Mengenal Bunga Sakura Yang Cantik

Bunga Sakura Jepang
Bunga Sakura Jepang

Bicara tentang bunga sakura yang akan terlintas di benak adalah negara Jepang dengan sakura yang bermekaran dan suhu yang dingin. Seolah Jepang dan sakura memang tidak bisa dipisahkan. Bunga sakura memanglah bunga nasional negara Jepang. Bunga ini dapat dinikmati saat berkunjung ke Jepang pada bulan Maret hingga bulan Juni. 

Filosofi Bunga Sakura

Filosofi Bunga Sakura
Filosofi Bunga Sakura

Pada pohon bunga sakura tidak hanya akan menghasilkan bunga sakura yang Indah, tetapi juga buah ceri. Namun, buah ceri yang dihasilkan dari pohon bunga ini bukanlah ceri yang biasa dikonsumsi banyak orang. Buah ceri yang dihasilkan rasanya tidak segar dan berukuran lebih kecil daripada ceri untuk dikonsumsi dalam kaleng. 

Di Jepang terdapat pengamat bunga sakura yang membuat peta pergerakan mekarnya bunga indah satu ini. Peta ini dibuat dari barat ke arah timur dilanjutkan ke arah utara. Peta ini fungsinya adalah untuk mengetahui lokasi bunga tersebut yang sedang mekar pada waktu tertentu. Peta pergerakan mekarnya bunga sakura ini disebut sakura zensen.

Sama dengan masyarakat Indonesia, masyarakat Jepang juga memiliki filosofi tersendiri terkait bunga sakura. Menurut filosofi yang diajarkan dalam kepercayaan Buddha, bunga tersebut hanya bisa bertahan sekitar dua minggu merupakan hal yang menggambarkna kehidupan. Kehidupan yang hanya sementara di dunia ini membuat manusaia harus berlomba untuk melihat dirinya dalam versi yang terbaik sebelum akhirnya gugur. 

Baca Juga : Manfaat Bunga Telang yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-jenis bunga sakura

Jenis Bunga Sakura
Jenis Bunga Sakura
  • Edohigan 

Jenis bunga sakura yang satu ini akan mekar pada bulan April. Untuk bertemu dengan bunga berjenis edohigan yang perlu dilakukan adalah pergi ke bagian barat Jepang. Waktu bunga ini mekar akan bersamaan dengan spring equinox.

  • Kawazusakura

Bunga sakura yang satu ini adalah bunga yang berasal dari kota Kawazu, sehingga namanya menjadi Kawazu sakura. Bunga ini mekar pada bulan Febuari. Durasi mekar bunga jenis ini bisa mencapai sebulan, yang membuat bunga ini berbeda dengan jenis lainnya. 

  • Kikuzakura

Nama kikuzakura diambil karena bunga sakura ini mirip dengan bunga krisan. Untuk menemui bunga ini yang harus dilakukan adalah mengunjungi Tokyo pada bulan Mei. Pada bulan tersebut atau pada musim semi bunga ini bermekaran. 

  • Hikanzakura 

Bunga sakura jenis hikanzakura adalah jenis yang mekar paling pertama yakni pada bulan Januari. Bunga ini adalah bunga khas Okinawa. Bunga jenis ini dikenal dengan nama Ceri Taiwan sebab bunga ini juga tumbuh dan mekar di Taiwan, Viernam, dan China.

  • Ichiyou 

Arti dari sakura ichiyou adalah bunga sakura sehelai daun. Bunga jenis ini memiliki putik di tengah kelopak yang muncul seperti sehelai daun. Bunga ini tumbuh dan populer di Asakusa. Bulan april adalah bulan yang tepat untuk bertemu bunga ini. Selain bertemu bunga jenis ini, biasanya masyarakat sekitar akan mengadakan festival sebagai dedikasi terhadap bunga ichiyou. 

  • Shidarezakura 

Jenis bunga sakura ini adalah yang paling unik. Bunga ini tumbuh dengan ranting-ranting pohon yang merunduk. Hal tersebut adalah yang membuat bunga jenis shidarezakura berbeda dengan jenis lain. Selain itu, dari bentuk pohon yang sseperti itu membuat sakura jenis ini memiliki nama dalam bahasa Inggiris yaitu weeping cherry atau ceri yang menangis. Bunga dengan jenis ini membuat pohonnya menjadi simbol prefektur Kyoto. 

Warna dan bentuk bunga sakura 

Selain enam jenis bunga sakura di atas, bunga ini masih memiliki banyak jenis lainnya. Jenis-jenis ini dibedakan berdasarkan warna, bentuk, dan tempat tumbuhnya bunga itu sendiri. Sakura terkenal dengan warna pink muda yang cerah dan sangat cocok disandingkan dengan warna langit yang cerah. Namun, sakura tidak hanya memiliki bunga dengan warna lain yang tidak kalah menawan. 

