Bunga Kamboja
Bunga Kamboja

Bunga-bunga yang dapat ditemui di Indonesia terutama di Jakarta sudah tidak perlu lagi diragukan kemudahan dalam merawatnya. Karakteristik masyarakat perkotaan yang dicerminkan masyarakat Jakarta dinilai kurang memungkinkan untuk merawat tanaman yang rumit dalam perawatannya. Setidaknya sepertiga dari waktu yang dimiliki masyarakat perkotaan, yakni Jakarta, kebanyakan dihabiskan di luar rumah baik untuk bekerja, mencari hiburan, dan melalukan berbagai kepentingan lainnya. Dari sisa waktu tersebut, untuk memelihara tanaman, tentunya lebih cocok dipilih tanaman yang mudah ditanam dan lebih kuat bertahan hidup dari yang lainnya.

Bunga kamboja merupakan salah satu bunga yang sangat mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Bunga kamboja bahkan dapat dengan mudah kita temui di berbagai tempat di Jakarta. Hal ini membuktikan bahwa bunga kamboja adalah salah satu dari berbagai tanaman yang cocok dipelihara oleh masyarakat perkotaan seperti kota Jakarta dengan perawatan yang mudah dan adaptasi tanaman kuat. Bunga kamboja banyak sekali dimanfaatkan keungglannya di Indonesia, mulai dari tanaman bias hingga bahan makanan. Maka dari itu, tidak heran bahwa sangat jarang masyarakat Indonesia tidak mengenal bunga kamboja.

 

Bahan dalam kesehatan

Bunga yang mudah tumbuh subur di iklim tropis tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Selain visualisasinya yang memuaskan mata, bunga kamboja juga banyak ditanam untuk diambil manfaatnya. Bunga kamboja merupakan salah satu bunga yang memiliki manfaat dalam dunia kesehatan.

Bunga kamboja dapat dimanfaatkan sebagai penurut demam. Kamboja memiliki zat anti-piretik yang akan membantu menurunkan demam. Bunga kamboja akan membantu menurunkan panas dan meredakan batuk dengan cara dikonsumsi air rebusannya.

Selain dapat membantu meredakan demam, air rebusan bunga kamboja juga banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk yang sedang menderita disentri. Cara yang dilakukan masih juga cukup mudah, yaitu hanya dengan merebusnya dan meminumnya.

Selain kedua manfaat dari air rebusan bunga kamboja di atas, berbagai rasa nyeri juga dapat diatasi dengan melakukan hal yang sama. Nyeri yang dirasakan saat menstruasi tentunya sangat mengganggu para wanita. Untuk mengurangi rasa sakit ini, konsumsilah air rebusan bunga kamboja. Mengkonsumsi air rebusan bunga kamboja juga dipercaya dapat membantu kita mencegah penyakit-penyakit yang menyebabkan nyeri seperti asam urat dan rematik.

Bunga kamboja juga banyak diekstrak untuk diambil minyaknya. Pemanfaatkan minyak bunga kamboja ini bukanlah hal awam bagi masyarakat Indonesia. Manfaat minyak bunga kamboja juga tidak kalah dari minyak-minyak dari bunga lain. Salah satu manfaatnya adalah pereda stres. Hanya dengan mengoleskan minyak tersebut langsung pada kulit, kandungan linalool, geraniol, dan juga citronellol akan menstimulai otak untuk mengurangi rasa stres. Selain stres, minyak bunga kamboja yang dioleskan pada kulit juga dapat membuat pikiran dan tubuh rileks sehingga hormon endorfin dapat meningkat yang menyebabkan berkurangnya kecemasan.

Setelah mengetahui manfaat minyak bunga kamboja di atas, ternyata pemanfaatan minyak bunga kamboja tersebut juga banyak diaplikasikan pada wanita hamil. Pijatan lembut yang diberikan pada wanita yang sedang hamil dengan menggunakan minyak bunga kamboja, terbukti dapat melancarkan proses persalinan. Rasa rileks yang diberikan minyak bunga kamboja juga bekerja baik pada wanita hamil sehingga rasa lelah yang dirasakan dapat terobati. Hal ini lah yang membuat persalinan lebih lancar daripada yang tidak menggunakan minyak ini. Rasa sakit hebat akibat persalinan juga dapat berkurang dengan hal melakukan hal yang serupa.

