Lily
Lily

Tentunya Anda perlu mengetahui, betapa banyaknya ribuan varietas bunga yang terdapat di berbagai belahan dunia, dan pastinya memiliki makna masing-masing, salah satunya ialah bunga duka cita. Bunga ini tentu menjadi pelengkap dan penting keberadaannya untuk menggambarkan perasaan dimiliki.

Bunga-bunga ini terpilih menjadi bunga untuk duka cita tentunya terbentuk dari kebiasaan serta adat istiadat yang ada di lingkungan masyarakat. Karakter tentunya amat memengaruhi, mulai dari warna, bentuk hingga habitat tempat bunga tersebut tumbuh, dan juga bau khas dihasilkan bunga, akan membentuk suatu karakter yang khas.

Karangan bunga, merupakan salah satu simbol yang biasa hadir dalam sebuah acara, mulai dari pesta ulang tahun, pernikahan, peresmian atau pembukaan usaha baru, hingga menjadi ungkapan duka cita. Karangan bunga dapat menjadi ungkapan serta pesan tersirat yang akan disampaikan melalui karakter bunga tersebut.

Jenis dan warna dari sebuah bunga tentu akan memengaruhi makna pada bunga tersebut. Biasanya bunga berwarna putih memberikan ungkapan simpati terhadap keluarga yang ditinggalkan. Berikut beberapa bunga duka cita yang memiliki makna mendalam dan sering digunakan dalam karangan bunga.

 

1. Makna Bunga Carnation atau Anyelir

Bunga pertama yang dibahas ialah carnation atau anyelir. Bunga anyelir sendiri rupanya menjadi favorit dan biasa digunakan untuk dikirimkan sebagai karangan bunga. Salah satunya ialah ungkapan duka cita. Bunga anyelir sendiri memiliki berbagai macam warna dan memiliki makna identitasnya sendiri.

Dengan adanya berbagai warna bunga anyelir ini, tentu Anda harus memahami dengan baik untuk menyesuaikan dengan kondisi yang dihadapi oleh keluarga sedang berduka. Beberapa warna yang dimiliki oleh bunga anyelir salah satunya ialah merah muda, merah dan juga putih.

Anyelir
Anyelir

Ketiga warna dari bunga ini tentunya memiliki makna saling melengkapi dalam sebuah karangan bunga duka cita. Untuk bunga anyelir berwarna merah muda atau pink, memiliki makna kenangan. Warna merah pada bunga anyelir merah memiliki arti kekaguman terhadap orang yang meninggal.

Untuk bunga anyelir warna putih, memiliki makna yaitu kemurnian dan ketulusan. Ketiga warna ini tentu memiliki kombinasi tepat. Pesan yang terkandung dalam ketiganya yaitu bahwa orang yang pergi merupakan orang patut disegani, juga memberi kenangan indah, dan pesan tersebut merupakan ungkapan duka cita murni juga tulus.

 

2. Makna Bunga Lily

Bunga duka cita kedua ialah bunga lily. Tentu banyak orang, termasuk Anda, telah mengetahui keberadaan dan juga bentuk khas dari bunga lily. Bunga lily sendiri memiliki wangi semerbak, juga bentuk serta kelopaknya yang indah menawan. Bunga ini memberikan kenyamanan tersendiri saat memandanginya.

Bunga lily memiliki berbagai macam warna dan makna berbeda-beda. Beberapa diantaranya ialah bunga lily berwarna kuning, merah, orange dan putih. Untuk warna kuning, memiliki kesan dan makna bahagia, sedangkan warna merah memiliki makna dan lambang dari kemakmuran dan juga kekuatan.

Selanjutnya untuk warna orange sendiri memiliki makna kebencian serta kesombongan. Dari ketiga warna tersebut, tentunya lily putihlah yang menjadi primadona. Lily putih memiliki makna indah berupa ketulusan, kemurnian, kemuliaan serta cinta dan kasih sayang.

Lily Putih
Lily Putih

Arti bunga lily putih yang begitu indah, menjadi alasan mengapa bunga ini banyak dipilih sebagai bunga duka cita. Bunga lily putih rupanya mampu membawa pesan berupa perasaan simpati kepada keluarga sedang berduka, dan juga menjadi simbol ketulusan perasaan kehilangan orang yang telah pergi mendahului.

3. Makna Bunga Gladiol

Bunga ketiga dan menjadi bunga terakhir ialah bunga Gladiol. Bunga gladiol umumnya lebih dikenal sebagai bunga bernama sword lily. Rupanya, bunga gladiol merupakan salah satu jenis spesies dari bunga lily yang tertua dan dapat ditemukan di berbagai belahan dunia.

Bunga ini pun menjadi bunga amat populer pada zaman kekaisaran romawi. Hampir sama dengan kedua jenis bunga lainnya di atas, bunga gladiol menggambarkan sebuah kehormatan, integritas moral serta ketulusan. Tunas dan bunganya pun menggambarkan karakter yang amat kuat.

Memiliki makna mendalam mengenai ketulusan serta kehormatan, menjadikannya sebagai bunga duka cita di mana bunga gladiol memberikan pesan tersirat berupa memuliakan kepergian orang yang telah mendahului, terlebih jika orang tersebut sangat amat dicintai.

Bunga Gladiol
Bunga Gladiol

Cantik dan memiliki karakter kuat, membuat bunga gladiol amat digemari. Bunga gladiol rupanya juga menggambarkan sebuah kenangan yang kuat. Bunga yang melambangkan kesedihan ini tentu akan menjadi makna yang amat mendalam bagi sebuah karangan bunga untuk ungkapan berbela sungkawa dan duka cita.

 

Ketiga bunga di atas tentunya memiliki arti mendalam mengenai ungkapan duka cita. Bunga yang cantik, tentu memiliki makna indah. Anda tentu harus tepat memilih bunga yang akan dijadikan sebuah rangkaian atau karangan bunga. Harapannya, rangkaian atau karangan bunga duka cita dapat memberikan semangat dan juga makna mendalam bagi keluarga dan orang-orang sekitar yang ditinggalkan oleh para pendahulu.

Share:

Leave a Reply