Bunga Matahari
Bunga Matahari

Bunga matahari belakangan ini menjadi bunga yang banyak digunakan sebagai hiasan dan ditanam sendiri oleh banyak orang. Biasanya bunga matahari dapat dinikmati pada suatu masa tertentu di suatu daerah ketika kebun bunga matahari sedang mekar. Namun, akibat trend bercocok tanam di rumah yang sedang terjadi sejak munculnya pandemi, banyak orang mulai menanam sendiri bunga matahari. Bunga matahari dapat memikat banyak orang dengan warnanya yang cerah dan ukurannya yang besar.

Baca Juga : Pilih Bunga Matahari Terbaik Ada Disini

Bunga matahari merupakan bunga dari suku kenikir. Mereka tumbuh hanya pada musim atau keadaan cuaca tertentu pada suatu daerah. Bunga matahari pertama kali dibudidayakan oleh orang Indian yang terdapat di benua Amerika. Berbeda pada masa kini yang membuat bunga matahari menjadi tanaman hias, dahulu bunga matahari merupakan salah satu sumber pangan bagi sebuah suku di Amerika Selatan, yakni Inka. Baru setelah orang Eropa menduduki benua Amerika bunga matahari tersebar ke seluruh penjuru dunia. Lalu mulai banyak pemanfaatan bunga matahari mulai dari cemilan hingga dijadikan minyak.

Untuk menanam bunga matahari memang membutuhkan usaha yang lebih dibandingkan menanam bunga lain. Bunga matahari bisa saja gagal tumbuh, mengundang hama seperti tupai, hingga membunuh tanaman di sekitarnya. Namun, dengan strategi yang baik, bunga matahari akan tumbuh dengan baik. Selain itu iklim tropis yang dimiliki Indonesia sangat cocok untuk bunga matahari yang sangat menyukai kehangatan dari cahaya matahari. Tidak heran banyak orang berhasil menanam bunga matahari di halaman rumah mereka. Keberhasilan dalam menanam bunga matahari rasanya seperti memiliki kepuasan tersendiri. Bunga matahari memiliki beberapa makna-makna baik, seperti berikut:

1.Kebahagiaan

Bunga matahari membawa makna kebahagiaan yang terus menerus dari bentuknya yang bulat. Dari tiga warna utama yang terdapat pada bunga matahari yang sering kita lihat, kombinasi warna tersebut sangat cocok untuk meningkatkan mood. Selain itu ketiga warna tersebut juga tidak terlalu bertabrakan walaupun masing-masih membawa kecerahan. Bunga matahari yang mulai menjadi bunga kesukaan banyak orang menjadi tanda kesuksesannya membawa kebahagiaan bagi siapapun yang memilikinya atau bahkan hanya sekadar melihatnya.

2. Kehangatan

Kehangatan Bunga Matahari
Kehangatan Bunga Matahari

Bunga matahari selalu membutuhkan matahari, itulah mengapa bunga matahari disebut pembawa kehangatan bagi banyak orang. Bunga perlambang matahari ini memberi kehangatan yang berselubung semangat positif menjalani hidup bagi setiap orang yang melihatnya. Makna ini terpancar dari penanam bunga matahari, di mana menanam dan merawat bunga matahari tidaklah mudah. Namun, dari berbagai situasi yang harus dihadapi, keberhasilan dalam mempertahankan hidup bunga matahari merupakan sebuah kebanggan tersendiri hingga orang-orang yang berhasil dalam menanam bunga matahari adalah orang yang betangan hangat.

Baca Juga : Yuk Intip Kebun Bunga Matahari Disini

3. Persahabatan

Bunga Matahari Menjangkau Persahabatan
Bunga Matahari Menjangkau Persahabatan

Bunga lambang persahabatan umumnya berwarna kuning atau oranye. Bunga matahari adalah bunga paling umum yang melambangkan persahabatan dibandingkan bunga berwarna kuning atau oranye lainnya. Bunga matahari biasanya dijadikan buket untuk merayakan sesuatu bersama sahabat. Buket bunga matahari biasanya dijadikan hadiah kelulusan, hadiah pada hari persahabatan, get well soon bouquet, hadiah permintaan maaf, hingga hadiah valentine. Hadiah-hadiah tersebut tentu saja dikhususkan untuk sahabat. Warna kuning pada bunga matahari dipercaya akan mengantarkan persahabatan yang abadi dan penuh kebahagiaan. Oleh sebab itu bunga matahari erat kaitannya dengan makna persahabatan.

