Keindahan Bunga Peony
Keindahan Bunga Peony

Bunga peony merupakan tumbuhan asli yang berasal dari daratan Tiongkok, Amerika Utara bagian Barat dan juga Eropa Selatan. Bunga ini termasuk kedalam jenis tumbuhan hias yang bergenus tunggal, peony digolongkan kepada keluarga Paeniaceae. Peony juga dikategorikan sebagai tanaman rempah yang termasuk pada tumbuhan tahunan. 

Karakteristik Bunga Peony

Karakteristik Bunga Peony
Karakteristik Bunga Peony

Tumbuhan ini bisa hidup dengan tinggi mulai dari 50 cm sampai 1.5 meter. Peony yang tergolong kepada tumbuhan semak ini bisa tumbuh mencapai 2 sampai 3 meter. Peony hidup dengan subur pada akhir musim semi sampai pada awal musim panas. Tanaman peony memiliki bunga dengan beragam warna seperti putih, kuning, merah jambu, merah, merah tua dan juga ungu. Bunga peony memiliki bau yang harum. Bunga ini juga dikenal sebagai bunga yang berasal dari negara bagian Indiana dan Amerika Serikat. 

Bunga peony memiliki tampilan yang menarik, sehingga termasuk kedalam jenis tumbuhan yang terkenal dikalangan para pecinta tanaman. Kecantikan bunga ini terlihat dari kelopak bunganya yang besar, sehingga terlihat sangat mewah jika dirangkai dalam jumlah yang banyak. Bunga indah ini bisa mekar hingga mencapai diameter 25 cm, hal ini tergantung pada jenisnya. Hal ini semakin memperindah tampilan bunga tersebut. 

Baca Juga : Filosofi Bunga Gerbera

Fakta menarik lainnya dari bunga peony adalah masa hidupnya. Jika dirawat dengan baik, bunga ini bisa hidup sampai 100 tahun. Bunga ini bisa ditemui dalam beragam warna, bisa dikatakan jika bunga tersebut hampir memiliki semua warna, kecuali warna biru. Bunga indah ini bisa mekar karena mendapat bantuan semut. Nektar yang dihasilkan oleh kuncup bunga satu ini menjadi faktor penarik semut untuk datang mendekati bunga. Semut akan memanjat untuk mencapai tanaman, kemudian semut akan membantu proses pemekaran bunga, dengan cara membuka kuncup untuk mencapai nectar didalam bunga. 

Tampilan indah dari bunga peony seringkali dijadikan sumber inspirasi oleh para seniman. Bunga ini menjadi salah satu jenis bunga yang sering dipakai dalam seni ornament. Keindahannya sudah diakui sejak zaman dahulu, seperti ditemukannya beragam jenis bunga – bunga pada keramik dan lukisan-lukisan di Tiongkok. Selain memiliki tampilan bunga yang indah, bagian lain dari tumbuhan peony bisa dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan. Orang China biasanya menggunakan akar, kulit kayu, biji dan juga bunga satu ini sebagai ramuan untuk menghilangkan rasa sakit, pencegah infeksi dan juga sebagai penurun panas. 

Arti Bunga Peony 

Arti Bunga Peony
Arti Bunga Peony

Keindahan bunga peony juga dilengkapi dengan makna dan arti yang disampaikan oleh bunga tersebut. Bunga ini dikenal sebagai bunga cinta selain bunga mawar. Beberapa pesan yang tersampaikan lewat setangkai bunga satu ini adalah:

  • Keberuntungan
    Bunga peony diyakini mampu membawa keberuntungan, masyarakat China meyakini jika lukisan bunga indah ini bisa mendatangkan keberuntungan dan juga kesuksesan.
  • Kedamaian
    Makna lain yang disampaikan bunga peony adalah kesejahteraan dan juga kedamaian.
  • Cinta dan Kebahagiaan
    Selain bunga mawar, jenis bunga yang mampu menyampaikan perasaan cinta adalah bunga peony. Bunga dengan kelopak lebar dan tampilan yang indah ini, mampu menyampaikan perasaan cinta dengan baik. Kamu bisa memilih beragam warna bunga satu ini. Bunga peony diyakini sebagai lambang dan juga memiliki filosofi yang mendalam tentang cinta dan juga kebahagiaan.
  • Kepribadian yang baik
    Bunga poeny juga diyakini bisa melambangkan keistimewaan seseorang dari kepribadian yang dimilikinya.

Warna Bunga Peony 

Bunga Peony hampir memiliki seluruh warna, kecuali warna biru. Keberagaman warna bunga ini juga memperluas makna dan arti yang disampaikan bunga tersebut. Beberapa pesan yang disampaikan bunga ini berdasarkan warnanya adalah:

1. Peony putih

Bunga peony yang bewarna putih dilambangkan sebagai bunga permintaan maaf. Peony putih menjadi lambang penyesalan, perasaan malu, sehingga bisa dijadikan sebagai instrumen untuk mengekspresikan perasaan maaf, penyesalan dan juga digunakan untuk menebus kesalahan yang telah dilakukan. 

