Bonsai Serut
Bonsai Serut

Bonsai kembali menjadi trend ketika pandemi datang. Selain tanaman hias biasa, kegiatan memelihara dan merawat tanaman kembali dengan membuat bonsai lagi-lagi menjadi meroket. Bonsai adalah sebuah kegiatan membuat tanaman menjadi kerdil. Hal ini dilakukan agar bisa melihat miniatur tetapi asli dari sebuah tanaman. Jadi bonsai bukanlah jenis tanaman, melainkan sebuah kegiatan yang dilakukan pada tanaman. Salah Satu yang bisa dilakukan untuk membuat bonsai indah adalah bonsai serut, yuk simak lebih lanjut bagaimana membuat pohon indah ini.

Beberapa orang juga mengatakan bonsai adalah sebuah seni pada memelihara tanaman hias. Untuk melakukan kegiatan ini, diperlukan kedisiplinan agar pohon-pohon yang dibonsai tetap bertahan pada keindahannya. Nilai pada pohon bonsai terdapat pada tampilan fisik. Tampilan fisik yang baik dan bagus menunjukan pengorbanan atas kedisiplinan pemilik. 

Baca Juga : Jenis Pohon Pisang Bernilai Ekonomis

Pohon serut

Pohon serut merupakan pohon yang tingginya dapat mencapai 15m. Batangnya berwarna lebih terang dari batang kebayakan. Batang pohon serut memiliki warna putih keabuan.  Pohon serut memiliki bentuk daun bulat agak lonjong seperti telur. Daun ini dapat tumbuh sampai 12cm. Sekeliling daun pohon serut bergerigi. Permukaan sisi daunnya bertekstur kasar dengan tulang daun yang menyirip dan pangkal daun meruncing. Daun ini akan digugurkan pada musim kemarau.

Bunga pada pohon serut berwarna kuning kehijauan yang mana hal ini menandakan bunga jantan. Sedangkan bunga betina pada pohon serut berwarna kuning pucat dan tumbuh berkelompok. Tanaman ini memang berasal dari Asia Tenggara dan menyebar di Asia Tenggara.

Sama seperti pohon beringin, pohon serut juga kerap kali dicibiri banyak mitos. Pohon ini dipercaya dapat menangkal berbagai hal gaib. Pohon serut yang usah tua juga sering dianggap sebagai tempat tinggal banyak makhluk halus. Padahal dibalik banyaknya mitos yang mengelilingi pohon serut hal yang perlu digali lebih dalam adalah manfaat pohon serut. Selain itu, kita juga perlu mengetahui bahwa pohon serut mulai tergabung dalam tumbuhan yang dilindungi sebab mulai terjadi kelangkaan.

Baca Juga : Bunga Kamboja dan Rahasianya

Cara Membuat Bonsai Serut

Cara Membuat Bonsai Serut
Cara Membuat Bonsai Serut

Untuk menjadikan pohon serut menjadi bonsai serut caranya bisa dibilang tidak sulit namun perlu kesabaran dan kedisiplinan yang ketat untuk menyempurnakannya. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Menyiapkan pohon serut yang sudah tumbuh. Tinggi pohon serut ini dapat disesuaikan. Namun, jangan membonsai pohon serut yang sudah tua dan besar. Pohon serut yang akan dibonsai adalah pohon yang berukuran sekitar 1m.
  2. Setelah pohon serut tersebut dicabut. Batang serut harus dipotong sepanjang 50cm. Batang atas dapat dibuang atau dicangkok.
  3. Batang yang masih tersisa dengan akar dan sedikit dahan yang akan digunakan sebagai bonsai serut. Akar yang ada harus dirapihkan. Caranya dengan memotong akar-akar yang tumbuh terlalu tinggi hingga semua akar tingginya setara.
  4. Selanjutnya, daun-daun pada batang ini harus dipangkas hingga habis. Gunakan pisau pemangkas untuk melakukannya
  5. Proses selanjutnya adalah mencuci akar-akar yang sudah dirapihkan hingga bersih. Akar-akar ini kemudia perlu diolesi dengan perangsang pertumbuhan.
  6. Setalah proses tersebut dilakukan, selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanam. Media tanam yang diperlikan untuk bonsai serut adalah tanah humus, tanah guning, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.
  7. Tanamlah pohon serut ini pada media tanam yang sudah disiapkan. Penanaman hanya perlu dilakukan dalam pot yang besar atau lebar. Biarkan pohon serut ini tumbuh dan beradaptasi.
  8. Setelah tumbuh, proses pembentukan akan segera dilakukan. Pembentukan bonsai serut akan menggunakan kawat setebal 3mm. Kawat hanya perlu dililitkan pada dahan-dahan pohon serut ini. Buatlah kawat membentuk pola yang diinginkan.
  9. Kawat yang dililitkan harus menyesuaikan panjang dahan. Harus dipastikan bahwa kawar terlilit kuat dengan dahan mulai dari pangkal hingga ujung.

