Rumah Unik di Dunia
Rumah Unik di Dunia

Sebagian besar orang menjadikan rumah sebagi tempat ternyaman untuk mereka pulang dan beristirahat dari beragam aktivitas yang melelahkan. Desain dan interior rumah menjadi poin penting yang diperhatikan dalam proses pembangunan hunian. Tidak seperti bangunan pada umumnya, beberapa orang di dunia menginginkan tampilan rumah yang berbeda, sehingga hunian tersebut menjadi obejek menarik yang diperhatikan oleh orang banyak. Berikut beberapa jenis rumah dengan design unik di dunia:

Baca Juga : Perawatan Bunga Kembang di Rumahmu

1.Rumah Sepatu 

Bangunan unik pertama berada di Kawasan Pennsylvania, Amerika Serikat Rumah ini memiliki bentuk unik, seperti namanya, design rumah ini berbentuk sepatu. Dalam Bahasa inggris bagunan ini dikenal dengan nama The Thaines Shoe House. Bentuk yang ikonik membuat masyarakat tertarik untuk mengunjunginya. Seperti rumah pada umumnya, rumah sepatu juga memiliki ruangan yang bisa ditempati. Awal mula pembangunan rumah sepatu terinspirasi dari tayangan iklan sepatu oleh Mahlon Shoes pada tahun 1948.  Rumah ini dijadikan hunian oleh pemiliknya seperti fungsi rumah pada umumnya. Saat sekarang ini, rumah sepatu dijadikan salah satu objek wisata yang bisa Kamu kunjungi. Jadi, untuk Kamu yang memiliki rencana melakukan perjalanan ke Pennsylvania, Amerika Serikat, tidak akan rugi memasukkan rumah sepatu sebagai salah satu bucket list tempat yang harus Kamu kunjungi. 

2. Rumah Tersempit

Selain bentuk bangunanya, keunikan rumah juga terlihat dari ukurannya. Di daerah Warsawa terdapat sebuah rumah yang diyakini sebagai rumah tersempit di dunia. Hal ini dikarenakan, rumah tersebut berdiri diantara dua gedung besar yang membuat rumah ini seperti terhimpit. Rumah ini dikenal sebagai Keret House Jakub Szczensy dengan luas hanya 152 cm. Walaupun memiliki luas yang terbilang sempit, rumah ini masih bisa membuat penghuninya nyaman untuk menempati bangunan tersebut. Rumah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kamar tidur, dapur, ruang santai dan kamar mandi. Namun, untuk menuju ruangan tersebut, Kamu harus memanjat menggunakan tangga. 

3. Rumah Terkecil

Rumah karya arsitek Van Bo Le- Mentzal dikategorikan sebagai rumah terkecil di dunia. Bangunan rumah hanya memiliki luas 1 meter persegi. Karena ukurannya yang sangat kecil, rumah ini mempunyai berat yang cukup ringan sehingga bisa dibawa kemana-mana. Rumah ini diberi julukan One-Sqm-House. Rumah ini bisa dijadikan sebagai ruangan untuk duduk sekaligus untuk berbaring, tergantung pada posisi rumahnya. Jika ingin digunakan sebagai rumah untuk berbaring, maka penghuninya harus memiringkan rumah tersebut. Rumah terkecil ini hanya dilengkapi dengan satu pinju, satu jendela, dan satu kursi. 

Kamu yang ingin merasakan tinggal di rumah yang berbeda, desain rumah ini wajib untuk dicoba, karena akan memberikan sensai tersendiri. Rumah yang biasanya luas serta membuat penghuninya bebas melakukan kegiatan didalamnya, akan sangat berbeda dengan desain rumah yang satu ini. 

4. Rumah Setengah

Bangunan rumah unik kedua adalah rumah setengah yang berdiri di daerah Toronto, Kanada. Seperti namanya, rumah setengah adalah bangunan dengan bentuk bangunan setengah rumah. Rumah unik ini terdiri dari tiga lantai. Kemunculan rumah ini dikarenakan adanya konflik diantara pemilik rumah dan developer. Pada tahun 50-an, developer melakukan pembelian terhadap sebagian besar unit rumah yang berada di Kawasan Saint Patrick Street, Toronto. Namun, salah satu pemiliki rumah tidak mau menjual rumahnya, sedangkan sebagian lahan untuk membangun rumah sudah dibeli oleh pihak developer. Sehingga, pihak developer dengan terpaksa memangkas rumah bergaya Victoria tersebut menjadi setengahnya. Saat sekarang ini, rumah setengah dibiarkan kosong oleh para pemilikinya, karena belum ada orang yang memberika penawaran untuk memiliki rumah dengan design unik ini. 

