Pernikahan
Pernikahan

Siapa yang tidak tahu dengan bunga papan? Sejak dulu  pemberian bunga papan sudah cukup umum di masyarakat. Bunga papan terbuat dari bahan stereform yang disangga atau diberi kaki-kaki. Stereform tersebut dihias dengan bahan spon berwarna-warni dan dirangkai dengan bunga.

Pemberian bunga papan tidak hanya sebagai ungkapan duka cita atau bela sungkawa saja tetapi juga ungkapan turut berbahagia. Biasanya kita sering menjumpai pemberian bunga papan pada peresmian kantor, pelantikan pejabat, atau bahkan di acara resepsi pernikahan. Biasanya bunga papan tidak hanya ada di gedung atau tempat resepsi pernikahan, tetapi juga ada di rumah pengantin.

Pernikahan memang merupakan momen penting seseorang. Ada banyak cara untuk memberikan ucapan kepada pasangan yang berbahagia. Salah satunya adalah dengan pemberian bunga papan. Dengan mengirim bunga papan ke tempat pernikahan atau rumah pengantin, tentu itu akan menjadi dukungan besar bagi pengantin.

Pemberian bunga papan dapat menjaga relasi agar terus baik. Selain itu pemberian bunga papan juga dapat turut memeriahkan rangkaian acara pernikahan. Sebuah acara resepsi pernikahan dengan banyak bunga papan di halaman depan tentu dapat memberi kesan baik dan terlihat megah.

Berniat memberi bunga papan untuk acara pernikahan? Simak dulu tips memilih atau menentukan bunga papan di bawah ini ya.

1. Kedekatan dengan Pengantin atau Keluarga Pengantin

Jika kita cukup dekat dengan pengantin atau keluarga pengantin, tentu kita harus lebih mengutamakan kualitas dari bunga papan yang kita pesan. Jangan sampai kita mengecewakan mereka dengan mengirim bunga papan yang biasa-biasa saja. Jika kebetulan kita tahu bunga atau gaya desain yang disukai pengantin atau keluarga pengantin, maka lebih baik sesuaikanlah. Hal tersebut tentu akan lebih membuat mereka senang karena kita mengetahui apa yang mereka sukai.

Namun jika kita tidak cukup dekat dengan pengantin ataupun keluarga pengantin, maka kita tidak perlu memikirkan terlalu detail mengenai hal ini. Cukup berikan sebaik dan serapi mungkin.

2. Ukuran Bunga Papan

Ukuran bunga papan tentu bervariatif. Kita perlu memperhatikan ukuran bunga papan yang akan dipilih. Mengapa? Jika ukuran bunga papan terlalu besar maka biaya yang dikeluarkan juga akan semakin mahal. Namun tentu itu dapat disesuaikan dengan biaya yang kita miliki. Bunga papan dengan ukuran besar sebenarnya dapat bernilai estetik lebih dibandingkan bunga papan berukuran kecil. Tetapi tetap saja tergantung dengan isi bunga papan. Semakin kreatif, maka akan semakin estetik.

Pada umumnya bunga papan memiliki ukuran 2 meter x 1,5 meter. Namun kita juga masih bisa menyesuaikan ukuran sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kita.

3. Kombinasi Warna Bunga

Memilih Bunga
Memilih Bunga

Bunga adalah ornamen utama dalam dekorasi bunga papan. Kita harus detail dalam memperhatikan kombinasi warna bunga. Pada umumnya warna bunga ada berbagai macam. Setiap toko penyedia jasa bunga papan tentu memiliki katalog atau daftar bunga yang mereka miliki. Tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu sejenak untuk melihat dan memutuskan. Jika bingung kita juga bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa bunga papan.

Pernikahan adalah acara yang cukup besar. Jangan sampai bunga papan yang kita berikan terkesan norak atau bahkan buruk. Karena pemberian kita dalam menggambarkan personalitas kita. Tentu kita tidak ingin menghancurkan nama baik kita hanya karena salah memilih bunga papan untuk kolega atau teman, bukan?

