Jenis – Jenis Bunga Kamboja dan Manfaat Ekstrak Bunganya

Jenis Bunga Kamboja
Jenis Bunga Kamboja

Bunga Kamboja memiliki arti yang berbeda – beda. Seperti dalam agama Hindu, Bunga kamboja dapat  diartikan sebagai pengabdian dan pengabadian. Sedangkan dalam agama Buddha, bunga ini berarti  simbol keabadian. Ini juga karena bunga kamboja tidak cepat layu, walaupun pohonnya sudah tumbang. 

Di beberapa daerah di India Selatan, bunga kamboja digunakan dalam acara pernikahan, bunga ini juga  dikenakan pada rambut pengantin wanita. Dalam budaya Cina, bunga kamboja bisa diasosiasikan  dengan cinta. Namun berbeda dengan di Vietnam, bunga ini digunakan untuk obat radang kulit dan  sebagai penyembuh penyakit lain nya. 

Variasi bunga kamboja dapat disebabkan oleh perkawinan silang atau mutasi genetik. Berbagai variasi  dapat dilihat pada ragam bentuk daun dan variasi bentuk dan warna bunga. 

Berikut Beberapa Jenis Bunga Kamboja: 

Adenium Obesum 

Adenium Obesum Jenis Bunga Kamboja
Adenium Obesum Jenis Bunga Kamboja

Kebanyakan orang menyebut jenis ini sebagai bunga kamboja Jepang. Padahal bunga ini bukan berasal  dari negeri sakura melainkan dari benua Afrika. Sangat jauh, bukan? 

Tumbuhan ini juga sering disebut sebagai mawar atau mawar karoo, karena kemampuannya bertahan  hidup di padang pasir. 

Negara-negara seperti Tanzania, Kenya, dan Uganda adalah tempat spesies ini paling banyak ditemukan.  Selain di Afrika Timur, Adenium Obesitas juga banyak ditanam di Arabia selatan. 

Di tempat asalnya, tanaman hias setinggi 10-12 meter ini tumbuh perdu. Memiliki bunga yang indah  dengan kombinasi warna merah di tepi kelopak dan putih di tengahnya. 

Spesies yang memiliki berbagai jenis varian tersebut kini juga mudah ditemukan di Indonesia. Ada sedikit  perbedaan dengan varian aslinya, kamboja afrika ini hanya tumbuh pendek 1-2 meter. 

Baca Juga : Cara Membuat dan Merawat Bonsai Serut

Plumeria 

Plumeria Kamboja
Plumeria Kamboja

Keunikan dari jenis kamboja putih ini ada pada bagian mahkotanya. Meski sudah mekar, mahkota  spesies kamboja ini masih terlihat sedikit terjepit. 

Plumeria Cendana (sejenis bunga kamboja yang beracun) 

Plumeria Salah Satu Jenis Bunga Kamboja
Plumeria Salah Satu Jenis Bunga Kamboja

Jika sebelumnya jenis kamboja dikenal sebagai bunga yang berkhasiat obat, kamboja ini justru  sebaliknya.  Getahnya mengandung racun yang akan menimbulkan rasa gatal bila terkena kulit. Meski begitu, aroma  bunganya sangat harum.  Itu pula yang membuat jenis ini sering disebut cendana kamboja karena baunya yang harum.

Plumeria Acutifoliate 

Selain bau bunganya yang sangat harum, jenis ini juga dipercaya berkhasiat obat. Mereka digunakan  sebagai obat untuk gonore, bisul, dan bengkak. 

Umat Hindu Bali juga sering menggunakan baju jenis ini di setiap acara peribadatan lho. Banyak sekali  manfaatnya bukan? Tidak hanya sebagai tanaman hias tetapi juga sebagai obat dan bunga keramat. 

Plumeria Acuminata 

Bentuk mahkota kamboja ini juga cukup unik. Ujung mahkotanya melengkung dan bentuknya lebih  membulat dibandingkan jenis lainnya. 

Warnanya bisa bermacam-macam, yaitu kuning keemasan, merah marun, kuning, pink hingga kombinasi  dari beberapa warna tersebut. 

Tumbuh di daerah dengan ketinggian 1-700 meter di atas permukaan laut. Batangnya kokoh, rantingnya  besar, dan daunnya bergerombol rapat di ujung ranting. 

Plumeria acuminata mengandung senyawa fulvoplumierin yang berguna untuk mencegah pertumbuhan  bakteri. 

Selain itu, terdapat pula beberapa senyawa minyak atsiri seperti geraniol, farseol, dan sitronelol. Kulit  batangnya mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, dan polifenol. 

Plumeria Rubra 

Plumeria Rubra merupakan jenis kamboja yang memiliki ukuran pohon yang cukup tinggi, yaitu 8 meter. 

