Tips Menentukan Dekorasi Acara Pernikahan

Buket Pernikahan
Buket Pernikahan

Selama hidup kita pasti dihadapkan pada beberapa momen penting yang ingin kita rayakan dengan cara yang istimewa pula. Ada momen ulang tahun, wisuda, lamaran, dan yang biasanya paling membutuhkan banyak usaha adalah momen pernikahan. Tentu tidak ada yang ingin menikah lebih dari sekali bukan? Itulah mengapa banyak orang yang menganggap bahwa pernikahan adalah momen penting yang hanya terjadi satu kali seumur hidup. Momen pernikahan pastinya menyangkut keluarga, teman, dan orang-orang terdekat atau yang kenal dengan kita. Tentu kita tidak ingin mengecewakan atau bahkan memalukan mereka, bukan?

Dalam sebuah pernikahan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ketika kita memikirkan sebuah pernikahan, biasanya hal pertama yang terpikir adalah gaun pernikahan. Kebanyakan orang cenderung tidak terlalu memikirkan dekorasi pernikahan. Padahal dekorasi pernikahan memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya.

Dekorasi pernikahan berkaitan dengan rangkaian bunga, karpet, permadani, vas, label nama, suvenir, hingga piring yang digunakan dalam menyajikan makanan ke para tamu. Ada banyak detail yang harus diperhatikan ketika mengurus dan memutuskan dekorasi pernikahan. Tidak hanya bicara tentang tema secara keseluruhan, tetapi juga menyangkut tentang bagian-bagiannya.

Memutuskan dekorasi pernikahan adalah suatu langkah besar dalam pernikahan. Mengapa? Karena hal pertama yang terlihat di depan mata para tamu undangan adalah seberapa menarik dekorasinya. Apabila dekorasi pernikahan terlihat tidak menarik atau bahkan buruk, maka itu akan cukup memalukan, tidak hanya bagi pengantin tetapi juga keluarga besar.

Sering kali tidak disadari bahwasanya dekorasi pernikahan adalah poin utama dalam menentukan suasana selama acara pernikahan. Suasana pernikahan seperti apa yang kita inginkan, apa yang ingin kita sampaikan ke para tamu undangan, dan bagaimana pernikahan kita ingin dikenang oleh mereka, itu semua bergantung pada pilihan dekorasi pernikahan.

Dekorasi Upacara Pernikahan

Hiasan Jalan
Hiasan Jalan

Mari kita mulai dari dekorasi untuk upacara pernikahan. Upacara pernikahan merupakan inti dari keseluruhan sesi acara pernikahan. Dalam upacara itulah dua pasang kekasih saling berjanji dalam ikatan sakral pernikahan.

Pertama, kita harus tentukan pintu masuknya. Beri tanda yang menunjukkan bahwa itu adalah pintu masuk. Jangan biarkan tamu undangan kita datang dari segala arah. Selain dapat mempermudah mendata tamu yang datang, cara ini juga dapat memberi kesan rapi dalam susunan acara pernikahan kita.

Jangan biarkan pintu masuk terlihat biasa saja! Hiasi pintu masuk dengan bunga, pita, atau elemen lain. Namun tetap sesuaikan dengan tema dekorasi pernikahan.

Pintu masuk tidak harus berupa pintu. Kita bisa membuat gerbang sederhana, lorong yang dipenuhi tanaman gantung atau lampu kecil LED atau, dengan dua vas bunga yang besar. Intinya jangan biarkan pintu masuk ke aula pernikahan kita terlihat biasa saja.

Kedua, buat lorong. Sebenarnya ini sudah sedikit disinggung di poin sebelumnya. Kenapa harus ada lorong? Poin ini sebenarnya opsional. Tetapi dengan adanya lorong, tentu ini akan menambah nilai estetika dekorasi pernikahan kita. Apalagi jika kita menghiasnya dengan karpet merah dan taburan kelopak bunga.

Jika kesusahan untuk membuat atau menciptakan lorong, kita bisa juga menggantinya dengan membuat hiasan jalan. Atur beberapa pot bunga secara rapi hingga membuat sebuah jalan menuju ke aula pernikahan. Beri sentuhan manis berupa lampu-lampu kecil atau kita bisa memanfaatkan lampu taman. Selain itu, kita juga bisa membuat lorong dengan menata bangku.

