Bunga yanc Cocok Hari Imlek
Bunga yanc Cocok Hari Imlek

Bagi masyarakat Tionghoa hari imlek merupakan sebuah perayaan yang spesial. Tahun baru imlek dikenal sebagai malam pergantian tahun. Perayaan ini dimulai di hari pertama bulan pertama dalam penanggalan Tionghoa dan akan berakhir dengan Cap Go Meh yaitu pada tanggal 15 atau di waktu bulan purnama.  Penanggalan Tionghoa menggunakan kalender suryacandra, dan kalender ini juga digunakan untuk menentukan tanggal perayaan hari imlek. Jika disesuaikan dengan penanggalan masehi, tahun baru imlek akan jatuh diantara tanggal 21 Januari sampai tanggal 20 Februari setiap tahunnya. 

Di daerah asalnya terdapat beragam adat dan tradisi selama perayaan tahun baru imlek. Tradisi umum yang bisa Kamu temui dalam perayaan tahun baru imlek adalah jamuan makan malam dan perayaan menggunakan kembang api. 

Selain adat dan tradisi yang beragam, hal lain yang tidak bisa dilepaskan dari perayaan tahun baru imlek adalah dekorasi khas yang mengingatkan orang akan kehangatan imlek. Tahun baru imlek identik dengan ornamen lampion berwarna merah, penempatan pohon kumquat di sudut ruangan, kertas merah yang bertuliskan frasa keberuntungan, paper cut yang ditempelkan di dinding rumah dan jamuan jeruk mandarin. 

Ornamen dan hiasan rumah yang selalu ditemui di kediaman masyarakat Tionghoa selama perayaan tahun baru imlek adalah bunga bermekaran. Bunga-bunga yang ditempatkan untuk menghiasi setiap sudut ruangan dipercaya akan membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Kira-kira bunga apa yang akan membawa keberuntungan di tahun baru imlek ini ? Artikel ini akan membahas secara lebih rinci tentang bunga untuk hari imlek beserta makna didalamnya.

Bunga untuk Hari Imlek dan Maknanya

Ornamen dan hiasan lainnya menjadi hal wajib dan tidak bisa diabaikan dalam setiap perayaan. Keberadaan ornament tidak hanya memperindah setiap sudut ruangan namun diyakini juga memberikan keberuntungan bagi orang-orang di kediaman tersebut. Penempatan dan pemilihan ornamen disesuaikan dengan perayaan yang dilakukan. 

Bunga bermekaran sering ditemui di dalam perayaan tahun baru imlek. Beberapa jenis tanaman dan bunga berikut ini bisa Kamu pilih untuk melengkapi perayaan imlek yang akan Kamu selenggarakan:

1. Plum Blossom atau Bunga Mei Hwa

Bunga Mei Hwa
Bunga Mei Hwa

Bunga dengan warna terang dan berukuran kecil ini diyakini akan membawa keberuntungan, jadi tidak heran masyarakat Tionghoa memilih tanaman ini sebagai bunga untuk hari imlek. Jika diperhatikan plum blossom memiliki tampilan yang mirip dengan bunga sakura. Bunga Mei Hwa mempunyai makna kesejahteraan, kemakmuran, kebahagiaan dan keberuntungan. Plum blossom akan dirangkai ke dalam pot kecil dan ditempatkan di sudut ruangan yang dekat dengan sofa. Kamu bisa mempercantik tampilan bunga untuk hari imlek ini dengan menggantungkan ornament lampion atau angpao kecil di bunga mei hwa. 

2. Pohon Jeruk Mandarin

Selain disajikan sebagai hidangan wajib dalam perayaan tahun baru imlek, ternyata pohon jeruk mandarin juga dijadikan ornamen penting pada hari spesial itu. Pohon jeruk mandarin mempunyai makna pembawa keberuntungan. Warna jingga dari buah jeruk mandarin diyakini menyampaikan arti kehidupan yang cerah dan menjadi sumber energi positif. Kamu bisa menggantungkan angpao di ranting pohon jeruk mandarin. 

3. Lucky Bamboo

Bunga Lucky Bamboo
Bunga Lucky Bamboo Untuk Imlek

Tanaman lainnya yang laris manis karena diminati masyarakat menjelang perayaan tahun baru imlek adalah lucky bamboo. Pohon satu ini sangat populer dikalangan masyarakat Tionghoa. Maknanya tergambar jelas dari namanya, yaitu tanaman yang membawa keberuntungan, menjaga harmonisasi dalam keluarga serta dipercaya akan mendatangkan rezeki bagi pemiliknya. Lucky bamboo mempunyai lima elemen Feng Shui yaitu elemen logam, elemen bumi, api, air dan kayu. Semua elemen ini diyakini menjadi simbol keberuntungan. Pohon lucky bamboo biasanya ditempatkan di meja tamu. 

