Bunga Yang Melambangkan Kesedihan
Bunga Yang Melambangkan Kesedihan

Bunga merupakan sesuatu yang indah yang biasanya diberikan pada hari-hari bahagia. Tidak hanya itu, bunga yang juga ternyata dapat membawa kebahagiaan walaupun tidak diberikan. Berjalan-jalan di taman yang terdapat banyak tanaman atau bunga tentunya sudah dapat menyegarkan pikiran dan nafas.  

Bunga biasanya diidentikan dengan pertanda tertentu. Seperti yang banyak beredar saat mencari sebuah informasi mengenai suatu bunga. Banyak situs menuliskan simbolisme dari sebuah bunga, makna dari sebuah bunga, arti dari sebuah bunga. Sudah sejak lama bunga dijadikan hadiah yang menyimbolkan sebuah rasa. Namun, belum diketahui awal mula peristiwa ini terjadi bagai mana.  

Bunga yang melambangkan kesedihan kemungkinan juga mempunyai makna bahagia lainnya. Bunga yang melambangkan kesedihan tentunya akan tepat diberikan saat kesedihan tersebut datang. Hal ini dilakukan untuk menghindati salah arti pada maksud pemberian bunga tersebut.

Bunga yang melambangkan kesedihan

Beberapa bunga hadir untuk mewakili manusia dalam menyampaikan kesedihannya. Bunga yang melambangkan kesedihan adalah sebagai berikut. 

  • Anyelir 

Bunga anyelir adalah bunga yang melambangkan kesedihan dan rasa duka. Dalam bahasa Latin anyelir disebut “incarnation”  atau dapat diartikan dengan “Tuhan di dalam tubuh”. Maksud dari ungkapan tersebut adalah ungkapan cinta dan duka pada seseorang yang telah tiada. Bunga tersebut melambangkan semangat Kristus. Buket Bunga anyelir juga identik dangan bunga hari ibu. Bunga ini cocok diberikan pada ibu yang baru saja kehilangan anaknya sebagai  rasa hormat telah menjadi ibu yang hebat bagi anaknya. 

  • Eceng gondok ungu 

Eceng gondok ungu adalah cerminan rasa sedih. Namun, rasa sedih yang disampaikan denga bunga eceng gondok ungu agak sedikit berbeda. Eceng gundok ungu adalah bunga yang melambangkan kesedihan dan penerimaan atas kesedihan tersebut. Ketika seseorang memberikan bunga ini, artinya orang tersebut mengingatkan bahwa rasa sedih dan penderitaan sudah seharusnya mendapat penerimaan agar dapat segera berlalu.

  • Gladiol 

Sama seperti bunga eceng gondok ungu, bunga gladiol juga bunga yang melambangkan kesedihan dan penerimaannya. Maknanya kesedihan tersebut mendapatkan simpati dari orang lain. Bunga gladiol memberi tahu bahwa rasa sedih juga tetap harus dijalani untuk menuju kebangkitan lagi. Bunga gladiol merupakan rasa simpati atas rasa sedih dan dukungan moral atas kesedihan tersebut untuk segera menjalani kesedihan tersebut.

  • Forget me not 
Bunga Forget Me Not Untuk Bunga Kesedihan
Bunga Forget Me Not Untuk Bunga Kesedihan

Bunga forget me not merupakan bunga yang melambangkan rasa sedih yang terus menerus dihindari. Bunga ini menyampaikan pesan menganai kesengajaan mengabaikan rasa sedih dan duka untuk menghindari ketidaknyamanan. Pesan lain dari bunga forget me not adalah sekecil apapun sesuatu yang ada, Tuhan tidak akan melupakannya dan tetap menerimanya. 

  • Mawar kuning

Mawar kuning adalah perlambang sedih. Berbeda dengan bunga yang melambangkan kesedihan lainnya, yang merepresentasikan sedih atas duka. Buket Bunga mawar kuning dapat mewakilkan kesedihan akibat pengkhianatan atau ketidaksetiaan seseorang. 

Bunga yang melambangkan depresi

Bunga Yang Melambangkan Depresi
Bunga Yang Melambangkan Depresi

Depresi merupakan sebuah gangguna mental yang biasanya ditandai dengan adanya perbedaan suasana hati pada seseorang. Suasana hati yang berubah menjadi lebih buruk ini dapat dirasakan dalam jangka waktu yang relatif panjang. Gejala depresi dapat ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam serta hilangnya rasa peduli. Hilangnya rasa peduli maksudnya adalah kehilangan rasa penasaran dan antusias terhadap kehidupan. Depresi dapat disebabkan oleh trauma, pola pikir yang salah, konsumsi obat tertentu, dan berbagai alasan lain 

Sebuah bunga tidak selalu berarti berbagai pesan kebahagiaan seperti apa yang sering muncul pada hasil dari pencarian google mengenai makna sebuah bung. Pada sebuah bunga biasanya tidak hanya memiliki satu makna terdapat beberapa makna yang memungkinkan disampaikan dalam satu jenis bunga. Bunga-bunga berikut merupakan bunga yang melambangkan kesedihan dan depresi atau kelelahan akan diri sendiri. 

