Jenis Bunga Lily
Jenis Bunga Lily

Bunga lily merupakan bunga yang menyampaikan pesan ketulusan dan kesucian cinta. Ketulusan dan kesucian cinta ini bukanlah dimaksudkan pada pasangan. Pesan yang disampaikan bunga ini adalah ketulusan cinta dalam hubungan darah.  Ternyata banyak jenis – jenis bunga lily yang selama ini kita tidak ketahui lho. Pada umumnya, Bunga lily biasanya dijadikan rekomendasi untuk hadiah hari ibu. Hal ini dikarenakan bunga lily berwarna putih seperti menggambarkan kesucian dan ketulusan kasih dari ibu. Selain sebagai hadiah untuk hari ibu, bunga  ini juga biasanya dijadikan hadiah sebagai ucapan selamat atas kelahiran seseorang.

Tidak hanya sampai disitu, ketulusan yang digambarkan oleh bunga lily juga bermakna hingga akhir hayat. Tak jarang bunga lily dijadikan bunga ucapan duka untuk menyampaikan ketulusan cinta pada yang telah meninggal. Selain sebagai ucapan selamat atas kelahiran seseorang, seorang ibu yang kehilangan anaknya juga layak diberikan bunga ini. Nah jika kamu penasaran dengan arti lainnya, yuk cek fakta bunga lili

Jenis-jenis bunga lily

Bunga lily yang sering beredar di internet biasanya memilki 45 kelopak dan berwarna putih cerah. Namun, bunga lily sebenarnya memiliki beberapa spesies yang tak kalah cantik dengan yang biasa beredar. Berikut beberapa jenis lily yang cantik: 

 

  • Lily of the valley 
Jenis Bunga Lily of The Valley
Jenis Bunga Lily of The Valley

 

Lily of the valley atau banyak juga yang menyebutnya May bells. Bunga lily ini tumbuh pada bulan mei. Keindahan bunga ini tidak perlu diragunakan lagi. Bunga ini berbentuk lonceng dengan warna putih yang menawan. Bunga ini dipercaya melambangkan kesetiaan cinta kelanggengan. Tidak heran beberapa tokoh menggunakannya pada dekorasi saat pernikahannya. Mereka adalah Ratu Victoria, Kate Middleton, Puteri Astrid (puteri Swedia), hingga Song Hye Kyo. 

Bunga ini memiliki keharuman yang semerbak. Lily of the valley adalah salah satu komposisi terfavorit dalam kosmetik dan parfum. Bunga ini memiliki banyak sekali manfaat. Bunga yang telah diekstrak menjadi minyak essensial banyak sekali mendatangkan manfaat. Manfaat tersebut antara lain membantu melancarkan pernapasan dan mengurangi stres. Sedangkan jika dikonsumsi, manfaatnya adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, membantu menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi otak.

  • Spider lily

Bunga spider lily merupakan salah satu spesies bakung yang unik. Kelopak bunga lily ini sangat tipis menyerupai kaki laba-laba. Benang sari pada bunga ini sangat menonjol. Bunga spider lily berwarna merah, mereka berasal dari Asia timur lalu banyak dibudi daya di Amerika Serikat.

  • Calla lily 

Calla lily adalah salah satu jenis bunga tercantik yang dihadirkan lily. Bunga lily ini memiliki bentuk sangat unik. Kelopaknya nampak menyatu dengan batang lalu membentuk corong asimetris. Inti bunga berbentuk lonjong panjang dengan daun hijau yang lebar. Bunga ini berasal dari Afrika tengah dan Asia tengah lalu kemudian dinaturalisasikan di Mediterania.

  • Stargazer lily 
Jenis-Stargazer-lily 
Jenis-Stargazer-lily

Stargazer lily sering juga sering disebut oriental lily. Bunga ini memiliki keharuman tersendiri yang membuatnya memiliki kekhasan. Bunga lily stargazer memiliki bentuk sama pada lily pada umumnya. Yang membedakan adalah bunga ini memiliki warna pink keunguan pada bagian tengah setiap kelopaknya dengan bintik-bintik merah. Pada sekeliling sisi paling luar bunga ini berwarna putih dan inti bunga berwarna hijau dan merah. 

