Kenali 7 Jenis Bunga Mawar yang Paling Populer

Apakah Anda pecinta Bunga Mawar? Keindahan mawar memang diakui oleh semua orang. Setiap Mawar memiliki makna tersendiri, misalnya lambang kasih sayang atau bisa juga lambang kesetiaan. Jadi jika Anda ingin menyatakan pesan kepada orang terkasih, bisa melalui pemberian Mawar.

Biasanya orang-orang memberikan buket Mawar Merah. Padahal ada banyak jenis Mawar yang bisa Anda berikan kepada orang-orang terkasih supaya buket yang Anda berikan tidak hanya itu-itu saja. Selain itu Anda juga bisa memperindah taman rumah dengan beberapa jenis Mawar berikut.

 

1. Jenis Mawar Sunsprite

Mawar Sunsprite
Mawar Sunsprite

Jika Anda menyukai kesan simpel dan manis, maka Mawar Sunsprite akan cocok. Warnanya kuning cerah sempurna sehingga memberikan keceriaan bagi setiap orang yang memandangnya. Mawar Sunsprite selain cerah juga memiliki ketahanan yang baik sehingga mudah untuk dirawat. Mawar Sunsprite juga memberikan keharuman manis.

Bunga Mawar jenis Sunsprite mekar dengan kelopak ganda. Apabila Sunsprite berbunga hingga puncaknya, maka kelopaknya berwarna kuning cerah dan memiliki wangi yang amat manis. Momen ini tentu amat sayang untuk Anda lewatkan. Adapun ukuran kelopak bunga biasanya berdiameter 4 inci.

 

2. Jenis Mawar Musk

Mawar Musk
Mawar Musk

Bunga dengan nama latin Rosa Moschata ini sudah dibudidayakan sejak abad 16. Ciri khas dari Mawar Musk adalah aromanya yang harum dan wangi sehingga Anda bisa mencium keharumannya dari jarak yang jauh. Karena keharumannya, Mawar Musk juga sering dijadikan sebagai bahan baku parfum.

Biasanya jenis Bunga Mawar Musk ini mekar pada musim semi sampai musim gugur. Mawar Musk mempunyai rambut-rambut halus pada bagian dekat biji-bii. Tetapi untuk orang yang alergi dengan serbuk bunga, maka tidak disarankan Anda memberikan Mawar Musk. Rambut-rambut halus tersebut juga bisa menyebabkan permasalahan saluran pencernaan.

 

3. Jenis Mawar Double Delight

Mawar Double Delight
Mawar Double Delight

Double Delight merupakan jenis Mawar dari persilangan antara Garden Party serta Granada. Bunga ini diciptakan dari penelitian oleh Rllis dan Swim di tahun 1977. Double Delight akan cocok bila ditanam dan dikembangkan di cuaca yang lembab dengan tanah yang subur dengan sedikit asam.

Warna Double Delight sebetulnya tergantung dari banyaknya cahaya matahari yang didapatkan. Jika cahaya matahari yang diperoleh bunga cukup banyak maka warna putih kelopak menjadi merah. Biasanya Double Delight ditempatkan pada rumah kaca. Hal tersebut supaya bunga tetap mendapat warna sinar namun tidak berubah warna karena sinar UV tersaring.

 

4. Jenis Mawar Kubis

Mawar Kubis
Mawar Kubis

Bunga Mawar Kubis mempunyai nama latin Rosa Centifolia. Mawar ini dihasilkan dari hasil hibrida yang bersumber Mawar belanda abad 17. Tampilan Mawar Kubis cantik dan anggun. Karena bentuk mahkotanya besar serta bertumpuk-tumpuk layaknya kubis, orang awam mengenalnya sebagai Mawar Kubis.

Untuk merawat Mawar Kubis tidaklah mudah. Dibandingkan jenis Mawar lainnya, Mawar Kubis memerlukan perawatan yang lebih rumit. Karena rentan terhadap serangan hama dan penyakit, Mawar Kubis tidak bisa dibudidayakan di sembarang lahan. Tetapi bila ditumbuhkan di lahan yang cocok serta ada pagar, maka Mawar Kubis bisa dibudidayakan dengan baik.

 

5. Jenis Mawar Langka Juliet

Mawar Juliet
Mawar Juliet

Bunga Mawar Juliet merupakan salah satu Mawar yang mempesona. Bunga ini hasil dari salah satu hibrida. David Austin, peneliti Mawar Juliet ini kemudian berhasil membuat Mawar juliet di tahun 2006. Karena bunga ini tergolong langka, maka harga yang ditawarkan pun juga mahal.

Mawar Juliet sangat terbatas di pasaran. Namun harganya yang mahal tidak hanya disebabkan karena jumlahnya yang langka. Karena proses penanaman serta budidayanya yang sulit, Mawar Juliet ini dipatok dengan harga tinggi. Mawar Juliet juga memiliki warna serta motif aprikot yang estetik sehingga menambah nilai jualnya.

6. Jenis Mawar Eden

Mawar Eden
Mawar Eden

Mawar Eden memiliki sebutan lain yaitu Pierre de Ronsard. Mawar Eden merupakan jenis mawar yang dibuat Marie Louise Meilland tahun 1985. Kemudian bunga tersebut diberi nama Pierre de Ronsard karena pembuat bunga ini terinspirasi Pierre de Ronsard, seorang penyanyi populer zaman Renaisans.

Bunga Mawar Eden akan baik untuk tumbuh di lahan yang memiliki sinar matahari cukup dan kadar air sedang. Mawar Eden bisa tumbuh tinggi sampai 3,3 meter. Bunga Eden bisa tumbuh cukup besar dengan diameter kira-kira mencapai 10 cm. Bunga ini mencapai ukuran maksimal bila mekar pada musim semi hingga musim panas.

 

7. Jenis Mawar Biru

Mawar Biru
Mawar Biru

Jenis Mawar hibrid yang satu ini tergolong langka. Biasanya Mawar Biru merupakan bunga sintetis atau diberi warna. Namun, sebetulnya ada juga Mawar Biru. Bunga ini merupakan jenis hasil penelitian dari para ilmuwan. Warna Biru tersebut dihasilkan dari modifikasi gen dan memberikan penambahan pigmen biru atau delphinidin.

Tetapi warna yang dihasilkan tidak sepenuhnya Biru. Warna pada Mawar Biru lebih cenderung berwarna Biru keunguan atau biru dengan disertai ungu muda. Jika Anda menyukai warna Biru dan ungu, bunga ini cocok untuk dirawat.

 

Setelah mengenal beragam jenis Mawar, Anda kini memiliki banyak pilihan. Ternyata Anda tidak harus memilih dan merawat Mawar Merah saja bahkan ada juga Mawar hibrid buatan yang tidak kalah cantik. Dari sekian jenis Bunga Mawar, manakah bunga favorit yang ingin Anda miliki?

Leave a Reply