Jenis Tanaman Bunga Bromelia
Jenis Tanaman Bunga Bromelia

Bromelia adalah sebuah genus di mana terdapat beberapa jenis tanaman di dalamnya. Bromelia memiliki 3000 jenis di dalamnya. Tanaman bunga bromelia berasal dari Amerika, lebih tepatnya Argentina dan Brazil. Hanya ada satu jenis bromelia yang berasal dari Afrika. Sebutan bromelia diambil sebagai sebuah penghormatan bagi ahli botani asal Swedia yaitu Olof Ole Bromell

Karakteristik Tanaman Bunga Bromelia

Karakteristik tanaman bunga bromelia yang paling menonjol terlihat dari bentuk daunnya. Daunnya berbentuk memanjang seperti pita yang terjuntai. Warna daun pada tanaman bromelia juga tidak selalu hijau, tetapi juga merah. Daun taman bunga bromelia juga dapat menyimpan air yang banyak sebagai cadangan. 

Bromelia juga menyajikan bunga yang cantik dengan berbagai warna. tanaman bunga bromelia memiliki kandungan zat anthicyanin sehingga dapat memberi warna-warna indah pada bunganya. Bunga-bunga ini dapat tumbuh kapanpun tanpa mengenal musim. Bunga bromelia dapat bertahan hidup hingga 2 bulan lamanya. 

Bromelia memang berasal dari Amerika, namun bromelia juga cukup kuat untuk bertanam di berbagai tempat. Bromelia lebih tepatnya berasal dari daerah tropis sehingga adaptasi saat dibawa ke negara lain mampu dilakukan tanaman bunga bromelia. Bahkan, tanaman bunga bromelia sudah hadir di Eropa sejak 1700-an. 

Cara Hidup Tanaman Bunga Bromelia

Bromelia memiliki 3 cara hidup yaitu:

  • Epifit: Tanaman ini hidup dengan menumpang pada tanaman induk. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kebutuhannya untuk tetap tumbuh. Namun, tanaman ini tidak akan merusak tanaman inang.
  • Saprofit: Tanaman ini mendapatkan makanan dari tanaman lain yang sudah mati atau busuk. Tentunya hal ini berbeda dengan parasite yang mengambil makanan dari jasad yang masih hidup. 
  • Aerofit: Tanaman epifit atau tanaman yang menumpang pada tanaman lain. Namun tidak berhubungan langsung dengan air dan tanah yang sama. 

Jenis Tanaman Bunga Bromelia

Bromelia sendiri memiliki berbagai jenis tanaman yang dapat diketahui :

  • Ananas 
Jenis Tanaman Bunga Ananas
Jenis Tanaman Bunga Ananas

Tanaman ini umumnya suka pada daerah yang panas dan lembab. Tanaman ini juga dapat diletakan pada daerah yang terkena sinar matahari secara langsung. Daun pada tanaman ananas sebaiknya selalu disiram agar tetap lembab. Media tanam juga haruslah memakai  bahan-bahan yang tahan tehadap keadaan lembab.

Tanaman bromelia jenis ananas ini, memiliki buah yang dapat dimakan. Kulit buahnya memiliki sisik yang dalamnya terdapat mata yang harus dibersihkan sebelum dikonsumsi. Pada bagian atas buah terdapat tuna kecil yang bisa dipotong untuk ditanam kembali. Bagian tersebut bentuknya seperti  tanaman bunga bromelia jenis ananas, namun versi yang lebih kecil.

  • Tillandsia

Spesies tillandsia sebenarnya memiliki berbagai bentuk. Tanaman bunga bromelia jenis ini tidak ingin bertemu matahari secara langsung. Mereka lebih menyukai tempat yang lembab. Tanaman ini tetap dapat hidup meskiput tidak tertanam, asalkan daunnya tetap terkena udara. 

Bentuk bunganya pipih dan lebar seperti raket. Daun pada tanaman ini berwarna hijau keabu-abuan atau perak.  Banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias gantung. Bromelia jenis tillandsia memang cocok digantung sebagai tanaman hias karena ini adalah jenis tanaman udara yang dapat dengan mudah tumbuh di udara.

  • Vriesea 
Vriesa Bromelia
Vriesa Bromelia

Jenis tanaman bunga bromelia yang satu ini cukup rumit untuk dimengerti. Vriesea menyukai tampat lembab tapi tidak terlalu lembab. Selain itu vriesea juga menyukai tempat hangat terapi tidak suka berhadapan langsung dengan matahari. 

