Tanaman Depan Rumah
Pot Gantung Depan Rumah

Dekorasi rumah tidak lengkap tanpa kehadiran tanaman. Pemilik rumah menanam berbagai jenis tanaman di pekarangan rumah untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih hijau dan menyejukkan. Berbagai jenis tanaman dikombinasikan untuk mendapatkan tampilan taman yang cantik. Pemilik rumah bisa mengkreasikan tanaman dengan interior tertentu untuk mendapatkan design taman yang mempesona. Berikut beberapa inspirasi design yang bisa diterapkan pemilik rumah dalam mengatur tanamannya:

Baca Juga : Pesan Ide Bunga Terbaik Disini

1.Menyulap Teras Rumah Menjadi Taman Depan Rumah 

Inspirasi Design Tanaman Depan
Tanaman Depan Rumah

 

Rumah yang tidak memiliki taman yang luas dan area terbuka tidak berarti memupuskan harapan pemilik rumah untuk menyalurkan hobinya untuk merawat tanaman. Kamu bisa menggunakan area teras depan rumah walaupun dilindungi atap sebagai taman depan rumah yang cantik. Kamu tidak harus membongkar lantai teras untuk bisa ditanami bunga- bunga. Kamu bisa memanfaatkan pot sebagai media tanam tumbuhan yang akan Kamu tanami. Selanjutnya, Kamu bisa menata pot bunga tersebut menjadi tampilan yang Kamu inginkan. 

Beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika menjadikan area teras sebagai taman depan rumah. Pertama adalah memperhatikan jenis tanaman yang akan kamu tanam. Kamu disarankan untuk memilih bunga dengan kelopak yang besar serta mempunyai warna yang senada dengan eksterior rumah. Contohnya, Kamu bisa memilih bunga anyelir. Pada malam hari, kehadiran taman depan rumah akan mempercantik tampilan rumah Kamu ketika bunga-bunga disinari oleh lampu teras rumah.

2. Taman Minimalis

Jika Kamu mempunyai rumah yang dilengkapi dengan taman depan rumah, namun luas wilayah tersebut tidak terlalu lebar maka Kamu bisa memaksimalkan manfaatnya dengan cara membangun taman minimalis. Beberapa ide membangun taman minimalis depan rumah adalah:

Baca Juga : Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik

1. Taman Minimalis dengan Jalan Setapak 

Ide Jalan Setapak
Ide Tanaman Depan Rumah

Lahan kosong yang berada antara pintu gerbang rumah dan pintu rumah utama bisa kamu tanami dengan tanaman depan rumah. Kamu bisa membangun taman minimalis dengan cara mengkreasikannya dengan jalan setapak. Jalan tersebut bisa dibangun dari pagar ke pintu rumah, disisi samping jalan bisa Kamu manfaatkan dengan menanam tanaman hias yang Kamu inginkan. Kamu bisa mengisi daerah tersebut dengan rumput jepang, kemudian melengkapinya dengan tanaman pagar contohnya bunga soka, dan jenis bunga lainnya. 

Jalan setapak yang akan Kamu bangun disarankan menggunakan unsur alam, sehingga lebih menyatu dengan taman minimalis yang akan Kamu bangun. Seperti, menggunakan batu sungai, pijakannya menggunakan batu granit, atau kayu. Taman minimalis yang Kamu design dengan rapi akan mempercantik tampilan rumah Kamu. 

2. Meletakkan tanaman di dinding

Tanaman Dinding
Tanaman Hias Dinding

 

Kamu juga bisa memanfaatkan area yang ada dengan menggantung tanaman di dinding. Tatakan bunga yang didesign dengan baik akan mempercantik tampilan rumah. Kamu harus memperhatikan jenis tanaman yang akan Kamu tanam dan warna pot yang akan Kamu gunakan. PIlih tanaman yang memiliki bunga dan daun yang kecil, serta pilih pot yang bewarna senada dengan dinding. Warna pot yang berbeda dengan dinding rumah akan memperindah tampilan taman minimalis. 

Beberapa jenis tanaman yang bisa Kamu pilih untuk digantung di dinding adalah; tanaman hias gantung begonia, tanaman yang memiliki warna merah akan menarik siapapun yang melihatnya, bunga tanaman ini tumbuh mengahada ke bawah, sehingga sangat cocok dijadikan tanaman gantung. Selain itu, bunga begonia tumbuh dengan subur dan banyak, sehingga mempercantik tampilan taman. 

