Keindahan Bunga Lily
Keindahan Bunga Lily

Bunga dikenal sebagai sarana penyampaian pesan terbaik, karena bunga mampu mengungkapkan ribuan kata yang tidak bisa terucap. Beragam jenis dan warna bunga menyampaikan pesan tersendiri. Untuk itu, Kamu harus berhati-hati dalam memilih bunga, agar perasaan yang ingin Kamu ungkapkan bisa tersampaikan dengan baik. Salah satu jenis bunga yang bisa kamu pilih adalah bunga lily. Bunga dengan kelopak yang cantik ini memiliki beragam warna yang memperindah tampilannya. 

Karakteristik Bunga Lily

Karakteristik Bunga Lily
Karakteristik Bunga Lily

Bunga lily atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama bakung merupakan jenis tanaman yang termasuk kedalam jenis genus Lilium. Lily merupakan nama yang diambil dari bahasa inggris. Bunga bakung merupakan bagian dari keluarga Liliaceae. Sebagian besar bunga lily ditemui di daerah Eropa. Lily juga bisa ditemukan didaerah Asia sampai ke Jepang dan juga ke India, sampai ke Filipina. 

Bunga lily bisa ditemukan diberbagai tempat, karena mampu menyesuaikan diri dengan baik. Kamu bisa menemuinya di habitat hutan, pegunungan, terkadang Kamu juga bisa menemukan bunga lily di daerah rerumputan, kadang kala mereka hidup dengan baik di daerah rawa. Bunga lily bisa hidup dengan baik pada daerah dengan kondisi tanah yang mengandung kadar asam seimbang. 

Karakteristik yang bisa Kamu lihat dari bunga lily adalah tumbuhan ini bisa hidup dengan baik mencapai ketinggian 60 sampai 180 cm. Bunga bakung pada umumnya mempunyai tangkai yang kokoh. Sebagian besar, bunga bakung membentuk umbi pada bagian akarnya. Bunga lily memiliki kelopak yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis bunga pada umumnya. Lily terdiri dari tiga kelopak. Lily memiliki wangi bunga yang khas. Selain itu, bunga lily terdiri dari beragam warna seperti kuning, putih, jingga, merah, merah muda, warna tembaga, ungu sampai bunga lily yang bewarna hampir hitam. Selain itu, juga terdapat bunga lili yang memiliki corak berupa bitnik-bintik. 

Dibalik keindahannya bunga lily menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Selain dijadikan sebagai tanaman hias yang mempercantik tampilan taman di rumah dan menjadi ide design tanaman depan rumah, berikut beberapa manfaat yang bisa Kamu peroleh ketika menggunakan bunga lily, lebih tepatnya adalah daun dari tumbuhan lily:

  • Daunnya diyakini mampu meredakan gejala yang timbul akibat peradangan pada tenggorokan karena panas dalam. 
  • Meningkatkan imunitas tubuh dan juga kekuatan otot. 
  • Membantu mengatasi gangguan tidur
  • Mempercepat pembentukan jaringan ikat pada bagian tubuh yang terluka, sehingga membantu pendarahan dan mengobati luka
  • Daun bunga lily juga dipercaya bisa mengatasi gangguan pada indera penglihatan manusia. 

Arti Bunga Lily 

Bunga Lily menjadi salah satu jenis bunga yang dipilih untuk menyampaikan pesan pada orang tersayang. Selain karena tampilannya, pesan yang disampaikan bunga lily juga hangat dan mendalam. Lily menjadi simbol kecantikan, keanggunan, kesetiaan pada pasangan, perbaikan, kesempatan baru, pembaruan, kemurnian jiwa, keberuntungan dan juga keseburan. Pesan yang tersampaikan melalui bunga lily tergantung pada pilihan warnanya. Nah kamu bisa lihat fakta lainnya disini

Bunga Lily Putih

Bunga Lily Putih
Bunga Lily Putih

Lily putih identik dengan bunga pernikahan, karena sering ditemukan dalam upacara perayaan pernikahan. Makna mendalam dari setangkai bunga putih menjadi alasan banyak pasangan yang memilih bunga lily putih hadir dalam hari spesialnya. Warna putih yang menjadi lambang suci dan bersih sangat sesuai dengan kesakralan upacara pernikahan. 

Bunga lily putih bisa menjadi lambang persahabatan yang setia dan juga cinta yang suci, perasaan yang tulus, harapan untuk kehidupan baru yang lebih baik dan juga kemuliaan serta kemurnian. Casablanca Lily adalah salah satu jenis bunga lily putih yang terkenal dengan keanggunan dan kemewahannya. 

