Jenis Bunga Hias Gantung yang Percantik Rumahmu

Bunga Hias Gantung
Bunga Hias Gantung

Tertarik untuk menghiasi rumah dengan bunga hias gantung berwarna-warni? Jangan khawatir saat ini banyak bunga dapat Anda gunakan untuk menghiasi rumah. Sesuai namanya bunga tersebut diletakkan dengan posisi menggantung. Tidak hanya mempercantik sebuah hunian bunga tersebut juga menyegarkan mata yang lelah. 

Sebelum membeli bunga tersebut tidak ada salahnya Anda mengenal berbagai jenisnya. Pasalnya setiap jenis bunga yang digunakan untuk menghiasi rumah sifatnya berbeda. Ada bunga yang memerlukan cahaya sinar matahari secara langsung. Sementara itu ada pula bunga hias rumah yang tidak memerlukan banyak air saat digantung. 

Inilah penyebab pemiliknya harus ekstra mengenal karakteristik setiap bunga yang dipajang. Bunga yang mendapat perhatian dari pemiliknya mampu bertahan hidup lebih lama. Bahkan bunga tanpa segar setiap hari lantaran mendapatkan perawatan maksimal. Nah, berikut adalah beberapa jenis bunga hias gantung yang mempercantik rumah. 

 

Bunga Hias Lili Paris 

Sudah Pernah mendengar bunga hias Lili Paris? Ya, jenis bunga satu ini masuk ke dalam tanaman hias yang dapat digantung. Tahukah Anda bunga gantung ini cocok diaplikasikan pada hunian bergaya minimalis. Lili Paris sendiri mempunyai nama lain yaitu spider plant. Nama yang lucu bukan?

Keunikan nama spider plant tersebut bukanlah tanpa alasan. Rupanya pengambilan istilah sebutan tersebut berkat bentuk bagian daunnya yang lebih mirip dengan kaki laba-laba. Tidak hanya itu saja menariknya lagi bunga hias gantung Lili Paris mempunyai kemampuan unik. Salah satunya kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungannya.

Jangan heran jika bunga tersebut tumbuh di berbagai jenis tanah. Bunga Lili Paris cocok digantungkan pada pot kecil. Gantungkan Lili Paris di bagian sudut dan tengah ruangan rumah. Karakteristik daun berwarna hijau dan garis putihnya membuat rumah berkesan rapi. Perawatannya dapat dilakukan dengan mudah pula. 

 

Bunga Hias Gantung Begonia

Satu lagi bunga yang cocok untuk hiasan rumah yaitu Begonia. Jenis bunga satu ini memang belum familiar di tanah air. Jenis bunga hiasan rumah ini masih tergolong famili buah melon, labu dan timun. Menariknya terdapat ribuan jenis bunga Begonia yang tersebar di dunia. 

Bahkan bunga yang berasal dari Asia Tenggara, Afrika dan Amerika ini memiliki jumlah jenis 1500 varian. Bunga yang satu ini cocok dirawat di iklim tropis maupun subtropis. Termasuk salah satunya iklim yang ada di Indonesia. Bunga Begonia dapat ditempatkan di beranda dan samping rumah. 

Hal ini karena bentuk daunnya terlihat ornamental dan padat. Bahkan bunga hias gantung Begonia mempunyai dedaunan yang arsimetris. Bukan hanya itu saja warna yang terdapat pada daunnya juga bervariasi. Bagi beberapa kalangan yang suka dengan bunga biasanya menjadikannya sebagai hadiah istimewa. Warna bunga yang cenderung pink terlihat menyala. 

 

Bunga Hias Geranium Gantung

Geranium
Geranium

Jenis bunga hiasan yang selanjutnya yaitu Geranium. Jenis yang satu ini memang sudah familiar di dalam negeri. Geranium memiliki nama lain yaitu Crane’s Bill. Tahukah Anda bunga Geranium merupakan salah satu jenis yang mudah ditemukan di hampir setiap negara. Meski begitu asalnya sendiri yaitu Afrika Selatan. 

Nama sebutan untuk bunga ini memiliki makna. Menariknya Geranium juga cocok digantung pada iklim tropis layaknya Indonesia. Di dalam negeri bunga Geranium biasanya ditanam dan diletakkan di taman rumah. Tanaman bunga ini juga tumbuh subur di kebun rumah. Salah satu karakteristiknya adalah warnanya yang bervariasi. 

Beberapa warna bunga hias gantung Geranium yaitu putih, pink, merah, ungu dan biru. Warna tersebutlah yang menjadikan Geranium menjadi menarik. Selain itu daya tarik Geranim juga terlihat dari tingginya tanaman yang mencapai 1,2 meter. Hebatnya lagi tanaman Geranium cocok untuk mengusir nyamuk di rumah Anda. 

 

Bunga Million Bells

Satu dari sekian jenis bunga yang cocok digantung di halaman rumah yaitu Million Bells. Siapa sangka bunga yang satu ini memiliki fase mekar yang unik. Bunganya diketahui mekar tahunan. Pada fase tersebut bunga akan mekar dalam jumlah yang sangat banyak. Karena itu namanya Million Bells. 

Bunga Millon Bells tumbuh saling berdekatan. Jarak antara tanaman satu dengan lainnya berkisar 1 inci. Daunnya identik dengan warna hijau menyala. Tidak hanya itu bentuk daun yang tampak oval justru membuatnya semakin lucu jika dilihat. Sementara itu pada bagian kelopaknya terkesan kontras dengan warna utama. 

Misalnya saja seperti warna merah dan kuning. Pada beberapa waktu jenis bunga tersebut justru mengundang kehadiran kupu-kupu dan burung kecil. Agar bunga tumbuh subur sebaiknya letakkan di ketinggian yang pas. Tujuannya agar tanaman tersebut mendapat sinar matahari. Jika ingin menanamnya sejak kecil cobalah bibit berkualitas.

Memilih jenis tanaman bunga yang cocok untuk hiasan rumah sangat penting. Pasalnya bunga yang ditanam tersebut juga berperan memberikan kesegaran pada hunian. Apalagi pada jenis tanaman gantung. Agar hunian lebih cantik dan sejuk gunakan beberapa variasi bunga hias gantung dengan posisi peletakan yang tepat. 

Leave a Reply