4. Kesetiaan

Selain makna persahabatan yang langgeng, bunga matahari juga membawa makna kesetiaan yang tinggi. Makna ini hadir dari peristiwa fototropisme yang terjadi pada bunga matahari. Fototropisme adalah pertumbuhan makhluk hidup sebagai respon terhadap cahaya matahari. Hal ini terjadi pada bunga matahari yang selalu mengikuti kemana arah gerak matahari. Oleh sebab itu, bunga matahari bermakna kesetiaan sebab selalu mengikuti kemana arah matahari. Bunga matahari akan sangat cocok jika dijadikan buket untuk pasangan.

Manfaat minyak bunga matahari

Manfaat Minyak Bunga Matahari
Manfaat Minyak Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki banyak sekali manfaat mulai dari cemilan hingga pengobatan. Salah satu yang paling terkenal adalah biji bunga matahari yang disulin menjadi minyak. Minyak bunga matahari paling terkenal dijadikan minyak esensial. Minyak esensial yang terbuat dari bunga matahari biasanya dijadikan campuran dalam sabun, baik sabun mandi maupun sabun wajah. Tidak hanya itu, minyak esensial bunga matahari dapat langsung digunakan sebagai minyak oles untuk penyakit rematik dan minyak oles pijat biasa.

Minyak bunga matahari dapat digunakan sebagai bahan masak atau sebagai minyak goreng. Memasak dengan minyak bunga matahari akan lebih baik daripada minyak kelapa sawit. Bagi para penderita kolesterol dan penyakit jantung, minyak bunga matahari akan membantu menurunkan resiko dari penyakit-penyakit tersebut.

Selain untuk mengurangi dan mencegah resiko pada penyakit jantung, minyak biji bunga matahari juga cocok untuk program diet. Minyak biji bunga matahari dan biji bunga matahari sendiri dapat dicampurkan pada makanan sehat seperti salad atau dimasak dengan bahan lain. Minyak dan biji bunga matahari yang dimakan akan membuat tidak akan membuat lambung cepat kosong, sehingga perut terasa kenyang lebih lama dan konsumsi karbohidrat dapat dikurangi.

Selain menjadi membuat rasa kenyang lebih tahan lama, minyak biji bunga matahari dapat menambah ketersediaan energi pada tubuh. Ketersediaan energi ini didapat dari omega 6 dan omega 9 yang ada pada kandungan minyak bunga matahari. Untuk menjalankan program diet yang lebih efektif, mulailah mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak bunga matahari yang lebih sehat.

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Kirim Untuk Bunga Kamu

Destinasi wisata kebun bunga matahari di Indonesia

Bunga matahari dapat dijadikan sebagai tujuan berwisata saat hari libur. Beberapa daerah memiliki tempat wisata mengusung kebun bunga matahari. Bunga matahari memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak orang datang ke tempat wisata ini. Berikut beberapa tempat wisata kebun bunga matahari.

1.Kebun Bunga Matahari, Kediri

Pemerintah kota Kediri membuat sebuah kebun bunga matahari di lahan kosong yang mereka miliki. Kebun bunga matahari ini kemudian dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Hanya perlu membayar biaya parkir jika ingin berkunjung ke kebun bunga matahari Kediri.

2.Sky garden PVJ, Bandung

Bandung memiliki kebun bunga matahari yang berkonsep taman gantung seperti yang pernah dibuat pada masa peradaban Babilonia. Untuk berkunjung ke sini, cukup dengan datang ke Mall Paris van Java, lantai paling atas.

3. Megastar, Kota Batu

Kebun bunga matahari Megastar ini terdapat di Kota Batu, Jawa timur. Untuk berkunjung ke tempat ini biaya masuk yang perlu dibayarkan adalah sebesar Rp. 25.000. Di tempat ini juga dapat berkeliling dengan menunggangi kuda yang akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000.

4. Samas, Bantul

Kebun bunga matahari Samas yang terletak di Bantul ini hanya mematok biaya sebesar Rp. 5000 untuk dinikmati. Tempat wisata ini tenyata juga menjadi ladang rejeki bagi warga sekitar sebab dapat berjualan di area kebun bunga matahari ini.

5. Arumdalu Farm, Tangerang

Untuk warga Jakarta, tidak perlu sampai jauh-jauh ke Bandung, Jawa tengah, apalagi Jawa timur untuk menikmati kebun bunga matahari. Cukup mendatangi Arumdalu Farm yang berada di Gading Serpong, Tangerang. Sudah pasti tempat ini tidak akan terlalu jauh dari Jakarta.

Share:

Leave a Reply