Calathea
Calathea

Chalatea adalah jenis tanaman hias yang termasuk kedalam genus tanaman berbunga dari keluarga Marantaceae. Calathea juga dikenal sebagai calatheas atau tanaman doa. Tanaman ini berasal dari Amerika dan hidup diiklim tropis, dengan suhu sekitar 15 derajat celcius.

Calathea memiliki bentuk dan corak daun yang beragam dan cantik, sehingga tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias yang ditanam didalam pot. Beberapa spesies calathea juga mempunyai bunga yang bewarna – warni. Daun muda dari tanaman ini mampu menyimpan cadangan air dengan baik, yang dikenal dengan nama phytotelmata.

Pada pagi hari, daun dari tumbuhan hias ini akan membentang untuk mencari cahaya matahari, sedangkan pada malamnya, daun calathea akan menggulung. Peristiwa ini terjadi karena bagian seperti sendi yang dimiliki daun tanaman ini yang terletas di antara batang dan daun.

Tanaman ini tidak bisa hidup dengan baik di bawah sinar matahari langsung, karena menyukai cahaya matahari dalam intensitas yang rendah hingga sedang. Sinar matahari yang terlalu banyak dan diterima secara langsung oleh tanaman akan merusak daunnya sehingga menjadi rapuh. Daun calathea yang terlalu banyak menerima sinar matahari akan berbentuk seperti terbakar dan memiliki warna daun yang kusam.

Tanaman calathea hidup dengan baik pada lingkungan dengan tingkat kelembaban yang tinggi, namun bukan berarti tanaman ini bisa hidup di tempat yang basah. Calatheas yang Kamu tanam harus disiram dengan air dalam frekuensi tertentu sehingga kelembaban tanaman bisa terjga dengn baik. Kondisi yang baik untuk tumbuhan calathea  akan membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman dengan baik dan bisa tumbuh setinggi tiga kaki dengan daun yang lebar.

Calatheas termasuk salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer, hal ini dikarenakan karakteristik yang dimiliki tumbuhan ini yaitu mempunyai daun yang unik dan menarik. Terdapat hampir 100 jenis spesies calathea yang sudah teridentifkasi. Berikut beberapa jenis Calathea yang bisa kamu jadikan pilihan tnamn hias:

1. Calathea Makoyana

Calathea Makoyana
Calathea Makoyana

Calathea makayona juga dikenal dengan nama peacock plant atau tanaman merak. Tanaman ini mempunyai daun dengan motif garis yang bewarn hijau dn putih, serta dibagian bawahnya memiliki warna ungu pekat yang cantik. Makoyana, termasuk kedalam jenis calathea yang paling banyak di jual di pasaran. Tanaman ini bisa di tanam di dalam dan di luar ruangan, karena calateha makoyana bisa hidup dan tumbuh baik dengan pencahayaan buatan.

 

2. Calathea Lancifolia

Calathea Lancifolia
Calathea Lancifolia

Calathea lancifoli atau dikenal juga dengan calathea lancetolistna yang memiliki kharakteristik unik berupa daun yang lonjong dan memanjang. Daun calathea lancifolia bewarna hijau muda denganmotif garis dan titik bewarna hijau tua, serta di bagian bawah daunnya bewarna ungu pekat.

Calathea jenis ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias yang ditempatkan di sudut ruangan, karena memiliki tangkai daun yang pendek, jadi jika ditanam di pot yang agak tinggi, maka tampilannya akan seperti karangan bungan di florist.

 

3. Calathea Crimson (Calathea Picturata Crimson)

Calathea jenis ini juga dikenal dengan nama prayer plant yang mempunyai tampilan unik dengan corak motif dan warna daun yang menarik. Calathea Picturata Crimson mempunyai daun yang lebar dengan warna ungu dan coklat gelap yang cantik. Pada malam hari, daun tanaman ini akan menguncup seperti tangan yang sedang berdoa dan akan mulai mengembang lagi pada pagi hari. Tanaman Calathea jenis ini juga menyukai cahaya matahari, suhu yang hangat dan kelembaban yang baik.

