Handmade
Handmade

Sudah menjadi tradisi dan hal yang biasa di seluruh dunia untuk memberikan kado kepada orang terdekat kita yang sedang berbahagia. Tentunya menjelang hari bahagia mereka kita akan kebingungan untuk memikirkan hadiah apa yang akan diberikan. Terutama saat hari ulang tahun, wisuda, valentine, dan hari bahagia yang lainnya. Dalam memberikan hadiah kita pastinya ingin hadiah yang kita berikan menjadi hadiah yang tak terlupakan bagi mereka. Nah, aretikel ini cocok banget nih buat kalian yang ingin memberikan hadiah yang unik lain daripada yang lain.

Kalian bisa banget untuk memberikan hadiah barang atau makanan yang dibuat oleh tangan kalian sendiri. Hadiah handmade ini tentunya akan lebih menyentuh hati mereka akan effort kamu dalam menyiapkan hadiah mereka. Pastinya hadiah ini akan menjadi hadiah yang lain daripada yang lain. Apalagi jika kantong kalian kering, yang satu ini bisa kamu coba lho! Berikut beberapa hadiah handmade yang bisa kamu buat dengan mudah untuk orang-orang terkasihmu :

1. Sweater rajut

Sweater Rajut
Sweater Rajut

Yang satu ini cocok banget nih untuk diberikan kepada orang yang kamu cintai seperti sahabat atau kekasihmu. Memberikan sweater rajut handmade ini memiliki makna sebagai pemberi kehangatan seakan kamu dekat dengan nya lho! Meskipun membutuhkan ketekunan dan kreativitasmu, pemberian hadiah handmade ini tentunya akan membuat mereka bahagia dan terharu ketika tahu sweater tersebut adalah buatanmu sendiri.

Dikarenakan proses pembuatannya yang membutuhkan ketekunan dan ketelitian, mereka cukup lama untuk merajut satu sweater. Oleh karena itu, jika kamu berniat memberikan hadiah ini maka mulailah untuk membuat setidaknya 3 minggu sebelum diberikan. Atau jika kamu sudah terlanjur hasil karya rajut mu namun waktu sudah mepet maka kamu bisa menggantinya dengan model lain. Kamu bisa membuatkannya syal, kupluk, atau sarung tangan.

2. Scrapbook

Yang satu ini merupakan buku yang berisi karya kreatif si pembuat yang terdapat tempelan foto atau gambar dan dihias sekreatif mungkin. Scrapbook merupakan hadiah yang paling populer jika sedang berbicara hadiah handmade. Jika kamu berniat memberikannya kepada sahabatmu maka kamu bisa menempelkan kenangan-kenangan indah bersama sahabatmu. Lalu kamu tinggal menghiasnya dengan potongan-potongan gambar atau desain yang menggambarkan sahabatmu. Namun, jika kamu berniat memberikannya kepada kekasihmu maka kamu bisa menghiasnya seromantis mungkin. Kamu bisa menyelipkan bunga-bunga yang sudah mengering yang diberikannya.

Pembuatan scrapbook tidak mengeluarkan biaya yang banyak. Karena biasanya mereka hanya menggunakan kertas seperti karton ataupun kardus. Sedangkan untuk mengisi scrapbook kamu hanya perlu menempelkan foto-foto kenangan dan sobekan-sobekan koran atau gambar dari majalah. Benda ini bisa menjadi hadiah yang tak terlupakan karena banyak mengandung kenangan untuk dinostalgia didalamnya.

3. Message jar

Message Jar
Message Jar

Benda satu ini merupakan kumpulan gulungan kertas kecil yang ditaruh di dalam sebuah toples. Masing-masing gulungan kertas tersebut biasanya dimasukkan pesan-pesan atau kata-kata yang penulis ingin sampaikan kepada penerimanya. Mereka biasanya ditujukkan kepada kekasih maupun sahabat. Meskipun sering diberikan kepada kekasih, mereka tidak hanya berisikan pesan-pesan cinta atau kata-kata romantis. Namun, mereka bisa berisikan kalimat-kalimat penyemangat, motivasi, dan pujian kepada penerimanya.

