Bunga Snowdrop
Bunga Snowdrop

Bunga snowdrop merupakan bunga kecil yang berasal dari Inggris. Namun, terdapat juga sumber sejarah yang mengatakan bahwa bunga ini dibawa dari Eropa Timur oleh orang Romawi ke Inggris. Carl Linnaeus menanamnya di Inggris yang hingga kini bunga tersebut sangat terkenal dan mampu tumbuh liar.  Tanaman ini termasuk monokotil yang tumbuh dari umbi. Hanya memiliki satu bunga pada satu tanaman. Daun pada bunga ini berbentuk memanjang tunggal. Pada bunganya terdapat dua lapis kelopak berwarna putih. Kelopak pada bagian luar tejuntai memanjang berjumalah 3 lembar. Sedangkan kelopak bagian dalamnya membentuk lonceng dengan sedikit warna hijau. Bunga ini hanya tumbuh paling panjang 16cm. Batangnya merunduk membuat bunganya mengahadap tanah.  

Kapan bunga snowdrop tumbuh?

Namanya bunga snowdrop, tetapi bukan berarti bunga ini bersahabat dengan musim dingin atau salju. Bunga ini tumbuh seusai musim dingin atau diawal musim semi.  Bunga ini diperkirakan tumbuh dan mekar pada awal febuari hingga maret.  Waktu tersebut benar-benar menunjukan awal dari musim semi. 

Makna bunga snowdrop 

Makna Bunga Snowdrop
Makna Bunga Snowdrop

Nama lain bunga snowdrop adalah Galanthus. Nama tersebut diambil dari Bahasa Yunani. Dari nama tersebut arti bunga snowdrop adalah gála yaitu susu dan ánthos yaitu bunga. Jika disatukan menunjukan arti tetesan salju.

  • Pada masa kejayaan Victoria, makna bunga snowdrop adalah keberuntungan. Seseorang yang memetik bunga snowdrop dan dibawa ke rumah maka keberuntungan akan masuk juga ke rumah tersebut. 
  • Kegigihan adalah lambang bunga snowdrop. Snowdrop bertahan hidup saat musim dingin dan mekar saat musim semi mulai. Hal tersebut membuat bunga ini dimaknai dengan kegigihan untuk bertahan hidup. Bunga ini dapat dijadikan sebuah motivasi untuk bertahan hidup  pada setiap keadaan yang melelahkan. 
  • Makna bunga snowdrop yang lainnya adalah simbol harapan. Snowdrop yang tumbuh di awal musim semi menandakan sebuah harapan baru telah di mulai. Setelah berjuang untuk tetap bertahan, pada akhirnya hari yang membahagiakan tersebut akan datang. 
  • Bunga snowdrop juga melambangkan kemurnian. Warnanya yang putih dan bentuknya yang merunduk, membuat bunga ini terlihat seperti sesuatu yang murni. 

Simbol kemurnian ini juga ditujukan dari sebuah hari raya keagamaan Candles. Pada tanggal 2 Februari bersamaan dengan mekarnya bunga ini, terdapat hari permurnian perawan.  Hari raya ini banyak diperingati di Prancis, Italia, dan Jerman.

Bunga ini banyak ditemukan di kuburan. Hal ini  membuat bunga snowdrop melambangkan rasa simpati. Simpati terhadap keluarga dari orang-orang yang sudah meningal. 

Dari hal yang sama juga, ini memiliki makna hiburan. Di mana bunga ini bermakna hiburan bagi orang-orang yang telah ditinggalkan. 

Bunga snowdrop juga dijadikan simbol dari sebuah kampanye. Pada 13 Maret 1996 terjadi penembakan masal di kota Dunblane, Skonlandia. Tentunya banyak korban berjatuhan di sana. Sejak saat itu, terdapat kampanye snowdrop yang diambil dari bunga yang pertama tumbuh saat musim semi di mana tragedy tersebut terjadi.

Kampanye snowdrop ini beragendakan larangan untuk memiliki pistol pribadi di Inggirs. Petisi pada kampanye ini disetujui oleh 750.000 orang hingga sukses terjadi amandemen dan kepemilikian pistol pribadi diserahkan sebanyak 160.000.

Baca Juga : Bunga Yang Melambangkan Kesedihan

Manfaat Bunga Snowdrop 

Manfaat Bunga Snowdrop
Manfaat Bunga Snowdrop

Berawal dari sebuah puisi yang dibukukan ditulis oleh penyair tuna netra dari Yunani yaitu Homer. Ia menyiratkan bahwa bunga seputih susu yang saat ini adalah snowdrop mampu memjernihkan pikiran dari pengaruh sihir. 

