Macam - Macam Bunga Yang Bisa Dimakan
Macam – Macam Bunga Yang Bisa Dimakan

Bunga adalah bagian dari tanaman yang mana mayoritas bentuk dan warnanya cantik. Bunga banyak dimanfaatkan sebagai hiasan dan hadiah. Sangat jarang orang menggunakan bunga sebagai bahan makanan. Hal ini dikarenakan bunga yang cantik belum tentu boleh dimakan. Ya, tidak semua bunga bisa dimakan walaupun itu adalah tumbuhan. Beberapa bunga tidak disarankan dimakan dan beberapa lainnya beracun atau bahkan tidak baik untuk tubuh. Bunga-bunga yang bisa dimakan disebut edible flowers. 

Apa saja bunga yang bisa dimakan?

Bunga Krisan dapat Langsung Dimakan
Bunga Krisan dapat Langsung Dimakan

1. Krisan 

Krisan dapar dimakan langsung atau juga dicampur dengan berbagai makanan lainnya. Bunga ini digunakan orang Tiongkok untuk memasak. Rupanya sebagai bunga. Krisan memiliki banyak manfaat pada tubuh.

Krisan dapat menjadi obat jerawat alami karena mengandung banyak vitamin C. selain vitamin C, krisan juga memiliki mineral yang tinggi dan dapat digunakan sebagai anti-inflamasi. bagi yang masih awam dengan bunga krisan, kalian bisa mengetahui perbedaan bunga krisan dengan bunga lainnya.

2. Mawar

Mawar biasanya dijadikan teh, sirup, dan juga selai. Mawar harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dioleh. Bunga mawar yang bisanya digunakan adalah bunga mawar merah. Jika terdapat bunga yang masih memiliki warna putih pada kelopaknya, sebaiknya dibuang terlebih dahulu. Bagian kelopak berwarna putih rasanya masih pahit jika dimakan. 

3. Bunga matahari 

Biji bunga matahari sudah sangat terkenal sebagai ceminal favorit masyarakat Indonesia. Selain di Indonesia, cemilan ini juga terkenal di dunia internasional. Lebih dari itu, ternyata kelopak bunga matahari juga dapat dimakan.

Kelopak-kelopak muda bunga matahari bisa direbus seperi memakan labusiam rebus. Kelopak bunga matahari juga banyak dicampur dalam masakan berkuah seperti sup.

4. Bunga telang

Bunga telang adalah bunga edible paling popular. Bunga ini terkenal untuk dikeringkan sebelum dikonsumsi menjadi teh. Teh bunga telang berwarna biru tua cantik, biasanya dicampur dengan perasan lemon sehingga warnanya menjadi ungu. Bunga telang memiliki rasa tawar atau netral dicampur dengan apapun. 

Selain dijadikan teh, manfaat bunga telang juga dapar dimasak Bersama nasi lemak sehingga berwarna biru. Selain untuk diambil warnanya, bunga telang juga dapat dicampur dalam lauk untuk melengkapi nasi lemak, 

5. Lavender 

Memasak berbagai makanan di rumah seperti semur, dapat dicampur dengan bunga lavender. Bunga ini memiliki aroma yang menenangkan dan banyak disukai. Biasanya bunga ini dimakan langsung dengan mencampurnya dalam es krim dan yoghurt. Selain itu, bunga ini juga dapat dicampur dengan pudding, kukis, atau kue tart. Yuk ket

6. Bunga sepatu

Bunga Sepatu Bisa Dimakan
Bunga Sepatu Bisa Dimakan

Bunga sepatu atau bunga hibiscus adalah salah satu bunga yang dapat langsung dimakan setelah dibersihkan. Berbagai makanan dapat dibuat dari bunga hibiscus. Bunga ini cocok disantap setelah memakn seafood karena dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Manfaat kecantikan juga dapat dipetik dari bunga sepatu. Bunga ini dapat membantu menjaga stamina dan kecantikan. Memakan bunga hibiscus dapat membantu membuat kulit lebih mulus dan menurunkan berat badan. 

7. Kamomil

Bunga chamomile sudah sangat terkenal manfaatnya.  Salah satu yang paling terkenal adalah teh chamomile. Teh ini banyak dikonsumsi orang Asia dan Eropa. Selain itu, bunga ini juga memiliki beberapa manfaat seperti penenang dan anti-inflamasi. Tidak hanya dijadikan teh, bunga ini juga dapat langsung dikonsumsi.