Baca Juga : Bunga Gantung Untuk Mempercantik Rumahmu

5. Rumah Pohon 

Rumah pohon yang berlokasi di Tennessee ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan rumah pohon pada umumnya. Keunikannya terlihat dari bentuk bangunan rumah pohon tersebut. Horace Burgess berhasil mengembangkan dan membangun rumah pohon dengan konsep yang unik, dimana rumah pohon tersebut dibangun lengkap dengan enam fondasi. Rumah pohon di Tennessee ini juga dilengkapi dengan beberapa ruangan yaitu kamar, bangunan gereja dan ring basket. Bangunan ini dibangun mandiri oleh Horace Burgess, ia membutuhkan waktu 14 tahun untuk merampungkan pembangunannya. 

6. Rumah UFO

Rumah UFO
Rumah UFO

Berbeda dengan bangunan rumah di Warsawa, Bangunan yang berdiri di daerah Strasbourg, Prancis ini memiliki julukan sebagai rumah UFO karena memiliki ukuran yang sangat besar, sehingga mampu menampung banyak orang didalamnya. Tujuan pembangunan rumah UFO adalah untuk memaksimalkan penyerapan energi matahari yang akan memberikan suhu yang lebih hangat kepada lingkungan sekitar, terutama pada musim dingin. 

Baca Juga : Belanja Bunga Terbaik Hanya di FlowerAdvisor

7. Rumah Tembus Pandang 

Jepang, sudah lama dikenal sebagai negara dengan beragam keunikannya, termasuk dalam hal design dan interior pembangunan rumah. Salah satu rumah asal negeri sakura ini adalah rumah tembus pandang. Rumah tembus pandang memiliki luas sekitar 85meter persegi. Rumah ini dibangun oleh seorang arsitek asal Jepang yang beranama Sou Fujimoto. Rumah ini didesain tembus pandang agar cahaya matahari mudah masuk dan membuat sirkulasi udara terjaga dengan baik.

Bangunan ini berbeda dari rumah pada umumnya, karena tidak dilengkapi dengan dinding sebagai sekat pematas yang memisahkan setiap ruangan, sehingga aktivitas yang dilakukan di rumah diketahui oleh orang lain. Rumah dengan dominan warna putih ini memiliki bentuk yang sama dengan bangunan rumah pada umumnya. Walaupun dibangun dengan konsep unik, penduduk yang berada di lokasi pembangunan rumah ini, menyayangkan pembangunan tumah tembus pandang ini. Padahal, konsep dan tata letak dari rumah tembus padang, secara keseluruhan sangat bagus. 

8. Rumah Piano dan Biola 

Rumah Piano dan Biola
Rumah Piano dan Biola

Untuk Kamu yang menyukai musik dan instrumennya, bangunan unik ini akan sangat menarik perhatian Kamu. Rumah Piano dan Biola dibangun di Kota Huainan, Tiongkok. Rumah ini terinspirasi dari salah satu instrument music yaitu piano dan biola. Bangunan ini disangga oleh 3 kaki beton serta memiliki teras di bagian atapnya. Rumah ini dilengkapi dengan dinding-dinding yang terbuat dari kaca, yang membuat tampilan rumah unik uni menjadi lebih cantic dengan kesan modern tetap melekat pada bangunan ini. Bahan utama dari bangunan rumah piano dan biola adalah kaca, sehingga mampu memantulkan pemandangan disekitarnya. Pintu masuk utama dari bangunan ini berada pada bangunan biola rakasasa. 

9. Biara Meteora

Rumah Biara
Rumah Biara

Biara unik ini dibangun di Yunani. Biara ini dikategorikan sebagai bangunan unik karena dibangun di daerah yang dikelilingi tebing curam. Pada awal dibangun, kuil ini mempunyai 24 biara, namun, seiring berjalannya waktu banyak bangunan biara yang roboh akibat proses alam. Biara dibangun ditempat ketinggian dengan tujuan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para biarawan dan -biarawati yang menempati tempat tersebut. Hanya orang-orang dengan tekad yang kuat yang mampu mengunjungi biara meteora, karena mereka membutuhkan tenaga ekstra untuk menaklukkan tebing curam agar bisa sampai di Biara Meteora. 

Baca Juga : Kebun Bunga Matahari untuk Rumahmu

 

Share:

Leave a Reply