Bunga Lily Orange 

Warna orange menurut filosofinya menyampaikan pesan yaitu memberikan semangat, perasaan optimisme dan juga rasa percaya diri yang tinggi. Akan tetapi, jika warna orange terlalu mendominasi, hal ini akan memberikan konotasi negative. Sehingga, bunga lily orange sering kali diidentikkan sebagai lambang kesombongan, kebencian dan juga penghinaan. Salah satu jenis bunga lily orange yang terkenal adalah Tawny Datlily. 

Bunga Lily Merah 

Bunga Lily Merah
Bunga Lily Merah

Bunga lily merah melambangkan doa dan harapan akan kekayaan berlimpah dan kemakmuran bagi si penerima. Warna merah identic dengan sumber kekuatan dan juga energi yang besar. Makna tersebut yang mendasari pemaknaan dari bunga lily merah sebagai lambang kekayaan dan juga kemakmuran. 

Harapan baik yang disampaikan lily merah menjadikan tanaman ini sebagai salah satu instrumen yang sering ditemui dalam upacara peresmian usaha, gedung, dan acara baik lainnya. Si pengirim berharap jika usaha yang dilakukan akan membaya si penerima ketingkatan kemakmuran. Bunga lily merah yang terkenal dengan kecantikannya yang menawan adalah Mertagon Hybrid Lily. Bintik hitam yang terdapat pada kelopak bunga semakin mempercantik tampilan bunga lily ini. 

Bunga Lily Kuning

Warna kuning sering kali menjadi lambang kebahagiaan dan juga menjadi simbol persahabatan. Begitu juga dengan pesan yang disampaikan oleh bunga lily kuning. Setangkai bunga lily kuning menjadi lambang persahabatan diantara dua orang. Namun, jika Kamu memberikan bunga lily kuning dalam jumlah yang banyak, maka artinya akan mengalami pergeseran. Satu buket bunga lily kuning, melambangkan jika anda memiliki perasaan yang lebih dari seorang sahabat, namun perasaan tersebut tidak bisa terbalaskan. Sering kali, buket bunga lily mewakilkan perasaan yang depresi/tertekan atau kepalsuan. 

Bunga Lily Pink 

Bunga lily pink seringkali dijadikan hadiah dalam perayaan hari jadi atau anniversary pasangan, ataupun menjadi bunga utama dalam acara lamaran. Makna manis yang tersampaikan lewat buket bunga lily pink, menjadikannya bunga yang special untuk pasangan. Lily pink identic dengan ambisi dan juga dukungan. 

Jika Kamu tidak memahami pesan yang disampaikan setangkai bunga dengan baik, maka bisa meningkatkan timbulnya kesalahpahaman yang akan memperburuk hubungan yang sudah terjalin sebelumnya. Untuk itu, Kamu harus berhati-hati dalam menentukan pilihan bunga yang akan menjadi hadiah bagi orang yang Kamu kasihi. 

Cara Merawat Bunga Lily

Selain menjadi bunga yang sering dihadiakan pada orang terkasih, Kamu juga bisa memelihara bunga lily dengan cara menjadikannya sebagai bunga hias yang ditanaman diperkarangan rumah. Kamu harus memperhatikan beberapa cara berikut ini untuk merawat bunga lily, agar bisa tumbuh dengan baik:

  • Pemberian pupuk

Jumlah pupuk dan juga waktu pemberiannya merupakan faktor penting yang harus Kamu perhatikan ketika memeliharan bunga lily. Pemberian pupuk pertama dilakukan ketika akar lily sudah mulai tumbuh. Jumlahnya harus sesuai, karena pada dasarnya lily adalah jenis tumbuhan yang tidak memerlukan banyak pupuk. Jika terlalu banyak menambahkan nitrogen pada media tanam lily akan menyebabkan pembusukan umbi. Waktu pemberian pupuk berikutnya bisa dilakuakn sebulan setelah pemberian pupuk pertama. Jenis pupuk yang bisa Kamu gunakan adalah pupuk yang biasanya digunakan untuk tanaman kentang. 

  • Kelembaban media tanam lily

Kelembaban pada media tanam bunga lily menjadi faktor kedua yang harus kamu perhatikan. Tanaman lily tidak memerlukan air dalam jumlah besar untuk perekembangannya. Pada musim panas, Kamu harus memastikan jika lily mendapatkan pasokan air yang cukup, sehingga bisa tumbuh dengan baik. 

  • Jauhkan lily dari suhu dingin

Lily tidak bisa bertahan dengan baik pada suhu dingin. Oleh karena itu, pada musim dingin, disarankan untuk menutup lily dengan dahan tanaman hijau atau jerami agar umbinya tidak mengalami pembekuan. 

  • Pengurangan jumlah tanaman lily

Pada musim berbunga, sebaiknya tanaman lily dipangkas, dan biarkan sekitar 2/3 dari batang lily untuk tetap utuh. Tujuannya, agar tanaman lily bisa hidup dengan baik dalam jangka panjang. 

Beli Bunga Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia 

 

Share:

Aditya

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply