Semua Tentang Bunga Bougainvillea
Semua Tentang Bunga Bougenville

Bunga bougenville merupakan salah satu jenis tanaman hias dengan nama ilmiah Bougainvillea. Tanaman hias satu ini memiliki beragam warna. Pecinta tanaman memiliki bunga bougenville sebagai pelengkap koleksi di rumah karena tidak membutuhkan perawatan yang sulit, semuanya bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Masyarakat Indonesia mengenal bunga bougenville sebagai bunga kertas. Penamaan ini berdasarkan karakteristik yang dimiliki bunga hias ini, dimana kelopak bunganya memiliki ukuran yang tipis seperti kertas. Kamu ingin mengenal lebih jauh tentang bunga cantik satu ini ? artikel berikut akan membahasnya secara rinci.

Ciri – Ciri Bunga Bougenville

Ciri Bunga Bougainville
Ciri Bunga Bougenville

Tidak seperti bunga hias pada umumnya, bunga kertas memiliki batang berduri tajam dan bertekstur keras dan mempunyai banyak cabang. Tumbuhan ini bisa tumbuh mencapai 15 meter.

Bunga bougenville memiliki daun tunggal dengan bentuk bulat serta terdapat daun yang berbentuk elips dengan bagian ujung meruncing. Daunnya memiliki panjang antara 4 sampai 10 cm dengan lebar daun antara 2 sampai 6 cm.

Bougenville memiliki bunga yang cantik. Bunga tumbuhan ini disusun oleh kelopak bunga yang berukuran sangat tipis. Ketika memasuki musim berbunga, tumbuhan hias satu ini akan menggugurkan daun-daunnya.

Tumbuhan hias bougenville memiliki bunga dengan ukuran kecil dengan 3 kelopak disetiap bunganya. Setiap bunga mempunyai daun pelindung yang berukuran besar. Jika Kamu perhatikan, ketika bunga bermekaran akan terlihat dengan jelas bunga dengan daun pelindungnya.

Kecantikan bunga bougenville terlihat dari beragam warna dan jenisnya. Kamu bisa menemui bunga kertas berwarna merah, kuning, putih dan warna merah muda. Tidak heran, karena keindahannya, tanaman hias satu ini diminati banyak pecinta tanaman.

Baca Juga : Bunga Hari Imlek Pembawa Keberuntungan

Makna, Arti dan Filosofi Bunga Bougenville

Arti Bunga Bougainvillea
Arti Bunga Bougainvillea

Bunga kertas dipercaya sebagai lambing kasih sayang dan cocok diberikan pada orang terkasih dan keluarga tersayang. Bunga yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki beragam filosofi, diantaranya adalah:

Filosofi Bunga Bougenville menurut Adat Jawa

Masyarakat Jawa meyakini jika bunga Bougenville ini mempunyai sifat satrio wirang. Filosofi bunga kertas menurut adat Jawa tidak terlalu baik, mereka percaya jika merawat dan menempatkan bunga satu ini di rumah akan menjadi penyebab timbulnya rasa malu bagi pemilik rumah. Selain itu, bunga kertas juga diyakini bisa memberikan dampak buruk untuk pemilik rumah.

Filosofi Bunga Bougenville Menurut Feng Shui

Tidak seperti penafsiran dari masyarakat Jawa, dalam ilmu Feng Shui, bunga kertas akan membawa berkah dan kebaikan bagi pemilik rumah, dengan syarat harus menanam jenis dan warna bunga kertas yang tepat.

Menanam dan merawat bunga bougenville merah diyakini akan mendatangkan kekayaan dan keberkahan. Bunga kertas merah juga dinilai mampu menghindarkan kesialan dan perbuatan jahat yang ditujukan pada pemilik rumah.

Jenis-Jenis Bunga Bougenville

Jenis Bunga Bougenville
Jenis Bunga Bougenville

1. Afterglow

Merupakan jenis bunga bougenville yang paling banyak digunakan untuk mempercantik lingkungan rumahmu. Afterglow bisa mekar berulang kali dalam setahun. Jenis bougenville satu ini cocok untuk ditanam di pekarangan rumah, di halaman rumah, maupun di kebun yang berada di atap rumah, bahkan bisa menjadi tanaman hias di taman rambat dinding. Afterglow mempunyai kelopak bunga berbagai warna seperti merah muda, merah dan jingga.

2. California Gold

Jenis bunga kertas ini memiliki bunga yang berwarna kuning cerah dengan gradasi emas sampai ke jingga. California gold yang ditanam di pekarangan rumah dalam jumlah banyak akan mempercantik taman di rumah. Berbeda dengan bunga bougenville lainnya, 

California gold akan menggugurkan bunganya tidak lama setelah bunga tersebut bermekaran. Jenis bunga ini juga termasuk bunga bougenville yang diminati oleh banyak orang.

