Trik Memilih Bibit Bunga Mawar yang Berkualitas

Bunga Mawar
Bunga Mawar

Memilih bibit bunga mawar merupakan hal penting. Mawar sendiri dikenal sebagai salah satu bunga yang menjadi pujaan banyak orang. Salah satu keunikan mawar adalah bentuknya yang cantik. Apalagi jika mawar dirangkai menjadi sebuah buket. Tidak hanya itu bunga ini juga dikenal dengan keharumannya yang menenangkan. 

Tahukah Anda mawar yang menawan tersebut berasal dari bibit berkualitas. Ya, bukan rahasia umum lagi jika bibit menjadi cikal bakal bunga yang indah. Apabila bibit yang digunakan memiliki kualitas tinggi tentu bentuk dan warna bunga akan berpengaruh. Apalagi saat ini sudah ada metode budidaya mawar. 

Salah satunya budidaya menggunakan metode hidroponik. Metode yang saat ini biasanya cocok untuk para pemula. Tidak hanya itu pemilihan bibit mawar yang dipadukan dengan teknik budidaya diperlukan. Ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk menentukan bibit bunga mawar berkualitas. Seperti cara-cara di bawah ini. 

 

Mempelajari Perkembangbiakan Mawar

Mawar Megawati
Mawar Megawati

Trik pertama yang perlu dilakukan adalah mempelajari perkembangbiakan mawar. Hal ini memang terlihat sepele namun sebenarnya penting dilakukan. Pasalnya Anda bisa mendapatkan bibit yang berkualitas dari cara perkembangbiakan mawar. Bunga yang terkenal dengan nama rose tersebut berkembangbiak dengan dua cara. Keduanya yaitu generatif dan vegetatif. 

Perkembangbiakan generatif biasa diartikan sebagai penanaman menggunakan bijinya. Sementara teknik vegetatif dilakukan dengan menggunakan cangkok. Metode tersebut juga sudah lazim dikenal masyarakat luas dengan sebutan stek mawar. Cara menanam bibit bunga mawar dengan langkah keduanya nantinya memberikan hasil berbeda-beda. Namun trik tersebut memudahkan Anda. 

Apabila dilihat dari jenis perkembangbiakannya para pembudidaya mawar biasanya memilih stek. Alasannya memungkinkan bunga mawar yang baru ditanam mewarisi sifat bawaan indukannya. Setelah mengenali teknik penanaman bunga rose Anda bisa memanfaatkannya demi mendapatkan biji berkualitas. Misalnya memilih pengambilan bibit lewat biji rose yang sudah kering. 

 

Menyeleksi Bibit dari Biji Mawar

Trik selanjutnya masih berkaitan dengan penggunaan teknik penanaman rose. Mendapatkan bibit bunga mawar ini bisa didapat dari stek maupun cangkok. Namun berhati-hatilah saat menanam menggunakan cara ini. Pasalnya tingkat keberhasilan pertumbuhan yang didapat mempunyai presentasi rendah. Hal ini lantaran biji umumnya rentan mati sebelum tumbuh.

Pertama seleksi biji dari bunga mawar itu sendiri. Untuk mendapatkannya terlebih dahulu diperlukan bunga rose yang telah dewasa. Artinya tanaman tersebut sudah mengalami masa penyerbukan. Salah satu ciri khasnya warna buah menjadi kehijauan. Saat sudah berada di fase dewasa warnanya berubah ungu, merah maupun jingga. 

Kemudian keluarkan biji dari bagian buahnya. Jangan lupa membersihkannya terlebih dahulu. Fungsinya agar menghindari perkecambahan yang kotor. Rendam biji selama 24 jam ke dalam air untuk mengetahui kualitasnya. Bagian yang tenggelam mempunyai kualitas baik. Sebaliknya bila tampak mengapung bisa jadi kurang bagus untuk penyemaian bunga. 

 

Memilih Bibit dari Stek Mawar

Mawar Sunsprite
Mawar Sunsprite

Trik mendapatkan bibit bunga mawar baik dan berkualitas selanjutnya dengan cangkok dan stek. Pertama teliti bunga rose yang identik dengan variasi warna merah tersebut. Tujuannya agar Anda mendapatkan mawar indukan. Sebaiknya cermati tanaman yang sudah berbunga. Batang juga harus sehat dan terbebas dari hama penyakit.

Pemilihan batang stek dilakukan dengan teknik khusus. Seperti umur batang yang sudah tua. Ukurannya pun harus besar dan kuat. Lebih-lebih jika tanaman tersebut mempunyai mata tunas. Langkah selanjutnya memotongnya dengan ukuran rata-rata dari 5 sampai 10 cm. Sebaiknya posisikan tunas ada pada bagian tengahnya. 

Trik ini dapat dilanjutkan dengan memotong arah serong. Tujuannya adalah bunga mawar lebih mudah saat menyerap unsur hara. Anda juga perlu merendam stek ke dalam wadah yang berisi cairan hormon. Manfaatnya untuk mempercepat proses pertumbuhan akar. Waktu ideal perendaman sekitar 3 jam lamanya barulah ditanam.

 

Memilih Bibit Bunga Mawar Tunas

Terakhir trik yang bisa dilakukan yaitu lewat tunas mawar. Untuk mendapatkannya Anda perlu mengunjungi tempat penjual bunga. Ini penting untuk memastikan tunas yang Anda beli memiliki kualitas terbaik. Saat membeli tunas mawar sebaiknya cermati jenisnya. Pasalnya bunga rose tersebut memiliki banyak variasi warnanya.

Bahkan jenis tanaman ini pada saat masih menjadi tunas sedikit sudah dibedakan. Oleh sebab itu mintalah penjual agar memastikannya sesuai dengan keinginan. Contohnya saat Anda ingin menanam rose khas Indonesia berwarna merah pekat. Pastikan terlebih dahulu bibit tunas menghasilkan bunga yang sesuai rencana awal.

Setelah mendapatkan tunas langkah selanjutnya adalah menanam menggunakan media yang tepat. Pastikan komposisi media tanam tunas mawar tersebut seimbang. Hal ini mengingat keseimbangan menjadi kunci keberhasilan Anda saat menanam rose flower. Perbandingan komposisi media tanam umumnya 1:4:1 jika menggunakan pot. 

Nah, pada dasarnya bibit menghasilkan tanaman yang berkualitas. Termasuk salah satunya tanaman mawar yang sudah melegenda sejak lama. Selain media tanam yang bagus masih ada faktor penentu keberhasilan perkembangbiakan mawar. Bibit bunga mawar unggul menjadi syarat mutlak yang sebaiknya diperhatikan sejak awal.

Leave a Reply