Inspirasi Bunga Ruangan Tamu yang Segarkan Mata

Bunga Lili
Bunga Lili

Bisakah menyegarkan mata dengan bunga ruangan tamu di rumah? Jawabannya tentu saja bisa. Pasalnya dewasa ini banyak bermunculan tanaman hias yang berbunga. Pemilik rumah dapat mengombinasikan beberapa jenis bunga di sudut ruang. Tidak hanya indah dipandang namun tampilannya membuat mata menjadi lebih segar. 

Pernahkah Anda menerima tamu di rumah dan merasa bosan? Hal ini bisa terjadi lantaran ruangan yang sesak. Dekorasi ruang tamu yang monoton juga meningkatkan rasa ketidaknyamanan para tamu. Sayangnya jika ini terjadi berlarut-larut tentu tamu merasa gerah. Bagaimana mengatasi permasalahan yang melanda pemilik rumah ini? 

Alternatif solusinya dengan memanfaatkan bunga ruangan tamu. Sesuai namanya tanaman berbunga perlu diletakkan di dalamnya. Penempatan tanaman yang tepat memberikan kesan sejuk bagi tamu. Lantas jenis apa yang cocok disandingkan di salah satu bagian rumah tersebut? 

1. Bunga Lili 

Mencari jenis bunga yang cocok untuk memperindah ruangan di rumah? Tidak ada salahnya memilih Lili. Tanaman berbunga yang satu ini mempunyai bentukan unik. Umumnya Lili dikenal sebagai tanaman indoor. Artinya termasuk golongan bunga-bungaan yang dapat diletakkan di sebuah ruangan. Termasuk satu diantaranya ruang tamu. 

Menariknya bunga yang juga disebut Calla Lili tersebut mempunyai keunggulan. Seperti efektif menyaring VOCS dan formalin. Keduanya dapat ditemukan pada cat dinding dan pembersih ruangan. Bunga ruangan tamu Lili pun mudah tumbuh di area yang kurang cahaya sekalipun. Sebaiknya letakkan di area tepi jendela.

Meski pada dasarnya tumbuh dengan baik meski kekurangan cahaya namun penempatan yang pas perlu dilakukan. Tujuannya agar bunga tetap dapat melakukan fotosintesis. Lili dapat berbunga beberapa kali dalam kurun waktu satu bulan. Sementara penyiramannya dapat dilakukan sekali sehari. Tambahkan pot berdiameter 30 cm agar cantik.

 

2. Bunga Kaktus 

Kaktus
Kaktus

Satu lagi tanaman berbunga yang efektif menjadikan ruangan tamu segar yaitu kaktus. Nama tanaman tersebut memang sejak lama dikenal unik. Salah satu buktinya adalah banyaknya pameran bertajuk kaktus. Apalagi jenisnya bermacam-macam mulai dari minimalis sampai yang berukuran besar. Bahkan terdapat kaktus indoor yang disertai bunga. 

Bukan rahasia umum jika memiliki kemampuan bertahan hidup di iklim tropis. Tanaman hias ini diketahui tumbuh subur meski tanpa air dalam periode waktu lama. Selain itu iklim sedang juga cocok menjadi habitatnya. Bunga ruangan tamu kaktus akan terlihat menawan jika dipadukan dengan pot berukuran minimalis. 

Apabila Anda memilih kaktus untuk menyegarkan area tamu sebaiknya letakkan pot di atas meja. Sesuaikan ukurannya dengan ruangan agar terlihat serasi. Misalnya pohonnya yang memiliki ketinggian 8 cm. Tanaman penghias ruangan tersebut dapat dibeli dengan harga terjangkau. Biasanya pembelian satu kilogramnya mendapatkan sekitar 20 pohon.

 

3. Bunga Daisy 

Selanjutnya masih ada bunga ruangan tamu bernama Daisy. Mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang. Namun sebenarnya tanaman ini menjadi pilihan beberapa kalangan. Selain julukan tersebut Daisy juga diketahui mempunyai istilah Gerbera. Salah satu keuntungan memilihnya adalah ciri khas warnanya yang cenderung cerah. 

Gerbera sendiri mempunyai sekitar 2000 kultivar. Pengelompokan jenis tanaman ini disertai bentuk yang beragam. Perpaduan jenis Daisy menghasilkan rangkaian bunga hias yang menawan. Ragam warnanya mulai dari cerah, putih, merah, ungu dan pink. Keunggulannya masih sering dikaitkan dengan dunia kesehatan. Termasuk kesehatan udara di ruangan. 

Sama seperti jenis bunga hias sebelumnya rupanya Daisy dipercaya efektif menyaring udara di dalam sebuah ruang. Alhasil udara menjadi lebih bersih dan menyehatkan orang-orang yang ada di dalamnya. Lebih-lebih Gerbera mampu menyingkirkan microgram polutan yang mengganggu udara segar ruangan. Anda dapat membelinya dengan harga terjangkau. 

 

4. Bunga Seruni

Bunga Seruni
Bunga Seruni

Terakhir yaitu bunga ruangan tamu Seruni. Nama lain dari tanaman hias ini adalah Krisan. Tanamannya dikenal dengan bentukan yang indah. Bahkan kebanyakan orang memilihnya lantaran bau harum yang dihasilkan. Kelopak pada bunga tersebut terlihat indah jika dilihat dari semua sisi. Inilah daya tarik dari Seruni. 

Krisan juga hadir dengan beraneka warna cerah dan kuat seperti kuning dan merah muda. Satu di antara keunggulannya adalah mampu menetralkan udara ruangan. Terutama dari unsur polusi yang merugikan tubuh manusia. Daya tarik Krisan juga dapat Anda lihat pada penjualannya. Meski populer namun harganya masih terjangkau.

Jika dilihat perkembangannya Krisan menghasilkan kuncup bunga selama masa periode bulan tertentu. Umumnya pengiriman bunga pada awalnya bisa mencapai 40 cm. Ukuran tersebut akan bertambah subur setelah Anda menanam dan merawatnya. Demi mendapatkan bunga yang lebat disarankan untuk menyiram pupuk jenis NPK setiap sebulan sekali. 

Pada intinya banyak tanaman hias berbunga yang menyegarkan mata. Alih-alih menggunakan perabotan di ruang tamu tidak ada salahnya memilih inspirasi bunga. Seain bermanfaat menyegarkan udara dan mata tanaman tersebut juga memberikan kesan teduh. Ditambah lagi bau harum yang keluar dari bunga ruangan tamu membangkitkan semangat. 

Leave a Reply