Bunga Teratai
Bunga Teratai

Si cantik dari Mesir tenyata bukan hanya Cleopatra. Ada juga bunga cantik dengan berbagai warna yang sudah tumbuh di Mesir sejak zaman Mesir kuno, yaitu bunga teratai. Bunga teratai merupakan bunga cantik yang hidup di air. Sama seperti bunga mawar, bunga teratai dapat menarik hati banyak orang sebab memiliki banyak warna cantik. Bunga ini cocok taman rumah dengan gaya yang sedikit berbeda dari biasanya. Jika dirasa bosan dengan tanaman-tanaman yang memenuhi taman atau pot gantung, bunga teratai dapat menjadi pilihan untuk variasi tanaman yang kita pelihara.

Warna dan arti bunga teratai

  • Teratai Putih memiliki artian atau makna yang cukup baik dan banyak melambangkan hal-hal yang biasa dimiliki perempuan. Artinya yaitu pengetahuan yang baik, keberkahan yang melimpah, kecantikan paras, dan juga pikiran yang suci.
  • Teratai Pink memiliki arti pencerahan. Pencerahan yang dimaksud adalah terbukanya jalan bagi yang sedang berada di jalan buntu dalam kehidupan ini.
  • Teratai Merah sering diartikan sebagai ketulusan perasaan cinta seseorang. Perasaan cinta yang dilambangkan oleh teratai merah terkait dengan adanya kemurahan dan juga simpati yang dimiliki seseorang.
  • Teratai Biru melambangkan kesibukan seseorang. Kesibukan ini maksudnya adalah sibuk dalam bebenah diri dalam menjadi manusia yang bijak.

Kapan waktu terbaik bunga teratai tumbuh?

Bunga Teratai
Bunga Teratai

Bunga teratai tumbuh subur pada bulan Mei hingga bulan Agustus. Namun teratai memiliki waktu terbaik untuk tumbuh. Hal ini disebabkan oleh keadaan suhu yang cocok sekali untuk membuat bunga teratai tumbuh. Bulan terbaik untuk bunga teratai tumbuh adalah bulan Juli. Hal ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh di Indonesia. Untuk mendapatkan bunga teratai yang indah, suhu di Indonesia dapat membuat hal tersebut terwujud sepanjang tahun.

Bunga teratai bagi agama Hindu dan Buddha

Bunga Teratai
Bunga Teratai

Bunga teratai memiliki banyak sekali filosofi yang dapat menjadi pedoman atau sedikit petunjuk untuk menjalani hidup. Bagi ajaran Buddha, bunga teratai mengajarkan manusia untuk tetap tumbuh sebagai orang yang baik. Bunga teratai memiliki akar dan batang yang tumbuh di dalam lumpur namun bunganya tetap tumbuh dengan indah di atas air tanpa terkotori oleh lumpur pada pangkal tanaman ini.

Hal ini sama seperti seharusnya manusia tumbuh. Manusia tidak perlu terpangaruh oleh hal-hal kurang baik di mana Ia berasal. Hal-hal kotor atau tidak baik tersebutlah yang seharusnya menjadi penguat keinginan untuk menumbuhkan keindahan dan kemampuan terbaik dalam diri. Filosofi tersebut telah dikatakan Buddha dalam Tipitaka. Ia mengibaratkan dirinya sebagai bunga teratai ketika ditanya apakah dirinya adalah manusia biasa atau bagian dari dewa. Analogi bunga teratai yang menjelaskan diri Buddha adalah Ia lahir, besar, dan dapat menaklukan dunia namun Ia menjadi seorang Buddha atau oranh yang tercerahkan. Sifat Buddha yang dijelaskan di sini sangatlah bertentangan dengan sifat-sifat keduniawian pada masa itu. Yang mana pada masa itu, dunia adalah hal yang kejam dan kotor. Buddha dapat terbebas dari hal tersebut.

Bukan hanya Buddha, bagi ajaran Hindu, bung teratai juga merupakan salah satu tanaman yang disakralkan. Orang-orang Hindu percaya bahwa bunga teratai berasal dari pusar Dewa Wisnu. Saat bunga tersebut muncul dari pusar Dewa Wisnu, di tengah bunga terdapat Dewa Brahma. Setelah itu, Dewa Brahma mulai menciptakan banyak manusia.

