Standing Flower Duka Cita
Standing Flower Duka Cita

Salah satu cara untuk memberikan empati saat seseorang yang dikenal sedang merasakan duka cita adalah memberikan standing flower duka cita. Standing flower biasanya diberikan atas nama kelompok tertentu, seperti perusahaan, keluarga, komunitas, dan lain-lain. Sangat jarang standing flower terutama duka cita diberikan atas nama perorangan. 

Baca Juga : Beli Standing Flower Terbaik hanya di FlowerAdvisor

Standing flower duka cita saat ini sudah banyak melewati perubahan sehingga bukan lagi menggunakan styrofoam melainkan dengan berbagai  alat bantu seperti besi. Standing flower duka cita yang berbentuk persegi dengan alas styrofoam juga tetap banyak ditemui. Salah satu hal yang menyebabkan standing flower duka cita seperti itu tetap ada di pasaran adalah peminatnya yang juga tetap ada dan harganya juga yang lebih terjangkau dibandingkan standing flower duka cita yang lebih modern gayanya.

Perbedaan standing flower duka cita dengan standing flower pernikahan

Standing flower duka cita tidak bisa disamakan dengan standing flower pernikahan atau hati bahagia lainya. Beberapa orang berpikir bahwa standing flower sama aja yang membedakan hanyalah tulisan yang tertera di dalam. Banyak juga yang tetap menganggapnya sama sebab yang terpenting adalah rasa empati dari pemberi bunga itu di dalam hatinya. Namun tidak begitu seharusnya. 

Pada standing flower pernikahan biasanya digunakan bunga-bunga dengan berbagai warna. Warna-warna pada bunga untuk pernikahan dapat disatukan dalam satu standing flower. Dengan berbagai keahlian dalam merangkai bunga, standing flower untuk pernikahan dapat menjadi cantik walaupun tidak senada. Hal itu tentunya memang dilakukan untuk memeriahkan acara pernikahan dan bukanlah masalah yang besar jika standing flower tersebut berbentrokan dengan tema warna pada acara pernikahan

Berbeda dengan  standing flower pernikahan, standing flower duka cita harus memperhatikan pemilihan warna pada bunga. Bunga-bunga yang akan digunakan pada standing flower duka cita adalah bunga dengan warna yang lebih solid. Bunga-bunga dengan warna senada sangat cocok dirangkai pada standing flower duka cita. Hal ini dianggap lebih sopan dan berempati dibandingkan bunga multi warna. Dalam pemilihan warna pada bunga itu sendiri sebenarnya boleh saja memilih warna cerah sekalipun, asalkan jangan memilih terlalu banyak warna. Satu warna pada standing flower duka cita memiliki makna rasa solidaritas atas duka cita yang dialami. Perasaan duka yang dirasakan bersama diharapkan dapat memberi sedikit keringanan bagi yang berduka. 

Pada standing flower duka cita yang menggunakan beberapa warna, sebaiknnya jangan gunakan lebih dari 3 warna berbeda. Selain itu, warna yang kurang tepat untuk standing flower duka cita adalah bunga berwarna merah. Seperti banyak diketahui, warna merah biasanya melambangkan cinta sehingga kurang tepat dan sopan jika merangkainya pada standing flower duka cita. Warna bunga yang sering dijadikan sebagai rangkaian pada standing flower duka cita adalah kuning dan putih. Bahkan ada yang mengunakan bunga berwarna gelap seperti biru dan hitam. Selain bunganya, pada standing flower duka cita, styrofoam yang digunakan juga biasanya dicat dengan warna gelap terlebih dahulu.

Baca Juga : Mengenal Jenis Bunga Dukacita yang cocok dipakai

Bunga yang cocok dirangkai pada standing flower duka cita

 

1. Lily

Lily Standing Flower
Lily Standing Flower

 

Bunga lily atau bunga bakung merupakan sebuah perubahan besar pada bunga duka cita. Standing flower duka cita moderen telah banyak yang menggunakan bunga lily. Bunga lily yang bisa digunakan pada standing flower duka cita adalah bunga lily putih dan bunga lily kuning. Bunga dengan warna tersebut merupakan bunga dengan warna paling netral sehingga boleh saja digunakan sebagai bunga duka cita. Bunga bakung sendiri cocok dijadikan standing flower duka cita sebab memiliki makna ketulusan. Makna ini dalam suasana duka artinya adalah keikutsertaan rasa duka yang datang dari hati  yang terdalam.

