Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga
Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Bagi pecinta tanaman hias merawat tumbuhan menjadi aktivitas menyenangkan. Tidak jarang mereka selalu menambah jumlah koleksi tanaman di perkarangan rumah. Selain mempercantik tampilan rumah, merawat tanaman hias menjadikan waktu luang terisi dengan kegiatan bermanfaat. Keinginan pecinta tanaman hias adalah melihat tanaman yang ditanam dan dirawat dengan baik tumbuh dan menghasilkan bunga yang bermekaran dengan indah. Salah satu jenis tanaman hias populer dan banyak di pilih pecinta tanaman adalah bunga mawar. Walaupun banyak yang merawat tumbuhan jenis ini, bukan berarti mawar bisa tumbuh dengan mudah. Kamu harus memperhatikan beberapa hal agar bunga tumbuh dengan baik. Nah yuk simak tips cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga dan juga bunga romantis

Penyakit yang Menyerang Mawar 

Nah sebelum kita membahas cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga, kita harus mengetahui penyakit yang sering menyerang bunga ini, yang dapat mengakibatkan bunga mawar menjadi gugur maupun mati. Tentu hal ini sangat penting jika kalian mau hasil yang cepat dalam menanam dan merawat bunga mawar, penyakit tersebut diantaranya adalah :

  • Bercak Daun 

Penyakit ini menyebabkan bercak bewarna cokelat atau bercak kehitaman pada daun tua bunga mawar. Hal ini disebabkan oleh Alternaria atau Cercospora rosicola. 

  • Bercak Hitam 

Penyakit satu ini dikarenakan serangan cendawan Phragmidium muconatum yang menimbulkan bitnik bewarna jingga kemerahan pada bagian sisi bawah daun. Hal ini menyeabkan daun mudah berguguran. Kamu bisa mengatasi penyakit ini dengan cara membuang daun yang sakit dan semprotkan fungisida heksakonasol pada tumbuhan. 

  • Tepung Mildew

Oidium sp adalah sumber masalah sehingga mawar mengalami penyakit tepung mildew. Serangan jamur ini menyebabkan dau berubah warna menjadi kemerahan dan akan menguning kemudian berguguran. Seperti sebelumnya, penyakit ini bisa diatasi dengan cara mencabuti daun yang terserang penyakit dan semprotkan fungisida kepada tumbuhan. 

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga 

Setelah mengetahui penyakitnya, yuk langsung kita simak Perawatan bunga dengan cara tepat akan menghasilkan mawar yang bermekaran dengan indah. Jadi, Kamu harus memperhatikan cara perawatannya dengan baik. 

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga
  • Media Tanam 

bouquet, pink, flowers, plant, blossom, flower, peony, flower arrangement, flower bouquet, hand, finger, petal, geranium, wallpaper, cone, moody, people, pinkcolor, beauty, tulips, close-ups, carnation, flowering plant, beauty in nature, freshness, holding, pink color, close-up, nature, vulnerability, fragility, midsection, rose, flower head, inflorescence, rose - flower, day, outdoors, one person, bunch of flowers, 4K

Faktor utama penentu keberhasilan perawatan tumbuhan adalah memperhatian media tanam, baik di tanam di media tanah secara langsung ataupun ditanam didalam pot. Media tanam yang baik terdiri dari tanah dengan kadar air cukup. Mawar tidak bisa beradaptasi dengan tanah yang terlalu kering atau terlalu kering. Sehingga, Kamu harus memastikan jika tanah tersinari cahaya matahari cukup dan kelembaban yang tepat. 

  • Pemilihan Bibit Tanaman 

Rose seeds? | Can we plant these and get more roses?? Can't … | Flickr

Setelah menyediakan media tanam yang tepat, bibit bunga mawar dengan kuliatas baik adalah faktor kedua yang harus diperhatikan. Jika bibit yang ditanam tidak mempunyai kualitas baik maka kemungkinan tumbuhan bisa menghasilkan bunga yang mekar dengan baik sangat kecil. Jadi, Kamu harus benar-benar memilih bibit tumbuhan terbaik. 

Setelah memiliki bibit yang sesuai, Kamu bisa menanamnya ke dalam media tanam yang sudah disediakan. Namun, jika Kamu merawat tumbuhan yang sudah tumbuh, Kamu juga tetap harus merawat bunga dengan baik. 

  • Penempatan

Media tanam mawar harus diperhatikan kelembabannya, oleh karena itu Kamu harus memperhatikan posisi peletakan tumbuhan. Bunga mawar tidak disarankan untuk terkena sinar matahari langsung, ataupun di tempatkan di tempat tidak disinari cahaya matahari. Jadi, pastikan bunga mawar di tempatkan di tempat dengan cahaya matahari cukup. 

  • Pemberian Pupuk 

Pupuk merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendorong tumbuhan tumbuh dengan subur. Pupuk kandang lebih disarankan untuk digunakan dibandingkan menggunakan pupuk kimia. Pemberian pupuk dalam rasio tepat akan membantu mawar bertumbuh dengan baik. 

