Keunikan Bunga Jasmine yang Membuatnya Makin Eksotis

Bunga Jasmine
Bunga Jasmine

Bunga jasmine di dalam negeri juga dikenal dengan nama lain melati. Sejak lama bunga tersebut menjadi pilihan banyak kalangan. Tanamannya seringkali terlihat di pekarangan rumah. Jangan heran jika Jasmine mudah ditemui di banyak tempat. Hal ini mengingat bunga tersebut menghasilkan bau harum setiap saat. 

Tahukah Anda bahwa bunga satu ini identik dengan lambang kesucian. Bentuknya yang terlihat sederhana menjadi daya tarik tersendiri. Jasmine juga identik dengan warna putih susu. Banyak kalangan konon mengaitkan bunga tersebut dengan beragam tradisi yang tersebar di Indonesia. Tidak hanya bunga yang tumbuh di pekarangan.

Nyatanya bunga jasmine juga selalu digunakan di berbagai ritual dan tradisi. Bahkan bunga tersebut tidak lepas dari pesta pernikahan. Bunga berwarna putih tersebut dirangkai untuk berbagai tujuan. Mulai dari hiasan pesta pernikahan sampai aksesoris pengantin. Berikut adalah keunikan dari bunga melati yang membuatnya semakin eksotis.

 

Melati Punya Banyak Makna 

Salah satu keunikan dari melati adalah maknanya yang berlimpah. Hal inilah yang menjadikannya semakin istimewa. Terutama di dalam negeri sendiri nama bunga tersebut sangat populer dengan makna-makna tertentu. Anda akan mendapati banyak makna dari bunga tersebut. Bahkan setiap daerah mempunyai makna yang bervariasi. 

Pertama melati memiliki makna kesucian. Hal ini lantaran warna bunganya yang putih bersih layaknya susu. Berkat makna tersebut salah satu spesies jasmine bahkan ditetapkan dengan sebutan puspa bangsa. Spesies tersebut adalah bunga jasmine putih. Nama spesies tersebut menjadi satu dari tiga bunga yang dikategorikan nasional. 

Kedua yaitu kerendahan hati. Makna kerendahan hati yang dimaksud adalah simbol dari sifat manusia. Hal ini dapat dilihat di banyak daerah. Ini lantaran ketinggiannya yang mencapai 2 meter. Ukurannya bunganya terlihat kecil. Meski begitu melati menghasilkan harum semerbak. Inilah makna simbol kerendahan hati pada melati.

 

Jenis Melati Bervariasi

Bunga Jasmine
Bunga Jasmine

Salah satu keunikan dari bunga jasmine yaitu variasinya yang lumayan banyak. Bahkan terdapat sembilan jenis melati yang umumnya mudah dibudidayakan. Sementara jumlah spesies melati yang tersebar di penjuru dunia mencapai kisaran 200an. Menariknya lagi sebagian besar dari spesies tersebut justru tumbuh subur di kawasan hutan. 

Namun jangan khawatir meski tumbuh di area hutan namun melati juga tersebar luas di kawasan Indonesia. Hal ini mengingat iklim di kawasan Indonesia cocok untuk pertumbuhan melati. Jika dilihat dari jenisnya melati yang banyak dibudidayakan di Indonesia terbagi ke dalam beberapa spesies jasmine. 

Misalnya spesies melati air atau dikenal dengan Jasminum sambac. Bahkan melati putih menjadi salah satu kebanggaan Indonesia lantaran maknanya. Selain itu masih ada jenis spesies melati gambir atau dikenal dengan nama Jasminum pubescens. Spesies yang mudah dibudidayakan diantaranya star jasmine melati hutan dan king jasmine. 

 

Melati Mudah Tumbuh

Satu lagi keunikan bunga jasmine yaitu mudah tumbuh. Khususnya untuk kawasan di beberapa daerah Indonesia. Melati bahkan bisa tumbuh di pekarangan rumah dengan sangat mudah. Bahkan penanamannya tidak memerlukan media tanam yang rumit. Artinya perawatannya juga mudah dilakukan oleh semua kalangan termasuk orang awam sekalipun. 

Melati termasuk jenis tanaman perdu. Batangnya biasanya terlihat tegak dan merayap. Bahkan hidupnya diketahui menahun. Artinya tanaman tersebut bisa hidup dalam kurun waktu yang lama hingga tahunan. Jika dilihat dari daunnya seringkali berwarna hijau pekat. Daunnya memiliki karakteristik membulat. Melatinya sendiri berukuran sangat kecil.

Mahkota bunga tampak berlapis atau menumpuk. Bunga tersebut sebenarnya berasal dari Asia Selatan. Di Indonesia bunga ini akan tumbuh subur. Pasalnya melati sangat cocok dengan iklim tropis. Terutama di area dataran rendah dengan ketinggian mencapai 1600 meter DPL. Hampir semua daerah Indonesia dapat ditanami melati.

 

Melati Bermanfaat Sebagai Obat

Bunga Jasmine
Bunga Jasmine

Siapa sangka bunga jasmine yang tumbuh di pekarangan rumah justru memiliki manfaat luar biasa. Salah satunya untuk perihal pengobatan. Melati biasanya dikeringkan dan dicampurkan ke dalam teh. Fungsinya untuk memberikan keharuman tersendiri bagi minuman teh tersebut. Anda akan mendapati bunga melati pada beberapa produk teh. 

Tidak hanya terkenal lantaran bentuknya yang cantik dan keharumannya tersebut. Melati dipercaya sebagai obat peradangan. Melati sendiri memiliki beberapa kandungan di dalamnya yang bermanfaat untuk bidang kesehatan. Banyak orang menggunakannya sebagai obat anti radang. Bahkan melati juga dipercaya dapat merangsang keluarnya keringat pada tubuh. 

Melati juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan demam. Caranya dengan merendam beberapa kuntum melati. Bunga harus direndam agar layu dan mencampur dengan air. Kemudian rendaman tersebutlah yang digunakan untuk mengompres kening. Cara pengobatan tradisonal tersebut konon dianggap efektif mengatasi sakit kepala golongan ringan. 

Pada intinya melati tidak hanya eksotis dilihat semata. Melati memiliki makna yang beragam di banyak tempat. Indonesia adalah salah satu negara tempat berkembang biak spesies melati. Oleh karena itu jangan heran wujud melati tampak di banyak pekarangan rumah. Bahkan kini banyak budidaya bunga jasmine.

Leave a Reply