkan akan memberikan positive vibes dari orang tersebut yang akan meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
  9.   Membantu Proses Penyembuhan Luka
    Ekstrak biji kembang telang terdapat kandungan flavonoid glikosida didalamnya, senyawa ini yang membantu percepatan proses penyembuhan luka di tubuh. Ekstrak tumbuhan telang juga mengandung senyawa fenolik didalamnya yang membantu luka lebih cepat kering. Tumbuhan ini bisa diminum maupun dioles.

  10. Antioksidan yang Tinggi
    Seduhan bunga telang dengan air diketahui mempunyai antioksidan tinggi. Seperti diketahui antioksidan bisa melindungi sel-sel sehat di dalam tubuh. Hasil kajian yang dilakukan oleh International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences yang menyimpulkan jika antioksidan diperoleh dari ekstrak bunga telang yang bersumber dari methanol di dalamnya.
  11. Meringankan Peradangan di Dalam Tubuh
    Kembang telang juga diketahui memiliki kandungan asam oleat didalamnya. Tumbuhan satu ini mengandung 51 sampai 52 persen asam oleat didalamnya. Manfaat dari zat ini sudah tidak diragukan lagi. Aman oleat termasuk jenis asam lemak yang bisa ditemukan pada minyak zaitun. Manfaat utamanya adalah meringankan peradangan di dalam tubuh, serta membantu penurunan risiko kanker pada seseorang. 
  12. Menurunkan Risiko Gejala Diabetes
    Bunga telang mempunyai kemampuan untuk mengontrol penyerapan gula darah sehingga mampu menjaga kestabilan gula di dalam darah seorang. Hal ini yang menurunkan risiko gejala diabetes.
  13.   Menurunkan Kolesterol
    Hiperlipidemia atau tingkat kolesterol tinggi adalah pertanda melemahnya kesehatan tubuh. Bunga telang juga memiliki manfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol seseorang, sehingga organ jantung bisa terjaga dengan baik.
  14.   Menurunkan gejala asam
    Sifat antiasthmatic dan antioksidan yang dimiliki bunga telang dipercaya bisa meringankan gejala asma dan juga bronchitis.
  15.   Melancarkan Pencernaan
    Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada tanaman ini berkhasiat untuk memperlancar pencernaan. Meminum seduhan teh bunga telang sebanyak sekali atau dua kali seminggu ketika perut kosong akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  16.   Menurunkan Berat Badan
    Berat badan menjadi permasalahan yang tidak hanya dihadapi oleh wanita namun juga pria. Seduhan tanaman ini dinilai sebagai minuman ideal untuk mereka yang sedang mengatur pola makannya atau diet untuk menurunkan berat badan. Dinilai sebagai minuman yang tepat karena tidak mengandung karbohidrat, lemak dan kolesterol dan juga bebas dari kafein. Selain itu, bunga telang juga bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan dan kotoran di usus serta mengatur nafsu makan.
    Kandungan katekin EGCG, Epigallocatechin Gallate didalam bunga telang mampu mempercepat proses pembakaran kalori didalam tubuh dengan cara meningkatkan metabolisme. Kandungan EGCG pada tumbuhan ini diketahui lebih tinggi dibandingkan teh lainnya, sehingga menjadi minuman penurunan berat badan yang manjur.
    Sifat antioksidan pada teh ini juga mengandung sifat anti-inflamasi dan diuretic yang meningkatkan kemampuan mendetoksifikasi tubuh dan membantu mengeluarkan beat air yang terkumpul karena retensi air.
  17. Menjaga Kesehatan Kulit
    Senyawa flavonoid pada bunga telang mendorong produksi kolagen di dalam tubuh, sehingga mampu menjaga dan membantu elastisitas kulit. Mengkonsumsi teh dari tumbuhan ini secara teratur menjaga sistem pencernaan, hati dan ginjal serta menghilangkan partikel makanan yang tidak tercerna dengan baik di tubuh. Ketika tubuh sudah bersih maka akan meningkatkan kecerahan kulit, menghilangkan bintik gelap dan juga meratakan warna kulit.
  18. Mendorong Pertumbuhan Rambut
    Kandungan anthocuanin pada bunga telang membantu pertumbuhan rambut, senyawa ini dikenal mampu meningkatkan sirkulasi darah di kepala yang mampu menjaga kesehatan kulit kepala. Hal ini lah yang memperkuat folikel rambut dari dalam.
  19. Menjaga Kesehatan Mata
    Bunga telang ini juga mengandung proanthocyanidin yang berkhasiat untuk membantu menghilangkan kemerahan dan juga pembengkakan karena infeksi mata. Kandungan antioksidan pada bunga satu ini yaitu proanthocyanidin yang membantu meningkatkan aliran darah ke kapiler mata sehingga teh bunga ini dinilai efektif untuk mengobati kerusakan galukoma, retina dan penglihatan kabur.
  20. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Kandungan dan senyawa di dalam bunga telang diyakini bisa mematikan jenis bakteri yang akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Bunga Daendelion

