Mengenal Jenis Bunga Sri Rezeki Si Pembawa Hoki

Sri Rejeki
Sri Rejeki

Bunga Sri Rezeki merupakan salah satu tanaman yang digandrungi masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya karena perawatannya yang terbilang mudah. Selain itu mempunyai daun dengan corak sangat indah. Beberapa orang menyebutnya membawa keberuntungan. Terutama bagi mereka yang memeliharanya di banyak tempat seperti pekarangan rumah.

Memang hal tersebut terdengar aneh. Namun memang faktanya sudah ada banyak orang yang memeliharanya dengan telaten mampu menghasilkan pendapatan berlimpah. Artinya dalam hal ini perawatan yang tepat juga ikut berperan. Bahkan harga jual yang tinggi ditentukan dari dua faktor lainnya seperti corak dan lebar daun. 

Percaya atau tidak sebenarnya jika melihat perawatannya wajar keuntungannya besar. Agar rumah Anda cantik dan asri tidak ada salahnya mengenal bunga Sri Rezeki. Terdapat beberapa macam tanaman berbunga yang konon membawa hoki tersebut. Keempat jenisnya seperti yang dijelaskan secara singkat di bawah ini. 

1. Sri Rezeki Bidadari 

Salah satu macam tanaman hias yang dipercaya membawa keberuntungan yaitu jenis Bidadari. Saat pertama kali mendengar nama tersebut barangkali bukan tanaman yang terlintas di benak Anda. Pasalnya istilah bidadari lebih dikenal sebagai wujud penjelmaan seorang putri yang cantik. Sebutan tersebut juga digunakan untuk mengungkapkan kekaguman. 

Alasan mengapa tanaman ini dijuluki bunga Sri Rezeki Bidadari lantaran daun-daunnya yang tampak sempurna. Layaknya seorang bidadari yang cantik nan jelita. Keindahan daun semakin lengkap dengan kombinasi warna merah muda dan hijau. Namun saat Anda melihat bagian batangnya justru tampak berbeda warna.

Batangnya malah justru memiliki warna merah. Beralih pada area daunnya yang mempunyai ciri khas runcing. Sementara tulang daun tanaman yang indah tampak muncul garis tegas. Menariknya jenis Bidadari berbeda dengan yang lainya. Pasalnya daun yang tumbuh terkesan tidak beraturan. Terkadang saking banyaknya daun terlihat rimbun. 

2. Sri Rezeki Lipstik 

Satu lagi macam bunga Sri Rezeki yang populer membawa hoki dijuluki lipstik. Jika mendengar sebutan tersebut kebanyakan orang akan mengingat bentuk lipstik. Namun julukan lipstik bukan karena bentuk salah satu kosmetik wanita tersebut. Namanya justru diambil dari karakter daunnya yang konon mirip dengan warna kosmetik. 

Nama tanaman yang terlihat unik ternyata juga didukung dengan ciri khas cantik. Meski namanya bunga namun tanaman tersebut tidak mempunyai kelopak. Bahkan wujud dari bunga lebih didominasi dengan daun yang muncul di sela-sela batang. Inilah yang menjadikannya terlihat unik dan daya tarik tinggi. 

Daun tanaman Sri Rezeki ini mempunyai karakteristik memanjang. Bagian ujungnya tampak runcing. Beberapa helai daunnya yang terlihat runcing tajam. Sementara tekstur daun akan terasa bergelombang. Di pinggiran daun terdapat garis yang mengelilinginya. Jika dicermati garis yang menghiasi daun dan batang mempunyai warna mirip lipstik. 

3. Sri Rezeki Lady Valentine

Bunga Sri Rezeki selanjutnya yang digadang-gadang membawa keberuntungan bagi pemeliharaannya yaitu Lady Valentine. Istilah tanaman yang satu ini tidak kalah unik dengan jenis lainnya. Jika diamati julukannya mengarah pada perayaan kasih sayang. Valentine sendiri memiliki artian cinta kasih. Hal tersebut memang terkesan kurang nyambung.

Ya, apabila dilihat namanya justru Anda tidak akan melihat sinkronisasi. Namun makna dari valentine tertuang pada bagian bentuk daunnya yang justru bergelombang. Sementara istilah lady diartikan sebagai wanita muda. Apakah hubungannya dengan tanaman hias tersebut? Makna lady mengarah pada warna daunnya yang terlihat lebih muda. 

Apabila dibandingkan dengan jenis dud anjamani warna daun Lady Valentine justru terlihat cerah. Anda bisa memperhatikan bagian tulang daunnya. Tampak jelas semburat warna hijau yang menonjol keluar. Ciri khas daunnya berbentuk lebih memanjang. Sekilas bentuknya daun tanaman tersebut mirip lidah namun sedikit lebar dan bergelombang. 

4. Sri Rezeki Pride of Sumatera

Sri Rezeki Pride of Sumatra
Sri Rezeki Pride of Sumatra

Jenis bunga Sri Rezeki pembawa hoki terakhir yaitu Pride of Sumatera. Saat awal mendengar nama tanaman tersebut umumnya kebanyakan orang terlintas sebuah pulau. Ya, dari namanya memang sudah jelas bawah tanaman bunga hias tersebut menyebutkan nama pulau di Indonesia. Tahukah Anda bahwa asal muasalnya?

Penamaan jenis tanaman tersebut diberikan berdasarkan daerah asalnya. Ya, Sumatera merupakan pulau tempat Sri Rezeki jenis tersebut berasal. Sebagai bunga hias tentu tanaman ini juga dibekali dengan keunikan. Pride of Sumatera ternyata mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jenis tanaman hias lainnya. 

Umumnya tanaman hias dengan jenis yang sama mempunyai warna yang cenderung merah. Bahkan beberapa diantaranya terkenal dengan dominasi warna hijau. Namun lain halnya dengan Pride of Sumatera justru tampak merah tua dan pink. Terdapat dua perbedaan mencolok yaitu pada daun dan tulangnya. 

Pada intinya setiap tanaman hias mempunyai keistimewaan masing-masing. Termasuk satu diantaranya yaitu Sri Rezeki. Namanya dianggap membawa keberuntungan bagi siapa saja yang telaten membudidayakannya. Kini bermunculan varietas baru dari bunga tersebut. Namun jangan khawatir karena bunga Sri Rezeki dijual dengan harga terjangkau bagi semua orang. 

Leave a Reply