Janda Bolong, Primadona Ditengah Pandemi COVID-19

Janda Bolong
Janda Bolong

Tanaman Monstera atau yang lebih dikenal sebagai tanaman hias janda bolong, merupakan jenis tumbuhan yang termasuk kedalam 45 genus tumbuhan berbunga yang berasal dari keluarga arum, aracaea. Pemberian nama genus tanaman ini dengan monster atau abnormal dikarenakan ciri khas daun yang dimiliki oleh tanaman janda bolong. Daun tumbuhan ini memiliki lubang yang terbentuk secara alami dan hal ini yang membedakannya dengan jenis tanaman hias lainnya. Tanaman ini pertama kali ditemukan di daerah tropis wilayah Afrika, kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara di berbagai belahan dunia mengharuskan masyarakatnya mengurangi aktivitas mereka berada di luar rumah. Keberadaan virus corona disekitar kita menjadi alasan pemerintah mengeluarkan aturan untuk memindahkan berbagai aktivitas masyarakat seperti kegiatan ekonomi, pendidikan, ibadah dan kegiatan lainnya yang membentuk kerumunan dipindahkan ke rumah masing – masing.

Perubahan mendadak yang mengharuskan masyarakat beradaptasi dalam waktu yang sangat singkat berpengaruh pada perilaku dan hobi yang diminati oleh masyarakat tersebut. Seharian di rumah dan tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah seperti biasanya akan menimbulkan kebosanan bagi masyarakat. Sehingga dimasa pandemi banyak bermunculan hobi dan minat baru yang ditunjukkan oleh maysarakat Indonesia untuk menghilangkan rasa bosannya selama di rumah.

Salah satu hobi dan minat yang banyak ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia di masa pandemi covid-19 adalah memelihara tanaman. Banyak masyarkat yang rela mengeluarkan banyak dana untuk bisa memiliki tanaman hias yang menjadi incarannya. Hobi untuk mengkoleksi berbagai jenis tanaman hias yang cantik dan unik mengakibatkan kenaikan harga pada beberapa tanaman tertentu. Tanaman janda bolong menjadi salah satu jenis tanaman hias yang sangat diminati dan dicari oleh masyarakat Indonesia untuk menambah koleksi tanaman hias mereka.

Minat masyarakat yang tinggi terhadap tanaman monster menyebabkan harga tanaman tersebut melambung tinggi. Harga tanaman hias jenis Indoor Mostera Adansonii Variegata atau yang lebih dikenal sebagai tanaman janda bolong varigeta bahkan sampai menyentuh angka Rp. 60.000.000. Harga yang tinggi tidak menurunkan minat masyarakat untuk bisa memiliki tanaman unik ini. Hal ini menjadikan monstera sebagai salah satu tanaman hias primadona yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Ada beberapa pendapat yang menjelaskan alasan kenapa lubang terbentuk pada daun tanaman ini. Bentuk khas dari daun janda bolong yang menjadikannya sebagai primadona tanaman hias terbentuk dikarenakan mekanisme alami yang terjadi pada tumbuhan tersebut. Habitat asli dari tanaman ini adalah di dalam hutan. Tanaman ini tumbuh dan berkembang secara semi epifit, dimana akar tumbuhan ini tetap berada di tanah, merambat atau menempel pada tanaman lainnya. Hal ini menyebabkan kenopo dari pohon yang lebih besar menutupi tumbuhan janda bolong.

Kondisi, dimana tanaman monster tertutupi tumbuhan yang lebih besar mengharuskan tanaman janda bolong bertahan hidup dengan cara menangkap bintik matahari atau berkas kecil dari sinar matahari yang menembus kenopi. Hal ini mengakibatkan terjadinya modifikasi pada struktur daun janda bolong agar memiliki lubang pada area daun yang tertutupi tumbuhan besar.

Bolongan yang terbentuk pada daun meningkatkan kemungkinan tumbuhan ini untuk menangkap cahaya matahari. Selain itu, libang – lubang pada daun meningkatkan keefektifan dan efisiensi penyerapan sinar matahari. Namun, pendapat yang mengemukakan alasan terbentuknya lubang pada daun tanaman janda bolong masih belum bisa dipastikan benerannya.