  • Tiger lily 

Tiger lily merupakan lily asli dari China sehigga lily ini juga termasuk dalam lily oriental. Kelopak dari bunganya dan inti bunganya berwarna oranye penuh. Pada bagian kelopak terdapat tutul berwarna cokelat, tak salah jika disebut tiger lily. Bunga lily ini memiliki kelopak 68 helai yang melengkung keluar hingga membentuk lingkaran. Bunga tiger lily juga tak jarang sengaja dibudidayakan untuk diambil umbinya, sebab umbinya dpat dikonsumsi.

  • Casablanka lily 

Bunga casablanka lily adalah jenis bunga lily yang meiliki keindahan paling memukai. Sama seperti lily of the valley, bunga ini juga biasanya dijadikan dekorasi pada acara pertnikahan.kelopaknya berwarna putih cerah dan bersih, sedangkan intinya berwarna merah terang. Untuk menanam bunga ini, sebaiknya sediakan tempat yang dapat terkena sinar matahari langsung sebab bunga ini sangat membutuhkan sinar matahari penuh. 

  • Auratum lily 

Bunga auratum lily adalah bunga yang berasal dari Jepang. Jenis Bunga lily auratum ini memiliki aroma yang manis khasnya. Bunga lily ini juga biasa disebut sebagai lily gunung atau lily pita emas. Kelopaknya dapat tumbuh hingga lebih dari 6 helai. Pada bagian tengah bunga ini terapat warna kuning yang berbentuk seperti garis. Warna kuning tersebut dikelilingi dengan warna putih bersih dengan corak cokelat tua memenuhi seluruh kelopak. Sama seperti casablanka lily, bunga ini memiliki inti berwarna merah. 

  • Turk’s cap lily

Bunga lily dengan jenis ini memiliki bentuk unik sebab mirip seperti topi. Kelopaknya melengkung keluar sepenuhnya dengan inti bunga menghadap ke bawah sepenuhnya. Inti bunga ini berwarna cokelat. Setiap helai pada kelopak bunga ini berwarna magenta dengan corak merah.

  • Lollipop lily

Lollipop lily adalah bentuk yang paling menawan sebab warnanya yang sangat cerah. Bunga bakung ini memiliki 56 helai kelopak yang berwarna putih pada pangkalnya hingga bagian tengah berganti warna menjadi merah pada ujungnya. Inti bunga berwarna merah tua. Berbeda dengan bunga lily lainnya yang memiliki wangi hingga dijadikan parfum, lollipop lily tidak memiliki aroma apapun. Untuk menanam bunga ini sebaiknya tanah yang digunakan adalah tanah basa.

  • Tiny bee lily 

Tiny bee lily memiliki kecerahan yang akan membawa mood baik seharian. Seluruh kelopak dan inti bunga memiliki warna kuning cerah seperti lemon. Tidak ada gradasi atau tambahan warna putih pada bunga ini. Bentuk daun dari bunga ini juga sedikit berbeda karena memanjang seperti daun pada bunga tulip.

Warna Jenis bunga lily 

Bunga lily memang memiliki banyak sekali variasi warna dan jenis. Tidak akan membingungkan jika akan membuat buket bunga yang berisi bakung. Namun, faktanya tidak semua lily cocok dijadikan buket. Lily of the valley yang dijadikan buket akan sangat cocok jika tidak dicampur bunga lain. Warna putihnya akan sangat elegan dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk digenggam. 

Selain bunga lily putih, untuk membuat buket bunga lily yang dipenuhi dengan warna kuning, tiny bee lily adalah jawabannya. Bentuk daun dan kelopak bunga yang senada akan membuat suasana lebih cerah dan ceria. Buket bunga lily berwarna kuning cocok untuk menemani bekerja. Sementara untuk warna yang lebih bervariasi bisa didaptkan dari bunga lily stargazer dan lollipop.

Manfaat bunga peace lily 

Manfaat Bunga Peace Lily
Manfaat Bunga Peace Lily

Salah satu bunga lily yang sering ditanam di halaman rumah adalah peace lily. Peace lily memiliki bentuk hampir sama dengan calla lily. Perbedaannya  peace lily memiliki bentuk bunga dan daun yang lebih besar daripada calla lily. Peace lily yang ditanam di rumah dapat memberi manfaat antara lain mengurangi spora jamur yang tersebar di udara sehingga udara tidak terasa lembab; membersihkan udara yang kotor akibat polusi; menyerap uap aseton yang disebabkan oleh pengecatan, aseton, dan alkohol; menyerap kelembaban di kamar mandi sehingga perkembangan jamur dapat dikurangi.

Beli Bunga Lily Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia 

Share:

Leave a Reply