macam bunga anggrekYa, siapa yang tidak mengetahui bunga unik dan menarik satu ini, bunga anggrek. Bunga memiliki sejuta hal menarik dan memiliki ribuan spesies yang tersebar di seluruh dunia. Tidak heran jika bunga ini selalu menjadi buruan banyak pecinta bunga, baik untuk sekedar koleksi atau dijual.

Sebenarnya Indonesia memiliki sekitar 6.000 spesies anggrek tersebar dari ujung barat hingga ujung timur. Setiap daerah bisa saja memiliki anggrek endemik dan bisa saja terus bertambah. Apalagi masih banyak daerah atau hutan yang belum terjamah, sehingga masih ada kemungkinan bertambah.

Meskipun demikian, sebenarnya anggrek di Indonesia adalah salah satu bunga yang dilindungi oleh undang-undang karena terancam punah. Apalagi saat ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memperjualbelikan anggrek secara ilegal. Namun, apa saja macam-macam anggrek yang perlu Anda ketahui?


Anggrek Bulan

Anggrek yang memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis ini diberi nama anggrek bulan karena warnanya putih seperti bulan purnama. Bunga anggrek satu ini menjadi anggrek yang sangat sering dijumpai di Pulau Kalimantan. Wilayah Kalimantan Barat adalah daerah paling banyak ditumbuhi anggrek cantik ini.

Anggrek bulan sangat mudah untuk di identifikasi karena kelopak bunga memiliki warna bunga putih bersih. Ada beberapa corak berupa warna merah atau kuning yang terdapat pada bunga. Bunga ini sangat cocok untuk dikembangkan dan dibudidayakan sendiri di rumah, asalkan Anda bisa merawatnya.

Anggrek Kasut Kumis

Bagi Anda mungkin masih awam terhadap anggrek satu ini, ketika melihatnya akan Anda anggap sebagai kantung semar. Anggrek ini memang memiliki bentuk menyerupai tanaman pemakan serangga tersebut. Ditambah lagi di sekitar bunga terdapat bulu halus yang nampak dengan sangat jelas.
Nama latin anggrek ini adalah Paraphaenopsis chamberlainianum dan sangat mudah dikenali. Selain karena bentuknya yang memiliki kantung, anggrek ini pada umumnya memiliki kombinasi warna ungu dan hijau. Pada bagian tepi kelopak biasanya memiliki warna putih bening dan ada bintik-bintik warna pada bagian dalam kantung.

Anggrek Kebutan

Bunga anggrek kebutan sebenarnya memiliki bunga sangat unik. Biasanya dalam satu tangkai ada banyak sekali bunga yang tumbuh secara memanjang. Selain itu daun bunga ini mirip seperti daun pandan, namun sedikit lebih tebal. Akar bunga juga terlihat lebih banyak dengan warna putih kehijauan.

Anggrek kebutan memiliki warna oranye terang sehingga sangat mudah dikenali. Sayangnya bunga ini termasuk dalam kategori langka dan sangat sulit melihatnya di tempat umum. Biasanya bunga ini bisa Anda jumpai di kebun raya, taman bunga, atau tempat-tempat pelestarian lainnya yang mendapat izin pengelolaan.

Anggrek Bulan Bintang

Jika ada anggrek bulan, maka satu ini adalah jenis anggrek bulan bintang. Seperti namanya, anggrek satu ini memang cukup unik dengan 5 kelopak bunga yang dianggap menyerupai bintang. Sedangkan pada bagian tengahnya ada banyak orang menganggapnya mirip dengan bentuk bulan yang sempurna.

Kelopak bunga anggrek bulan bintang memiliki perpaduan warna yang sangat menarik. Bagian dalam kelopak memiliki warna putih, sedangkan pada bagian luar memiliki warna kehijauan. Ada corak warna berupa bintik-bintik merah kecokelatan pada setiap kelopak bunga, dan karena itu juga bunga ini mudah dikenali.

Anggrek Kerlip

Anggrek yang memiliki nama latin Phalaenopsis violacea ini sebenarnya masih satu spesies dengan anggrek bulan. Banyak orang yang mengatakan bahwa anggrek ini adalah yang paling mudah ditumbuhkan. Bahkan saat ini sudah banyak orang yang membudidayakan anggrek satu ini sendiri di rumah.

Anggrek kerlip dapat dikenali dari warna kelopaknya yang berwarna ungu dan pada bagian ujung kelopak memiliki warna kehijauan. Umumnya anggrek ini memiliki 5 kelopak, namun ada beberapa juga yang ternyata lebih dari 5 kelopak. Anggrek ini cocok Anda jadikan sebagai bunga hias di rumah.

Anggrek Jamrud

Anggrek ini dinamai demikian bukan karena ditemukan atau identik dengan band yang populer pada tahun 90an. Namun diberikan nama jamrud karena memiliki warna yang sangat menarik. Anggrek jamrud memiliki nama latin Dendrobium macrophyllum dan menjadi anggrek yang sangat populer di masyarakat Indonesia.

Bentuk bunga anggrek ini sebenarnya mirip seperti kupu-kupu terbalik. Hanya saja ada kelopak bunga yang bertumpuk. Kelopak bunga bagian bawah lebih lebar daripada bagian atas. Sedangkan warnanya adalah ungu cerah dengan bagian kelopak tengah terdapat bintik-bintik warna sangat menarik.
Anggrek ini mungkin akan sangat mudah Anda jumpai, terutama ketika berkunjung ke toko bunga. Biasanya anggrek jamrud diletakan di dalam pot besar supaya terlihat lebih menarik. Bahkan anggrek satu ini memiliki harga yang relatif lebih tinggi ketimbang jenis anggrek lain.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis anggrek yang ada di Indonesia. Apalagi di Indonesia ada sekitar 6.000 jenis anggrek yang tersebar. Namun tidak semua anggrek familiar bagi masyarakat karena kebanyakan jenis adalah bunga anggrek yang dijumpai di hutan. Untuk bunga anggrek, Anda dapat order melalui FlowerAdvisor di sini.

Share:

Leave a Reply