  • Penyiraman 

Flower Casting Plant Watering To - Free photo on Pixabay

Air menjadi faktor utama dalam pertumbuhan tanaman. Kamu harus memperhatikan frekuensi penyiraman bunga mawar agar kadar air pada media tanam bisa terjaga dengan baik. Jumlah kadar air dalam penyiraman juga harus diperhatikan. Jika disiram terlalu banyak akan menyebabkan mawar mengalami kebusukan. Tetapi jika terlalu sedikit akan membuat tumbuhan mengalami kekeringan. 

Saat melakukan penyiraman, Kamu harus memastikan jika air langsung mengenai tanah dan tidak jatuh di daun atau mawar itu sendiri. Hal ini akan menyebabkan daun dan kelopak bunga berguguran. Frekuensi penyiraman disarankan adalah dua kali sehari dengan jumlah yang tepat. 

  • Pemangkasan

Perawatan lanjutan adalah pemangkasan daun yang sudah menguning atau membusuk beserta kelopak mawar kering. Jika tidak segera dipangkas, bukan tidak mungkin penyakit ini akan menggerogoti bagian tumbuhan yang masih bagus. 

  • Menangkan Serangan Hama

Hama dan penyakit seringkali mengancam pertumbuhan tanaman. Pestisida menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi dampak dari serangan hama dan penyakit pada mawar. Jika perhatikan dengan baik, maka mawar akan tumbuh subur dan menghasilkan kelopak bunga yang mekar dengan baik. 

Tahapan perawatan bunga di atas media tanah langsung ataupun di dalam pot adalah sama. Jadi, kamu harus melakukan tahapan-tahapan tersebut agar mawar bisa tumbuh subur dan berbunga dengan baik.

 

Cara Memetik Bunga Mawar 

JIka diwarat dengan benar, Kamu akan mendapatkan mawar yang tumbuh dengan indah,serta bunga mawar populer. Seperti perawatannya, ketika memetik bunga ini, Kamu juga tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Alat yang Kamu butuhkan ketika memetik bunga adalah gunting. Mawar digunting tepat diatas ketiak daun mawarnya. Jika digunting pada jarak beberapa cm di atas ketiak bunga, akan menyebabkan sisa beberapa cm tersebut akan mati, hal ini dikarenakan nutrisi yang ada hanya masuk sampai pada tangkai daunnya. 

Baca Juga : Semua Tentang Bunga Mawar Hitam

Cara Merawat Bunga Mawar yang Sudah Dipetik 

tree, watering, child, planting, garden, water, kid, little, kids, gardening | Pxfuel

Mawar segar yang sudah dipetik memiliki tampilan yang indah, dan bisa ditempatkan di tengah ruangan dengan memasukkannya ke dalam vas bunga. Untuk mempertahankan kesegaran bunga mawar, Kamu harus melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Siapkan vas yang akan digunakan untuk menyimpan mawar. Kamu harus memastikan jika vas tersebut dalam kondisi bersih, jadi wadah harus dicuci terlebih dahulu denga air mengalir. 
  2. Kemudian isi vas dengan air bersih sampai memenuhi sekitar 2/3 dari tinggi vas. 
  3. Untuk nutrisinya, Kamu bisa menambahkan makanan bagi mawar yang berbentuk cairan. Nutrisi ini bia kamu dapatkan di toko bunga terdekat. 
  4. Selanjutnya, Kamu harus memotong batang mawar kira-kira sepanjang 2 cm. Pemotongan dilakukan dengan menggunakan gunting pemotong yang tajam. Batang bunga dipotong dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Tujuannya agar batang bunga masih bisa menyerap nutrisi dan menghindari terjadinya pembengkakan pada batang karena carian. 
  5. Sebelum dimasukkan kedalam vas, Kamu harus membuang daun dan duri dari batang. Daun yang terendam air akan menjadi media perkembangan jamur dan bakteri, sehingga menyebabkan pembusukan pada tumbuhan. 
  6. Masukkan mawar yang sudah dibersihkan. Kamu harus memperhatikan penempatan vas tersebut. Letakkan pada tempat yang cukup tersinari matahari, tetapi harus menghindari terkena sinar matahari langsung agar mawar tidak mudah layu. Selain itu, Kamu juga harus menghindari penempatan bunga berdekatan dengan barang-barang penghasil panas, agar kesegaran bunga bertahan lama. 
  7. Kamu harus melakukan pemeriksaan terhadap air seitap hari, tujuannya untuk menjaga kebersihan air. Lakukan penambahan volume air jika diperlukan. Tangkai bunga harus dipotong sekitar tiga hari sekali. 

Jika dilakukan perawatan dengan baik, maka tanaman hias akan tumbuh dengan baik. Mawar akan tumbuh dengan indah jika dilakukan perawatan dengan baik. 

Jual Buket Bunga Mawar Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia

Share:

Leave a Reply