Lotus, Bunga Cantik di Atas Air

Bunga Lotus
Bunga Lotus

Bunga Seroja atau lebih sering dikenal dengan nama Lotus merupakan tanaman air tahunan yang berasal dari genus Nelumbo. Bunga ini berasal dari India. Lotus juga menjadi lambang dari negara India. Namun, lotus sudah ditemukan di zaman mesir kuno serta tumbuh dan berkembang secara bersama – sama dengan bunga teratai di daerah perairan Sungai Nil. Bentuk bunga, buah dan daun Seroja sering menjadi bagian dan motif arsitektur bangunan kuil. Bahkan pada zaman Firaun, bunga lotus sangat dimuliakan.

Lotus pertama kali menyebar ke daerah Assiria atau Irak, kemudian tumbuh dan menyebar di wilayah Iran, India dan Tiongkok. Bunga lotus pertama kali menyebar ke wilayah Eropa pada tahun 1787 dan ditanam pertama kali di rumah kaca pada salah satu kebun raya.

Perbedaan Bunga Lotus dan Teratai

Masyarkat umum sering kali beranggapan jika bunga lotus dan bunga teratai merupakan bunga yang sama, padahal kedua bunga ini sangat berbeda. Berikut beberapa perbedaan yang dimiliki bunga seroja dan bunga teratai.

1. Kelopak Bunga

Bunga Lotus
Kelopak Bunga Lotus

Bunga lotus memiliki kelopak bunga yang besar dan berbentuk agak bulat dan tidak beraturan. Satu tangkai bunga seroja terdiri dari kelopak bunga dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Lotus memiliki kelopak bunga dengan warna yang bervariasi seperti kuning, putih dan merah muda.

Bunga teratai mempunyai bentuk yang runcing dengan ukuran kelopak bunga yang panjang, serta berbentuk rapi. Kelopak bunga teratai memiliki warna yang lebih beragam yaitu putih, kuning, merah muda, dan ungu yang saling tercampur.

2. Bentuk Batang

Lotus mempunyai batang yang tumbuh keatas dengan panjang rata – rata satu meter sampai satu setengah meter. Bunga lotus tidak mengembang di atas air. Bunga teratai tidak memiliki batang yang tumbuh menjulang ke atas dan bunganya mekar dan mengembang di atas air.

3. Bentuk Daun

Daun yang dimiliki bunga lotus bentuknya bulat dan tidak memiliki belahan serta bagian tepinya bergelombang. Warna daun pada permukaan atas dan bawah daun lotus sama. Serta daun sejora memiliki lapisan lilin.

Daun teratai mempunyai belahan pada satu sisinya, daun teratai dan daun lotus sama – sama berbentuk bulat. Daun teratai bergerigi pada bagian tepinya serta memiliki warna yang cenderung keunguan pada bagian atas dan bawah permukaan daunnya.

Keunikan Bunga Lotus

Bunga Lotus
Bunga Lotus

Bunga ini tidak mekar sepanjang hari setiap tahunnya. Bunga lotus mekar di pagi hari dan kemudian menutup di malam hari. Beberapa daun dari bunga lotus terendam di dalam air, sedangkan sebagian lainnya mengapung di atas permukaan air. Bunga lotus tetap terapung di atas air karena dilengkapi dengan kantong udara.

Manfaat Lotus

Selain keindahan yang dimilikinya, bunga lotus juga mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengatasi Diare

Masyarakat Tiongkok menjadikan bunga lotus sebgai bahan pengobatan tradisional untuk mengatasi diare. Biji lotus yang sudah dikeringkan direndam dalam air hangat selama beberapa jam, kemudian ditambahkan dengan gula batu sebelum diminum.

2. Menetralkan Gula Darah dan Lemak Darah

Akar lotus diketauhi mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang dapat membantu untuk mengelola komponen yang menjadi pemicu penyakit kardiovaskular. Akar lotus mampu menetralkan gula darah dan lemak darah dalam tubuh.

3. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Lotus memiliki kandungan zat gizi yaitu kalium yang dikenal bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan serta membantu menjaga pembuluh darah untuk tetap terbuka lebar (vasodilatasi).

