Perawatan Bunga Kembang Sepatu Yang Mudah Dilakukan Di Rumah

Di masa pandemi ini, kretifitas masyarakat Indonesia dalam melakukan berbagai hal di rumah sangat meningkat. Peningkatan kreatifitas ini dikarenakan faktor waktu yang tersedia di rumah dan kebingungan akan aktifitas yang monoton. Memelihara tanaman menjadi trend terbaru dalam menjalani aktifitas di rumah. Kemungkinan memelihara tanaman adalah hobi yang sering tertunda karena ketersediaan waktu yang tidak cukup untuk melakukannya. Salah satu bunga yang banyak ditanam di halaman rumah atau taman rumah adalah bunga hibiscus atau yang biasa kita sebut kembang sepatu.

Bunga Kembang Sepatu
Bunga Kembang Sepatu

Cara menanam bunga kembang sepatu

Menanam kembang sepatu untuk menyalurkan hobi berkebun dengan santai adalah hal yang tepat dilakukan. Kembang sepatu tidak sulit untuk di tanam. Berikut cara menanam kembang sepatu yang benar:

  1. Untuk mendapatan bunga berwarna merah pilihlah bibit kembang sepatu hardy, sementara untuk mendapatkan kembang sepatu pink atau ungu pilihlah kembang sepatu tropis. Kembang sepatu hardy akan tahan lebih lama dibandingkan kembang sepatu tropis. Kembang sepatu tropis lebih cepat mati bunganya. Selain itu jenis kembang sepatu hardy lebih mudah ditanam dibanding kembang sepatu tropis.

2. Lakukan penggalian tanah untuk tempat menanam kembang sepatu. Lubang-lubang ini harus memiliki kedalaman yang cukup untuk ditempati akar hibiscus. Lubang-lubang ini harus berjarak sekitar 8cm antara lubang. Kembang sepatu cocok untuk langsung ditanam di tanah tanpa ditanam di pot. Hal ini lah yang membuat kembang sepatu dijadikan pagar bagi beberapa orang. Untuk membuat kembang sepatu tumbuh dengan baik, campurlah kulit kayu, lumut gambut, dan juga lempur kebun dengan perbandingan 1:1:1.

3. Penanaman harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bola akar dari kembang sepatu ini. Akar harus dikubur hingga menutupi pangkal batang kembang sepatu ini.

4. Setelah menanam akar kembang sepatu, lakukan penyiraman sesegara mungkin agar akar mendapat hidrasi yang cukup.

Hanya seperti itu cara menanam kembang sepatu. Sangat mudah dilakukan sendiri. Bunga kembang sepatu dapat dengan mudah ditanam dan tumbuh di Indonesia sebab kecocokkan iklim.

Cara merawat bunga kembang sepatu

Bunga Kembang Sepatu
Bunga Kembang Sepatu

Untuk merawat tanaman hibiscus sendiri caranya cukup mudah dan tidak merepotkan sama sekali. Berikut cara yang tepat:

  1. Penyiraman penting dilakukan, namun sebelum melakukan penyiraman sebaiknya cek kelembaban tanah. Peganglah tanah atau media tanam untuk mengecek kelembaban. Jika tanah lembab tidak perlu melakukan penyiraman. Tetapi jika tanahnya kering, segera lakukan penyiraman. Jangan biarkan tanah terlalu lembab, hal ini akan membuat akar membusuk.
  2. Kembang sepatu yang ditanam di rumah harus disiram dengan air yang hangat. Suhu paling tepat menyiram bunga kembang sepatu ini adalah 35⁰C, jangan lebih dan jangan kurang dari suhu tersebut. Penyiraman pada tanaman yang baru ditanam dapat menggunakan botol spray. Sedangkan untuk kembang sepatu yang ditanam di luar rumah, penyiraman hanya perlu dilakukan 2kali dalam seminggu. Kembang sepatu memerlukan penyiraman disemua bagian tumbuhan. Jika sudah berbunga, bunga juga harus ikut disiram.
  3. Kembang sepatu selalu menbutuhkan sinar matahari. Jika menanam langsung di tanah halaman rumah, pastikan halaman rumah adalah tempat yang terkena sinar matahari. Namun jika melakukan penanaman membang sepati pot dan di dalam rumah, simpanlah pot dekat jendela yang terbuka.
  4. Penggunaan pupuk sangat disarankan dalam menanam bunga kembang sepatu. Pupuk yang cocok untuk kembang sepatu adalah slow release 20-20-20 jika ditanam didalam pot atau untuk mempercepat dan memperbanyak bunganya gunakan slow release osmocote 9-3-13 jika ditanam di luar rumah. Jangan berikan fosfor terlalu banyak agar kembang sepatu tidak mati.
  5. Jika drainase pada tanah tidak cukup baik untuk menanam bunga kembang sepatu, berikanlah pupuk kandang atau tambah lagi dengan lumut gambut. Hal ini dilakukan untuk mencegah akar kembang sepatu membusuk.
  6. Lakukan pemeriksaan hama seminggu sekali. Jika ditemukan hama yang menghambat pertumbuhan bunga, semprotlah dengan insektisida pada bagian yang terdapat hama. Penggunaan insektisida juga perlu diperhatikan. Jangan sampai menggunakan insektisida yang mengandung imidacloprid karena dapat mengundang laba-laba.
  7. Pemangkasan harus dilakukan demi menjaga kesehatan tanaman. Pemangkasan tanaman kembang sepatu tidak sembarang dilakukan begitu saja. Pangkaslah 1/3 bagian yang berisi cabang yang tumbuh tidak lurus dan tidak kuat. Biarkan 3 batang utama tetap tumbuh.
Bunga Kembang Sepatu
Bunga Kembang Sepatu

Macam-macam variasi bunga kembang sepatu

  1. Rock hibiscus yang berasal dari Mexico. Tanaman ini memiliki daun yang berjumlah sedikit dan berwarna abu-abu. Untuk warna dari hibiscus ini adalah ungu tua, pink, dan putih.
  2. Roselle yang memiliki warna cantik. Bunga ini memiliki warna putih dengan gradasi putih pucat didalamnya. Tanaman ini dapat tumbuh di semak.
  3. Rami jawa yang banyak dibudidayakan oleh petani di Jawa. Tanaman ini dapat tumbuh baik di semak dan di tanah yang kering. Disebut rami jawa sebab seratnya sering dimanfaatkan untuk membuat rami.
  4. Kembang sepatu pantai. Bunganya berwarna kuning cerah dan merah pada bagian inti bunga. Daun dari bunga ini berbentuk love dengan warna hijau gelap. Tinggi dari kembang sepatu pantai hanya 6cm.
  5. Kesturi yang berasal dari India. Bunganya berwarna pink keputih-putihan. Bunga kesturi biasanya dimanfaatkan sebagai campuran dalam parfum karena memiliki aroma yang enak.
  6. Beach beauty dengan warna kuning yang dihiasi gradasi merah muda hingga merah terang pada bagian inti bunga. Batang pada kembang sepatu ini dapat tumbuh hingga setinggi 6m. Besar bunganya berdiameter 20cm.
  7. Sabdariffa yang memiliki keindahan dengan warna merah muda yang samar. Bunganya memiliki bintik-bintik di setiap kelopak. Tanaman ini cocok ditanam di kebun yang luas.
  8. Luna pink swirl yang mekar cantik selebar 20cm saat musim panas. Untuk menanam kembang sepatu yang satu ini diperlukan jenis tanah yang lembab. Tanaman ini sering kali mati disebabkan oleh jamur.
  9. Secret heart. Seperti namanya, secret heart, tidak ada yang tahu warna apa yang akan muncul pada kembang sepatu ini. Jika cuaca normal maka bunga kembang sepatu ini akan memiliki warna merah muda yang cantik dan merah terang pada bagian tengah bunga. Sedangkan jika cuaca lebih panas dari cuaca normal, bunga kembang sepatu ini akan tumbuh dengan warna merah muda yang sama cantik dan biru tua pada bagian tengahnya.
  10. Aphrodite yang banyak ditanam dan digemari karena warnanya. Bunga kembang sepatu ini berwarna fuchsia dengan diameter 20cm. Inti pada bunga ini berwarna kuning. Terbayang bagaimana cantiknya bunga kembang sepatu ini.
  11. Champagne adalah hasil perkawinan kembang sepatu muffin man dan rainbow christie. Bunga tunggal akan tumbuh selebar 20cm. Warna dari bunga ini dapat dibilang sama seperti champagne, kuning menuju putih pucat. Pada bagian inti bunga terdapat warna merah.
Bunga Kembang Sepatu
Bunga Kembang Sepatu

Leave a Reply