 

Bahan dalam kecantikan

Bunga Kamboja
Bunga Kamboja

Masih mengenai pemanfaatan minyak bunga kamboja. Kulit kering yang akibat kurang hidrasi, dapat segera dilembabkan dengan minyak ini. Cukup oleskan minyak ini kulit yang kering. Minyak bunga kamboja dapat membantru produksi molekul air pada kulit dan mengikatnya, sehingga kulit yang kering dapat terhidrasi dengan cukup.

Melembabkan kulit dengan minyak bunga kamboja tidak hanya bisa dilakukan pada kulit tubuh. Kulit wajah yang kering juga dapat  merasakan manfaat ini. Penggunaan minyak bunga kamboja sebagai deep cleanser dapat menggantikan micellar water dengan kandungan alkohol, sehingga bukan hanya kelembaban yang akan didapatkan oleh kulit wajah tetapi juga kebersihan yang optimal.

Mengurangi dan menghilangkan ketombe pada rambut juga bisa menggunakan minyak bunga kamboja. Cukup meratakan minyak kamboja pada kepala hingga rambut dan memijatnya selama beberapa menit. Penggunaan secara rutin bukan hanya membantu mengurangi ketombe, tetapi juga mengahaluskan rambut yang kasar dan kusut.

Bunga kamboja banyak dipergunakan dalam industri kecantikan dan kesehatan karena manfaatnya yang melimpah. Selain manfaat-manfaat diatas yang dapat dilakukan secara alami, bunga kamboja juga dapat diambil manfaatnya dengan bentuk sebuah produk. Produk-produk kecantikan yang mengandung bunga kamboja dapat ditemukan dalam bentuk brightening cream, tabir surya, anti-aging, serta masker wajah.


Bahan dalam makanan

Bunga Kamboja
Bunga Kamboja

Bunga kamboja tentunya dapat dijadikan bahan makanan. Bunga yang baru berjatuhan dapat dibersihkan dan dimasak dengan tepung. Proses penggorengan hingga matang dan kering dapat menjadikan bunga ini keripik sehingga cocok sekali bagi yang suka mengemil tetapi ingin mencoba cemilan baru yang beda dari biasanya.

Bunga kamboja yang digoreng bukan hanya bisa menjadi keripik. Dengan bahan masak tambahan yang berbeda, banyak orang membuat tempura bunga kamboja. Hanya cukup membersihkan getah bunga hingga tak tersisa. Bunga kamboja dapat langsung dicampur dengan tepung basah yang terbuat dari tepung terigu, bawang putih, garam, merica, dan penyedap rasa. Setelah itu, bunga kamboja dapat langsung dibalurkan dengan tepung panir sebelum proses penggorengan. Hidangan tempura bunga kamboja ini cukup terkenal di Asia.

Hidangan selanjutnya yang dapat menjadikan bunga kamboja sebagai salah satu bahan makanan di dalamnya adalah asinan betawi. Siapa yang tidak mengenal asinan betawi? Makanan ini adalah salah satu makanan segar yang cocok disantap di siang hari yang terik setelah dimasukan ke pendingin terlebih dahulu. Asinan betawi berisi bahan makanan yang belum matang yang disiram kuah merah pedas asam. Isi dari asinan itu sendiri adalah tahu putih, tauge, kacang tanah, timun, kol, wortel, selada, di beberapa penjual mereka biasa mencampurkan bunga kamboja. Bunga kamboja dapat menambah kelezatan serta aroma menyedapkan pada asinan betawi. Lebih lengkap disantap dengan kerupuk kuning yang gurih.

 

Mutualisme bunga kamboja dengan kuburan

Bunga Kamboja
Bunga Kamboja

Di Indonesia bunga kamboja banyak ditanam di daerah kuburan atau pemakaman. Hal ini dapat membuat pohon bunga kamboja dan area pemakaman bermutualisme. Pada tanah kuburan, banyak sekali jasad yang membusuk secara alami sehingga tanah kuburan merupakan tanah yang subur dan baik untuk ditanami pohon bunga kamboja yang membutuhkan pemupukkan intens. Masyarakat Indonesia sering kali menaburkan bunga diatas makam seseorang. Penanaman pohon bunga kamboja di pemakaman dapat membuat makam-makam di sekitar pohon tertabur bunga kamboja yang berjatuhan. Bunga kamboja akan menggugurkan diri secara alami ketika masih dalam keadaan segar dan harum.

Share:

Leave a Reply