Bunga Gantung
Bunga Gantung

Konsep yang ciamik dari sebuah rumah menjadi suatu keharusan bagi si pemilik rumah. Selain material bangunan yang menjadi perhatian utama dari pemiliki rumah demi umur bangunan yang lama, penataan ruangan, peletakan dekorasi rumah, sampai penentuan warna di setiap dinding rumah menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh pemilik rumah demi kenyamanan saat ditempati. Tidak jarang, orang – orang bekerjasama dengan para ahli untuk membangun hunian impiannya.

Mewujudkan hunian impian yang akan dihuni bersama keluarga tercinta, menjadi suatu pencapaian besar bagi pemiliknya. Menggelontorkan dana dalam jumlah yang tidak sedikit bukanlah jadi persoalan, selama rumah impian bisa dimiliki. Penampilan yang cantik sesuai dengan gaya yang diinginkan menjadi target utama dalam pembangunan rumah impian.

Dewasa ini, estetika suatu ruangan atau hunian bukan lagi menjadi faktor pendukung dalam proses pembangunan rumah, tetapi menjadi kunci dan faktor penting yang diperhatikan. Estetika sendiri pada dasarnya merupakan cabang ilmu filsafat yang memperlajari tentang keindahan yang bisa terbentuk dan bisa merasakannya. Estetika berasal dari bahasa Yunani yang berarti keindahan, sensitivitas, kesadaran, serta berkaitan dengan persepsi sensorik.

Pemahaman mengenai estetika atau keindahan dewasa ini tidak hanya terbatas kepada karya seni. Tata letak dan pengaturan dekorasi yang tepat akan menjadikan ruangan dan hunian memiliki estetika atau keindahan tersendiri yang bisa dinikmati oleh penghuninya.

Pandemi yang melanda dunia sejak awal tahun 2019 merubah berbagai tatanan kehidupan masyarakat. Kesibukan yang biasanya dijalani masyarakat di luar rumah sekarang dibatasi. Keadaan lingkungan yang menjadi tidak kondusif seperti biasanya memaksa masyarakat secepatnya harus menyesuaikan diri dengan situasi tersebut.

Mengisi waktu luang selama berkegiatan di rumah menjadi persoalan tersendiri bagi orang  –  orang yang biasanya sibuk dengan beribu aktivitas di luar rumah. Hobi yang selama ini tidak terjalankan selama ini, mulai digandrungi lagi semenjak pandemi. Salah satunya adalah kegiatan menghias dan memelihara tanaman, menjadi hobi yang sempat viral selama masa pandemi. Berbagai jenis tanaman yang sebelumnya hanya dilirik oleh pecinta tanaman, sekarang diserbu oleh masyarakat awam untuk memenuhi taman dan huniannya.

Nilai tambah yang bisa didapatkan seseorang dengan merawat tanaman hias adalah menambah estetika dan keindahan dari hunian. Pemilihan tanaman hias serta penataan dengan baik, akan meningkatkan estetika atau keindahan rumah. Salah satu tanaman yang bisa kamu jadikan pilihan adalah bunga gantung.

Bunga gantung menjadi solusi yang sangat tepat untuk kamu yang memiliki keinginan untuk memelihara tanaman hias tetapi tidak mempunyai taman untuk ditanami. Bunga gantung juga memiliki beragam pilihan yang akan semakin menambah estetika tampilan hunian kamu jika dipilih dengan baik. Berikut berapa jenis bunga gantung yang bisa kamu pilih dan tanam di rumah:

1. Sirih Blaster Heart

Sering kali tanaman sirih blaster heart dipanggil dengan sirih belanda. Tanaman hias yang mempunyai bentuk daun seperti daun sirih versi mininya yaitu berbentuk seperti hati, yang menjadikan tampilan tanaman estetik dan minimalis. Sirih blaster heart termasuk kepada jenisa tanaman hias yang tidak berbunga. Daya tarik lainnya yang dimiliki tumbuhan ini adalah warna daunnya yang bercorak dan putih.

2. Bunga Begonia

Begonia
Begonia

Bunga ini berasal dari Amerika, Afrika dan Asia Tenggara. Bunga begonia memiliki family yang dekat dengan buah melon, timun dan labu. Bunga ini dinilai sangat cocok untuk ditanam di iklim tropis dan subtropis dengan jumlah jenisnya hampir 1.500 jenis.