3. Gold Rush

Gold rush mempunyai warna yang mirip dengan California gold, perbedaannya adalah kelopak bunga ini memiliki warna kuning keemasan yang lebih mencolok dan cerah jika dibandingkan California gold. Menanam gold rush di taman akan membawa suasana cerah di rumah.

4. Bambino Baby Allison

Bunga bougenville bambino baby Allison mempunyai bunga yang berwarna pink dan cantik. Jenis bunga kertas satu ini sering dijadikan dekorasi untuk rumah-rumah yang dibangun dengan gaya shabby chic.

5. Bambino Baby Lauren

Jika diperhatikan sekilas warna bunga bambino baby Allison dan bambino baby lauren terlihat sama. Bunga kertas satu ini memiliki warna bunga yang lembut. Bambino baby lauren mempunyai warna ungu lembut. Bunga ini akan mekar pada permulaan musim panas, dan di akhir musim semi serta musim gugur.

6. Baby Victoria

Baby victoria mempunyai warna bunga yang lebih pekat dibandingkan jenis bunga kertas sebelumnya. Bunga kertas jenis ini bisa mekar di sepanjang tahun. Baby victoria mempunyai bunga berwarna magenta yang anggun sekaligus cerah, cantik dan juga mencolok. Tumbuhan hias baby victoria sangat cocok jika ditanam di perumahan minimalis.

7. Cherry Blossom

Bunga cherry blossom mempunyai kelopak bunga yang berwarna merah muda, terkadang kelopak bunganya memiliki warna yang mengarah keputih. Cherry blossom juga bisa mekar sepanjang tahun.

8. Coconut Ice

Coconut ice memiliki kombinasi warna yang banyak dan bisa mekar di sepanjang tahun. Bunga bougenville coconut ice sangat cocok ditanam di pekarangan rumah.

9. Bunga Bougenville Alexandra

Alexandra mempunyai kelopak bunga yang berwarna keunguan, ketika ditanam akan membuat tampilan taman menjadi lebih elegan dan lebih cerah. Ketika mekar, bunga ini akan terlihat sangat cantik. Jenis bunga bougenville ini akan menggugurkan daunnya di waktu-waktu tertentu.

10. Barbara Karst

Barbara karst adalah jenis bunga bougenville dan termasuk varietas bunga hybrid dari tanaman bougainvillea glabra dan bougainvillea peruviana. Barbara karst mempunyai bunga dengan warna magenta, scarlet dan merah. Barbara karst memiliki kemampuan untuk mekar sepanjang tahun. Daun bunga ini memiliki tekstur yang halus. Bunga kertas Barbara karst bisa dijadikan tanaman merambat ataupun tanaman gantung. Barbara karst pilihan yang tepat untuk ditanam di taman gantung di rumah Kamu.

11. Bambino Majik

Bambino Majik adalah jenis bunga bougenville cocok untuk orang-orang yang menyenangi jenis tanaman dengan warna yang soft atau tidak terlalu mencolok. Bambino majik memiliki bunga dengan kelopaknya berwarna gradasi antara ungu dan putih. Bambino majik bisa mekar selama setahun  Bunga kertas ini akan memberikan sentuhan manis pada teman Kamu di rumah.

Selain warnanya yang cantik, bunga bougenville mempunyai aroma unik dan menyengat. Jenis tanaman ini sangat cocok untuk Kamu yang menikmati bunga dengan berbagai warna serta buat Kamu yang sensitif dengan aroma bunga.

Manfaat Bunga Bougenville

Bunga bougenville juga memiliki manfaat bagi manusia. Beberapa khasiatnya adalah :

1. Mengatasi bisul

Masyarakat percaya jika bunga kertas memiliki manfaat untuk mengobati bisul yang ada di tubuh manusia. Caranya, Kamu harus membersihkan kelopak bunga bougenville, kemudian campurkannya dengan daun cocor bebek. Ramuan ini selanjutnya bisa ditempelkan pada bisul. Jika dilakukan secara rutin, maka bisul tersebut akan mengempis.

2. Menjadi obat resistensi insulin

Kandungan pinitol yang terdapat pada bunga kertas diyakini bisa mengatasi masalah resistensi insulin. Kamu bisa mengeringkan kelopak bunga kertas terlebih dahulu, setelah itu seduh seperti membuat teh.

Kesimpulan

Apakah Kamu sudah lebih mengenali lebih mendalam tentang bunga kertas ? Jika Kamu memutuskan untuk memelihara bunga ini, maka Kamu harus menyediakan waktu dan keinginan untuk merawat bunga tersebut. Kehadiran bunga kertas di taman rumah akan mempercantik tampilan rumah Kamu.

Share:

Leave a Reply