Fakta Menarik Bunga Mata Kucing : Tanaman Cocok Untuk Ditanam di Rumahmu!

Bunga Mata Kucing
Bunga Mata Kucing

Bunga mata kucing adalah tanaman tahunan yang tumbuh sepanjang musim kemarau. Walaupun bunga ini tumbuh di musim kemarau, bunga ini hanya menyukai tempat yang teduh. Yuk kita ketahui semua tentang bunga mata kucing hanya di artikel FlowerAdvisor!

Bunga mata kucing atau dikenal dengan bunga torenia akan lebih indah ditanam pada taman rumah. Namun menanamnya di dalam pot gantung juga tidak mengurangi keindahannya.

Torenia dikatakan datang dari Asia dan berasal dari keluarga Linderniaceae. Tanaman ini dapat tumbuh hingga paling tinggi. Torenia memiliki daun bergerigi berwarna hijau muda, ukurannya kecil, terasa seperti berbulu, dan lengket. Jangan  biarkan tanaman ini mengalami kekeringan, torenia sangat memerlukan kelembaban. 

Nama torenia diambil dari seorang ahli botani sebagai penghormatan. Beliau adalah Olaf Toren, yang mana beliau juga seorang pendeta untuk perusahaan India Timur di Swedia pada abad 17. 

Baca Juga : Jenis Kaktus Untuk Koleksi Tanaman Hias

Arti Bunga Mata Kucing

Arti Bunga Mata Kucing atau Torenia
Arti Bunga Mata Kucing atau Torenia

Bunga torenia adalah symbol keberuntungan bagi bangsa Romawi kuno. Bunga ini dinamakan wishbone karena benang sarinya berbentuk seperti tulang harapan. Selain itu bunga ini melambangkan keberuntungan dan juga keinginan yang dapat terpenuhi. 

Lebih dari itu,  bunga mata kucing juga dianggap lambang kebahagiaan , itulah sebabnya bunga ini disebut bunga badut. Bunga ini juga diartikan sebagai pesona. Melihat makna dan simbolisme dari bunga mata kucing ini, tidak perlu ada keraguan untuk menanamnya di rumah.

Baca Juga : Rekomendasi Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah

Jenis-jenis Bunga Mata Kucing 

 

  • Torenia fournieri 
Jenis Bunga Kucing
Jenis Bunga Kucing

 

Jika taman di rumah tidak mendapat sinar matahari penuh, maka menanam bunga mata kucing jenis ini adalah solusinya. Mereka tetap akan tumbuh dengan warna-warna yang menawan meskipun pada tempat yang teduh.

Bunga jenis ini tumbuh dengan baik hingga musim gugur. Jenis ini adalah jenis yang paling umum ditemui. Bunganya berwarna biru keunguan, dengan bagian tengah berwarna kuning, dan ujung kelopak berwarna ungu tua. Tidak hanya itu, jenis ini juga memiliki warna lain seperti merah, merah muda, merah wine, dan putih. Dari jenis ini, bunga torenia memiliki beberapa jenis varietas lagi.

Di daerah yang tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu dingin, menanam bunga torenia fournieri cukup dengan menaburkan bijinya pada tanah. Tanah yang akan ditanami bunga jenis ini pun tidak perlu memiliki tingkat keasaman tertentu untuk membuatnya berbunga. Namun, bunga ini akan tumbuh lebih baik pada tingkat keasaman 6,0 – 6,5 pH.

 

  • Torenia krustasea
Jenis Bunga Kucing 2
Jenis Bunga Kucing 2

 

Jenis torenia krustasea adalah jenis yang paling asli dari Asia namun bisa ditemukan dan ditanam di seluruh dunia. Sama seperti jenis lainnya, warna bunga ini adalah biru keunguan. Untuk menanam jenis ini tanah yang paling baik adalah tanah lembab yang dengan sengaja dikeringkan. Jika akan membuat pagar, batas taman, tepi jalan, dan tepi sungai, bunga ini adalah pilihan yang tepat.

 

  • Torenia asiatica 
Jenis Bunga Kucing 3
Jenis Bunga Kucing 3

 

Bunga torenia jenis asiatica memiliki bagian tengah atau tenggorokan berwarna ungu gelap. Sedangkan kelopaknya berwarna ungu biasa yang cantik. Bunga ini akan mekar sepanjang musim panas. Selain itu,  bunga ini memanglah bunga yang paling bagus dari jenis lainnya untuk ditanam di ruang terbuka atau taman. Namun, menanam bunga jenis asiatica sebaiknya ditanam sebelum musim panas karena pertumbuhannya lebih lambat.

Manfaat Bunga Mata Kucing 

Tanaman mata kucing tidak banyak memiliki manfaat. Manfaat utama yang diberikan bunga torenia adalah manfaat estetika. Tanaman ini memanglah hanya tanaman hias. Untuk membuat dekorasi rumah yang cantik, tanaman ini dapat ditanam didalam pot gantung dan digantungkan di dekat jendela. 

 Selain pada dekorasi rumah, bunga torenia juga cantik jika ditanam di halaman rumah atau taman rumah . Bunga ini dapat ditanam dengan pola yang bagus untuk menjadi pembatas area yang boleh diinjak atau tidak. Bunga ini juga dapat ditanam mengelilingi taman sebagai garis tepi batas taman rumah. 

Di beberapa sumber mengatakan bahwa ketika allopathy belum menjadi bagian dari kedokteran, torenia dijadikan obat. Obat hasil dari torenia digunakan untuk menyembuhkan infeksi kornea dan juga penyakit gonore. Hal sama juga dilakukan oleh dokter Ayurveda.

Manfaat Bunga Telang

Apakah Bunga Mata Kucing Bisa Dimakan?

Bunga Mata Kucing Bisa dijadikan Salad
Bunga Mata Kucing Bisa dijadikan Salad

Bunga torenia adalah bunga edible. Artinya bunga mata kucing ini adalah bunga yagn bisa dimakan dan diperbolehkan untuk dimakan. Bunga ini memiliki warna yang cantik sehingga biasanya digunakan untuk mempercantik makanan. Tidak hanya itu bunga mata kucing juga bisa dicampurkan dengan salad. Bunga ini adalah makanan yang cocok untuk dicampurkan dengan makanan manis dan juga asin.  

Cara menanam bunga mata kucing

Cara Menanam Bunga Kucing
Cara Menanam Bunga Kucing
  1. Menyiapkan media tanam selalu menjadi hal pertama saat akan melakukan penanaman. Media tanam cukup dengan tanah, sekam, dan pupuk kendang fermentasi. Perbandingan ketiga bahan tersebut adalah 1:1:1. Tempatkan media tanam pada pot dengan lubang di bawahnya.
  2. Siapkan biji tanaman mata kucing di toko tanaman. Pilihlah biji dengan kualitas yang terbaik.
  3. Berikan kelembaban dengan air. Pastikan air meresap hingga dasar untuk menghindari kekeringan pada tanah. 
  4. Selanjutnya, biji torensia dapat ditaburkan pada permukaan media tanam. 
  5. Semprotkan kembali biji dengan air agar tidak terlalu basah tetapi juga tidak kering. Jangan lupa untuk menyemprotnya 2x sehari pada pagi dan sore hari.
  6. Penempatan yang terbaik untuk torensia adalah tempat yang terkena sinar matahari pagi. Tempat teduh akan membuat tanaman ini tetap lembab. Jangan biarkan torensia terjemur matahari. 
  7. Lakukan hal yang sama hingga biji berubah menjadi tunas yang lebih kuat. Butuh waktu sekitar setengah bulan untuk biji mata kucing menjadi tunas. 
  8. Setelah menjadi tunas, pindahkanlah ke pot yang lebih besar. Memindahkannya langsung ke taman rumah juga bukan ide yang buruk. Hanya saja perlu kehati-hatian ekstra dalam merawatnya. 
  9. Bunga ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh besar dan menghadirkan bunga. Kuncup bunga akan tumbuh pada bulan kedua hingga bulan ketiga, 

Cara merawat bunga torenia  

  1. Tanaman torenia memang menukai tempat yang lembab, namun yang membuatnya menjadi becek. Jika kelembaban tanah masih cukup baik tidak perlu menyiram tanaman lagi. Siramlah ketika tanah terlihat kering. 
  2. Pemupukan diperlukan untuk bunga mata kucing, namun pemupukan yang terlalu sering akan membuar mereka overdosis. Sebagai tanaman hias pupuk kimia boleh saja diberika. Gunakanlah pupuk NPK atau pupuk urea. Cukup 10 butir pupuk NPK untuk bunga torenia di dalam pot. Pemupukan dengan pupuk organic juga boleh dilakukan. Buatlah pupuk cair organik sendiri dari limbah rumah tangga atau peternakan. 
  3. Pemangkasan adalah hal yang sangat dibutuhkan tanaman ini untuk menghindari penularan hama. Selain itu, batang yang sudah mulai tua juga harus dipangkas agar tanaman tidak mati. Ketika bunga sudah terlalu tinggi juga perlu untuk dipangkas agar stolon bunga dapat segera tumbuh lagi. Pemangkasan ini akan membuat tanaman mata kucing ini tumbuh lebat.

Kesimpulan

Begitulah semua tentang bunga torenia atau mata kucing ini, secara umum bunga ini digunakan untuk memperindah halaman rumah maupun taman halaman belakangmu, namun tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan makanan dan hiasan lainnya. Yuk beli berbagai kumpulan bunga di FlowerAdvisor, toko bunga terpercaya di Indonesia

Add a Comment