Bentuk bunga yang dimiliki tanaman ini cukup khas. Bentuknya seperti ujung anak panah namun lebih berisi. Warna bunganya merah dan kuning pada satu bunga. Bunga pada tanaman ini dapat bertahan hingga 4 bulan lamanya.

  • Guzmania 

Jenis tanaman bunga bromelia yang satu ini adalah salah satu yang paling cantik. Bunganya berbentuk seperti obor dengan warna merah berani. Bagian tengah dari bunga ini berwarna putih. 

Daun pada guzmania baik yang muda maupun yang tua akan meruncing. Bedanya daun uda akan lebih pendek dari daun tua. Guzmania sebaiknya disimpan di dalam rumah sebagai tanaman hias rumahan sebab mereka tidak menyukai matahari secara langsung dan lebih memilih tempat tertutup.  

  • Neoregelia

Daun pada tanaman ini sangatlah unik, mereka bisa berubah warna. warna yang ditampilkan pada awal mula muncul adalah kuning, lalu berubah menjadi merah, dan berubah lagi menjadi hijau. Daun pada neoregelia memiliki duri, namun tidak semua daun berduri. 

Selama bunganya hidup, selama itu pula tanaman ini akan hidup. Sehingga masa hidupnya bergantung pada bunganya. Namun tunas-tunas yang muncul pada tanaman ini dapat dengan mudah ditanam kembali. Tanaman ini tidak terlalu menyukai sinar matahari dan suka terhadap tempat lembab. 

  • Nidularium 

Sama seperti neoregelia, bromelia jeni ini tidak terlalu menyukai sinar matahari dan menyukai daerah lembab. Daun dari nidularium lebih lebar daripada neoregelium. Daunnya lancup pada ujungnya dan berduri sekeliling tepi daun. Permukaan daun juga mengkilap dan ujungnya melengkung ke bawah. Daun muda yang baru muncul berwarna merah cerah mengkilap. Daun muda ini mirip dengan bunga. 

  • Billbergia 

Jenis yang satu ini adalah jenis idaman pencinta tanaman karena tidak terlalu repot dalam merepotkan. Billbergia tidak terlalu membutuhkan kelembaban seperti yang lainnya. Selain itu, tanaman ini juga menyukai sinar matahari yang intensitasnya tinggi. 

Daunnya menjuntai kebawah dan tidak berduri. Warna daun pada tanaman ini cukup beragam. Bunga dari billbergia juga cukup unik, mereka berwarna merah mudah yang menjuntai ke bawah ditopang oleh tandan. Mirip seperti bunga pada pohon pisang.

  • Bromelia

Bentuk tanaman bunga bromelia mirip dengan ananas. Perbedaannya terlihat dari daun yang lebih keras dan mengkilap, daun muda ditopang tandan akan berwarna oranye cantik. Bentuk daun muda ini mirip seperti suluh. 

Daun tua akan mulai berubah warna menjadi hijau. Jenis yang satu ini hamper mirip dengan ananas, hanya saja tidak berbuah. Bromelia suka sekali berada di bawah sinar matahari langsung. Mereka menyukai tempat lembab dan panas.

  • Aechmea 

Aechmea sama seperti kebanyakan bromelia yang lain, menyukai tempat lembab dan tidak suka secara langsung berhadapan dengan sinar matahari. Aechmea memiliki berbagai bentuk tanaman yang berbeda-beda walaupun mereka tetap jenis yang sama. 

Bunga pada aechmea juga hadir dengan berbagai warna. Dapat dikatakan bahwa dalam satu jenis aechmea terdapat berbagai bentuk dan warna tanaman.

  • Cryptanthus 

Cyptanthus di Indonesia sering disebut tanaman bintang laut. Bentuk daun pada tanaman ini seperti bintang. Daunnya yang panjang dan lancip menjuntai ke bawah. Pada pinggir daun terdapat duri dan berbentuk gelombang. Sama seperti aechmea, tanaman ini juga memiliki warna yang berbeda-beda pada tiap jenisnya.

Cryptanthus menyukai sinar matahari yang teduh. Tanaman ini cocok diletakan di dalam rumah seperti di sudut ruangan atau bahkan di atas meja. Tanaman ini termasuk tanaman hias yang memang lebih cocok berada di dalam ruangan.

 

Share:

Leave a Reply