Alasan Memilih Intimate Wedding
Alasan Memilih Intimate Wedding

Menikah merupakan impian bagi kebanyakan orang. Setiap calon pengantin memiliki bayangan ideal akan konsep pernikahan yang ingin diwujukannya. Tak jarang calon pengantin ingin memberikan yang terbaik untuk merayakan momen spesial tersebut, karena pernikahan adalah momen penting yang paling diingat dalam hidup.

Setiap tahunnya muncul berbagai macam konsep pernikahan baru yang bisa diterapkan oleh calon pengantin. Jika dulu rata-rata pesta pernikahan digelar secara besar-besaran dengan tamu mencapai ratusan bahkan ribuan orang yang kerap kali pengantinnya sendiri tidak mengenali tamu undangan yang hadir.

Saat ini konsep intimate wedding lebih digemari dan bahkan tengah menjadi tren. Konsep intimate wedding identik dengan jumlah undangan yang sedikit dan dibatasi hanya untuk keluarga dan teman terdekat. Konsep pernikahan ini pun cukup menggoda apalagi karena faktor pandemi COVID-19 saat ini. Berikut beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan kenapa kamu harus memilih intimate wedding dibanding wedding biasa.

1. Lebih minim stress saat persiapan

Mengurangi Stress Persiapan
Mengurangi Stress Persiapan

Pernikahan merupakan momen menegangkan sekaligus menyenangkan seumur hidup oleh setiap pasangan. Pertanyaan-pertanyaan seperti dekorasi venue, kapasitas venue, tamu yang diundang, berapa banyak orang yang harus menjaga buku tamu, makanan, rundown acara, pakai wedding organizer yang mana, dan banyak pertanyaan lainnya ketika kamu memutuskan untuk melakukan pernikahan secara konvensional.

Banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang hari H pernikahan sehingga dapat menghabiskan waktu berbulan-bulan. Hal ini cukup membuat stress apalagi jika ditambah pekerjaan rutin setiap harinya. Dengan mengusung konsep intimate wedding, tentunya lebih sedikit yang harus dipersiapkan. Jumlah tamu yang lebih sedikit akan memudahkan proses persiapan pernikahan. Ditambah lagi banyak vendor pernikahan yang langsung menyediakan dekorasi serta susunan acara yang singkat sehingga calon pasangan tidak perlu menyewa wedding organizer.  Kami juga mempunyai tips ide tema pernikahan menarik di tengah pandemi

Baca Juga : Macam – Macam Ide Buket Bunga Pernikahan

2. Suasana lebih intim dan berkesan

Menyebut resepsi pernikahan, langsung teringat rasa lelah dan canggung ketika harus beramah tamah dengan ratusan tamu yang tidak dikenal sama sekali. Alih-alih menimbulkan perasaan yang bahagia, banyak pasangan malah ingin agar acara cepat berakhir dan bisa beristirahat dengan tenang.

Kemudian yang membuat konsep intimate wedding lebih disukai karena suasana intim ketika acara berlangsung yang hanya dihadiri oleh keluarga dan teman-teman terdekat. Tamu undangan yang hadir adalah orang-orang yang sangat peduli dan menyayangi kamu. Pengantin akan merasa jauh lebih lepas dan tidak perlu menjaga formalitas. Hal ini bisa menjaga moodbooster sepanjang acara berlangsung.

Baca Juga : Kado Tunangan Untuk Teman

3. Pengantin lebih bisa bersantai dan menikmati acara

Bagi sebagian orang pernikahan konvensional dirasa sangat kaku dan melelahkan. Dihadiri tamu yang sedemikian banyak membuat pengantin harus menjaga formalitas dan tidak dapat mengekspresikan diri. Kalaupun ada acara, pengantin hanya bisa bergerak sesuai susunan acara mengikuti arahan MC yang telah disipkan. Ketimbang menikmati acara, banyak pengantin yang merasa lelah karena harus menyuguhi banyaknya para tamu undangan yang hadir.

Dengan konsep intimate wedding, pengantin lebih memiliki kebebasan sendiri untuk berekspresi menentukan sendiri acaranya. Dihadiri orang-orang terdekat tentunya pengantin tidak perlu terpaku dengan formalitas dan dapat ikut aktif dalam rangkaian acara tanpa judgement dari para tamu. Tentunya tak ada yang lebih menyenangkan daripada menjadi diri sendiri sepenuhnya di hari bahagia pernikahan impian

4. Opsi venue lebih banyak

Venue merupakan salah satu hal penting dalam menyelenggarakan intimate wedding. Jumlah tamu yang lebih sedikit membuat calon pengantin lebih leluasa  memilih venue untuk pernikahan impiannya. Tidak perlu khawatir venue yang dipilih tidak mampu menampung jumlah undangan yang akan hadir. Kamu akan lebih leluasa dalam menentukan posisi pelaminan, meja tamu, dance floor dan sebagainya.

