Kado Pernikahan
Kado Pernikahan

Menginjak usia 20 tahunan, kita pasti sering mendapatkan undangan pernikahan. Ketika kita mendapatkan undangan pesta pernikahan dari teman, sahabat, ataupun saudara, kita pasti kebingungan dalam memilih kado pernikahan apa yang tepat, bernilai, dan memberi kesan. Sebenarnya memilih kado pernikahan tidaklah sulit selama kita tahu tipsnya. Kita juga harus menentukan terlebih dahulu kado pernikahan yang seperti apa yang kamu inginkan, sesuatu yang memiliki nilai manfaat, atau yang manfaat tapi juga terjangkau, atau sesuatu yang unik dan berbeda. Sebenarnya semuanya sah sah saja karena semuanya pasti berarti bagi orang yang kita beri.

Ada beraneka ragam pilihan barang yang bisa kita jadikan kado pernikahan. Apa saja itu? Berikut adalah pilihan kado pernikahan yang bisa kita jadikan referensi.

1. Kebutuhan Peralatan Dekorasi Rumah

Bagi pasangan muda, mendapat peralatan dekorasi rumah tentu sangat membahagiakan. Apalagi jika mereka sudah berniat memiliki rumah baru. Tidak hanya membantu meringankan beban pembelian dekorasi rumah, tetapi dengan memberikan kado pernikahan ini tentu dapat menjadi kenang-kenangan yang awet. Kita bisa memberikan semacam hiasan dinding, jam dinding, vas bunga, pajangan kristal, barang kerajinan, hiasan dari kaca, lampu lilin. Taplak meja, rak dinding, ataupun hiasan anyaman.

2. Peralatan Dapur

Bagi pasangan baru, tidak hanya membutuhkan peralatan dekorasi rumah, tetapi juga tentu membutuhkan peralatan rumah tangga. Salah satunya yakni peralatan dapur. Nah tentu hal ini bisa kita manfaatkan sebagai kado pernikahan loh. Kita bisa memberikan satu set panci, satu set pisau, satu set alat makan, ataupun perlengkapan masak lainnya. Saat ini sudah ada banyak pilihan hampers peralatan dapur yang bisa kita pilih. Apalagi jika sahabat kita adalah orang yang hobi memasak. Ketahui menu apa yang suka ia buat dan beri sesuatu yang dapat membantunya untuk melakukan hobinya itu. Contohnya jika sahabat kita suka membuat kue, maka kita bisa memberikannya oven atau peralatan penunjang pembuatan kue.

3. Perlengkapan Kamar Tidur

Bagi sebagian besar pengantin baru, kamar tidur merupakan ruangan spesial yang bersifat privasi bagi mereka. Kamar tidur yang menarik akan membuat penghuninya nyaman. Kita bisa memberikan sprei, bedcover, bantal, selimut, guling, ataupun lampu tidur sebagai kado pernikahan. Pilihlah motif atau model yang elegan dan netral.

Sekarang sudah banyak jasa yang menyediakan seperti bantal couple. Biasanya akan ada nama ataupun inisialnya saja di atas bantal. Ukurannya pun bermacam-macam.

Kita juga bisa memilih lampu tidur sebagai kado pernikahan. Lampu tidur dapat menciptakan suasana romantis. Pasangan yang baru saja menikah tentu ingin selalu menciptakan suasana yang intim. Dengan memberikan lampu tidur, tentu kita akan membantu sahabat kita dalam mendapatkan suasana itu setiap akan tidur atau quality time di dalam kamar tidur.

Lilin
Lilin Aromatherapy

Selain lampu tidur, kita juga bisa memberikan lilin aromatherapy. Aroma khusus di ruang tidur mampu memberikan energi yang positif bagi pasangan. Kita bisa memilih aroma lavender, melati, ataupun vanila.

4. Perlengkapan Kamar Mandi

Selain perlengkapan kamar tidur, kita juga bisa memberi kado pernikahan berupa perlengkapan kamar mandi. Kita bisa memilih shower set, atau juga handuk couple. Saat ini sudah banyak jasa yang menyediakan penamaan pada handuk. Pilihlah handuk dengan kualitas yang bagus dan percantik dengan tulisan romantis.

