Bunga Dahlia
Bunga Dahlia

Negara Meksiko menjadikan bunga dahlia sebagai bunga nasionalnya. Tanaman satu ini dikenal dengan susunan kelopak dan warnanya yang indah. Keindahan bunga dahlia akan membuat siapapun melihatnya berkeinginan untuk merawatnya. Buat Kamu yang mempunyai ketertarikan terhadap tanaman, Kamu bisa menambahkan bunga indah ini sebagai salah satu koleksi tanaman yang Kamu miliki.

Sebelum mengadopsi bunga dahlia sebagai tanaman hias sebaiknya Kamu mengetahui lebih lanjut mengenai bunga satu ini. Artikel ini akan membahas mengenai bunga dahlia secara lebih lanjut. Yuk sama-sama cari tahu.

Ciri-Ciri Bunga Dahlia

Ciri Bunga Dahlia
Ciri Bunga Dahlia

Penamaan bunga dahlia merupakan bentuk penghormatan terhadap seorang ahli botani asal Swedia yaitu Anders Dahl. Bunga dahlia dijadikan sebagai bunga nasional negara Meksiko, selain Meksiko Kota Seattle, dan negara bagian Washington di Amerika Serikat juga menjadikan bunga satu ini sebagai bunga resmi.

Bunga dahlia diyakini berasal dari negara Meksiko. Negara tersebut menjadikan dahlia sebagai bunga nasional karena keindahan dan eksotisme yang dimilikinya.

Bunga dahlia termasuk kedalam tumbuhan perdu berumbi dan merupakan bunga tahunan. Dahlia akan berbunga selama rentang waktu musim panas dan musim gugur. Kamu bisa mengenali bunga dahlia dengan melihat kelopaknya yang unik. Kelopak bunga tersusun secara simetris dengan ujung kelopak berbentuk runcing.

Namun, bagi pecinta tanaman yang ingin mengembangkan bunga ini, harus ekstra sabar dan memiliki keterampilan berkebun yang baik. Bunga dahlia dikenal sebagai tanaman yang sulit untuk dibiakkan, hal ini dikarenakan, didalam satu umbi hanya terdapat satu bunga saja.

Dahlia memiliki bunga dengan susunan kelopak yang mempunyai beragam warna memikat. Bunga dahlia dijadikan sebagai makanan untuk kupu-kupu. Keindahan bunga satu ini menarik kupu-kupu untuk mendekatinya.

Bunga dahlia termasuk kedalam tumbuhan semak dan bisa bertahan hidup lebih dari dua tahun. Walaupun dikenal sulit untuk dikembangkan, dahlia mempunyai kemampuan adaptif yang tinggi terhadap kondisi lingkungan tempat dia tumbuh.

Dahlia mempunyai setidaknya 42 spesies termasuk didalamnya jenis bunga hybrid. Morfologi atau ciri-ciri yang dimiliki bunga dahlia adalah:

  • Bunga

Pada 1 batang dahlia hanya ditumbuhi oleh 1 bunga dengan ukuran diameternya antara 5 sampai 30 cm. Pada bunga umumnya hanya terdapat 2 set kromosom homolog, sedangkan pada bunga dahlia ditemukan 8 set kromosom homolog.

Fakta unik lainnya dari bunga dahlia adalah bunganya tidak menghasilkan bau. Hal ini membuatnya tidak bisa menarik serangga dengan baunya. Namun, bunga dahlia tetap bisa membuat serangga mendatanginya dengan warna cerah yang dimiliki kelopaknya, hal ini akan menarik serangga mendatangi bunga dahlia.

  • Batang

Selain mempunyai bunga dengan ukuran besar, bunga dahlia juga mempunyai batang yang ditumbuhi banyak daun. Batang dahlia bisa tumbuh antara 30 centimeter sampai 2.4 meter.

  • Perkembangan bunga dahlia

Walaupun memiliki tingkat adaptif yang tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan, namun bunga dahlia hanya bisa tumbuh dengan baik jika dikembangkan pada daerah dataran tinggi atau di daerah pegunungan. Dahlia akan tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian 1.500 sampai 3.700 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga : Jenis Bunga Bougenville

Jenis-Jenis Bunga Dahlia

Jenis Bunga Dahlia
Jenis Bunga Dahlia

Diketahui dahlia terdiri dari 42 spesies, beberapa jenis bunga dahlia adalah:

1. Pompon

Bunga dahlia pompon adalah jenis dahlia dengan bunga berbentuk bulat dan mengembang. Nama pompon disematkan pada tumbuhan ini, karena bentuknya yang terlihat sama dengan pompon yang dibawa oleh para pemandu sorak. Kelopak bunga dahlia pompon berbentuk spiral dan datar. Jika diperhatikan, kelopak bunga satu ini terlihat seperti digulung.