Warna bunga dari jenis tanaman ini juga cukup beragam, mulai dari putih dan kuning hingga merah  muda dan kuning. 

Jenis plumeria rubra ini berasal dari Amerika Utara dan Amerika Tengah yaitu Meksiko, Kolombia, dan  Venezuela.

Meskipun merupakan tanaman tropis, kamboja plumeria rubra dapat tumbuh di iklim subtropis. 

Dan masih banyak lagi jenis bunga kamboja. tidak hanya mengetahui jenisnya saja, kamu juga harus  mengetahui bagaimana bunga kamboja melindungi diri. 

Bunga kamboja melindungi diri dari musuh dengan mengeluarkan getah dari tubuhnya. Getah tersebut  dapat menempel pada tubuh hewan yang mengganggunya sehingga hewan tersebut akan sulit untuk  bergerak.

Baca Juga : Fakta Mengenai Bunga Desember

Harga Bunga Kamboja

Harga jual bunga kamboja sangat bervariasi mulai dari Rp. 25.000-130.000 dengan berbagai jenis bunga  kamboja membuat harga jualnya berbeda – beda. kamu bisa membelinya di toko bunga FlowerAdvisor dan sekarang  kamu juga bisa membelinya di toko online. Di masa pandemi ini pasti banyak orang yang takut untuk  keluar rumah sehingga mereka lebih memilih untuk membeli dari rumah. Jika kalian ingin membeli  bunga kamboja kalian tinggal pesan di toko online yang ad di aplikasi hp kamu. 

Kegunaan Ekstrak Bunga Kamboja untuk Kesehatan

Selain harum bunga kamboja juga memiliki banyak manfaat bunga kamboja bagi kita seperti untuk kesehatan kulit,  sebagai obat sakit kepala, atau sebagai stimulan dan masih banyak lagi semua akan kita bahas secara  terperinci.  

Kesehatan Kulit 

Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Kulit
Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Kulit

Minyak yang dihasilkan dari ekstrak kelopak bunga kamboja ini berperan sebagai zat yang dapat  digunakan untuk melembabkan kulit, mencegah kulit kering dan pecah-pecah, dalam terapi pijat. 

Minyak ini bermanfaat untuk merawat kondisi kulit sehingga dianjurkan bagi orang yang menderita  masalah kulit untuk menambahkan minyak esensial ini ke rutinitas rutin mereka. 

Minyak ini mengandung sifat astringen yang menyebabkan kontraksi sel-sel kulit dan jaringan tubuh.

Meredakan Sakit Kepala 

Bunga Kamboja Untuk Meredakan Sakit Kepala
Bunga Kamboja Untuk Meredakan Sakit Kepala

Bagi kamu yang menderita sakit kepala dengan intensitas yang parah, kamu bisa menggunakan minyak  esensial Frangipani. 

Hal ini karena minyak esensial Frangipani memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk membantu  mengobati sakit kepala ekstrem dan nyeri lainnya seperti nyeri otot dan sakit punggung. 

Digunakan sebagai Stimulan 

Minyak esensial kamboja bertindak sebagai stimulan yang membantu menjaga kesehatan sistem  peredaran darah, saraf, dan lainnya. 

Antioksidan 

Antioksidan yang masuk ke dalam tubuh kita akan membantu menghilangkan radikal bebas dari dalam  tubuh dan mengurangi penyakit yang menyebabkan kuman penyakit menjauh dari tubuh. 

Kandungan antioksidan juga bisa didapatkan dari minyak atsiri kamboja yang berperan sebagai  antioksidan dan anti inflamasi yang membantu fungsi kesehatan tubuh.

Menurunkan Stres 

Keharuman yang berasal dari ekstrak bunga kamboja akan membantu Anda mengurangi stres dalam  tubuh dan juga mengembalikan ketenangan. 

Kandungan efek sedatif pada bunga ini yang dapat membuat tidur nyenyak dan menenangkan pikiran  serta memberikan kelegaan dari stres. 

Khasiat bunga kamboja tidak hanya bisa dimanfaatkan jika sudah diekstrak menjadi minyaknya, namun  dengan menggunakan bunga kamboja secara langsung juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh,  seperti digunakan sebagai teh, obat diare, obat gatal-gatal, obat reumatik, dan bisa juga dijadikan  sebagai obat pilihan sayuran yang akan anda masak. 

Jadi seperti itu banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari bunga kamboja. Tidak hanya harum dan  keharuman nya bisa memberikan kita ketenangan bunga kamboja juga memiliki banyak manfaat. Kalau  kamu ke Bali kamu pasti sering menemukan bunga kamboja di mana – mana. Semoga informasi yang  saya berikan bermanfaat.

Add a Comment