Jenis tanaman kedua yang bisa Kamu pilih adalah tanaman hias gantung Dischidia Geri. Tanaman ini dijuluki dengan nama apple leaf, karena tanaman hias ini hanya terdiri dari dedaunan yang bewarna hijau. Jenis tanaman gantung ini tidak menyukai banyak sinar matahari, sehingga Kamu bisa menggantungnya di tempat yang terlindungi dari sinar cahaya matahari langsung. 

Tanaman hias gantung Zygocactus. Jenis tanaman hias ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi taman minimalis yang akan Kamu bangun. Tanaman ini memiliki bunga dengan warna yang sangat cerah, serta bunga yang tumbuh dengan cara menggantung. Bunga yang tumbuh juga sangat padat sehingga cocok untuk ditanami dengan cara digantung di dinding. Selain itu, tanaman ini hidup dengan baik di bawah sinar matahari. Sehingga, Kamu bisa menempatkan tanaman ini di luar ruangan.  

3. Mengkombinasikannya dengan kolam ikan

Tanaman di Kolam Ikan
Tanaman di Kolam Ikan

 

Jika Kamu mempunyai taman yang lebih luas, Kamu bisa membagi area tersebut menjadi beberapa spot. Kamu bisa menanam rumput jepang untuk menutupi tanah di samping jalan setapak. Setelah itu didekat pagar atau dinding rumah, Kamu bisa membuat kola mikan dalam ukuran minimalis. Diantara kola mikan dan area rumput, Kamu bisa menanam tanaman pagar yang akan semakin membuat tampilan rumah Kamu menjadi lebih asri dan hijau, sehingga lebih enak untuk di pandang.

3. Menghias Taman Depan Rumah dengan Living Wall

Ide Design Living Wall
Ide Design Living Wall

 

Kamu yang memiliki permasalahan dengan area yang terbatas, bisa menerapkan konsep living wall atau taman vertical untuk memperantik tampilan rumah. Dinding rumah yang kosong bisa Kamu manfaatkan sebagai taman depan rumah. Hal yang pertama kali harus Kamu sediakan adalah kayu atau besi penyangga untuk meletakkan pot-pot kecil yang berisi tanaman. Selanjutnya, Kamu harus menggantungkan kayu atau besi penyangga yang sudah kamu siapkan sebelumnya ke dinding. Kemudia, Kamu bisa menata pot-pot kecil yang berisi tanaman hijau di besi penyangga tersebut. Saat tanaman tumbuh, maka rongga-rongga pada penyangga, akan tertutupi dan akan terbentuk taman pada dinding. Tips agar taman lebih terlihat hijau adalah menaman tanaman yang daunnya tumbuh memanjang. 

4.Memanfaatkan Pot Gantung sebagai Taman Depan Rumah

Tanaman Depan Rumah
Pot Gantung Depan Rumah

Jika rumah yang Kamu miliki tidak dilengkapi dengan taman depan rumah, Kamu bisa menyiasatinya dengan cara membuat pot gantung sebagai taman depan rumah. Kamu lebih disarankan untuk memilih pot yang berukuran kecil dan rantai besi sebagai penggantungnya, sehingga pot-pot tersebut tidak mudah jatuh dan lebih aman bagi penghuni rumah. 

Hal lain yang harus Kamu perhatikan jika membuat taman depan rumah dengan pot gantung adalah memastikan pot-pot tersebut digantung jauh dari jangkauan anak-anak. Tanaman yang cocok untuk ditanami dalam jenis pot ini adalah bunga gantung dan tanaman herbal. Berikut beberapa jenis tanaman yang bisa Kamu pilih:

1.Tanaman hias Fuschia atau Kembang Anting-Anting

Tanaman ini lebih dikenal dengan kembang anting-anting. Sesuai dengan namanya, bunga dari tanaman hias ini tumbuh dengan cara menggantung dan mirip dengan anting-anting yang cantik, sehingga cocok untuk mengisi pot gantung di rumah Kamu. Tanaman ini termasuk jenis tanaman hias tropis, sehingga bisa mekar sepanjang tahun. Bunga ini juga memiliki varian warna yang menarik seperti, merah, pink, ungu, putih dan warna kombinasi. 

2.Tanaman hias Lobelia 

Tanaman gantung ini dikenal dengan bunganya yang canrik dan beaneka ragam. Kamu bisa melihat bunga lobelia yang bewarna ungu, biru, merah dan putih. Tanaman ini sangat mudah untuk dirawat sehingga cocok untuk menjadi tanaman gantung yang menghiasi taman depan rumah. 

Kesimpulan

Jadi banyak berbagai macam Ide Design Tanaman Depan Rumah untuk mempercantik halaman depan rumah kamu, jadi kamu suka ide yang mana? Yuk Komen dan share artikel ini 🙂

Baca Juga : Kumpulan Bunga Terbaik

Share:

Leave a Reply