Daun Bidara
Daun Bidara

Siapa yang tidak tahu tanaman bidara?

Tanaman ini merupakan tanaman herbal yang punya sejuta manfaat dan khasiat. Tanaman ini sejenis pohon kecil yang memiliki bentuk daun menyirip dan punya tulang. Daunnya berwarna hijau dan mirip seperti daun jeruk nipis. Namun ukuran dari daun bidara lebih kecil dari ukuran daun jeruk nipis.

Daun bidara memiliki nama latin Ziziphus mauritiana. Daun ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Itulah mengapa banyak penelitian terkait daun bidara. Salah satu penelitian di tahun 2016 mengungkapkan bahwa daun bidara mengandung polifenol, saponin dammarane, siklopeptida alkaloid, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak. Kandungan tersebut bersifat anti-inflamasi, antimikroba, hipoglikemik, imunomodulator, dan antioksidan.

Pada pengobatan tradisional, daun bidara digunakan sebagai sedative, antidiabetes, bronchitis, dan antidiare. Sudah sejak lama tanaman ini digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional.

Tanaman bidara bisa tumbuh sampai belasan meter. Buahnya berukuran mungkin dan tumbuh di hampir setiap tangkainya. Tanaman bidara dikenal dengan nama lain di beberapa daerah. Di Sunda tanaman ini disebut widara, di Jawa disebut dara, di Madura disebut bukol, di Bima disebut Rangga, dan di Sumba disebut kalangga. Uniknya, daun bidara disebut-sebut dapat mengusir ilmu sihir dan jin loh!

Dalam prosesi pemakaman, daun bidara juga sering dimanfaatkan untuk campuran air. Campuran ini kemudian digunakan untuk memandikan jenazah dan menghilangkan najis.

 

1. Solusi Atasi Jerawat

Jerawat
Jerawat

Daun bidara rupanya berkhasiat untuk kulit loh, terutama untuk membantu membersihkan dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan antibakteri yang ada pada daun bidara dapat membantu mengatasi jerawat. Kita cukup menyiapkan 5 lembar daun bidara. Kemudian daun tersebut kita tumbuh hingga halus dan selanjutnya diberi sedikit air. Kita juga bisa mengganti air tersebut dengan perasan lemon. Aduk hingga kental lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Kita juga bisa menggunakannya sebagai masker wajah dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah.

Diamkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian kita bisa membilas wajah dengan bersih. Lakukan hal ini 3 sampai 4 kali seminggu hingga jerawat hilang.

 

2. Mampu Mencegah Penuaan Dini

Kecantikan
Kecantikan

Selain dapat mengatasi jerawat, daun bidara juga dapat mencegah dari penuaan dini. Caranya tidak berbeda dengan poin sebelumnya. Kita cukup menjadikan daun bidara sebagai masker wajah dan mengaplikasikannya secara disiplin. Masker daun bidara juga dapat mencegah keriput loh! Selain itu dengan rutin memakai masker daun bidara di bawah mata, dapat membantu mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.

Selain membuat masker dari campuran bubuk daun bidara dan air, kita juga bisa memanfaatkan madu atau perasan lemon. Pastinya khasiat yang dihasilkan akan lebih bagus.

 

3. Obat Penyembuh Luka

Sifat antiinflamasi dan antibakteri yang ada pada daun bidara dapat membantu proses regenerasi kulit. Itulah mengapa duan bidara dapat menyembuhkan berbagai luka seperti lecet, luka sayatan, hingga luka goresan. Selain itu kandungan senyawa glikosida yang ada di dalamnya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar.

Untuk memanfaatkan daun bidara sebagai obat luka, kita bisa merebusnya terlebih dahulu dan meminum air rebusannya. Kita juga bisa mencampur sedikit air dengan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di apotek hingga kental. Kemudian, kita cukup mengoleskannya di area kulit yang terluka.

