Fakta Dibalik Bunga Camelia yang Mencuri Perhatian

Bunga Camelia
Bunga Camelia

Pernahkah Anda membeli bunga Camelia secara online? Tahukah bunga tersebut menyimpan sisi keunikan tersendiri. Lihat saja namanya yang unik. Mendengar namanya banyak orang beranggapan bahwa bunga tersebut diambil dari nama orang. Benarkah hal tersebut? Untuk mencari tahu jawabannya tidak salah jika Anda membaca artikel ini. 

Pecinta tanaman hias biasanya tidak asing dengan nama Camelia. Pasalnya bunga tersebut memang lumayan familiar bagi kalangan pecinta tanaman hias. Namanya terdengar cantik jika disebut. Tidak hanya namanya saja yang terkesan cantik saat diucap. Wujud dari bunganya sendiri juga tampak indah dari semua sisi. 

Bunga Camelia dikenal dengan mahkotanya. Beberapa orang menyebutnya sebagai bunga mahkota besar. Julukan tersebut disematkan lantaran memang terdapat mahkota besar yang berlapis pada bunga. Warnanya sendiri juga beragam mulai dari kuning, putih, merah, pink dan ungu. Dibalik keindahannya yang mencuri perhatian inilah fakta Camelia. 

 

Asal Makna Camelia 

Bunga yang satu ini tidak lain berasal dari kawasan Cina. Konon makna dari Camelia adalah lambang dari penyatuan satu pasang kekasih. Bahkan setiap helai bunga tersebut memiliki makna yang kuat. Petal bunganya sendiri terkenal halus dan memiliki lapisan yang banyak. Ini diyakini mewakili kekasih wanita. 

Kelopaknya Camelia cenderung berwarna hijau. Kelopak tersebut terlihat menopang mahkota yang berlapis. Konon hal tersebut melambangkan seorang laki-laki yang melindungi pasangan wanitanya. Dua komponen yaitu kelopak dan mahkota tersebut tetap menyatu meski bunga Camelia sudah layu. Maknanya adalah sepasang kekasih yang terus bersama setiap saat. 

Menariknya umumnya pada tanaman hias yang sudah layu petalnya akan jatuh. Namun hal tersebut berbeda dengan Camelia. Bunga tersebut justru jatuh bersama saat sudah layu. Inilah yang membuat namanya menjadi melegenda. Peristiwa tersebut melambangkan cinta abadi pasangan kekasih. Bahkan disebut sebagai pengabdian cinta pasangan kekasih. 

 

Arti Warna Camelia

Bunga Camelia
Bunga Camelia

Bunga Camelia juga mempunyai berbagai jenis warna. Inilah yang menjadikannya sebagai bunga hiasan rumah. Warnanya yang bervariasi membuat mata menjadi lebih segar. Apalagi setiap warna Camelia dapat dipadukan dengan hiasan rumah. Sehingga tidak sulit memadukannya dengan beberapa potongan bunga lainnya. Apalagi jika semua warnanya digabung. 

Rupanya setiap variasi warna Camelia memiliki makna yang berbeda. Layaknya bunga melati yang setiap spesiesnya memiliki arti tersendiri. Camelia pun justru melambangkan makna yang berbeda untuk setiap variasi warnanya. Seperti halnya Camelia putih yang memberikan makna kagum. Tidak heran warna tersebut cocok untuk sang kekasih. 

Sementara itu variasi warna Camelia merah muda atau pink melambangkan sebuah kerinduan. Biasanya bunga dengan warna pink tersebut diberikan untuk sang kekasih yang telah lama dinantikan. Terakhir Camelia merah yang melambangkan suatu gairah hubungan. Merah pada Camelia juga menandakan hasrat cinta pasangan yang mendalam. 

 

Fakta Bunga Camelia 

Fakta dibalik kehadiran Camelia melengkapi ragam bunga yang ada di Indonesia. Namun, sejatinya Camelia merupakan bunga resmi dari sebuah negara. Adapun negara yang menjadikannya sebagai bunga nasional adalah Alabama. Penetapan tersebut dilakukan pada tahun 1959. Konon Camelia juga merujuk pada salah satu angka yaitu sebelas. 

Nama Camelia rupanya tidak hanya terkenal di negara Alabama. Camelia juga populer di negara Jepang. Salah satu spesies dari bunga tersebut yang terkenal di negara Jepang yaitu Camelia Japonica. Meski begitu masyarakat Jepang justru menyebutnya sebagai bunga Tsubaki. Hal tersebut berlangsung hingga saat ini. 

Menariknya lagi bunga Camelia juga muncul pada salah satu novel terpopuler. Novel berjudul “To Kill a Mockingbird” hasil karya Harper Lee menyebutkan bahwa bunga tersebut mempunyai makna khusus. Bahkan maknanya sangat mendalam. Hingga kini terdapat lebih dari 40 ribu kultivar Camelia yang sudah terdaftar. 

 

Manfaat Tersembunyi Camelia

Bunga Camelia
Bunga Camelia

Keindahan Camelia rupanya bukan satu-satunya daya tarik yang ada pada bunga tersebut. Camelia juga mempunyai manfaat yang beragam. Salah satunya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan teh hijau. Minuman tersebut dibuat dari daun Camelia yang sudah kering. Adapun bagian yang dikeringkan adalah bunga dan daunnya. 

Jika ingin membuat teh hitam dari Camelia biasanya diperlukan proses fermentasi terlebih dahulu. Mengapa daun dan bunga Camelia yang digunakan untuk teh? Alasannya karena adanya kandungan kafein yang tinggi pada kedua bagian tersebut. Bahkan teh hijau Camelia juga dipercaya mempunyai kandungan antioksidan tinggi. 

Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi teh dari tanaman Camelia dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Camelia juga bisa diolah untuk mengurangi presentase penyakit jantung. Teh dari bunga tersebut efektif dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Sementara Camelia juga mengandung minyak essensial yang mampu menutrisi kulit. 

Daya tarik tanaman Camelia tidak hanya dari bentuknya yang tampak cantik dan menawan. Setiap warna bunganya melambangkan makna yang mendalam. Begitu juga dengan pemanfaatannya yang digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Tidak salah jika pada akhirnya bunga Camelia berhasil mencuri perhatian banyak orang di dunia. 

Leave a Reply