Bunga papan dengan pilihan warna cerah dapat menjadi pilihan yang tepat. Pernikahan adalah momen yang bahagia sehingga apabila kita memilih bunga papan dengan warna cerah, tentu itu akan mencerminkan kebahagiaan dari momen pernikahan yang sedang dilangsungkan.

4. Penggunaan Bunga Segar

Bunga Segar
Bunga Segar

Biasanya kita akan diberi pilihan untuk memilih bunga palsu atau bunga asli. Tentu lebih baik kita memilih bunga asli atau bunga hidup. Pastikan juga bahwa bunga tidak layu dan tampilannya masih segar. Hal ini tentu dapat berdampak secara langsung dengan estetika bunga papan yang kita pesan.

Pada umumnya bunga papan yang berisikan bunga asli yang masih segar dapat bertahan hingga 7 hari. Itu mengapa penting untuk kita memilih bunga asli yang masih segar.

5. Kualitas Florist Menentukan Kualitas Bunga Papan

Peralatan Merangkai Bunga
Peralatan Merangkai Bunga

Memilih bunga papan untuk pernikahan juga perlu memperhatikan kualitas dan kemampuan florist. Jika penyedia jasa bunga papan memiliki kualitas yang baik tentu kita tidak perlu khawatir akan mendapatkan bunga papan yang buruk. Apabila kita ragu dengan kualitas dan kemampuan mereka, kita bisa melihat contoh bunga papan yang pernah mereka buat. Atau, kita juga bisa melihat media sosial mereka dan menilai seberapa banyak pelanggannya. Jika kita masih ragu, lebih baik carilah penyedia jasa bunga papan yang lain yang lebih meyakinkan.

Mintalah saran atau rekomendasi dari teman atau kenalan kita. Biasanya rekomendasi dari orang yang kita kenal akan jauh lebih meyakinkan dan tidak mengkhawatirkan.

Sering kali kita menyepelekan proses memilih florist. Semua florist sering kali kita anggap sudah paham terkait bunga papan. Padahal tidak semua penyedia jasa bunga papan paham terkait produknya. Jika kita memesan di penyedia jasa bunga papan yang paham atas produknya, tentu kita akan dibantu memilih dan merekomendasikan bentuk, ukuran, atau tulisan yang terbaik untuk kita. Namun apabila penyedia jasa bunga papan tidak terlalu paham dengan produknya, besar kemungkinan kita akan ikutan bingung karena tidak diberi saran atau rekomendasi oleh mereka. Mengkhawatirkannya lagi ialah, ini akan berdampak pada kualitas produk bunga papan yang kita pesan.

6. Pertimbangkan Harga

Sering kali bunga papan yang kita inginkan bertabrakan dengan biaya yang kita punya. Lebih baik pilih penyedia jasa bunga papan yang dapat memberikan rentang harga bervariatif dan cukup kompetitif. Jangan tergiur dengan harga bunga papan yang murah atau bahkan berada jauh di bawah harga pasar. Mengapa? Karena lagi-lagi harga menentukan kualitas. Kita tentu tidak ingin memberikan bunga papan berkualitas buruk bukan?

Cara terbaik dalam mempertimbangkan harga adalah dengan bertanya tentang rentang harga dan contoh bunga papan yang akan didapatkan sesuai harganya. Setelah itu kita bisa meminta saran dari florist untuk menentukan atau memberikan rekomendasi pada kita. Bisa jadi mereka akan merekomendasikan kita bunga papan yang sesuai dengan budget. Jadi jangan malu untuk bertanya ya!

7. Pilih Mahkota

Biasanya pada bunga papan pernikahan terdapat 2 bagian mahkota yakni di atas dan di bawah. Nah kita bisa meminta kepada penyedia jasa bunga papan untuk memberikan jambul yang panjang dari ujung kiri sampai kanan. Jambul inilah yang biasanya menjadi pembeda antara bunga papan untuk pernikahan dengan bunga papan untuk ucapan duka cita atau bela sungkawa. Karena jambul yang memanjang akan tampak lebih indah daripada jambul yang hanya di dalam saja.

Share:

Leave a Reply