Bunga sakura dengan warna merah muda yang soft dimiliki oleh beberapa jenis sakura seperti Youkihi yang memiliki kelopak sebanyak kurang lebih 20 kelopak. Jenis ini termasuk yang memiliki banyak kelopak. Youkihi dapat ditemukan di Kyoto, Osaka, dan juga Fukui. Selain Youkihi, bunga dengan warna serupa juga dapat dilihat pada jenis Benitemari. Sama seperti Youkihi, Benitemari juga memliki kelopak yang lebat hingga membulat. Bunga ini dapat ditemui di Osaka. Dan bunga dengan bentuk serta warna yang sama juga dimiliki oleh jenis Kikuzakura. 

Bunga sakura juga memiliki warna yang merah muda yang pekat. Bunga-bunga tersebut adalah Kanhizakura, Kanzan, dan Imose. Bunga-bunga ini memiliki warna merah muda yang semakin pekat pada kelopak bagian tengah. Bunga Imose dapat ditemukan di Kyoto dan juga Osaka. Sementara jenis Kanzan, bunga lebih besar dengan kelopak lebih banyak daripada Imose dan Kanhizakura. Jenis Kanhizakura adalah yang paling kecil dan kelopak paling sedikit diantar ketiganya. 

Bunga sakura elegan dapat diwakili dengan bunga yang berwarna putih. Bunga ini berwarna putih dapat dilihat pada jenis Surugadai-odora dan juga Senriko. Jenis Surugadai memiliki kelopak yang jumlahnya sedikit, hanya 56 kelopak pada sekuntum bunga. Bunga ini kurang lebih bentuknya mirip dengan bunga melati namun aromanya mirip dengan eceng gondok. Jenis ini dapat ditemui di Taman Nasioanl Shinjuku Gyeon. Sedangkan jenis Senriko memiliki jumlah kelopak yang lebih banyak dan lebih keriput. Bunga Senriko memiliki aroma yang sangat wangi. Untuk menemuinya sebaiknya kunjungi Tanggul Sungai Arakawa. 

Selain warna-warna yang senada dengan merah mudaseperti yang telah dijelaskan diatas, bunga sakura juga memiliki warna hijau dan kuning. Bunga jenis gyoiko memiliki warna hijau sehingga banyak orang mengira itu adalah daunnya. Warna hijau ini kelamaan akan berubah menjadi warna kuning lalu semakin lama berubah menjadi merah muda. Untuk melihat bunga Gyoiko sebaiknya kunjungi Kebun Raya Kanagawa pada bulan April. Jenis lain yang miliki warna Kuning adalah Ukon. Bunganya yang lebat memiliki kelopak hingga 20 helai. Ukon adalah jenis sakura langka yang lambat laun warnanya akan berubah menjadi merah muda. Ukon dapat ditemui di Kebun Raya Koishikawa. 

Bunga sakura di Indonesia

Apakah keindahan bunga sakura bisa dinikmati tanpa harus pergi ke Jepang? Jawabannya, bisa! Menikmati bunga yang paling dekat dengan Jakarta adalah di Kebun Raya Cibodas, Cipanas. Taman Sakura dapat dinikmati dengan udara yang sejuk ala Cipanas. Untuk yang lebih jauh lagi, menikmati suasana mekarnya buga skura seperti di Jepang, terdapat The Lost World Castle di Yogyakarta. Di Surabaya pun, ternyata sudah lama viral bahwa sepanjang Jalan Protokol Surabaya bemekaran, sensasinya seperti berjalan-jalan di Kyoto. Di sebrang pulau, terdapat bunga sakura yang dinikmati sebagai tempat wisata di Kebun Raya Eka, Bali. Semakin menuju timur, taman sakura dapat dinikmati di Waingpu, Sumba, NTT. 

Pemandangan bunga sakura 

Pemandangan Bunga Indah dari Jepang
Pemandangan Bunga Indah dari Jepang

Pemandangan sakura paling populer di Jepang, dapat dinikmati di beberapa tempat sembari berwisata. Kastil Hirosaki, akan memberi kesan Jepang banget saat berjalan-jalan di sana. Musim semi sembari menikmati naik kapal kecil untuk menikmati sakura dapat dilakukan di Sungai Meguro. Menikmati pemandangan sakura sambil berpiknik juga direkomendasikan untuk dilakukan di Jepang, tempat yang tepat untuk melakukannya adalah di Taman Okazaki.

Beli Bunga Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia 

Add a Comment