Selain itu, bunga teratai juga dijadikan alas duduk bagi beberapa dewa. Filosofi bagus juga disamlaikan ajaran Hindu pada penganutnya mengenai bunga teratai. Bunga teratai tumbuh di lingkungan yang kotor tetapi bunganya tegak dengan indah di udara. Hal ini menganalogikan bahwa manusia tidak perlu terpengaruh dengan lingkungan yang kurang baik. Bunga teratai dalam agama Hindu melambangkan kemurnian, kesuburan, serta kesucian.

Perawatan bunga teratai di rumah

Bunga Teratai
Bunga Teratai

Dari banyaknya sumber gambar yang kita ketahui, bunga teratai tumbuh daerah air. Namun bukan berarti bunga teratai dapat tumbuh mudah dengan liar di alam dan tidak bisa dibudidayakan di lokasi yang diatur oleh manusia. Bunga teratai tetap bisa tumbuh jima ditanam di rumah. Disarankan untuk menanamnya di kolam memang, tetapi bunga teratai juga tetap bisa tumbuh cantik di dalam pot. Untuk menaman dan merawatnya, berikut cara terbaiknya.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli tunas dengan kualitas terbaik. Kualitas terbaik dari tunas bunga teratai bisa didapatkan dari petani teratai. Selain itu beli lah tunas teratai ketika memasuki awal musim kemarau. Mengapa harus awal musim kemarau? Sebab teratai akan mulai berbunga pada pertengahan musim kemarau.
  2. Setelah mendapat tunas dengan kualitas terbaik, tunas tersebut harus diapungkan. Tunas diapungkan didalam baskom besar berisi air. Air yang digunakan juga perlu diperhatikan suhunya. Suhu air tidak boleh lebih dari 30⁰C. Selain suhu air, suhu ruang sekitar juga harus stabil. Tempat terbaik untuk menempatkan tunas teratai ini adalah di dekat tempat-tempat berair seperti di dekat kolam ikan, di dekat kolam renang, atau bisa juga di dekat jendela. Hal ini harus dilakukan untuk menjaga suhu air tersebut. Air untung pengapungan juga harus diganti secara berkala ketika sudah mulai keruh.
  3. Selanjutnya, siapkan media tanam. Media tanam untuk bunga teratai adalah tanah liat dan pasir sungai. Wadah untuk menanam bunga teratai harus berdiameter lebar. Gunakan wadah dengan diameter lebih dari 1m. Isi wadah dengan tanah liat hingga memenuhi 50%bagian wadah. Diatas tanah liat beri pasir hingga memenuhi 80% bagian wadah. Tersisa 20% wadah kosong yang mana akan diisi air hingga memenuhi 90% bagian wadah. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, pindahkan tunas pada media tanam. Tanam tunas pada pasir namun jangan membuat seluruh bagian tunas terkubur. Setelah itu berikan batu disekitar tunas dengan rapih dan hati-hati agar tunas tetap terkubur tanpa mengapung. Akar teratai akan tumbuh kurang dari satu minggu.
  4. Setelah akar tumbuh dan lebih kuat. Tanaman teratai sudah bisa dipindahkan ke dalam kolam. Pindahkan akar dengan hati-hati agar tidak rusak. Posisi kolam harus berada di tempat yang bisa terkena terkena cahaya matahari secara penuh.
  5. Perawatan bunga teratai tidaklah sulit dilakukan. Kolam harus dibersihkan secara berkala jika dirasa air sudah keruh. Pemupukkan juga diperlukan dengan jarak 3 bulan sekali. Air di dalam kolam juga harus rajin diperiksa untuk mengantisipasi berkurangnya air. Jika didapati air berkurang, segera tambahkan air dalam kolam.
  6. Kolam yang berisi bunga teratai bukan berati tidak bisa diisi ikan. Dalam kolam kita dapat membuat ekosistem. Memelihara ikan di dalam kolam yang berisi bunga teratai sangat bisa dilakukan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan memelihara ikan pemakan daun di dalam kolam yang sama dengan bunga teratai. Ikan yang cocok dipelihara bersama bunga teratai adalah ikan guppy dan ikan platy.

Share:

Leave a Reply