Mengenal Bunga Edelweis, Si Bunga Abadi

Bunga Edelweis
Bunga Edelweis

Bagi para pendaki gunung, tentunya sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Bunga edelweis, pada dasarnya memang hanya dapat ditemukan di Gunung. Bukan pada daerah pegunungan atau dataran tinggi, bunga ini benar-benar hanya bisa ditemui saat melakukan pendakian gunung. Bunga edelweis merupakan tanaman endemik dari Indonesia. Populasi bunga ini memang banyak ditemui di pulau Jawa. Hal ini disebabkan oleh banyaknya gunung yang ada di pulau tersebut. Tidak heran jika bunga ini terkenal dengan nama Javaness edelweiss, namun nama latin dari bunga tersebut adalah Anaphalis javanica. 

Bulan terbaik untuk melihat bunga ini mekar di gunung adalah bulan April – Agustus. Pada bulan-bulan tersebut bunga edelweis sedang memamerkan keindahannya pada para pendaki dan memikat banyak jenis serangga. Jenis tanah yang ditumbuhi oleh bunga iniadalah tanah vulkanik muda, di mana tanah ini belum pernah mengalami letusan gunung sehingga masih tandur. 

Arti dan makna Bunga Edelweis

Arti dan Makna Bunga Edelweis
Arti dan Makna Bunga Edelweis

Warna putih pada bunga edelweis melambangkan hal-hal yang bekaitan dengan kemuliaan, selain itu ada juga jenis bunga yang melambangkan kesedihan. Hal-hal yang mulai biasanya memang dilambangkan dengan sesuatu yang bersih dan putih. Maka, tidak heran jika bunga ini melambangkan sebuah kemuliaan. 

Selain kemuliaan, bunga edelweis juga menarasikan makna pengorbanan besar serta petualangan. Hal ini berkaitan dengan letak bunga yang memang membutuhkan pengobanan untuk ditemui. Bunga yang terletak di atas gunung, membuat banyak orang yang penasaran dengannya harus memulai pendakian demi melihat bunga ini dengan mata kepala. Tentunya bukan hanya bunga indah ini yang didapat tetapi juga pengalaman bertualang yang berkesan. 

Bunga edelweis juga ternyata memiliki makna pengabdian serta cinta yang mendalam. Bunga perlambang cinta memang sudah pasti bunga mawar merah. Bunga yang mewakili makna ketulusan cinta sudah diketahui adalah mawar putih atau lily. Namun, bunga yang akan mewakili cinta terdalam dan tak lekang oleh waktu adalah bunga tersebut.

Baca Juga : Bunga Kebahagiaan : Bunga Matahari

Buket bunga edelweis

Buket Bunga Edelweis
Buket Bunga Edelweis

Bunga edelweis sangat cantik bila dijadikan buket. Sangat cocok untuk dijadikan hadiah pada perayaan anniversary. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bunga ini memiliki makna cinta yang teramat dalam.  Jadi, buket bunga edelweis sangat lebih cocok dijadikan buket hadiah pada peringatan sebuah hubungan seperti pernikahan, ungkapan sayang pada orang tua, atau bahkan ulang tahun anak

Di dalam satu buket bunga biasanya beris 4050 tangkai bunga. Pada satu buket ini, lapisan luar pembungkus bunga ini sangat elegan jika berwarna putih, krem, dan abu-abu muda. Bunga yang berwarna putih kusam membuatnya tidak cocok dilapisi dengan kertas atau kain dengan warna yang asal seperti bunga putih lainya. Namun, sebenarnya tanpa lapisan luar apapun, buket bunga ini tetap cantik dan elegan dengan hanya mengikatnya denga pita atau tali putihpada tangkainya. 

Baca Juga : Filosofi Bunga Asoka, Bunga Tanpa Kesedihan

Dengan kreatifitas yang dimiliki masyarakat Indonesia, bukan tidak mungkin dalam buket bunga ini memiliki warna lain seperti merah atau warna lainnya. Bunga edeweis yang dibudidaya untuk dijual, dikreasikan terlebih dahulu dengan membuatnya memiliki warna lain. Tentunya peminat dari bunga edelweis ini juga banyak terutama industri bunga. 

Manfaat bunga edelweis

Manfaat Bunga Edelweis
Manfaat Bunga Edelweis
  • Untuk kecantikan

Bunga Edelweis memiliki beberapa manfaat terutama untuk kulit tubuh manusia. Tidak jarang bunga ini sengaja dibudidaya untuk diambil manfaatnya. Salah satu manfaat dari bunga yang sering diambil untuk produk kecantikan adalah anti oksidan. Anti oksidan yang dimiliki oleh bunga edeweis dapat membantu kulit meawan radikal bebas. Manfaat yang terasa pada kulit adalah mencegah penuaan dini sehingga kulit wajah akan terbebas dari garis halus, kerutan, dan bintik hitam. 

