Jenis Kaktus Untuk Tanaman Hias
Jenis Kaktus Untuk Tanaman Hias

Kaktus merupakan panggilan untuk jenis tanaman yang termasuk kedalam anggota tumbuhan berbunga yang tergolong pada famili Cactaceae. Tumbuhan kaktus bisa hidup dengan baik di lingkungan dengan jumlah ketersediaan air yang terbatas bahkan tidak tersedia sama sekali. Kaktus memiliki umur hidup yang panjang. Tanaman jenis kaktus biasanya ditemukan pada daerah-daerah kering seperti di wilayah gurun. 

Baca Juga : 8 Cara Merangkai Parcel Buah

Ciri Ciri Kaktus

Ciri Jenis Kaktus
Ciri Jenis Kaktus

Akar yang dimiliki tumbuhan kaktus bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat panjang, sehingga mampu mencari sumber air dan memperluas daerah penyerapan air didalam tanah. Faktor ini yang menyebabkan kaktus bisa tumbuh dengan baik walaupun hidup didaerah yang gersang. Air yang diserap oleh akar kaktu akan disimpan didalam ruangan penyimpanan yang ada di batang kaktus. Karakteristik unik dari tanaman kaktus bisa dikenali dengan mudah dari duri yang dimiliki kaktus. Keberadaan duri pada tanaman kaktus berguna untuk mengurangi penguapan air. Sehingga, kaktus bisa hidup dalam waktu yang lama walaupun tumbuh dalam lingkungan tanpa air. 

Sejarah Penemuan Tanaman Kaktus 

Dalam sejarah penemuannya, tumbuhan kaktus ditemukan pertama kali pada abad ke-16. Informasi ini ditemukan dalam buku yang berjudul Historia Genral Y Natural De Ias Indias yang dipublikasikan pada tahun 1535. Buku ini ditulis oleh Hernendez de Oviedo y Valdez, didalam buku tersebut penulis mendeskripsikan tumbuhan kaktus sebagai tanaman yang memiliki duri yang unik dan buah yang khas. Sebagian besar dari spesies tanaman kaktus bisa ditemui pada wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tumbuhan kaktus pertama kali diimpor ke daerah Eropa dengan genus Melocactus. Nama kaktus diberikan oleh seorang ahli tanaman dari Swedia yaitu Carl Linnaeus. Penamaan ini diambil dari bahasa Yunani yaitu kaktos yang memiliki arti tanaman liar yang berduri. 

Baca Juga : 7 Cara Merangkai Bunga Yang Cantik

Filosofi Kaktus

Filosofi Jenis Kaktus
Filosofi Jenis Kaktus

Tanaman kaktus digolongkan kedalam jenis tanaman sekulen, hal ini dinilai dari kemampuan yang dimiliki kaktus untuk menyimpan cadangan air didalam batangnya. Kaktus mampu menyimpan cadangan air dalam jumlah yang besar. Kaktus mempunyai bentuk batang yang beragam. Untuk mengurangi penguapan air, tanaman kaktus melakukan metabolisme yang unik. Dimana, kaktus akan membuka bagian tubuhnya yaitu stomata di malam hari. Kaktus akan mengambil karbon dioksida pada malam hari, dan akan menyimpannya pada vakuola, dan akan dipakai ketika proses fotosintesis. Bentuk daun yang dimiliki kaktus berbeda dari tanaman lainnya. Kaktus memiliki daun yang berbentuk duri panjang yang menutupi seluruh bagian tubuh kaktus. Duri ini bermafaat untuk mengurangi penguapan air serta memproteksi kaktus dari herbivora. Kaktus juga memiliki bunga yang berfungsi untuk reproduksi tumbuhan. Bunga pada kaktus tumbuh pada bagian ketiak atau areola yang tumbuh melekat dan tidak mempunyai tangkai bunga. 

Kaktus termasuk kedalam jenis tumbuhan yang hidup didaerah kering. Seperempat dari total spesies kaktus bisa ditemui pada wilayah gurun. Sedangkan sisanya bisa ditemukan pada daerah semi- gurun dan padang rumput yang kering. Pada umumnya, tumbuhan kaktus tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis. 

Baca Juga : Toko Bunga 24 Jam Untuk Kebutuhanmu

Jenis Kaktus yang Bisa Kamu Pilih sebagai Pecinta Tanaman 

Jenis Kaktus Yang Bisa Dipilih
Jenis Kaktus Yang Bisa Dipilih

Tanaman kaktus yang termasuk kedalam tumbuhan gurun memiliki ukuran yang beragam. Kaktus ditutupi banyak duri dihampir seluruh bagian tubuhnya yang berguna untuk mempertahankan air pada tanaman tersebut. Walaupun termasuk kedalam tanaman gurun, Kamu tetap bisa menjadikan kaktus sebagai tanaman hias untuk melengkapi koleksi tanaman kamu di rumah. Beberapa jenis tanaman kaktus yang bisa kamu pilih, yaitu:

1. Kaktus Astrophytum 

Astrophytum termasuk kedalam jenis tumbuhan kaktus mini yang memiliki bentuk seperti bintang atau buah belimbing. Kaktus astrophytum memiliki bunga yang bewarna merah, kuning dan pink. Jenis kaktus ini memiliki batang yang berbentuk seperti bola. Kektus ini termasuk kedalam jenis tumbuhan yang bisa berbungan dengan mudah. Kaktus ini bisa tumbuh dengan baik jika Kamu meletakkan kaktus astrophytum pada ruangan yang memiliki suhu sekitar 40 derajat celcius, tetapi tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang terlalu banyak. 