 

4. Calathea Rufibarba

Calathea rubifarba mempunyai nama lain calathea falistolistna mempunyai daun berbentuk lancip dan memanjang dengan tangkai daun yang bewarna ungu kemerahan serta ukurannya cukup panjang sehingga tanaman ini terlihat kurus.

 

Calathea Rufibarba memeiliki perbedaan jika dibandingkan dengan calathea jenis lainnya yaitu tepi daun yang bergelombang. Daun tanaman ini bewarna hijau tua tetapi tidak memiliki pola atau motif yang khas, namun terlihat cantik dengan tampilannya. Daun Calathea Rufibarba mempunyai rambut – rambut halus di permukaannya, sehingga diberi julukan sebagai calathea beludru.

 

Untuk mempertahankan warna daunnya yang hijau gelap tanaman hias Calathea Rufibarba

memerlukan sinar matahari yang cukup. Untuk kamu yang menempatkan tanaman calathea jenis ini di dalam ruangan maka kamu harus memperhatikan pencahayaan yang ada di ruangan tersebut.

 

5. Calathea Medallion

Calathea Medallion
Calathea Medallion

Tanaman calathea jenis ini mempunyai daun lebar yang cenderung bulay sehingga membuatnya terlihat seperti medali. Daunnya memiliki warna dengan aksen hijau muda, hijau tua dan tulang di bagian tepi, dengan corak daunnya sangat cantik, seperti coretan yang dibuat dengan cat minyak. Pada saat dewasa, maka tumbuhan ini akan memiliki daun yang lebat. Tanaman jenis ini termasuk jenis calathea dengan harga yang cukup mahal.

 

6. Calathea Orbifolia

Tanaman calathea orbifolia mempunyai daun lebar yang cenderung bulat yang mirip dengan kipas. Daun tanaman ini mempunyai pola garis yang rapat dengan warna hijau dan kelabu, sehingga membuat tanaman ini terlihat seperti tubuh zebra. Daun calathea orbifolia dewasa bisa hidup dan tumbuh mencapai 30 cm dengan lebar 15 sampai 20 cm. Calathea jenis ini berbeda jika dibandingkan dengan calathea lainnya, yaitu tidak memiliki warna ungu pekat di bagian bawah daunnya.

 

7. Calathea Crocata  

Daun yang dimiliki oleh jenis tanaman calathea crocata berbeda jika dibandingkan dengan daun calathea lainnya. Daunnya bewarna hijau pekat tanpa motif dengan aksen gelombang sederhana. Bunga calathea crocata mempunyai julukan eternal flame karena mempunyai bunga bewarna kuning yang terlihat seperti bara api. Calathea crocata akan berbunga jika sudah tumbuh dewasa dan memiliki daun yang lebat.

 

8. Calathea Ornata (Pin-Stripe Calathea)

Calathea Ornata mempunyai daun canti yang bewarna hijau gelap dengan motif garis – garis tipis bewarna pink lembut. Tanman ini memiliki tampilan yang dinilai feminine sehingga menadapat julukan calathea femme fatale. Tanaman calathea jenis ini berasal dari Amerika Selatan yang memiliki iklim tropis, sehingga bisa ditanam di negara – negara Asia Tenggara karena mempunyai iklim yang sama.

 

9. Calathea Zebrina

Calathea jenis ini banyak ditemui di bagian tenggara Brasil yang juga dikenal dengan nama calathea zebra. Tanaman ini memiliki daun yang dihiasi garis – garis dan tulang daun berwarna hijau muda. Permukaan daunnya juga mempunyai bulu halus seperti beludru. Bagian bawah daun ini juga memiliki corak garis – garis bewarna hijau tua dan ungu.

10. Calathea Veitchiana

Calathea jenis ini berasal dari Ekuador yang mempunyai iklim subtropics dengan kelembaban yang tinggi. Jenis calathea ini mempunyai daun lebar dengan cenderung bulat dengan aksen bewarna hijau muda, hijau tua di bagian tulang daun dan tepinya. Corak yang dimiliki tanaman ini mempunyai penampilan seperti dilukis dengan cat minyak. Tepian dari daun calathea veitchiana memiliki tepian bewarna hijau apel.

Share:

Leave a Reply