Untuk aturan membukanya adalah mereka hanya bisa membuka satu kertas perharinya. Hal ini bertujuan jika penerima mengalami hari yang buruk maka diharapkan kertas tersebut dapat meningkatkan semangat dan melupakan kesedihannya.

4. Kotak hal kesukaannya

Jika biasanya kita memberikan barang yang dirasa mereka akan suka maka tidak dengan yang satu ini. Ketika mereka menerima hadiah ini darimu pastinya mereka akan senang sekali. Kamu hanya bermodalkan sebuah kardus yang dihias dengan pita dan kartu ucapan. Selanjutnya kamu bisa memasukan barang-barang favorit mereka di dalamnya. Tidak perlu barang mahal, kamu bisa memasukkan permen, snack, minuman, body lotion, shampoo, body shower, dan lain-lain yang mereka sukai. Pemberian ini dapat membuat mereka tersentuh dan terharu karena berpikir bahwa kamu sangat sedetail itu tentang kesehariannya. Hadiah ini bisa kamu bukan hanya di hari ulang tahun saja. Namun, kamu bisa memberikannya untuk temanmu yang sedang sakit, wisuda, atau sebagai ucapan terimakasih.

5. Makanan

Macaroon
Macaroon

Jika sedang membahas mengenai hadiah handmade maka makanan tidak bisa untuk dilupakan ke dalam salah satu pilihannya. Makanan buatan sendiri yang diberikan kepada orang yang tersayang seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang gemar memasak. Biasanya wanita cenderung ingin menunjukkan bakat memasaknya kepada orang-orang terdekatnya. Mereka seringkali memberikan masakan buatannya secara cuma-cuma baik kepada kerabat maupun kekasih. Kapan lagi kan makananmu dicicipi oleh orangtua kekasihmu? Apalagi jika masakanmu dipuji enak!

Buat kamu yang tidak bisa memasak jangan khawatir! Kamu bisa banget memberikan makanan yang simple untuk dibuat. Seperti kue kering, brownies, puding, nasi goreng, atau makanan lainnya yang menurutmu mudah untuk dibuat. Ditambah sekarang banyak video-video konten yang berisi cara memasak banyak menu di internet.

6. Buket buatanmu

Untuk kamu yang memiliki kreativitas tak terbatas. Cobalah untuk membuat buket yang cantik dengan tanganmu sendiri. Selain untuk menghemat biaya, kamu bisa dengan bebas menuangkan kreativitas dan perasaanmu saat merangkainya. Jika kamu ingin mememberikan hadiah sebuket bunga maka kamu bisa membeli bunga potongan di pasar bunga beserta fillernya. Alat dan bahan yang diperlukan hanya gunting, busa, selotip, kertas samson kraft, wax paper, dan fancy paper klasik. Buket bunga selalu menjadi pilihan utama jika berbicara tentang hadiah. Hal ini dikarenakan buket bunga cocok untuk diberikan diberbagai kesempatan. Mereka bisa diberikan untuk hadiah ulang tahun, anniversarry, jenguk kerabat yang sakit, wisuda, valentine, hari ibu, dan lain-lain.

Selain buket bunga kamu juga bisa banget membuat buket snack. Ini cocok banget untuk diberikan buat mereka yang suka nyemil. Apalagi jika diberikan kepada anak-anak. Kamu hanya memerlukan alat dan bahan seperti pembuatan buket bunga. Namun, bukan bunga yang perlu dibeli melainkan snack favorit penerimanya lah yang perlu kamu beli. Selain menghemat uang, pemberian buket snack ini juga tidak akan sia-sia. Hal ini dikarenakan buket bunga tidak akan tahan lama dan hanya berujung di tong sampah. Sedangkan buket snack meskipun cepat habis namun setidaknya mereka merupakan makanan favorit yang dapat dikonsumsi.

Bagaimana? Tertarik untuk memberikan hadiah hasil karyamu sendiri bukan? Memberi hadiah tidak melulu soal harga dan barang bermerek. Jika kamu memberikannya dengan setulus hati maka mereka yang menerima sudah pasti akan tulus dan senang juga untuk menerimanya. Tidak jarang hadiah yang dibuat dengan kasih sayang cenderung akan menjadi hadiah yang akan terus diingat sepanjang hidupnya.

Share:

Leave a Reply