4. Memperlancar Pencernaan

Kandungan karbohidrat kompleks yang dimiliki bunga lotus diyakini bisa membantu untuk memelihara sistem pencernaan tetap sehat.

5. Membantu Menangani Peradangan

Biji dari varietas lotus merah dan putih mengandung senyawa plumule yang diketahui memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi gejala peradangan dan membantu tubuh untuk nyaman kembali.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selain biji dan akar tanaman lotus, batang lotus juga dikenal kaya akan vitamin C yang berguna membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Kamu bisa merebus batang dan akar tanaman lotus selama sepuluh menit kemudian meminumnya untuk menjaga daya tahan tubuh.

7. Meredakan Gejala Haid

Pengobatan tradisional Tiongkok sering memanfaatkan daun dan ekstrak akar lotus untuk membantu melancarkan siklus menstruasi, serta menghentikan pendarahan yang berlebihan dan meredakan nyeri haid.

8. Membantu Mengatasi Jerawat

Ekstrak tanaman lotus digunakan sebagai salah satu bahan pada produk perawatan kecantikan dengan tujuan membantu untuk mengatasi jerawat. Lotus membantu mengurangi sebum yang berlebih penyebab jerawat.

9. Menyehatkan Kulit

Lotus juga memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu vitamin A juga memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Kandungan yang dimiliki tanaman lotus dinilai mampu melindungi kulit dari paparan radiasi ultraviolet sinar matahari dan membantu untuk menangkal radikal bebas.

Filosofi Bunga Lotus

Bunga seroja atau lotus menjadi simbol dari kebersihan hati dan fikiran. Lotus juga diyakini sebagai sumber kekuatan, keberuntungan dan kehidupan. Bunga Seroja juga melambangkan kelahiran dan keindahan.

Bunga Lotus Ungu
Bunga Lotus Ungu
  • Lotus Ungu: Bunga lotus ungu erat kaitannya dengan Delapan Jalan Utama dalam ajaran Buddhisme. Lotus diyakini mampu mewakili hukum sebab akibat, diamana setiap pikiran dan perbuatan yang dilakukan akan menerima efek. Bunga ini menjadi lambang semangat, kelahiran kembali, kecantikan dan kesuburan.
  • Lotus Putih: Lotus putih menjadi lambang kemurnian pikiran dan ketenangan dari sifat manusia serta melambangkan kesempurnaan spiritual yang dimiliki manusia.
  • Lotus Merah: Bunga lotus merah berkaitan dengan ajaran Hindu Kuno di India yang dikenal dengan Avatara Kalki. Bunga ini menjadi lambang kasih tanpa pamrih, gairah, kasih sayang dan kebaikan.  Bunga lotus merah yang mekar sepenuhnya memiliki arti kebesaran dan kemurahan hati.
  • Lotus Merah Muda: Dalam kepercayaan Hindu, semua dewa duduk di atas lotus merah muda, hal ini dikarenakan makna yang dimiliki bunga lotus merah muda yaitu melambangkan tempat tertinggi dan suci, serta sangat dihormati. Bunga lotus merah muda juga menjadi simbol dari keadaan seseorang yang sudah mencapai pencerahan tertinggi.
  • Lotus Biru: Lotus biru menjadi simbul pengetahuan. Bunga ini yang tidak sepenuhnya mekar mengartikan bahwa seseorang tidak boleh berhenti untuk belajar agar mampu mencapai kebijaksanaan dalam hidup.

Dalam budaya China bunga lotus sering dijadikan sumber inspirasi dalam berbagai karya seni, arsitektur dan desain. Pada zaman modern, bunga sejora atau lotus sangat populer untuk dijadikan tato karena makna yang ada pada bunga tersebut. Tato bunga lotus menjadi simbol semangat untuk mengatasi kesengsaraan hidup dan mencapai kesempurnaan. Makna ini terlihat dari tempat tumbuhnya bunga lotus, yakni hidup di tempat yang kotor yaitu lumpur. Tempat ini diibaratkan seperti nafsu, iri, benci dan dengki serta keburukan lainnya dalam hidup. Namun, walaupun hidup ditempat tersebut, bunga lotus tidak terpengaruh dan bisa hidup dengan baik serta memiliki tampilan yang memikat mata yang melihatnya.

Leave a Reply