Dahlia pompon juga terdiri dari beberapa jenis yaitu dahlia franz kafka, dahlia moor place dan dahlia plum surprise. Pompon mempunyai kelopak bunga dengan warna yang beragam seperti ungu muda, scarlet, dan ungu tua.

2. Mignon

Bunga dahlia mignon mempunyai kelopak yang berbentuk bundar dengan ukuran diperkirakan hanya 5 cm. Kelopak bunga mignon juga memiliki warna yang cerah dengan warna mahkota bunga yang kontras. Mignon terlihat seperti bunga aster.

3. Dahlia Bola

Seperti namanya dahlia bola memiliki bunga yang berbentuk bulat seperti bola. Jika diperhatikan secara sekilas dahlia bola terlihat sama dengan dahlia pompon, perbedaannya terlihat pada bagian kelopaknya yang tidak bergulung. Dahlia bola mempunyai ujung kelopak yang bagian tepinya rata. 

Dari segi ukuran juga berbeda, dahlia bola mempunyai ukuran bunga yang lebih besar jika dibandingkan dahlia pompon. Jika bunga satu ini mekar secara sempurna maka ukurannya akan melebihi 5 cm.

4. Anemone

Dahlia anemone memiliki kelopak yang ukurannya beragam. Bagian kelopak terluar memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kelopak di dalamnya. Anemone memiliki bentuk bunga yang terlihat seperti cincin. Anemone bisa tumbuh hingga 1.2 meter.

5. Waterlily

Bunga dahlia jenis ini diberikan nama waterlily karena memiliki bentuk yang terlihat seperti bunga teratai air. Bentuk bunganya akan semakin indah ketika mekar dengan bunga ganda dan kelopak yang berukuran cukup besar. Warna bunga water lily juga mencolok contohnya jingga, merah muda dan merah kecoklatan

6. Peony

Jenis dahlia yang satu ini terlihat indah karena bagian mahkota bunga terbuka dan kelopak bunga akan mengelilingi bagian tersebut. Biasanya terdapat dua baris bunga yang tersusun mengelilingi bagian pusatnya.

Kelopak bunga dahlia peony tidak tumbuh secara beraturan, namun hal ini yang makin mempercantik tampilan dari dahlia peony. Jenis bunga peony adalah dahlia fascination, bishop of llandaff dan uskup oxford.

Arti dari Bunga Dahlia

Semua Tentang Bunga Dahlia
Semua Tentang Bunga Dahlia

Bunga dahlia menyampaikan pesan penghormatan. Selain maknanya, banyak orang terpikat karena keindahan tampilan dari dahlia. Jenis bunga satu ini sering kali dijadikan buket untuk acara penting, seperti pernikahan.

Dahlia dipilih karena memiliki gradasi warna kelopak yang indah, yang melambangkan keceriaan serta terlihat menyenangkan jika diperhatikan. Keistimewaannya menjadikan Meksiko memilih bunga satu ini sebagai bunga nasional. Wilayah Seattle juga menjadikan dahlia sebagai kembang resminya.

Apa Makna Bunga Dahlia?

Tampilan indah, menawan serta elegan seperti memperlihatkan bahwa bunga dahlia merupakan bunga yang bermakna keabadian, komitmen dan martabat. Tidak heran, jika bunga satu ini sering digunakan sebagai simbol dalam upacara pernikahan.

Apa Filosofi Bunga Dahlia ?

Dahlia termasuk jenis tumbuhan yang sulit untuk dikembangkan walaupun dikenal memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap lingkungan. Hal ini dikarenakan, satu tumbuhan dahlia hanya mampu menghasilkan satu bunga, sehingga untuk Kamu yang ingin merawat dan mengembangkan bunga dahlia harus menguasai perawatan bunga ini dengan baik. Termasuk kemampuan yang telaten, kesabaran dan kecermatan selama proses penanaman dan pemeliharaan.

Faktor ini membuat dahlia memiliki filosofi simbol kesabaran. Buket dahlia sangat cocok dihadiahkan pada orang yang istimewa. Pemberian buket dahlia seperti menyampaikan pesan, jika Kamu bersyukur karena memiliki orang tersebut disisimu, yang telah bersabar dan setia menghadapi setiap tantangan yang ada.

Bagaimana ? setelah berkenalan dengan bunga dahlia apakah Kamu masih tertarik menjadikan bunga satu ini sebagai koleksi tambahan di pekarangan rumah ? Kamu harus sabar dan telaten, agar bunga dahlia bisa tumbuh dan mekar dengan baik. Nah buat kamu yang tertarik membeli bunga ini, kamu bisa membelinya di toko bunga terdekat seperti FlowerAdvisor

 

Share:

Leave a Reply