Bunga begonia sering kali dijadikan sebagai tanaman gantung yang diletakkan di beranda taupun rumah, hal ini dikarenakan karakteristik daun yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu berbentuk padat dan ornamental. Dau bunga begonia berbentuk asimetris dan memiliki variasi warna yang menarik untuk dilihat. Selain dijadikan sebagai tanaman hias untuk hunian sendiri, bunga begonia juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan sebagai hadiah kepada orang yang baru saja menempati sebuah hunian.

3. Bunga Geranium

Bunga yang juga memiliki nama panggilan Cranels Bill merupakan jenis tanaman hias gantung yang mudah ditemui diberbagai wilayah di seluruh dunia. Tanaman bunga geranium bisa tumbuh mencapai ukuran 1,2 meter. Geranium memiliki karakteristik yang menarik sehingga cocok dijadikan tanaman hias di rumah, selain itu warna bunga yang beragam seperti merah, putih, merah mudah, biru dan ungu, akan menambah keindahan dari hunian kamu.

4. Bunga Anggrek

Anggrek
Anggrek

Tanaman hias yang satu ini memiliki bahasa latin Orchidaceae dan termasuk kedalam suku tumbuhan berbunga yang mempunyai beragam jenis. Anggrek bisa hidup dengan baik di daerah tripika basah hingga wilayah sirkumpolar. Tanaman anggrek harus ditempatkan di lingkungan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, dan ini salah satu alasan yang menjadikan anggrek sebagai pilihan tanaman gantung yang tepat.

Biasanya anggrek memiliki bentuk daun oval memanjang dengan tulang daun yang juga memanjang. Daunnya bisa menebal dan berfungsi sebagai penyimpan air. Tampilan bunga dari beragam jenis anggrek sangat menarik. Warna bunga yang cerah juga menjadi daya tarik tersendiri untuk Kamu yang ingin menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hiasa.

Anggrek menjadi salah satu tanaman gantung terpopuler di kalangan masyarakat, karakteristik bunga yang unik serta tampilannya yang elegan menjadikan tampilan hunian rumah semakin estetik.

Anggrek mempunyai masa mekar yang melebihi durasi waktu bunga lainnya yaitu tumbuhan ini bisa mekar selama 6 minggu. Selain cocok untuk ditanami dengan cara menggantung, anggrek juga bisa ditanami di taman rumah. 

5. Zygocactus atau Schlumbergera Truncata

Zygocactus
Zygocactus

Termasuk kedalam jenis tanaman dalam family Cactaceae. Schlumbergera Truncata atau dikenal juga dengan kaktuk natal palsu berasat dari pegunungan pesisir selatan timur Brasil. Tanaman ini bisa hidup dengan baik di daerah subtropics atau tropis. Zygocactus atau Schlumbergera Truncata memerlukan perawatan yang baik dan termasuk tumbuhan yang bisa hidup dalam waktu yang lama dan awet.

Tumbuhan ini memiliki karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan tanaman jenis kaktus. Perbedaan mencolokny terlihat dari batangnya yang tidak tandus, kering dan gersang seperti kaktus biasanya. Bunga tumbuhan ini bisa mekar dengan corak dan warna yang indah, mulai dari putih, merah, pink dan juga kombinasi. Pada saat mekar, bunganya akan tunduk ke bawah, sehingga tanaman ini sangat menarik jika digantung.

6. Million Bells

Tanaman ini bisa mekar sepanjang tahun dengan jumlah bunga yang banyak dan padat karena setiap bunga tumbuh hanya dengan jarak 1 inchi antara satu bungan dengan yang lainnya. Daun dari million bells berbentuk oval yang uni dengan warna hijau yang menyala, sedangkan kelopak bunganya memiliki warna yang cerah seperti kuning dan merah. Tampilan yang menarik dari bunga ini menjadikan dia pilihan yang tepat sebagai dekorasi hunian. Tanaman ini harus ditempatkan di lokasi yang disinari cahaya matahari agar million bells bisa hidup dengan baik.

Share:

Leave a Reply