Bunga Daffodil
Bunga Daffodil

Terkadang kita sering melihat bunga indah satu ini, tetapi terkadang kita tidak mengetahui ini bunga apa dan jenis apa. Mungkin bunga daffodil adalah yang kamu maksud. Ya bunga ini berwarna kuning terlihat seperti bintang banyak dijadikan tanaman hias di rumah. Tertarik dengan info lengkap bunga daffodil? Yuk simak sebagai berikut :

Apa itu bunga daffodil? 

Arti Bunga Daffodil
Arti Bunga Daffodil

Daffodil adalah bunga yang hidup di daerah beriklim subtropics dan beriklim sedang. Bunga ini dikategorikan sebagai  tanaman hias. Di negara dengan empat musim, bunga ini biasanya tumbuh pada musim semi. Namun, terdapat beberapa jenis yang tumbuh di musim gugur. Bunga ini berasal dari Mediteriania 

Bunga daffodil sebut juga bunga narsis. Bunga ini pada umumnya ditemukan berwarna kuning, tetapi beberapa jenis juga memiliki warna lain seperti merah muda, hijau, dan putih. Bunga ini memiliki 6 kelopak pada satu kuntum bunga. Uniknya, bunga ini seperti memiliki bunga lagi dibagian tengah bunga berbentuk terompet. Bagian batang dan bagian daun bunga ini mirip dengan bunga tulip. Batang hijau yang tegak dan daun panjang lonjong berwarna hijau. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 60cm. 

Baca Juga : Jenis Bunga Bougenville

Bunga jenis apa Daffodil Itu?

Jenis Bunga Daffodil
Jenis Bunga Daffodil

Bunga daffodil lahir sebagai famili Amaryllidacaea dengan genus narcissus. Taman ini memang hanya akan tumbuh satu musim. Namun, ia dapat menunggu dan bertahan menunggu musimnya tiba

Bunga ini hanyalah jenis tanaman hias. Jangan sekali-sekali mencampur bunga ini dengan makanan atau memakan bunga ini. Bunga ini mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh manusia. Yang terburuk bunga ini bisa menyebabkan kematian.

Bulan apa bunga daffodil tumbuh?

Bunga ini tumbuh pada awal tahun, tepatnya pada bulan maret. Bulan maret bagi negara subtropics bagian utara adalah saatnya musim semi. Ditemukan bunga daffodil yang tumbuh pada musim gugur. Menanam daffodil disarankan pada musim gugur atau di Indonesia pada akhir tahun karena bunga ini butuh untuk segera mekar pada musim semi. 

Bunga ini cukup kuat untuk bertahan di Indoneisa. Mereka menyukai tanah yang lembab sinar matahari yang cukup teduh. Untuk menanam bunga ini pastikan drainase pada tanah terjaga dengan baik. Bunga ini memang menyukai tanah lembab, tetapi bunga ini tidak bisa bertahan pada tanah yang basah karena akan menyebabkan kebusukan pada umbinya.

Bunga daffodil melambangkan apa?

Bunga daffodil melambangkan semangat baru bagi masyarakat China. Mengapa begitu? Bunga ini biasanya bermekaran pada bulan maret, di mana bulan tersebut masih dikatakan awal tahun dan dekat dengan tahun baru imlek. Imlek dan mekarnya bunga ini dipercaya masyarakat China sebagai pembawa semangat baru dalam menjalani tahun yang baru. Tak jarang bunga ini juga dianggap sebagai bunga pembawa keberuntungan.

Tak berbeda jauh dengan di China, masyarakat Britania Raya percaya bahwa bunga daffodil pembawa kemenangan. Mereka percaya siapa yang menemukan bunga daffodil akan mendapat emas lebih banyak daripada perak. Artinya, kemenangan yang akan didapat lebih banyak daripada sesuatu yang hanya hampir menang. Bunga daffodil dilambangkan sebagai bunga kemenangan.

Lambang Bunga Daffodil
Lambang Bunga Daffodil

Cerita lain datang dari Prancis. Bagi orang Prancis bunga daffodil adalah simbol sebuah harapan. Mengapa demikian? Hal  ini terkait bunga yang ditanam selama musim gugur dan harus melewati musim salju. Bunga ini tidak tumbuh dan mekar saat ada salju, tapi tak perlu khawatir karena bunga ini tetap bertahan hidup saat musim dingin. Setelah musim dingin selesai, bunga ini akan mekar tetapnya saat musim semi.