  • Bunga matahari

Buket Bunga matahari dikenal dengan bunga tegak, besar, indah, dan kuat. Siapa yang menyangka bahwa bunga ini adalah bunga yang melambangkan depresi. Bunga matahari menyampaikan pesan bagi orang merasa tidak percaya diri dan tidak bisa menerima dirinya sendiri. 

  • Krisan kuning

Bunga dengan warna kuning biasanya melambangkan persahabatan dan kehangatan dalam sebuah pertemanan. Namun, krisan kuning merupakan bunga yang melambangkan kesedihan dan rasa perih yang dialami seseorang akibat perasaan yang tidak terbalaskan. Krisan kuning berarti cinta yang bertepuk sebelah tangan. 

  • Lily

Selain bunga yang melambangkan kesucian cinta, bunga lily juga dapat mewakili perasaan bagi mereka yang sedang merasa sedih dan kesepian. Bunga ini juga erat kaitannya dengan rasa duka. Tak jarang bunga ini diberikan pada keluarga yang sedang mengalami duka akibat ditinggal meninggal oleh salah satu anggotanya. 

  • Butterfly weed 

Bunga ini sangat jarang dibahas untuk sebuah simbolisme perasaan. Jarang dibahas bukan berarti bunga ini tidak menyimbolkan sebuah perasaan. Butterfly weed menyampaikan perasaan kalut dan depresi hingga tidak ingin diganggu. Bunga yang melambangkan kesedihan ini memberi pesan bahwa seseorang membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Memberikan waktu untuk seseorang yang sedang ingin sendiri adalah yang baik namun, jangan lupa untuk sesekali menanyakan kabar atau keadaan orang tersebut. Hal ini membuktikan kepedulian terhadap orang lain dan memastikan semuanya baik-baik saja.

  • Foxglove

Sama seperti bunga matahari, bunga foxglove adalah bunga yang melambangkan kesedihan dan depresi akibat tidak adanya rasa cinta terhadap diri sendiri. Foxglove bermakna rasa benci dan sulit menerima keadaan pada diri sendiri. Keadaan ini tentunya bukan keadaan yang baik. Bunga yang melambangkan kesedihan ini memberi isyarat bahwa seseorang membutuhkan semangat dan rasa kasih terhadapnya untuk membantunya kembali mencintai dirinya sendiri dan membantunya merasa cukup. 

Bunga yang melambangkan harapan

Bunga Yang Melambangkan Harapan
Bunga Yang Melambangkan Harapan

Bunga yang melambangkan harapan salah satunya adalah bunga teratai. Bunga teratai memiliki filosofi yang mendalam bagi penganut ajaran Buddha.  Bunga ini menyampaikan bahwa harapan akan selalu ada untuk siapapun tak terkecuali orang yang berasal dari tempat yang tidak mendukung.  Orang yang berasal dari tempat terburuk sekalipun tetap memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang menjadi versi terbaik dirinya layak mendapat kebahagiaan. 

Inilah makna dari bunga teratai yang akarnya berada pada lumpur yang kotor tetapi bunganya sangat indah dipermukaan air. 

 Bunga yang melambangkan kesedihan bukanlah sakura jawabannya.  Sakura melambangkan harapan yang akan selalu ada. Bunga sakura akan gugur dan sangat mudah gugur, namun tetap akan bersemi kembali di waktu yang tepat. Filosofi yang disampaikan bunga ini adalah sesering apapun seseorang mengalami kegagalan dalam hidupnya, tetap masih ada kebahagiaan yang menunggu di masa depan. 

Bunga yang melambangkan perpisahan

Bunga yang melambangkan kesedihan akibat perpisahan adalah bunga sweet pea. Bunga sweet pea merupakan bunga yang melambangkan kesedihan, namun juga disertai dengan keikhlasan atas perpisahan. Bunga sweet pea biasanya diberikan untuk mengenang segala hal baik yang pernah terjadi. Selain itu, bunga ini juga membawa pesan dari rasa terimakasih atas hal-hal yang membahagiakan. Bunga ini bermakna selamat tinggal.

Dimana Membeli Bunga Kesedihan?

Membeli bunga jenis kesedihan sangat tersedia di FlowerAdvisor, Toko Bunga Terdekat dari tempatmu. Tersedia berbagai jenis bunga, dan dengan pelayanan yang baik dan pengiriman sangat cepat. Kamu bisa langsung membelinya dengan mengklik tombol di bawah ini!

Beli Bunga Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia 

Share:

Leave a Reply