Selain memiliki bentuk daun yang unik, tanaman janda bolong yang hidup pada lingkungan dengan kelembaban tinggi akan tumbuh dan berbunga sepanjang tahun. Bunga ini akan berbunga pertama kali pada saat tanaman janda bolong berusia tiga tahunan.

 

Manfaat yang didapatkan ketika merawat tanaman janda bolong

Janda Bolong
Janda Bolong

Selain menjadi primadona karena bentuk khas yang dimilikinya, tanaman ini juga memiliki beragam manfaat bagi pemiliknya, diantaranya adalah:

1. Memperbaiki Kualitas Udara

Tanaman hias monstera mampu menyerap berbagai zat beracun yang ada di uadar seperti benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene dan ammonia. Kemampuan ini menjadikan tanaman janda bolong mampu membersihkan dan memperbaiki kualitas udara di sekitarnya. Kamu bisa meletakkan tanaman hias ini di dalam rumah ataupun menanamnya di taman yang berada di perkarangan rumah.

2. Menyegarkan Mata Lelah

Memandang tumbuhan hijau setelah beraktivitas seharian didepan layar komputer akan menyegarkan mata yang lelah. Selain itu, tanaman janda bolong yang dilatakkan di atas meja kerja juga membantu menyerap bahan kimia pemicu sakit kepala, pusing, iritasi, gangguan saluran pernapasan dan reaksi alergi.

 

Cara menanam dan merawat tanaman hias janda bolong dengan baik dan benar

Janda Bolong
Janda Bolong

Tanaman hias yang menjadi primadona dengan bentuk yang khas ini harus dirawat dengan baik, agar mampu bertahan dan terus tumbuh dalam waktu yang lama. Berikut beberapa cara :

1. Menanam janda bolong dengan cara hidroponik

Hal pertama yang harus diperhatikan jika kamu ingin menanam tanaman janda bolong secara hidroponik adalah memilih media tanam yang tepat. Salah satu media yang sering dijadikan media tanam adalah wadah yang terbuat dari bahan bening seperti keramik dan kaca. Bagian badan wadah harus lebih besar dibandingkan leher, ukurannya harus disesuaikan dengan tanaman monster yang akan kamu tanam.

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah cara menanam tanaman janda bolong. Tanaman hias ini harus ditanam dengan posisi tegak di dalam wadah. Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk menempatkan kerikil kecil di bagian sampingnya. Kamu juga harus memastikan tidak ada sisa tanah yang menempel pada tanaman janda bolong saat dimasukkan ke wadah.

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah membei aid dan pupuk. Air yang kamu gunakan adalah jenis air yang tidak mengandung garam dan bahan kimia. Selain itu, kamu juga harus rutin memberikan pupuk setidaknya sebulan sekali, agar tanaman monster bisa tumbuh dengan baik.

2. Menanam monster dengan media tanah

Hal pertama yang harus kamu siapkan sebelum menenam tanaman janda bolong dengan media tanah adalah memastikan kondisi tanah yang akan menjadi media tanam. Tanah yang kamu gunakan haruslah berkualitas baik sehingga tanaan janda bolong bisa hidup dengan baik. Kamu bisa mencampur tanah dengan pasir dan kompos.

Kamu juga harus menyediakan area merambat dari tanaman janda bolong. Tanaman hias ini dikenal sebagai tumbuhan yang hidup menumpang pada inang. Sebelum ditanam kamu harus mendukung pertumbuhannya dengan memberikan media rambat dari tanaman janda bolong.

Air dan pupus menjadi dua hal yang harus kamu siapkan ketika memilih untuk membudidayakan tanaman janda bolong. Kamu harus memperhatikan kelembaban media tanam dari monster, serta memberikannya pupuk secara teratur agar tanaman hias ini bisa hidup dengan baik.

Faktor selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah memastikan tanaman ini hidup dengan pencahayaan sinar matahari yang cukup. Matahari menjadi faktor yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk hidup dengan baik.

Recommended Products

    Leave a Reply