Hal sama juga terjadi di Amerika Serikat. Bunga daffodil adalah tanaman yang melambangkan sebuah harapan. Namun, ada spesifikasi tersendiri dari AS daripada Prancis. Orang Amerika menjadikan bunga ini lambang resmi dari Asosiasi Kanker Amerika. Yang artinya ada harapan bagi penderita kanker untuk sembuh dari apa yang membelenggu di tubuh mereka. Selain itu, orang Amerika menjadikan buket bunga ini sebagai hadiah saat hari peringatan 10 tahun pernikahan. 

Cerita unik datang dari Jepang. Bunga ini bagi masyarakat Jepang dijadikan lambang kebahagiaan. Kebahagiaan yang dimaksud bukanlah seperti harapan seperti China. Kebahagiaan yang orang Jepang maksud dari daffodil adalah saat kedatanangan sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Bertemu sahabat baik yang sudah lama tidak bertemu bukan hanya membuat seseorang Bahagia melainkan keceriaan dalam mengisi kehidupan.

Di mana sebaiknya menanam bunga daffodil?

Daffodil Ditanam di Rumah
Daffodil Ditanam di Rumah

Pekarangan rumah 

Halaman rumah yang sengaja dibuat menjadi pekarangan bunga adalah tempat yang cocok untuk menanam bunga daffodil. Bunga ini akan mekar pada bulan maret atau awal tahun. Sebaiknya mulai tanam bunga ini pada akhir tahun. Bunga ini cukup ramah untuk bertahan pada musim penghujan. 

Bunga ini memiliki bebarapa varietas yang tentunya cantik. Tanamlah beberapa varietas yang berbeda pada pekarangan rumah. Untuk membuatnya terlihat lebih teratur, sebaiknya batasi tiap varietas dengan balok kayu. Menanamnya untuk menyambut imlek akan lebih baik agar mamikat tetangga dan tamu yang datang.

Kebun 

Menanam bunga daffodil dengan berbagai tanaman lain juga bukanlah ide yang buruk. Bunga ini cocok ditanam di kebun dengan tanaman lainnya. Pemilihan bunga yang tepat akan membuat kebun lebih indah dan teratur. 

Pilihlah varietas bunga daffodil yang berukuran kecil agar tidak terlalu sempi dilihatnya dan cukup ruang untuk tanaman lain tumbuh. Bunga ini adalah bunga yang akan mekar terlabih dahulu sebelum yang lainnya. Sehingga, sembari menunggu bunga lain mekar di mana biasanya adalah pertengahan Maret hingga Mei, bunga ini akan menjadi pencuci mata saat menunggu.

Taman 

Bunga daffodil cocok ditanam di mana pun tak terkecuali di taman. Taman biasanya adalah tempat yang umum atau bebas dikunjungi orang. Bunga daffodil akan menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung ke taman. 

Selain menarik perharian, bunga ini akan memunculkan keinginan untuk memetiknya. Bunga daffodil yang ditanam di taman seharusnya memang diperbolekan dipetik. Bunga ini bisa dijadikan bunga potong untuk dijadikan hiasan di rumah dengan cara menyimpannya dalam vas bunga.

Pot 

Bunga daffodil memang cantik jika ditanam berkelompok, tetapi bunga ini juga tak kalah cantik untuk berdiri sendiri di dalam pot karena batangnya yang kuat. Hanya sekadar dijadikan hiasan pada teras rumah atau didekat jendelapun tidak masalah bagi bunga cantik ini. 

Tipsnya adalah serasikan warna bunga dengan cat rumah atau dengan warna bunga lain. Hal ini akan membuat sekitar rumah menjadi terlihat rapih dan elegan. Jika tiap bunga yang ada memiliki banyak warna berbeda, hal ini akan membuat sekitar rumah menjadi terlalu ramai. 

Menanam bunga daffodil dapat disesuaikan di mana pun. Yang perlu diingat adalah jangan lupa untuk merawat bunga ini.  Pemangkasan bunga harus dilakukan secara rutin. Hal ini dikarena bunga ini akan tumbuh lebih lagi dan memerlukan tempat yang lebih luas lagi. Maksudnya adalah dengan memangkas bunga yang telah mekar lebih dulu akan membuat bunga lain lebih leluasa untuk mekar dan ruang tumbuh bunga tidak menjadi sempit. Setelah musim mekar selesai, tidak perlu membongkar tanaman ini lagi karena tanaman ini akan kembali mekar pada musim berikutnya.

Share:

Leave a Reply