2. Peony Merah

Warna cerah dan menyala menjadi lambang cinta, kemakmuran, gairah, kehormatan, dan juga kekayaan. Peony jenis sangat cocok untuk dijadikan pelengkap hadiah dalam perayaan momen penting dengan pasangan. Kamu bisa mengekspresikan perasaan yang Kamu miliki dengan satu buket rangkaian bunga peony merah. 

3. Peony Kuning

Warna peony lainnya yang bisa Kamu temui adalah peony kuning. Jenis peony ini mengisyaratkan awal yang baru dalam tahapan kehidupan. Buket peony kuning menjadi pilihan tepat untuk diberikan kepada seseorang yang memulai tahapan baru didalam kehidupannya. Seperti, ucapan selamat untuk menemukan pekerjaan baru, sambutan rekan kerja baru, ataupun sebagai bentuk ucapan selamat karena mendapatkan anggota baru didalam keluarganya. 

4. Peony Pink 

Peony Pink
Peony Pink

Peony jenis ini seringkali ditemukan dalam upacara pernikahan. Banyak pengantin yang memilih buket bunga peony sebagai hand bucket yang dibawa pada pernikahan. Selain itu, Kamu juga bisa menemui hiasan bunga ini pada dekorasi perayaan pernikahan. Pemilihan bunga indah ini sebagai bunga pernikahan tidak dilakukan secara sembarangan, karena terdapat makna penting pada bunga tersebut. Bunga ini dilambangkan sebagai simbol pernikahan dan keburuntungan dalam pernikahan. Jenis bunga ini yang sering digunakan dalam pernikahan adalah bunga peony pink.  Buat kalian yang sedang mencari bunga pernikahan, bisa mengunjungi buket bunga pengantin ya. 

Jenis Bunga Peony di Indonesia 

Jenis Bunga Peony
Jenis Bunga Peony

Bunga peony adalah bunga asli yang berasal dari daerah Amerika Utara bagian barat, Eropa Selatan dan juga dari Tiongkok. Walupun bukan berasal dari Indonesia, Kamu tetap bisa menikmati keindahan bunga tersebut. Banyak florist dan toko bunga di Indonesia yang menyediakan pilihan bunga indah ini. Beberapa jenis bunga peony yang bisa Kamu temui adalah:

1. Peonia Broteri 

Jenis bunga peony ini berasal dari daerah semenanjung Liberia, terkhusus pada daerah Spanyol bagian selatan dan tengah, Peonia Broteri juga ditemukan di daerah Portugal. Tumbuhan peony jenis ini bisa tumbuh sampai 70 sentimeter, dengan diameter bunga mencapai 10 sentimeter. Bunga berjenis broteri bewarna merah jambu.

2. Paeonia Cambessesii

Jenis buang peony kedua yang bisa Kamu temui adalah La Paeonia Cambessesii yang berasal dari daerah Kepulauan Balaeric atau spanyol. Tumbuhan tahunan ini hidup di pulau Cabrera, Mallorca dan Menorca. Tumbuhan peony ini hidup di daerah dataran tinggi. Paeonia Cambessesii memiliki bunga dengan diameter antara 10 sampai 13 sentimeter. Tanaman ini tumbuh dengan ketinggian mencapai 50 sampai 70 sentimeter. 

3. Paenia Coriacea

Paenia Coriacea termasuk kedalam jenis tumbuhan tahunan yang bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 45 sentimeter, dengan diameter bunganya mencapai 15 sentimeter. Paenia Coriacea berasal dari daerah pegunungan di bagian Selatan Semenanjung Liberia, selain itu juga bisa ditemui pada daerah Afrika. 

4. Paeonia Lactiflora 

Paeonia Lactiflora merupakan tanaman tahunan yang berasal dari daratan Asia Tengah dan Timur. Jenis tanaman peony ini hidup pada derah Tibet Timur dan juga Cina Utara. Tumbuhan ini bisa hidup dengan ketinggian yang mencapai 60 sampai 100 sentimeter. Sedangkan bunganya memiliki diameter antara 60 sampai 100 sentimeter. Paeonia Lactiflora  Memiliki bunga yang bewarna merah muda, putih ataupun merah tua. 

5. Peonia Sarah Bernhardt

Peonia Sarah Bernhardt adalah jenis tanaman peony yang tumbuh dengan ketinggian mencapai 90 senitmeter dengan diameter bunganya hingga 20 sentimeter. Peony jenis ini menghasilkan bunga yang bewarna merah muda. 

Share:

Leave a Reply