Dekorasi Resepsi Pernikahan

Centerpiece
Centerpiece

Sesi resepsi dalam sebuah rangkaian acara pernikahan sering kali menjadi momen yang paling dinantikan. Ibaratnya, resepsi pernikahan adalah pesta yang sesungguhnya. Di sesi ini tamu yang hadir tidak hanya orang terdekat saja, tetapi juga kolega, teman sekolah, dan beberapa kenalan. Acaranya pun tidak seformal upacara pernikahan.

Kita bisa menyamakan tema dekorasi upacara pernikahan dengan resepsi pernikahan, ataupun membedakannya. Kedua pilihan tersebut tidak ada yang salah atau yang lebih baik.

Pertama yang harus diperhatikan dalam dekorasi resepsi pernikahan adalah panggung. Pengantin adalah titik fokus dari setiap tamu yang hadir. Sudut yang paling ingin dilihat oleh tamu adalah panggung di mana pengantin berada. Itulah mengapa poin ini menjadi poin utama yang harus kita perhatikan.

Sering kali para dekorator pernikahan yang profesional menyarankan kita untuk mengalokasikan sebagian besar anggaran dana kita untuk dekorasi panggung. Tentu hal ini wajar. Panggung akan menjadi fokus utama acara resepsi pernikahan kita. Bahkan setiap foto yang diambil mayoritas akan menggunakan panggung pernikahan sebagai latar belakang.

Kedua, centerpleces adalah keharusan. Apa itu centerpleces? Centerpleces adalah sebuah hiasan dekoratif yang biasanya diletakkan di atas meja panjang. Fungsi dari centerplece adalah sebagai penghias tampilan meja, terutama meja makan. Centerplece sering dihadirkan untuk acara-acara besar yang mana salah satunya adalah acara pernikahan. Selain dapat memberi kesan mewah, elegan, dan romantis, centerpleces juga dapat memberi kesan eksklusif.

Meski pesta resepsi pernikahan dilakukan sembari berdiri, kita masih memerlukan centerpleces untuk meja VIP ataupun meja keluarga. Tidak perlu terlalu boros. Kita bisa memanfaatkan bunga dalam toples kaca lalu dipercantik dengan lampu gantung di atasnya.

Lampu Gantung
Lampu Gantung

Ketiga, pencahayaan. Hampir setiap acara memerlukan dukungan pencahayaan, terutama bagi kita yang ingin menciptakan kesan estetik dalam suatu ruang acara. Pencahayaan dapat menentukan suasana. Misalkan kita menaruh pencahayaan kuning di beberapa titik, tentu itu akan memberi suasana hangat. Sebaliknya jika kita menaruh pencahayaan terang hingga minim sekali bayangan cahaya, tentu itu akan memberi suasana formal.

Pilihlah pencahayaan sesuai dengan tema dekorasi pernikahan kita. Sesuaikan juga dengan warna dekorasi dan pilihlah sudut-sudut terbaik dalam meletakkan arah pencahayaan.

Keempat, bunga. Ketika kita berbicara tentang pernikahan dan dekorasi, hampir dipastikan selalu ada bunga dalam gambaran. Bunga memang lekat dan hampir selalu ada dalam setiap acara pernikahan.

Memilih bunga adalah salah satu bagian paling menarik dari perencanaan pernikahan. Kita bisa menentukan bunga dengan lokasi resepsi pernikahan. Misalkan kita mengadakan resepsi pernikahan di taman, kebun raya, atau kebun anggur, maka kita dapat meminimalkan jumlah bunga yang dipakai. Itu akan lebih memberi kesan luas. Apabila kita mengadakan resepsi pernikahan di sebuah aula gedung, maka kita bisa memilih kelompok bunga tertentu. Pemakaian terlalu banyak jenis bunga bisa menghancurkan suasana yang ingin diciptakan. Kecuali jika kombinasi jenis bunga dinilai tepat atau serasi.

Perlu diketahui bahwa setiap toko bunga memiliki profesionalitas yang berbeda. Ada yang hanya dapat menyiapkan jenis bunga sesuai jumlah yang kita inginkan, namun ada pula yang dapat turut membuat konsep dekorasi. Kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Sebelum ke toko atau vendor yang menyediakan bunga, kita harus sudah lebih dulu mencari dan menentukan referensi dekorasi yang diinginkan. Hal tersebut akan mempermudah orang lain dalam membantu kita. Kita bisa mendapatkannya lewat media sosial ataupun situs-situs yang mengulas seputar dekorasi pernikahan.

Leave a Reply