 

4. Perawatan Rambut

Rambut
Rambut

Sejak dulu, daun bidara dipercaya dapat menjadi bahan untuk perawatan rambut. Hal tersebut dikarenakan daun bidara dapat mencegah kerontokan dan menguatkan rambut dari akar. Pengaplikasiannya pun cukup mudah. Kita cukup merebus daun bidara dan menjadikan air rebusannya sebagai hair tonic. Semprotkan atau oleskan ke kulit rambut secara merata dan secara disiplin dalam kurun waktu tertentu.

 

5. Solusi Atasi Sariawan

Kandungan antioksidan di dalam daun bidara dapat mencegah bakteri yang berada di dalam mulut. Itulah kenapa daun bidara dapat mengatasi berbagai masalah mulut seperti bibir pecah-pecah, dan juga sariawan.

 

6. Solusi Atasi Insomnia

Insomnia
Insomnia

Khasiat ini didapatkan dari kandungan saponin yang ada pada daun bidara, yang mana kandungan tersebut dapat memberikan efek yang menenangkan. Kita bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh dan meminumnya sebelum tidur. Daun bidara dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

 

7. Mengatasi Depresi

Selain dapat mengatasi insomnia, daun bidara juga dapat membantu mengatasi depresi loh! Senyawa yang terkadung pada daun bidara dapat memberikan efek nyaman dan dingin di tubuh. Kita bisa mengonsumsinya menjadi teh dan diminum dengan kondisi yang tenang. Jika orang terdekat kita mengalami depresi, kita juga bisa mencoba mengatasinya dengan membuatkannya teh daun bidara. Atau, kita juga bisa meminumnya sebagai pencegahan terhadap bahaya depresi.

 

8. Mampu Menurunkan Kolesterol

Air rebusan daun bidara dapat menghasilkan serat yang mana serat ini dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol akan terikat dalam system pencernaan yang kemudian akan terbuang keluar melalui feses. Itulah kenapa daun bidara baik dikonsumsi untuk orang tua.

 

9. Mengatasi Masalah Pencernaan

Para penderita maag wajib tahu, daun bidara ternyata dapat meringankan dampak negatif dari asam lambung. Daun bidara pun dapat mengeluarkan racun yang ada pada sistem pencernaan. Hal itu juga dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

Sekali lagi, khasiat itu dapat kita rasakan dengan meminum air rebusan daun bidara secara rutin. Apabila mengalami wasir, kita juga bisa secara langsung mengaplikasikan daun bidara pada bagian anus. Ulangi beberapa kali hingga wasir sembuh.

 

10. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang ada pada daun bidara dapat membantu dalam memperkuattulang dan gigi. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat menghindarkan kita dari kerapuhan tulang saat kita tua nanti.

 

11. Solusi Ampuh Permasalahan Wanita

Daun bidara ternyata mampu membantu melancarkan haid dan mengatasi keputihan loh! Daun bidara dapat menyeimbangkan hormon dan mengatasi keputihan. Minum air rebusan daun bidara secara teratur untuk dapat mendapatkan khasiat tersebut.

 

12. Menjaga Kesehatan Jantung

Tambahkan air rebusan daun bidara ke dalam menu makanan kita untuk dapat menjaga kesehatan jantung. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang lebih bagus.

 

13. Dapat Menstabilkan Gula Darah

Siapapun dapat terkena diabetes. Namun tahukah jika daun bidara juga dapat membantu mengatasi diabetes?

Daun bidara memiliki kandungan yang dapat melindungi diri dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Dengan mengonsumsi teh daun darah, kita juga dapat mengatur sistem perlindungan pada produksi insulin.

14. Menurunkan Berat Badan

Ternyata daun bidara dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, daun bidara juga dapat membantu kita membakar lemak. Itulah kenapa daun bidara dapat membantu kita menurunkan berat badan.

Namun secara umum, kita disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika kita sedang hamil atau menyusui dan memiliki alergi lateks.

Share:

Leave a Reply