 

2. Mawar

 

Mawar merupakan bunga perlambang cinta yang terdalam. Mungkin beberapa orang akan merasa tidak cocok jika mawar dijadikan bunga duka cita. Pada kenyataannya, orang yang menggunakan bunga mawar sebagai standing flower duka cita juga banyak. Tentu saja tidak disarankan untuk mengunakan mawar merah sebagai bunga pada stading flower duka cita. Masih banyak sekali warna-warna cantik dari bunga mawar yang dapat dijadikan bunga duka cita, seperti putih, kuning, biru, dan hitam. Mawar dengan waarna-warna tersebut tidak melambangkan cinta dalam suka cita sespesifik bunga maawar merah. Jasdi tidak perlu khawatir jika ingin memanfaatkan mawar sebagai bunga duka cita.

 

3. Krisan

 

Jawaban dari bunga yang selalu ada dalam hari suka maupun hari duka adalah bunga krisan. Krisan tidak pernah salah dikirimkan pada hari apapun termasuk hari duka. Selain wara cerah seperti putih dan kuning, krisan juga tetap dapat memberikan warna gelap seperti warna ungu. Ketiga warna dari bunga krisan tidakakana mengecewakan jika harus dipasang dalam standing flower duka cita. Sehingga tidak perlu khawatir jika kebingungan dalam memilih bunga untuk standing flower duka cita.

4. Aster

Aster Standing Flower
Aster Standing Flower

 

 

Aster merupakan bunga yang baru-baru ini disenangi banyak orang. Bentuknya yang cantik sangat merefleksikan gambaran bunga yang saat kecil sering kita bayangkan atau gambar dalam buku gambar. Bunga aster yang cantik tidak semata hanya boleh dihadirkan dalam momen bahagia atau suka cita. Bunga aster tetap boleh hadir dalam suasana duka cita. Tidak heran banyak sekali florist yang selalu merangkan aster dalam standing flower duka cita yang dijualnya. Alasan aster banyak digunakan sebagai standing flower duka cita adalah aster bermakna lebih netral daripada mawar. Selain itu, jika standing flower duka cita membutuhkan bunga berwarna gelap seperti biru dan ungu, aster adalah jawaban yang tepat. Aster dapat memberi warna biru yang cocok digunakan sebagai  bunga duka cita. Warna biru pada bunga aster merupakan biru gelap dan bukan biru terang seperti warna langit. 

5. Anyelir

 

 

Bunga anyelir juga merupakan bunga yang cocok dimanfaatkan sebagai bunga duka cita. Warna ungu gelap yang diberikan bunga anyelir sering kali dipasang dalam standing flower duka cita. Selain untuk bunga duka cita, banyak orang menanam bunga anyelir di sekitar area pemakaman. Bunga anyelir pada acara duka cita artinya cukup dalam. Mereka yang memberi bunga anyelir artinya tidak akan melupakan sosok yang meninggal. Segala kebaikannya akan selalu diingat. 

Baca Juga : Mengenal Makna Bunga DukaCita

6. Kamboja

Kamboja Standing Flower
Kamboja Standing Flower

 

 

Bunga kamboja sangat terkenal sebagai bunga kuburan. Bunga kamboja memiliki warna putih dan kuning, yang mana bunga dengan warna tersebut sangat netral bagi cara duka cita. Dengan berbagai bunga pada standing flower duka cita, bunga kamboja sangat bermanfaat sebagai pemberi aroma wangi. 

Mengapa memberikan standing flower pada acara duka cita?

Mengapa papan duka cita harus menggunakan bunga?  Seperti pada makna-makna bunga yang tertera di atas, bunga-bunga tersebut menyampaikan maksud dari sang pemberi pada keluarga yang berduka. Standing flower duka cita atau bunga duka cita dalam bentuk apapun akan mewakili rasa simpati, memberi rasa hormat pada yang meninggal, mengekspresikan segala ketulusan yang terdalam untuk keluarga dan yang meninggal.

Share:

Leave a Reply