2. Kaktus Cephalocereus Senilis 

Jenis kaktus ini memiliki tampilan yang unik jika dibandingkan dengan jenis kaktus lainnya. Kaktus Cephalocereus Senilis dikenal seagai kaktus orang tua. Nama ini disematkan karena kaktus mini ini ditumbuhi dengan rambut panjang yang bewarna putih. Rambut yang menutupi kaktus bisa tumbuh sampai 12 cm. Kaktus jenis ini bisa hidup dengan baik, ketika Kamu meletakkannya pada ruangan yang memiliki suhu sekitar 32 sampai 40 derajat celcius. 

3. Kaktus Ariocarpus

Jenis Kaktus ariocarpus sangat berbeda jika dibandingkan dengan kaktus pada umumnya. Kaktus jenis ini tidak ditutupi oleh duri sama sekali. Daun yang dimiliki kaktus ariocarpus berbentuk prisma. Daun kaktus ariocarpus memiliki bentuk yang beragam, seperti bagian ujung daunnya melengkup, runcing ataupun tumpul. Selain itu, jenis kaktus ini juga dilengkapi dengan bunga yang memiliki warna beragam seperti merah, pink, putih dan kuning yang mempercantik tampilan kaktus. Ukuran bunga kaktus ini berukuran besar yang meyerupai ukuran batangnya. 

4. Kaktus Echinocactus Grusonii

Jenis kaktus mini ini ditutupi oleh duri pada seluruh tubuh tumbuhannya. Kaktus echinocactus grusnonii memiliki bentuk yang mirip dengan gentong. Karena bentuknya, kaktus jenis ini dikenal sebagai kaktus gentong emas. Hal ini dikarenakan duri-duri yang menutupi permukaan kaktus memiliki warna kuning kecoklatan. Jenis Kaktus Echinocactus Grusonii berasal adari daerah Meksiko dan Texas. Kaktus ini diminati oleh pecinta tanaman, sehingga memiliki harga yang cukup tinggi. 

5. Kaktus Ferocactus 

Tanaman kaktus ferocactus memiliki tampilan yang cantik, karena memiliki duri yang berwarna merah jambu, sehingga menarik untuk dilihat. Jenis kaktus ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah koleksi tanaman Kamu di rumah. Kaktus ini memiliki bentuk yang bulan dengan batang berlekuk. Duri yang menutupi kaktus ferocactus sangat unik, karena tumbuh secara acak dan berukuran besar. Jenis kaktus ini tidak ditumbuhi bunga.

6. Kaktus Gymnocalycium 

Jenis kaktus ini memiliki bunga cantik yang menarik perhatian para pecinta tanaman. Bunga yang dimiliki tumbuhan kaktus gymnocalycium tumbuh di beberapa sisi tanaman. Kaktus jenis ini mempunyai bentuk yang mirip seperti buah labu dengan tanduk yang menjadi tampat melekatnya bunga. Duri pada kaktus gymnocalycium menutupi batang tanaman, tetapi tidak tumbuh pada bagian tanduknya. 

7. Kaktus Melacoctus 

Keunikan dari tanaman melacoctus adalah terlihat dari tampilannya yang seperti memakai topi atau mahkota. Batang kaktus yang tumbuh di bagian atas tumbuhan yang berbentuk pipih dengan warna cerah yang membuat kaktus ini unik. Kaktus melacoctus memiliki batang yang berbentuk bulat serta ditutupi oleh duri yang bewarna putih yang tumbuh secara rapi secara berjejer disetiap sisi tumbuhan. 

8. Kaktus Mammillaria Fraileana

Kaktus jenis ini berukuran mini dengan tampilan yang meriah. Kaktus mammillaria fraileana memiliki bentuk bulat yang tertutupi oleh duri panjang yang bewarna cokelat kemerahan. Kaktus jenis ini ditumbuhi bunga yang berukuran besar dan jumlahnya lebih dari satu. 

Kesimpulan

Dari 8 jenis kaktus yang dijelaskan di atas, Kamu akan memilih kaktu yang mana ? Kamu bisa memilih beragam jenis kaktus untuk melengkapi koleksi tanaman hias yang Kamu miliki. Keunikan dari tanaman kaktus serta tidak membutuhkan perawatan yang ribet, menjadi alasan yang tepat untuk menjadikan kaktus sebagai tanaman hias. 

Share:

Leave a Reply