Mengenal Bunga Mawar Khas Indonesia yang Cocok untuk Buket

Mawar
Mawar

Bunga mawar sudah sejak lama digunakan untuk beragam jenis buket. Bunga yang satu ini dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan namanya sudah populer sejak lama dengan sebutan rose. Di Indonesia sendiri sebenarnya banyak orang menggunakan mawar untuk banyak keperluan. Salah satunya digunakan untuk rangkaian buket. 

Seperti umumnya buket dikenal sebagai rangkaian tangkai bunga yang disatukan menjadi satu ikat. Saat sudah diikat menjadi satu namanya menjadi bunga ikat. Beberapa kalangan menyebutnya sebagai bunga tangan. Buket dimanfaatkan untuk banyak hal. Misalnya sebagai bunga tangan pengantin. Buket juga biasanya digunakan untuk pesta lain. 

Bunga mawar pun tumbuh subur di Indonesia. Beberapa kalangan juga mengembangkan budidaya mawar untuk menghasilkan bunga dengan variasi baru. Namun tahukah Anda ada beberapa jenis rose yang kurang cocok dijadikan buket. Berikut adalah contoh rose khas Indonesia yang cocok diikat menjadi buket nan cantik.

 

1. Mawar Putri 

Mawar
Mawar Putri

Jenis bunga rose khas Indonesia pertama yang sudah umum digunakan untuk buket yaitu mawar putri. Beberapa kalangan juga menyebutnya sebagai mawar potong. Bunga tersebut mempunyai karakteristik warna merah tua. Mawar putri masuk ke dalam mawar ganda. Hal ini lantaran adanya benang sari dan putik. 

Karakteristik tersebut juga merujuk pada alat kelamin jantan dan betina. Pada saat mekar diameter mahkota mawar putri bisa mencapai 11,5 cm. Minimal diameter yang dihasilkan saat mekar yaitu sekitar 9,5 cm. Menariknya bunga mawar yang satu ini memiliki tingkat keharuman yang lebih tinggi dibanding lainnya.

Salah satu alasan mawar putri acapkali dijadikan bunga potong karena tingkat kesegarannya. Mawar putri diketahui mempunyai tingkat kesegaran mencapai 9 hari lamanya. Anda pun tidak akan sulit menemukannya. Pasalnya mawar jenis ini tersedia di setiap gerai bunga potong.

2. Mawar Mega Putih

Mawar Mega Putih
Mawar Mega Putih

Bunga mawar selanjutnya dikenal sebagai mega putih. Sama halnya dengan jenis mawar lainnya. Bunga Mega Putih tersebut juga mempunyai karakteristik yang tidak kalah dengan lainnya. Mawar ini dilengkapi dengan mahkota yang tidak biasa. Mahkota tersebut berbentuk keriting di bagian pinggirnya. Hal tersebutlah yang membuatnya indah. 

Ukuran diameter Mega Putih ini minimal 9 cm dan maksimal 12 cm. Bahkan jumlah mahkotanya mencapai 104 sampai 130 helai. Jumlah helainya yang lumayan banyak tersebut menjadikannya sebagai bunga potong khas Indonesia. Tidak hanya itu meski ukuran mahkotanya besar namun wangi yang dikeluarkan tidak tajam. 

Mega Putih juga termasuk salah bunga mawar yang sering dibudidayakan untuk buket. Alasannya tidak lain karena kesegarannya yang juga bertahan lama. Kesegaran yang dihasilkan Mega Putih bisa mencapai 9 hari pasca dipetik. Tidak hanya digunakan untuk buket nyatanya mawar Mega Putih dapat dijadikan hiasan. 

 

3. Mawar Pertiwi

Mawar Pertiwi
Mawar Pertiwi

Mawar khas Indonesia selanjutnya dijuluki Pertiwi. Bunga cantik yang satu ini memang mempunyai warna yang sedikit berbeda dengan jenis lainnya. Mawar Pertiwi adalah salah satu bunga dengan ciri khas warna merah mudanya. Jenis mawar tersebut untuk pertama kalinya dikenalkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura. 

Pengenalan dilakukan pada tahun 2001 silam. Salah satu daya tarik bunga mawar Pertiwi adalah diameternya saat sudah mekar. Mawar Pertiwi diketahui mempunyai ukuran diameter yang lumayan panjang. Ukurannya dari 8 hingga 9 cm saat mekar. Sementara itu panjang tangkainya sendiri diketahui mencapai ukuran 7 cm. 

Mawar Pertiwi juga unik karena pada tangkainya terdapat duri. Meski begitu jangan khawatir karena jumlahnya tidak banyak. Sehingga tidak akan melukai tangan pemegangnya. Bahkan jika ingin menjadikannya sebagai tanaman hias Anda tidak memerlukan jaring hitam. Pasalnya bunga potong tersebut bisa tumbuh subur tanpa naungan. 

 

4. Mawar Megawati 

Mawar Megawati
Mawar Megawati

Jenis selanjutnya yaitu Megawati. Mawar yang satu ini juga acapkali dipilih untuk buket. Hal tersebut bukan tanpa alasan lantaran mawar Megawati tidak kalah cantik dengan jenis lainnya. Mawar tersebut diketahui juga dikenalkan pada khalayak ramai bersamaan dengan jenis Pertiwi. Warna khas bunganya yaitu merah orange. 

Jika dilihat diameternya kembang tersebut bisa mencapai ukuran 9 sampai 11 cm. Sementara panjang tangkai mawar ini dari angka 50 hingga 57 cm. Inilah yang menjadi alasan mengapa mawar Megawati cocok dijadikan sebagai bahan rangkaian buket. Selain itu warnanya yang merah orange membuat mata segar.

Kesegaran mawar Megawati dikenal lama. Saat sudah dipetik mawar dapat bertahan dari 6 hingga 8 hari. Apalagi jika ditempatkan pada area dengan suhu yang sesuai. Tidak hanya menjadi bunga potong mawar Megawati juga cocok diletakkan pada vas. Tidak heran pula jika Anda seringkali melihatnya. 

Mawar khas Indonesia ternyata tidak kalah cantik dengan varian yang dibudidayakan di mancanegara. Buktinya beragam jenis mawar di atas cocok dijadikan sebagai bahan buket. Selain itu warnanya yang beraneka ragam membuatnya terlihat cantik dan menarik. Anda dapat memilih varian bunga mawar khas Indonesia tersebut untuk buket pengantin. 

Leave a Reply