Baca Juga : Bunga Kelapa di Indonesia

Cara Merawat Bonsai Serut

Cara Merawat Bonsai Serut
Cara Merawat Bonsai Serut

Perawatan pada bonsai serut dimulai sejak kawat dililitkan pada dahan bonsai. Perawatan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Letakan pot berisì bonsai serut yang baru ditanam pada tempat yang tidak terkenal matahari langsung. Sinar matahari tetap diperlukan untuk pembentukan bonsai tetapi jangan biarkan paparan sinar matahari langsung mengenai pohon tersebut. Sinar matahari yang diperlukan bonsai itu hanya cukup untuk berfotosintesis.
  2. Penyiraman harus dilakukan setiap hari. Pernyiraman cukup dilakukan sebanyak satu kali dalam sehari. Pastikan media tanam dari bonsai serut tetap lembab sehingga nutrisi pada bonsai ini tercukupi.
  3. Berikan pupuk untuk melengkapi nutrisi dari bonsai serut. Pupuk harus diberikan secukup ya, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.
  4. Setelah muncul tunas-tunas baru dan daun mulai lebat kembali, lakukan pemangkasan daun. Pemangkasan ini perlu dilakukan untuk memperbanyak daun. Sehingga daun akan cepat tumbuh dengan lebat dan rimbun.
  5. Penyemprotan pestisida bisa dilakukan untuk melindungi bonsai serut dari hama. Hama yang biasanya menyerang setiap bonsai adalah kutu. Kutu ini akan merambat menjadi penyakit lain. Lakukan penyemprotan pestisida secara teratur.

    Cara Merawat Bonsai Serut Yang Cantik
    Cara Merawat Bonsai Serut Yang Cantik
  6. Jangan buru-buru memindahkan bonsai serut pada pot yang lebih besar. Lakukan pemindahan jika memang bonsai sudah cukup kuat dan dewasa. Bonsai  yang dipindahkan sebelum waktunya akan merusak nutrisi pada media tanam, sehingga nutrisi tidak lagi mencukupi bonsai tersebut.
  7. Bonsai serut bisa dilepaskan dari kawat jika memang sudah dewasa atau banyak yang menyarankan ketika sudah 3 bulan. Untuk mempermudah pelepasan kawat, sebaiknya lakukan pemangkasan terlebih dahulu pada daun. Berhati-hatilah dalam melepas kawat, jangan sampai dahan-dahan yang sudah bertunas rusak. Jika daun-daun yang tumbuh masih muda, tidak perlu dilakukan pemangkasan. Gunakan tang untuk mempermudah pelepasan kawat.
  8. Pasca melepas kawat, perawatan-perawatan seperti sebelumnya juga tetap harus dilakukan. Lakukan pemangkasan selama 2 minggu sekali. Bonsai serut sudah dapat dipindahkan pada tempat yang terpapar matahari langsung untuk memenuhi kebutuhan bonsai akan sinar matahari. Pohon yang masih mudah jangan dibiarkan terkena sinar matahari langsung sebab akan membuatnya mati.

Bonsai serut yang sudah tumbuh dan berbentuk hanya perlu terus dirawat. Bonsai yang juga tinggal merawat bisa dibeli jika mencari di internet. Untuk mendapatkan bonsai indah ini, hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 350-500.000. Harga yang terbilang normal untuk perawatan dan penanaman yang tidak mudah. 

Share:

Leave a Reply