Cara menanam bunga telang 

Untuk mendapatkan pohon butterfly pea, hal yang perlu dilakukan adalah menanamnya selain membelinya. Menanam bunga ini caranya cukup mudah dilakukan. Bunga ini adalah tanaman tropis sehingga tidak perlu khawatir untuk menanamnya di rumah. Bunga ini termasuk bunga yang bandel atau cukup mampu untuk bertahan dalam berbagai kondisi. Cara menanam bunga telang adalah sebagai berikut: 

Cara Menanam
  • Siapkan benih yang sehat dan baik. Benih ini sebaiknya direndam di dalam air bersih selama 12 jam. Proses ini dilakukan untuk membuat bibit bertunas.
  • Menyiapkan media tanam yang berisi tanah, pupuk kompos, dan sekam. Perbandingan yang dibutuhkan adalah sama. Lalu siapkan media tanam di dalam pot berdiameter 8cm atau 10cm yang berlubang agar dapat mengalirkan air.
  • tanam bibit bunga telang di dalam media tanam tersebut. Jangan mengubur bibit terlalu dalam dan terlalu cetek. Kedalaman terbaik untuk bibit kembang talang adalah 2,5cm. Untuk satu pot media tanam gunakan satu bibit saja. Dan jangan lupa untuk merapatkan kembali media tanam.
  • lakukan penyiraman untuk membuatnya tetap lembab.
  • tempatkan pot tersebut pada tempat yang terkena sinar matahari seperti di teras rumah, pekarangan rumah, halaman depan rumah, dan berbabai tempat lain yang mendapat sinar matahari penuh selama 8 jam. Suhu terbaik untuk tanaman ini adalah 19℃ - 28℃.
  • tanaman ini akan tumbuh untuk waktu yang panjang sehingga manfaatnya dapat dirasakan selama tanaman tersebut hidup. Lakukanlah pemupukan sebanyak dua kali dalam setahun dengan pupuk organik.
  • untuk menstimulasi tumbuhnya bunga dengan lebat, lakukan pemangkasan pada bunga-bunga yang sudah mekar. Pemangkasan ini dilakukan terutama pada bunga yang sudah rusak atau mati.

Jenis Bunga Telang

Bunga telang biru 

Bunga Telang Biru
Bunga Telang Biru

Bunga telang dapat tumbuh dengan warna biru yang cerah dan cantik. Banyak orang membeli bunga yang telah ditanam dengan klaim bahwa bunga talang tersebut berwarna biru cerah. Namun kemudian, bunga yang tumbuh berwarna ungu. Hal yang harus dilakukan menurunkan tingkat keasaman tanah. Keasaman tanah yang harus dicapai adalah 77,5pH. 

Bunga telang ungu 

Bunga Telang Ungu
Bunga Telang Ungu

Berbeda dengan bunga telang biru yang harus mencapai pH minimal di angka 7. Untuk mendapat bunga warna ungu yang harus dilakukan menambah keasaman tanah. Tanah yang lebih asam sekitar 65pH akan membuat bunga ini tumbuh dengan warna ungu. Untuk membuatnya berwarna ungu yang harus dilakukan adalah menyemprot media tanam dengan sedikit cuka atau biarkan bunga ini terkena hujan.

Cara Mengkonsumsi Bunga Telang

Kamu bisa mendapatkan manfaat dari bunga telang dengan cara memetik 10 kelopak bunga telang, kemudian direndam selama 15 menit dengan air panas. Ketika kelopaknya sudah tidak lagi berwarna biru, Kamu langsung saring airnya. Seduhan ini bisa Kamu minum secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

Efek Samping Mengkonsumsi Bunga Telang

Walaupun diketahui memiliki segudang manfaat, konsumsi kembang telang juga memberikan efek samping pada tubuh. Jika dikonsumsi dalam frekuensi dan kadar berlebihan akan menyebabkan mual dan diare. Selain itu untuk wanita hamil dan ibu menyusui tidak disarankan mengkonsumsi minuman satu ini. Konsultasi dengan dokter menjadi jalan terbaik sebelum memutuskan minum teh ini.

Jual bunga telang 

Untuk mendapat tanaman bunga telang yang sudah tumbuh dan hanya tinggal melanjutkan merawat harga yang bisa ditawarkan mulai dari Rp. 15.000. Sedangkan untuk mendapatkan bibit bunga telang harga yang harus dibayar adalah mulai dari Rp. 5000. Lain lagi dengan bunga jenis kering yang siap dikonsumsi. Harganya bisa mencapai Rp. 500.000 per kilogram.

Beli Bunga Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia 

Add a Comment