4. Anthurium 

Bunga untuk hari imlek yang populer adalah tumbuhan anthurium. Tanaman dengan bentuk bunga unik ini,memiliki daun seperti tumbuhan keladi. Bunga anthurium memiliki warna cerah dan mencolok. Anthurium mempunyai nama lainnya yaitu flamingo lily, penamaan ini dikarenakan bunga mempunyai warna pink yang sangat indah. Anthurium menjadi simbol kemakmuran dan keberuntungan. Anthurium sering dijadikan hadiah selama perayaan hari imlek. Selain itu, bunga untuk hari imlek satu ini menghadirkan manfaat lainnya yaitu menjadikan udara tetap bersih karena mampu menghilangkan polutan di udara. 

5. Money Plant 

Bunga untuk hari imlek satu ini terlihat unik dan berbeda dari tanaman sebelumnya. Money plant tidak memiliki bunga seperti tumbuhan lainnya. Tanaman satu ini terdiri dari daun yang berbentuk bundar dengan tekstur halus di permukaannya, selain itu money plant hidup dengan akar yang dalam. Money plant diyakini sebagai pembawa keberuntungan. Tumbuhan ini bisa tumbuh dengan kuat dan bisa menghasilkan energi positif untuk lingkungan sekitar. 

6. Lily 

Bunga Lily Pembawa Keberuntungan
Bunga Lily Pembawa Keberuntungan

Lily  dengan beragam warna dipercaya akan memberikan keberuntungan untuk siapapun yang merawatnya. Selain itu bunga untuk hari imlek satu ini juga menjadi simbol kebajikan, kesucian serta kemakmuran. Selain keindahan artinya, tampilan bunga lily yang menawan juga menjadi alasan banyak orang meminatinya. Buket Bunga Lily memiliki bunga dengan ukuran besar. Bunganya mempunyai kelopak yang banyak dan warna yang indah. 

7. Anggrek Phalaenopsis

Bunga untuk hari imlek dengan tampilan seperti sayap kupu-kupu ini memiliki bentuk yang indah dan warna menarik. Tanaman satu ini juga dikenal sebagai hu die lan in dan dipercaya akan membawa keberuntungan. Tidak heran, jika masyarakat menjadikannya sebagai ornamen pelengkap pada perayaan tahun baru imlek. Selain itu, anggrek Phalaenopsis juga menjadi simbol panjang umur dan keceriaan di musim semi. 

8. Krisan

Tampilan bunga krisan yang indah karena mempunyai kelopak dan mahkota bunga dengan warna kontras dan mencolok. Perbedaan warna bunga krisan juga melambangkan makna yang berbeda. Krisan merah menjadi lambang cinta, sedangkan krisan putih menjadi simbol kesetiaan dan krisan jingga atau kuning merupakan simbol kebahagiaan dan keceriaan.

Bunga krisan dipilih sebagai bunga untuk hari imlek karena diyakini bisa membawa kekayaan, panjang umur, keberuntungan serta kemakmuran. Jenis bunga krisan yang banyak dipilih pada tahun baru imlek adalah krisan emas dan ungu cerah, karena dipercaya akan memberikan keberuntungan pada musim ini. 

9. Peony 

Peony mempunyai bunga yang berukuran besar. Jika dilihat pada mitologi Tionghoa, bunga peony menjadi lambang pembawa perdamaian, kemakmuran, serta kekayaan. Hal ini yang membuat masyarakat Tionghoa menjadikan peony sebagai bunga untuk hari imlek. 

10. Peace Lily

Bunga untuk hari imlek yang diminati oleh masyarakat tionghoa selama perayaan tahun baru adalah peace lily. Tampilan bunga yang indah akan mempercantik ruangan ketika perayaan berlangsung. Selain itu, peace lily dipercaya akan membawa keberuntungan. Peace lily juga berguna untuk menjaga kebersihan udara karena mampu menyerap polutan di dalam ruangan. 

Alasan lain masyarakat memilih peace lily adalah bunga satu ini bisa dirawat dengan mudah. Tumbuhan satu ini hanya perlu ditempatkan di ruangan yang tersinari cahaya sedang dan harus disiram sekali sehari. 

Kesimpulan

Kamu bisa memilih salah satu jenis tanaman di atas sebagai bunga untuk hari imlek. Tumbuhan tersebut akan menjadi ornamen pelengkap yang mempercantik ruangan. Setiap jenis bunga untuk hari imlek mempunyai makna keberuntungan. Semoga harapan dan keinginan selama perayaan tahun ini bisa terwujud dan keberuntungan selalu mengikuti selama musim ini. Untuk mendapatkan bunga diatas, kamu bisa mengunjungin toko bunga FlowerAdvisor ya

 

Share:

Leave a Reply