Mengunakan produk dengan bahan dasar ekstrak edelweis akan sangat menbantu bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif. Edelweis memiliki sifata anti inflamasi sehingga kandungan aktif di dalamnya dapat membantu meredakan kulit sensitif yang sedang mengalami kemerahan, iritasi, hingga peradangan. 

  • Untuk Tabir Surya

Manfaat lain yang dapat diberikan oleh bunga indah ini merupakan hal yang sangat diperlukan oleh semua banyak orang terutama mereka yang tinggal di daerah beriklim tropis. Bunga ini dapat membantu manusia menghalangi paparan sinar UV. Bunga edelweis dibutuhkan untuk dibuat tabir surya. Bunga ini ternyata memiliki kandungan flavonoid dan asam fenolat, kandungan ini akan membantu kulit manusia melawan kerusakan akibat sinar UV. Sehingga kulit dapat terhindar dari penyakit berbahaya yang disababkan oleh sinar UV seperti kanker kulit. 

Baca Juga : Beli Bunga Online Terbaik Hanya di FlowerAdvisor

Lambang bunga edelweis

Seperti pada judul tertera di atas, bunga indah ini disebut sebagai bunga abadi. Mengapa demikian? Sebab bunga ini dapat bertahan hidup hingga kurang lebih 100 tahun, di mana angka tersebut jarang dicapai pada umur manusia. Bunga ini memiliki sebuah hormon yang disebut etilen. Hrnon tersebut akan membantu edelweis bertahan dan tidak gugur selama masih di habitatnya. 

Bukan hanya karena bunga edelweis dapat bertahan alam waktu yang lama, namun juga karena terdapat narasi di balik julukan Bunga Abadi tersebut. Bunga yang berasal dari Eropa ini diduga adalah bunga yang menyebabkan bunga ini dijuluki bunga abadi. Leontopodium alpinum atau edeweis Eropa memiliki sebuah kisah romantis dibaliknya. 

Bunga edelweis Eropa banyak tumbuh di pegunungan Alpen. Yang mana sebenarnya bunga ini adalah lambang dari keberanian. Wilayah pegunungan Alpen yang terjal dan kondisi cuaca yang ekstrim membuat banyak orang harus memiliki keberanian yang kuat untuk sekadar melihat dan bertemu bunga ini. Seiring dengan simbol keberanian tersebut, rupanya berkembang kisah romantis. Di mana banyak pemuda rela mendaki pegunungan Alpen demi mendapatkan bunga untuk kemudian diberikan kepada kekasih hatinya. Cerita tersebut rupanya menjadikan bunga tersebut sebagai simbol dari cinta yang abadi sebab telah memakan banyak korban dalam pembuktian cinta mereka. Legenda tersebut merupakan narasi yang mengikuti julukan Bunga Abadi dari edelweis. 

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Anyelir

Harga bunga edelweis 

Bunga edelweis merupakan bunga yang tidak bisa sembarangan dibudidayakan di berbagai tempat. Bunga ini juga termasuk tanaman yang dilindungi sebab tanaman ini adalah tanaman yang langka. Di Indonesia terdapat undang-undang yang mengatur mengenai hal ini. Pada UU No. 5 tahun 1990 pasal 33 ayat 1 dan 2 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem. Mereka yang melanggar aturan ini akan dipidanakan selama 10 tahun dan denda sebesar Rp. 200 juta. 

Dapat disimpulkan bahwa tidak mungkin mendapatkan bunga ini dengan sengaja memetiknya dan membawanya hingga turun dari pendakian. Namun, ternyata bunga edelweis yang akan mengalami kepunahan ini mulai dibudidayakan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain untuk menjaga dari kepunahan, upaya budidaya ini juga dilakukan untuk alasan komersil. 

Tempat tersebut dijadikan tempat wisata yang tentunya dapat membantu perekonomian daerah sekitar. Selain dapat berfoto dengan bunga edelweis dengan cara yang lebih mudah, saat ini bunga tersebut juga dapat dibawa pulang tanpa takut hukuman pidana dan denda. Harga bunga edelweis yang dijual di Bromo relatif murah, hanya sekitar 15ribu ingga 25ribu rupiah per ikat. Tentunya harga tersebut lebih murah daripada membayar denda Rp. 200 juta akibat memetiknya langsung.

Baca Juga : Filosofi Bunga Hias Gerbera

Add a Comment