Bunga Desember
Bunga Desember

Sering melihat bunganya, tapi tidak tahu namanya bunga apa. Mungkin bunga desember termasuk dalam bunga yang sering kita lihat tetapi kita tidak tahu namanya apa. Bunga desember terlihat bulat seperti bola namun kelopaknya seperti duri.  Jika dilihat sekilas, bunga ini seperti bunga dandelion versi raksasa dan berwarna merah. Bunga ini bukanlah salah satu bunga yang membutuhkan banyak perjuangan untuk merawatnya. Perawatan bunga desember amatlah mudah, tetapi memang masih jarang sekali orang yang memelihara bunga ini.

Kenapa disebut bunga desember?

Kenapa bunga ini disebut bunga desember? Di Indonesia, bunga ini akan tumbuh dipenghujung tahun di mana waktu tersebut bertepatan dengan musim hujan. Mereka mulai mekar sejak bulan November. Lalu puncak dari mekarnya bunga ini adalah bulan desember. Pada bulan desember, semua bunga dari tanaman ini serentak memamerkan keindahannya dari warna yang cerah. Hal tersebutlah yang membuat tanaman ini disebut bunga desember. Habitat asli bunga ini adalah Afrika tropis. Berbeda dengan Indonesia, bunga ini belum tentu berbunga pada bulan desember. Di seluruh dunia, bunga ini dikenal sebagai bunga bloody lily.

Satu umbi satu kuntum bunga desember

Bunga desember bukan ditanam dengan biji seperti bunga lavender atau dengan stek batang seperti bunga kamboja. Bunga desember ditanam dengan umbi, seperti bunga freesia. Untuk menanam bunga ini diperlukan pencahayaan yang sangat baik. Di habitat aslinya, ia terkena sinar matahari penuh sepanjang waktu. Bunga desember hanya akan mekar dengan warna merah merekah atau oranye. Bunga ini tidak memiliki warna lain dan belum pernah dimodifikasi menjadi warna lain selain merah dan oranye.

Bunga desember ditanam dengan umbi mereka. Bunga ini hanyalah tanaman hias yang tidak perlu berharap banyak seperti bunga lainnya. Bunga desember hanya akan tumbuh satu kuntum pada penanaman satu umbi. Tanaman ini bukanlah jenis yang memiliki banyak bunga lebat. Selain itu, jika memutuskan menanam bunga ini, jangan berharap bunga ini akan memiliki keharuman seperti bunga lain. Bunga ini tidak akan mengeluarkan keharuman apapun. Untuk merawatnya, bunga ini cukup praktis sebab hanya perlu disiram satu kali sehari.

Manfaat bunga desember

Untuk manfaat, bunga ini cukup memiliki beberapa manfaat. Bunga ini dapat mengobati luka bakar. Caranya hanya dengan memarutkan umbinya yang masih segar. Setelah itu, hasil parutan tersebut dibalurkan pada luka. Bunga ini mengandunh polifenol, sehingga luka bakar akan cepat kering.

Di Afrika sendiri, masyarakat biasanya menggunakan getah dari bunga ini untuk racun pada getah anak panah. Yang mana anak panah tersebut akan digunakan untuk berburu hewan. Namun di lain sumber mengatakan, tanaman ini dapat dijadikan obat malaria dan juga kudis.

Bunga HUT kota Banyuwangi

Bunga Desember
Bunga Desember

Kota Banyuwangi akan merayakan hari jadinya pada tanggal 18 desember. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini, menjadikan bunga desember sebagai bunga hari jadinya. Di setiap sudut kota ditanami bunga desember, sehingga kabupaten ini terlihat cerah, merekah, dan penuh kebahagiaan pada hari jadinya. Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup direkomendasikan. Maka, jika ingin mengunjungi Banyuwangi, disarankan pada bulan desember agar dapat melihat indahnya bunga desember menghiasi kota.

Bunga yang cocok menjadi teman bunga desember dalam buket

  1. Baby breath adalah bunga-bunga kecil yang biasa menjadi teman bagi bunga utama dalam buket. Bunga ini cocok menjadi teman untuk bunga desember dalam buket dan tetap menjadikan bunga desember pemeran utama pada buket
  2. Sedap malam adalah salah satu bunga yang mudah ditemukan di mana pun. Akibat bunga desember tidak memiliki keharuman, maka bunga sedap malam akan membantu mengharumkan buket bunga. Bunga sedap malam juga tidak akan membuat bunga desember tidak menonjol lagi dalam buket.
  3. Bunga bugenvil yang memiliki beberapa warna. Untuk menemani bunga desember dalam buket, pilihlah wana bunga bugenvil yang lebih muda. Warna merah muda atau ungu dari bunga bugenvil sangat cocok menemani bunga desember dalam buket.
  4. Bunga kamboja putih yang memiliki keharuman alami. Bunga ini akan cocok disandingkan dengan bunga desember dalam buket. Sama seperti bunga sedap malam, bunga kamboja putih akan menolong buket untuk memiliki aroma harum sebab bunga desember tidak memiliki keharuman apapun.
  5. Bunga daisy putih yang dapat menemani bunga desember dalam buket. Pilihlah bunga yang berukuran kecil atau belum sepenuhnya mekar sehingga cocok disandingkan dengan bunga desember.

Bunga-bunga tersebut sangat cocok untuk menemani bunga desember didalam buket. Jika ingin menambahkan bunga lain selain rekomendasi diatas, diperbolehkan. Hanya saja, pilihlah bunga yang tidak akan melunturkan peranan bunga desember sebagai bunga utama dalam buket.

Cara menanam bunga desember

Bunga Desember
Bunga Desember
  1. Siapkan umbi. Ponapean umbi harus dilakukan secara teliti. Umbi dengan yang paling berkualitas adalah umbi yang tidak cacat, mengkilap, matang, dan berukuran besar. Umbi berkualitas akan menghasilkan bunga yang terbaik pula. Setelah mendapat umbi yang berkualitas, cucilah umbi tersebut hingga bersih dengan air mengalir. Simpan umbi yang sudah bersih di dalam ruangan gelap dan bersih untuk beberapa hari agar mendapatkan tunas
  2. Sama seperti bunga lavender, bunga desember menyukai tanah gembur. Dengan perbandingan 1:1:1, kita dapat mencampurkan kompos, pasir dan tanah. Setelah tercampur rata, usahakan untuk menyaring media tanam. Hal ini dilakukan untuk membuat media tanam lebih halus. Jangan lupa pindahkan media tanam kedalam polibag. Pastikan polibag penuh dan padat akan media tanam bahkan ketika sudah disiram
  3. Pindahkan umbi kedalam polibag. Saat penanaman dilakukan, usahakan pada waktu sore atau pagi hari. Pastikan umbi tertutup sempurna dan rapat oleh media tanam.
  4. Penyiraman adalah salah satu tahapan perawatan. Penyiraman tidak perlu dilakukan terlalu sering. Sehari sekali sudah cukup untuk bunga desember.
  5. Setelah tumbuh batang, pindahkan pada pot yang lebih besar. Jangan lupa untuk menyiram pestisida dengan dosis rendah pada tanamanam.
  6. Pemberian pupuk organik NPK juga diperlukan.

Seperti itu fakta-fakta mengenai bunga desember yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Share:

Leave a Reply