8. Elderberry 

Bunga Bisa Dijadikan Sirup
Bunga Bisa Dijadikan Sirup

Bunga ini adalah bunga edible yang sangat terkenal di Eropa. Sama seperti bunga mawar, bunga elderberry dapat dijadikan sirup. Bunga ini biasa diolah dengan dicampur gula dan air. Selain sirup, bunga ini juga dapat dibuat menjadi cuka dan jeli. Aroma khas dari bunga ini sama seperti aroma madu.

9. Rosela 

Bunga rosella sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya. Khasiat ini tentu dapat dirasakan setelah dikonsumsi. Mengkonsumsi bunga rosella secara rutin dapat membantu mengobati penyakit hipertensi, asam urat, dan ginjal. 

Bunga rosella mengandung 18 jenis asam amino, vitamin C, vitamin A, protein essensial, dan juga kalsum. Dengan berbagai kandungan tersebut, tak heran bunga ini dapat memberi manfaat jika dikonsumsi. 

10. Sedap malam 

Bunga sedap malam berbentuk seperti bunga melati namun lebih panjang. Bunga ini biasanya dijadikan sup Bersama dengan jamur kuping. Bunga sedap malam juga dapat menjadi salah satu isian dalam semangkuk tekwan.

11. Begonia 

Daun begonia adalah teman para survival ketika tersesat di hutan. Tanaman ini adalah tanaman hias namun ternyata banyak ditemukan di hutan. Pada bagian tangkai dan daun terdapat bulu-bulu halus. Bulu-bulu tersebut tidak akan mengganggu ketika dimakan. 

Mengkonsumsi begonia tidak harus dicampur atau diolah terlebih dahulu. Ketika terserat dan menemukan tanaman ini, potonglah daun dan tangkainya untuk langsung dikonsumsi. Jika membawa peralatan masak, tanaman ini boleh direbus terlebih dahulu.

 

12. Lila 

Bunga Lila bisa dicampur dengan Eskrim
Bunga Lila bisa dicampur dengan Eskrim

Bunga lila biasanya memiliki aroma yang menenangkan sehingga dijadikan aromaterapi. Namun ternyata bunga lila dapat dikonsumsi. Bunga ini sama dengan bunga lavender, biasanya dicampur dengan yoghurt, es krim, selai, manisan, dan juga dijadikan garnish.

13. Dandelion 

Bunga dandelion tidak hanya akan mengabulkan permintaan, tetapi juga memuaskan rasa lapar. Bunga ini cocok dijadikan lalapan kesukaan orang Indonesia. Untuk mendapat rasa yang pahit, pilihlah bunga yang sudah mekar. Jika ingin yang manis, pilihlah yang belum mekar. Selain itu, bunga ini juga dapat digoreng hingga renyah untuk dinikmati.

14. Melati 

Melati dapat dikonsumsi langsung setelah dibersihkan. Namun sering kali melati diolah menjadi teh agar harum. Selain itu, tak jarang juga melati dijadikan pudding dan juga kue kering. Memakan melati tidak ada kaitannya dengan unsur magis, bunga melati memang dapat dimakan dan bermanfaat. Sayangnya, beberapa melati tidak boleh dimakan karena beracum.

Bagaimana cara mengolah bunga mentah untuk dimakan? 

Bunga yang bisa dimakan tidaklah terlalu merepotkan dalam proses pengolahannya. Bunga-bunga yang disajikan untuk dimakan biasanya hanya perlu dicuci dan direbus. Ada pula bunga yang dapat langsung dimakan tanpa dimasak dahulu. Yang perlu diingat adalah memastikan kebersihan bunga-bunga yang akan dikonsumsi.

Beberapa bunga ada yang dijadikan minuman seperti teh dan sirup. Untuk mengolah bunga menjadi teh, biasanya bunga hanya perlu dibersihkan lalu dikeringkan. Bunga-bunga seperti ini adalah bunga rosella, kamomil, dan telang. Sementara bunga yang dijadikan sirup harus dimasak terlebih dahulu dengan gula sehingga memiliki rasa yang lebih pasti.

Bunga apa saja yang baik untuk kesehatan?

Bunga-bunga yang telah disebutkan di atas tentunya memiliki manfaatnya masing-masing. Yang perlu diketahui adalah jangan mengkonsumsi bunga yang akan memnyebabkan kontradiksi terhadap kesehatan. Sebaiknya berselancar di internet untuk mencari tahu manfaat sebuah sebuah edible flower akan sangat membantu. 

Selain itu, konsumsi gula haruslah disesuaikan. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak bunga hanya karena mengetahui bunga tersebut dapat dimakan. Segala hal yang berlebihan memang tidak akan mendatangkan manfaat. Bunga-bunga yang bisa dimakan akan baik bagi kesehatan jika yang dimakan adalah bunga yang tepat dan cukup.

Share:

Leave a Reply