Selain dari puisi yang berasal dari zaman Yunani kuno tersebut, pada tahun 50-an juga warga desa Bulgaria sudah mulai menggosokan Galanthus pada dahi mereka. seorang ahli farmakologi mulai menelitinya. Tanaman Galanthus ternyata dapat meningkatkan asetikolin pada otak. Yang mana hal tersebut berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak. 

Pada tahun 1958, di Bulgaria sudah menjadikan Galanthus sebagai obat. Obat ini kemudian disahkan sebagai obat Alzheimer dan demensia ringan oleh Food and Drug Administration pada tahun 2001. 

Di beberapa negara, tanaman ini juga telah digunakan sebagai obat untuk saraf otak. Tanaman ini mampu mengobati cedera traumatis yang terjadi di saraf otak. 

Selain itu, tanaman Galanthus juga digunakan sebagai emenagog. Emenagog adalah obat untuk mengalirkan darah menuju rahim sehingga merangsang mestruasi. Obat ini biasanya dijadikan obat untuk aborsi pada tahap awal kehamilan. 

Terdapat salah satu manfaat yang masih diteliti dari tanaman ini. Yang mana akan dijadikan sebagai obat yang dapat melawan potensi dari HIV. 

Bunga snowdrop dapat menarik lebah madu. Lebah madu sangat menyukai bunga ini sebagai makanannya. Lebah madu akan membawanya pulang ke sarang sebagai makanan untuk anak-anak lebah madu.

Kekurangan Bunga Snowdrop

Semua hal yang diciptakan tidak selalu sepenuhnya bermanfaat, ada juga sisi berbahayanya. Pertanyaannya, apakah snowdrop beracun? Ya, bunga ini memiliki racun. Pada bagian umbi, daun, dan yang paling parah batang terdapat senyawa alkaloid. Di mana senyawa tersebut berbahaya bagi hewan peliharaan di rumah. Jika hewan peliharaan memakannya maka akan timbul efek muntah, ngiler, diare, kejang, hingga penurunan detak jantung.

Perbedaan snowdrop dan snowflake 

Bunga snowdrop dan snowflake adalah dua bunga yang sangat berbeda. Kemiripannya hanya ada di warna dan di nama. Bunga snowdrod ditanam di tanah humus yang baik. Sementara bunga snowflake tumbuh di air, akarnya terendam air.

Bunga snowflake di Indonesia dikenal sebagai bunga tetepok atau telepok. Sementara bunga snowdrop terkenal dengan nama Galanthus. Bunga tetepok ini memiliki daun berbentuk hati yang mengambang di air. Berbeda dengan Galanthus yang daunnya memanjang menghadap tanah. 

Bunga snowdrop yang memiliki kelopak dalam berbentuk lonceng dan tiga helai kelopak luar dengan warna putih. Lain dengan bunga snowflake yang memiliki kelopak terbuka menghadap atas yang berjumlah 5. 

Bunga Galanthus diberi nama snowdrop karena warnanya yang putih seperti tetesan salju. Sedangan bunga tetepok diberi nama snowflake karena bentuknya seperti serpihan salju. 

Kedua bunga ini jelas adalah hal yang jauh sekali berbeda. Bahkan tidak ada hubungan keluarga, suku, maupun ordo pada kedua bunga ini. 

Di manakah bunga snowdrop tumbuh?

Snowdrop Tumbuh dan Berkembang
Snowdrop Tumbuh dan Berkembang

Bunga snowdrop telah banyak menyebar hingga menghiasi seluruh Eropa. Bunga ini tumbuh di Inggris, Prancis, Turki, Ukraina, Bulgaria, Yunani, Polandia, Jerman, dan tentunya masih banyak lagi negara di Eropa yang banyak tersebar bunga ini. 

Bunga biasanya tumbuh dengan baik di hutan. Di tanah yang subur dengan pH asam ataupun basa bunga ini akan tetap tumbuh. Namun, tak jarang bunga ini ditemukan tumbuh di pegunungan dan juga padang rumput. 

Bunga ini memiliki beberapa spesies. Sebagian dari mereka telah mencapai status terancam punah. CITES membuat konservasi terkait beberapa spesies yang akan punah ini. G. trojanus dan G. Panjutinii  dinyatakan terancam punah. Umbinya illegal untuk diperjualbelikan. Penyebab terjadinya kelangkaan bunga ini adalah akibat adanya perubahan iklim, kerusakan habitat, dan pengambilan illegal.

 

Share:

Leave a Reply