5. Album Foto

Setiap pasangan baru tentu akan suka mengabadikan momen mereka melalui foto. Dengan memberi kado pernikahan berupa album foto, mereka bisa menyimpan foto-foto mereka dengan rapi dan cantik. Tentu kado pernikahan ini juga akan memberi kesan yang berarti dan mendalam. Kita seolah sedang memberikan suatu media yang mana media itu akan diisi oleh kenangan-kenangan manis mereka.

6. Voucher Liburan

Quality Time
Quality Time

Bagi sebagian pengantin baru tentu sangat menyukai quality time berdua, apalagi jika baru menikah. Nah kita juga bisa memberi kado pernikahan berupa voucher liburan loh! Saat ini ada banyak sekali situs penyedia akomodasi yang memudahkan kita dalam memberikan voucher ke orang lain. Jika kita tahu destinasi impian sahabat kita, tentu akan lebih menyenangkan mereka.

Namun apabila voucher liburan dinilai terlalu mahal, kita bisa menggantinya dengan voucher makan malam romantis. Ini tentu akan menjadi kado yang berkesan bagi mereka. Pilihlah rumah makan dengan suasana yang romantis agar momen istimewa mereka semakin berkesan.

Selain voucher makan malam romantis, kita juga bisa memilih voucher menginap satu malam. Tentu ini akan lebih praktis karena biasanya hotel sudah memiliki paket yang bisa kita pilih sesuai budget. Jika sahabat kita adalah orang yang sibuk, maka lebih baik pilihlah hotel di dalam kota. Namun jika mereka cukup fleksibel terkait waktu, kita bisa memilih hotel di luar kota.

Kado Pernikahan
Kado Pernikahan

Jika tadi penulis bagikan kado pernikahan apa saja yang bisa jadi pilihan, kali ini penulis akan bagikan juga kado pernikahan apa saja yang seharusnya kita hindari. Apa saja itu?

Pertama, memberi sesuatu yang akan mengingatkan pada mantan. Sebagai sahabat, biasanya kita sedikit banyak tahu tentang percintaan sahabat kita terdahulu. Memberi sesuatu yang akan mengingatkannya pada mantan tentu bukan hal bijak. Itu dapat merusak kebahagiaan sahabat kalian di hari pernikahannya. Apalagi jika kado pernikahan yang kita berikan terlalu spesifik mencirikan sesuatu yang berhubungan dengan mantan.

Kedua, memberi suatu barang yang kontroversial. Sebenarnya pilihan ini kerap dipilih oleh sebagian orang. Niatan dalam memilih hal ini tentu sebagai lucu-lucuan, seperti memberi obat kuat ataupun pakaian dalam. Namun sebelum memberikan hal semacam ini kita perlu memastikan terlebih dahulu kepribadian sahabat kita. Jangan sampai mereka tersinggung dengan kado pernikahan yang kita berikan.

Ketiga, memberikan suatu barang yang tidak akan digunakan. Sebagai sahabat tentu kalian tahu sedikit banyak tentang apa yang dibutuhkan atau disukai sahabat kalian. Beri sesuatu yang bernilai manfaat atau minimal yang mereka sukai. Kenapa? Karena kado pernikahan juga mencirikan yang memberi. Semakin manfaat yang kalian berikan maka akan semakin menunjukkan seberapa peduli kalian terhadap pengantin. Contohnya saja memberikan buku pernikahan kepada pasangan pengantin yang tidak suka membaca buku. Meski niat kita baik, namun jika pasangan pengantin tidak suka membaca buku maka manfaat yang kita harapkan tidak akan terjadi. Itulah kenapa penting untuk kita tahu karakteristik dari sahabat yang akan kita beri kado pernikahan.

Keempat, memberi suatu barang sekali pakai. Sebenarnya ini sah sah saja. Tetapi untuk menciptakan kesan yang mendalam, sebaiknya hindari memberi suatu barang yang sekali pakai. Contohnya saja memberi makanan atau minuman. Lebih baik berikan sesuatu yang dapat mendatangkan manfaat kepada pasangan berkali-kali.

Memberikan kado pernikahan yang bermanfaat akan memberi kesan yang baik terhadap pengantin baru. Kita bisa melihat dari kebutuhan dasar pasangan yang baru saja menikah, lalu menjadikannya sebagai kado pernikahan. Hari bahagia mereka tentu akan lebih bermakna dengan kado pernikahan yang bermanfaat dari kita.

Share:

Leave a Reply