Venue outdoor dapat menjadi pilihan menarik bagi kamu yang mengusung konsep pernikahan intimate wedding. Terutama untuk konsep tertentu, menyatu dengan alam akan menambah kesan intim serta personal bagi pengantin dan para tamu undangan yang hadir. Kamu bisa memilih di pinggir pantai atau venue yang luas dengan konsep garden party. Namun bagi kamu yang ingin tetap dalam ruangan, bisa memilih Gedung atau aula yang tidak terlalu besar, bahkan kamu bisa menyelenggarakannya di halaman rumah atau restoran.

5. Desain pernikahan impian

Memilih menggelar pernikahan secara intim memungkinkan kamu merangkai setiap elemen desain pernikahan impian. Konsep ini memungkinkan kamu untuk menghindari standing party dan menghias pernikahanmu dengan lebih cantik. Mulai dari pilihan table mate yang memukau, catering, kue pengantin, rangkaian bunga dekorasi dan lain sebagainya.

Pastikan kamu sendiri yang memilih bunga yang akan dipakai dalam dekorasi, entah itu bunga mawar pink, bunga mawar putih, bunga lily, ataupun bunga matahari. Dengan tamu yang sedikit, keindahan pernikahan kamu akan terlihat dari tatanan desain. Kamu juga punya banyak waktu untuk memikirkan hal detail lainnya seperti buket bunga pernikahan, souvenir, susunan acara yang seru dan sebagainya.

Baca Juga : Tips Menentukan Dekorasi Pernikahan

6. Mengurangi jumlah tamu = mengurangi budget

Umumnya pernikahan skala kecil akan lebih murah, mulai dari harga catering, venue, dan dekorasi. Ketimbang menghabiskan banyak pengeluaran untuk untuk resepsi besar-besaran, banyak orang memilih berhemat dan mengalokasikan dana pernikahan untuk kebutuhan rumah tangga berikutnya. Tentunya pilihan tersebut cukup menggiurkan karena kamu bisa menghemat anggaran hingga 50% bila dibandingkan dengan pernikahan konvensional. Jika kamu memiliki budget yang terbatas, intimate wedding bisa menjadi pilihan yang menarik untukmu. Dan untuk kamu yang sedang mencari buket bunga pernikahan, bisa klik link berikut ya

Baca Juga : Cara Merayakan Ulang Tahun Pernikahan Tanpa Kado dan Kue

7. Lebih mudah digelar kala situasi sulit

Pernikahan dengan mengundang ratusan bahkan hingga ribuan orang sebenarnya agak sulit digelar saat situasi khusus seperti di tengah pembatasan sosial COVID-19 saat ini. Kondisi pandemi yang sulit diprediksi menambah keruwetan persiapan acara pernikahan yang ingin digelar. Jika sampai salah, pernikahanmu bisa diundur karena terkena aturan pembatasan. Akibatnya kamu harus mengabari kembali sekian banyak tamu yang sudah masuk dalam list undangan satu per satu jika ada perubahan.

Dengan memilih konsep intimate wedding, kerumitan tersebut dapat diminimalisir dan dihindari. Selain karena izin acara yang lebih pasti, calon pengantin tidak perlu khawatir jika ada perubahan mendadak. Mengabari perubahan acara tidaklah sulit karena jumlah tamu yang sedikit dan semuanya kenal dengan baik.

8. Cocok untuk destinasi wedding

Mempunyai mimpi menikah di Bali dengan pemandangan cantik atau bahkan memindahkan

hari pernikahanmu ke seaview resort di Labuan Bajo adalah pilihan yang tepat jika kamu mengusung konsep intimate wedding. Sedikit tamu yang hadir akan membuatmu terbantu untuk menyediakan akomodasi. Kamu akan jadi lebih dekat dan dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama tamu- tamu undanganmu.

Nah sekarang giliran kamu yang memilih, ingin pernikahan impian jenis apa yang paling tepat untuk kamu dan pasanganmu. Intimate wedding tak kalah unggul denga pernikahan mewah konvensional pada umumnya. Tentu ada kelebihan dan kekurangan dari kedua pilihan tersebut, namun yang paling terpenting adalah kebahagiaan kamu dan pasangan.

Share:

Aditya

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply